Widget HTML #1

Teks Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab. Latin, dan Artinya [Download]

Teks Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab. Latin, dan Artinya
Teks Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab. Latin, dan Artinya. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat; apa doa yang dibaca pada setiap selesai Shalat Tarawih?

Biasanya imam sering membacakan doa “Allahummaj-alna bil imaani kaamilin” atau yang akrab kita juluki doa kamilin.

Agaknya Sobat cukup akrab dengan lafaz “Kamilin” kan? Ya, benar sekali bahwa kita sering menyebut insan kamil. Dengan demikian, “Kamil” berarti kesempurnaan.

Adapun maksud dari doa kamilin ini ialah doa agar Allah memudahkan kita untuk membentuk pribadi yang sempurna terutama dari segi keimanan.

Nah, untuk lebih jelasnya, Guru Penyemangat akan menyajikan teks bacaan doa setelah shalat Tarawih.

Teks doa setelah Shalat Tarawih atau yang dikenal dengan doa kamilin ini dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, sekaligus artinya.

Mari disimak ya:

Bacaan Doa Sesudah Shalat Tarawih [Doa Kamilin]

Bacaan Doa Sesudah Shalat Tarawih [Doa Kamilin]
Bacaan Doa Sesudah Shalat Tarawih [Doa Kamilin]. Dok. Gurupenyemangat.com

Berikut Guru Penyemangat sajikan bacaan doa sesudah Shalat Tarawih. Imam sebaiknya memulai doa dengan kalimat pujian kepada Allah dan Shalawat Nabi, kemudian dilanjutkan dengan doa kamilin berikut:

Teks Doa Kamilin:

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

اَللَّهُمَّ اجْعَلْنَا بِالْإِيْمَانِ كَامِلِيْنَ. وَلِلْفَرَائِضِ مُؤَدِّيْنَ. وَلِلصَّلاَةِ حَافِظِيْنَ. وَلِلزَّكَاةِ فَاعِلِيْنَ. وَلِمَا عِنْدَكَ طَالِبِيْنَ. وَلِعَفْوِكَ رَاجِيْنَ. وَبِالْهُدَى مُتَمَسِّكِيْنَ. وَعَنِ الَّلغْوِ مُعْرِضِيْنَ. وَفِى الدُّنْيَا زَاهِدِيْنَ. وَفِى اْلآخِرَةِ رَاغِبِيْنَ. وَبَالْقَضَاءِ رَاضِيْنَ. وَلِلنَّعْمَاءِ شَاكِرِيْنَ. وَعَلَى الْبَلاَءِ صَابِرِيْنَ. وَتَحْتَ لِوَاءِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ سَائِرِيْنَ وَعَلَى الْحَوْضِ وَارِدِيْنَ. وَإِلَى الْجَنَّةِ دَاخِلِيْنَ. وَمِنَ النَّارِ نَاجِيْنَ. وَعَلى سَرِيْرِالْكَرَامَةِ قَاعِدِيْنَ. وَبِحُوْرٍعِيْنٍ مُتَزَوِّجِيْنَ. وَمِنْ سُنْدُسٍ وَاِسْتَبْرَقٍ وَدِيْبَاجٍ مُتَلَبِّسِيْنَ. وَمِنْ طَعَامِ الْجَنَّةِ آكِلِيْنَ. وَمِنْ لَبَنٍ وَعَسَلٍ مُصَفًّى شَارِبِيْنَ. بِأَكْوَابٍ وَّأَبَارِيْقَ وَكَأْسٍ مِّنْ مَعِيْن. مَعَ الَّذِيْنَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِيِّيْنَ وَالصِّدِّيْقِيْنَ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَحَسُنَ أُولئِكَ رَفِيْقًا. ذَلِكَ الْفَضْلُ مِنَ اللهِ وَكَفَى بِاللهِ عَلِيْمًا. اَللهُمَّ اجْعَلْنَا فِى هٰذِهِ لَيْلَةِ الشَّهْرِالشَّرِيْفَةِ الْمُبَارَكَةِ مِنَ السُّعَدَاءِ الْمَقْبُوْلِيْنَ. وَلاَتَجْعَلْنَا مِنَ اْلأَشْقِيَاءِ الْمَرْدُوْدِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِه وَصَحْبِه أَجْمَعِيْنَ. بِرَحْمَتِكَ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.

Bacaan Latin Doa Kamilin:

Allaahummaj‘alnaa bil iimaani kaamiliin. Wa lil faraaidhi muaddiin. Wa lish-shalaati haafiziin. Wa liz-zakaati faa‘iliin. Wa lima ‘indaka thaalibiin. Wa li ‘afwika roojiin. Wa bil-hudaa mutamassikiin. Wa ‘anil laghwi mu‘ridliin. Wa fid-dunyaa zaahdiin. Wa fil ‘aakhirati raaghibiin.

Wa bil-qadhoo’i roodhiin. Wa lin na‘maa’i syaakiriin. Wa ‘alal balaa’i shaabiriin. Wa tahta liwaa’i muhammadin shallallaahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyaamati saa’iriina wa alal haudhi waaridiin.

Wa ilal jannati daakhiliin. Wa minan naari naajiin. Wa 'alaa sariril karaamati qaa'idiin. Wa bi huurun 'in mutazawwijiin. Wa min sundusin wa istabraqiin wadiibaajin mutalabbisiin.

Wa min tha‘aamil jannati aakiliin. Wa min labanin wa ‘asalin mushaffan syaaribiin. Bi akwaabin wa abaariiqa wa ka‘sin min ma‘iin.

Ma‘al ladziina an‘amta ‘alaihim minan nabiyyiina wash shiddiiqiina wasy syuhadaa’i wash shaalihiina wa hasuna ulaa’ika rafiiqan. Dzaalikal fadhlu minallaahi wa kafaa billaahi ‘aliiman. Allaahummaj‘alnaa fii haadzihil lailatisy syahrisy syariifail mubaarakah minas su‘adaa’il maqbuuliin. Wa laa taj‘alnaa minal asyqiyaa’il marduudiin.

Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shahbihi ajma‘iin. Birahmatika yaa arhamar raahimiin wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Arti Doa Kamilin

Yaa Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang memenuhi kewajiban-kewajiban, yang memelihara shalat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan qadla-Mu (ketentuan-Mu),

yang mensyukuri nikmat, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, yang mengunjungi telaga (Nabi Muhammad), yang masuk ke dalam surga, yang selamat dari api neraka,

yang duduk di atas ranjang kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari kalangan para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. 

Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan cukuplah bahwa Allah Maha Mengetahui.

Ya Allah, jadikanlah kami pada malam yang mulia dan diberkahi ini termasuk orang-orang yang bahagia dan diterima amalnya, dan janganlah Engkau jadikan kami tergolong orang-orang yang celaka dan ditolak amalnya.

Semoga Allah mencurahkan rahmat-Nya atas junjungan kami Muhammad, serta seluruh keluarga dan sahabat beliau. Berkat rahmat-Mu, wahai Yang Paling Penyayang di antara yang penyayang. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

*

Boleh Baca: Bacaan Wirid, Zikir, dan Doa Ringkas

Sobat Guru Penyemangat, bila kita cermati dari arti doa kalimin di atas, tidak ada redaksi yang bertentangan dengan Al-Qur’an maupun Sunnah.

Doa ba’da Tarawih di atas adalah permintaan hamba kepada Allah untuk menjadi insan yang “Kamilin” alias mengharapkan terbentuknya pribadi yang sempurna dari segi keimanan.

Mengutip dari laman nu.or.id, doa yang biasa dibacakan ba’dah Shalat Tarawih di atas termaktub dalam kitab-kitab doa ulama Nusantara.

Salah satu di antaranya tercantum dalam Majmu‘ah Maqruat Yaumiyah wa Usbu‘iyyah karya pengasuh Pondok Pesantren Langitan Tuban, KH Muhammad bin Abdullah Faqih (rahimahullah). 

Pada lembar pengantar, sang ayah, KH Abdullah Faqih, mengatakan bahwa doa-doa dalam kitab itu merupakan hasil ijazah dari Kiai Abdul Hadi (Langitan), Kiai Ma'shum (Lasem), Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki, dan Syekh Yasin bin Isa al-Fadani.

KH Abdullah Faqih juga memberikan restu atau ijazah kepada siapa saja yang mengamalkan (dengan ijazah munawalah).

Download Teks Doa Setelah Shalat Tarawih PDF dan Word

Untuk memudahkan Sobat Guru Penyemangat yang barangkali akan bertugas sebagai imam maupun pembaca doa ketika Shalat Tarawih berjamaah di bulan Ramadhan, Guru Penyemangat telah menyiapkan teks doa yang bisa diunduh.

Teks doa setelah Shalat Tarawih berikut berformat PDF dan Word sehingga bisa diedit dan dicetak sesuai dengan kebutuhan Sobat.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan teks doa kamilin PDF:

Doa Sesudah Shalat Tarawih PDF

Silakan klik tombol download untuk mengunduh teks doa kamilin berformat Word:

Doa Kamilin.zip 44kb

***

Boleh Baca: Bacaan Doa Selesai Shalat Witir di Bulan Ramadhan yang Masyhur, Arab dan Latinnya

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang bacaan doa ba'da Shalat Tarawih yang lengkap dengan Arab, latin, dan artinya.

Semoga bermanfaat ya
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Teks Doa Setelah Shalat Tarawih Lengkap Arab. Latin, dan Artinya [Download]"