Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata-kata Permintaan Maaf Menjelang Ramadhan 1443 Hijriah Lengkap Dengan Gambar

Kata-kata Permintaan Maaf Menjelang Ramadhan
Kata-kata Permintaan Maaf Menjelang Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Marhaban ya Ramadhan!
Sobat Guru Penyemangat, mohon maaf lahir dan batin, ya.

Alhamdulillah wa syukurillah, pada kesempatan yang berbahagia ini Guru Penyemangat bisa kembali menyapa Sobat semua dengan tulisan-tulisan sederhana.

Ramadhan telah tiba dengan hilal cantik yang selama ini kita tunggu-tunggu. Sesaat lagi akan ramai di media sosial ucapan permintaan maaf.

Barangkali itu berupa quotes dan caption, serta bisa pula dalam bentuk twibbon.

Apa pun itu, seyogyianya niat untuk bermaaf-maafan adalah baik dan terhitung sebagai pahala di sisi Allah SWT.

Pada kesempatan kali ini, Gurupenyemangat.com bakal menyajikan kumpulan kata-kata permintaan maaf.

Kata-kata dan ucapan permintaan maaf menjelang Ramadhan berikut dilengkapi dengan gambar dan dalil minta maaf dalam Islam.

Mari disimak ya:

Hukum Minta Maaf Sebelum Ramadhan, Apakah Diperbolehkan?

Hukum Minta Maaf Sebelum Ramadhan, Apakah Diperbolehkan
Hukum Minta Maaf Sebelum Ramadhan, Apakah Diperbolehkan? Dok. Gurupenyemangat.com

Jelang bulan suci Ramadhan, laman media sosial maupun dalam ruang pertemuan bakal diramaikan dengan ucapan Marhaban Ya Ramadhan dan permohonan maaf.

Sebenarnya, ucapan mohon maaf menjelang Ramadhan itu diperbolehkan atau tidak, sih? Hemm. Sesaat menuju Ramadhan biasanya perkara ini diperdebatkan oleh sesama muslim.

Ada yang menghukumi bid’ah, ada yang tetap memperbolehkan, dan ada pula yang memilih diam dan tidak membahas hal tersebut.

Sebenarnya kegiatan maaf-memaafkan itu secara umum tidaklah terbatas oleh waktu, tidak ada hari khusus, dan amat sangat baik bila permohonan untuk mengentaskan permusuhan tersebut disegerakan.

Perintah untuk bersegera meminta maaf didasarkan atas firman Allah SWT dalam Surah Ali Imran ayat 134:

ٱلَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي ٱلسَّرَّآءِ وَٱلضَّرَّآءِ وَٱلۡكَٰظِمِينَ ٱلۡغَيۡظَ وَٱلۡعَافِينَ عَنِ ٱلنَّاسِۗ وَٱللَّهُ يُحِبُّ ٱلۡمُحۡسِنِينَ  [آل عمران:134]

Bacaan Latin:

Alladziina yunfiquuna fis-sarroo-i wadh-dhorroo-i wal kazhimiinal ghoizho wal’afiina ‘anin-naas, wallaahu yuhibbul muhsiniin.

Artinya:

(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dalam tafsir Jalalain dan tafsir Al-Misbah diterangkan bahwa orang yang “menahan amarah” di sini adalah mereka yang tetap menaati Allah, tidak melampiaskan amarah walaupun sebenarnya ia merasa teraniaya dan sanggup membalasnya.

Bila dilihat dari segi munasabah ayat, terutama pada QS Ali Imran ayat 133 diterangkan pada awal ayat “Dan bersegeralah kamu menuju ampunan Tuhanmu” yang berarti bahwa perintah untuk memaafkan itu harus disegerakan, tidak perlu persiapan, dan tidak perlu menunggu momentum tertentu.

Dengan demikian, hukum meminta maaf dalam Islam berlaku umum dan disegerakan untuk menghindari terjadinya permusuhan.

Di sisi yang sama, tidak pula ada kekhususan harus meminta maaf di bulan Ramadhan, di tahun baru, atau di hari Jum’at.

Karena sifatnya umum, maka hukum meminta maaf jelang bulan Ramadhan itu diperbolehkan, asalkan tidak menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum khusus di mana seseorang harus meminta maaf.

Wallahu’a’lam bissawab.

Ucapan Permohonan Maaf Menjelang Ramadhan Beserta Gambar

Ucapan Permohonan Maaf Menjelang Ramadhan Beserta Gambar
Ucapan Permohonan Maaf Menjelang Ramadhan Beserta Gambar. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Bulan yang mulia telah datang dengan segenap keberkahannya. Hari yang sejuk untuk beribadah pun segera tiba untuk kita maksimalkan amalan-amalannya. Mari lapangkan hati, bersihkan jiwa dan rasa untuk memaksimalkan bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

2. Setiap ucapan pasti terbesit salah, dan setiap kesalahan terkadang mampu mencoreng hati. Sebelum rasa sakit bertambah, kuucapkan mohon maaf yang tulus dari hati.

3. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Mari lapangkan hati, tata hati dengan sebaik-baiknya budi, dan semoga permusuhan iri, dan dengki segera pergi.

4. Ramadhan telah tiba. Tapi alangkah sedihnya hati ini bila masih terbebani oleh khilaf dan salah. Maka darinya terimalah maafku atas segala salah dalam tindakan maupun tutur kata.

5. Jarak yang jauh bukanlah alasan bagi kita untuk memperpanjang sikap permusuhan. Mari damaikan hati, kuatkan silaturahmi, dan tata diri untuk menjadi lebih baik lagi. Mohon maaf lahir dan batin.

Gambar Ucapan Maaf Menyambut Ramadhan
Gambar Ucapan Maaf Menyambut Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

6. Bilamana hati seputih awan, maka jangan biarkan ia mendung. Bilamana hati seindah bulan, maka hiasilah dengan senyuman. Bilamana hati kurang lapang, maka perluaslah dengan bermaaf-maafan. Marhaban ya Ramadhan.

7. Semoga puasaku, puasamu dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semoga semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Aamiin ya Rabb.

8. Mari kita bersegera memohon ampunan kepada Allah dan bersemangat untuk merengkuh takwa. Selamat menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah.

9. Papan tulis putih suatu hari akan tercoret, tapi kita selalu bisa menghapusnya dengan kerelaan. Hati yang damai suatu hari akan terluka oleh kata-kata, tapi kita selalu bisa memperbaikinya dengan bermaaf-maafan. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah menerima amal kebaikan kita.

10. Setitik tinta bisa menjadi noda. Setitik salah bisa menjadi dosa. Setitik kata bisa menjadi dendam dan duka lara. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Mohon maaf kuucapkan atas segala khilaf dan salah.

Boleh Baca: 45 Kata-kata Islami Menyambut Ramadhan Menyentuh Hati Tahun 2022

Kata-kata Maaf Menyambut Bulan Ramadhan Menyentuh Hati

Kata-kata Maaf Menyambut Bulan Ramadhan Menyentuh Hati
Kata-kata Maaf Menyambut Bulan Ramadhan Menyentuh Hati. Dok. Gurupenyemangat.com

11. Ramadhan telah tiba, dan semangat untuk berpuasa semakin membuncah. Maafkan aku bila pernah tergaung salah. Mari kita rengkuh takwa dengan suka cita.

12. Hati yang bersih adalah hati yang jauh dari amarah dan senantiasa memaafkan segala salah. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menyambut bulan puasa Ramadhan.

13. Sebelum cahaya lekas padam, sebelum hari ini akan berakhir, sebelum pintu taubat tertutup, dan selagi roh masih dikandung badan, izinkan aku berucap mohon maafkan lahir dan batin, Marhaban ya Ramadhan.

14. Ya Allah, berkahilah kami di bulan Ramadhan, ampunilah kami, dan lapangkanlah hati kami. Ya Rabb Ya Ghaffar, jauhkanlah kami dari permusuhan, dan permudahkanlah kami untuk mencapai takwa. Aamiin.

15. Awali hari ini dengan basmalah, sambutlah bulan yang penuh berkah, dan lapangkan hati dengan memaafkan segala salah. Mari tingkatkan keimanan dan takwa kepada Allah. Semoga diampunkan segala dosa.

Gambar Kata-kata Permohonan Maaf bulan Ramadhan
Gambar Kata-kata Permohonan Maaf bulan Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

16. Pada rendahnya hati dan tingginya budi, permohonan maaf adalah penghias hati. Mohon maaf kuucapkan lahir dan batin. Mari kita gapai berkah di bulan Ramadhan.

17. Bila hati saling terpaut, rasa cinta akan terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, barangkali akan meninggilah amarah. Kuucapkan mohon maaf atas segala ucap dan salah. Semoga Allah mengampuni kita semua.

18. Marbahan ya Ramadhan. Mari bergembira dalam menyambut bulan yang mulia. Gapai keberkahannya, damaikan hati yang kemarin bersengketa, dan jangan lelah memohon ampunan kepada-Nya.

Boleh Baca: Pantun Ramadhan Tiba Islami

19. Dalam kesakitan teruji ibadah sabar. Dalam tiap ikhtiar, terujilah tentang tulusnya keikhlasan.. Dalam tawakal, teruji rasa keyakinan. Hidup ini indah jikalah Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan yang penuh berkah.

20. Teringatku tentang kata yang salah, ucap dan hati yang berprasangka, janji yang terlewat dan lupa, tindakan dan sifat yang menyakitkan. Pada kesempatan yang mulia ini, ini izinkanlah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah berikan kita kekuatan untuk melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

*

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat mengenai kumpulan kata-kata permintaan maaf menyambut bulan Ramadhan yang dilengkapi dengan gambar.

Semoga bermanfaat ya.
Marhaban ya Ramadhan.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Kata-kata Permintaan Maaf Menjelang Ramadhan 1443 Hijriah Lengkap Dengan Gambar"