Widget HTML #1

Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD yang Lucu Beserta Dalilnya, Mudah Dihafal

Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD Lucu Beserta Dalilnya
Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD Lucu Beserta Dalilnya. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;
Marhaban Ya Ramadhan Sobat Guru Penyemangat!

Alhamdulillah pada kesempatan yang mulia ini kita kembali dipertemukan dengan bulan mulia penuh berkah dan ampunan. Bulan Ramadhan namanya.

Pada bulan ini kita diwajibkan untuk berpuasa selama sebulan penuh. Kira-kira 29-30 hari menyesuaikan dengan kalender hijriah serta keputusan sidang isbat pemerintah.

Nah, sejatinya perintah kewajiban berpuasa di bulan Ramadhan itu mengandung banyak keutamaan, keistimewaan, serta hikmah, kan?

Begitulah. Namun kita perlu mengetahui ketentuan dan tata caranya agar puasa kita sah secara fiqih.

Nah, berikut ada teks ceramah singkat dan lucu tema puasa Ramadhan untuk anak SD beserta dalilnya yang mudah dihafal.

Teks Ceramah Lucu Tentang Kewajiban Puasa Ramadhan dan Hikmahnya

Teks Ceramah Lucu Tentang Kewajiban Puasa Ramadhan dan Hikmahnya
Teks Ceramah Lucu Tentang Kewajiban Puasa Ramadhan dan Hikmahnya. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah. Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh!

Alhamdulillah wa syukurillah, asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, terutama nikmat iman, islam, kesehatan dan kesempatan sehingga bisa bersiap melaksanakan puasa Ramadhan tahun ini.

Shalawat berbingkai salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan berucap “Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad”, semoga kita mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Hadirin wal hadirat Rahimakumullah;

Alhamdulillah. Senang sekali rasanya saya bisa berdiri di sini serta menyapa segenap jamaah sekalian dalam rangka menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah dan maghfirah.

Jamaah di sini khususnya teman-teman yang masih SD, apakah kalian sudah sanggup berpuasa di bulan Ramadhan selama sebulan penuh?

Semoga sudah sanggup ya. Karena ibadah puasa adalah kewajiban yang harus dilaksanakan oleh tiap-tiap muslim.

Masa-masa kecil adalah masanya kita latihan. Bila tidak sanggup berpuasa sehari penuh, maka berpuasalah setengah hari. Bila belum sanggup puasa setengah hari, maka berusahalah berpuasa sehari penuh. Hahaha. Iya, benar begitu, kan?

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan Allah;

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan ceramah tentang kewajiban puasa di bulan Ramadhan beserta hikmahnya.

Eh, apakah teman-teman di sini ada yang sudah tahu apa itu puasa?

Menahan diri? Iya benar. Tapi menahan diri dari apa? Apakah menahan diri dari perasaan galau dan sakit hati? Eh. Hehehe.

Hadirin sekalian, puasa berasal dari kata “shaum” atau “shiyam” yang artinya menahan diri. Lengkapnya ialah menahan diri dari lapar, haus, hawa nafsu, serta segala yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Hadirin wal hadirat rahimakumullah, apa hukum puasa di bulan Ramadhan? Wajib atau Sunnah? Sunnah atau Wajib?

Iya, benar sekali. Hukum berpuasa di bulan Ramadhan adalah fardhu ‘ain yang artinya wajib untuk tiap-tiap muslim. Hal ini didasarkan oleh firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183:

Bismillahirrohmaanirrohim:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ  [البقرة:183]

Bacaan Latin:

Yaa-ayyuhalladziina aamanuu kutiba ‘alaikumushiyamu kamaa kutiba ‘alalladziina min qoblikum la’llakum tataquun.

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Hadirin yang berbahagia:

Meski begitu, kita berpuasa tidaklah hanya sekadar menahan, menahan, dan menahan saja. Ada ketentuan yang perlu diperhatikan agar ibadah kita sah dan juga berpahala. Apa saja?

Yang pertama adalah rukun puasa.

Puasa di bulan Ramadhan memiliki dua rukun, yaitu berniat dan menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa. Berniat atau nawaitu dimulai dari sejak malam hari. Boleh kita lafazkan, dan boleh pula kita ulang-ulang dalam hati.

Jika rukun puasa yang dua ini tidak kita laksanakan salah satu atau pun keduanya, maka puasa yang kita laksanakan akan batal atau tidak sah.

Hadirin wal hadirat rahimakumullah;

Lalu, apa saja hal-hal yang membatalkan puasa?

Ada beberapa hal yang membatalkan puasa di bulan Ramadhan mulai dari makan, minum, muntah dengan sengaja, haid dan melahirkan, hilang akal atau gila, hingga keluar dari islam.

Lho, menangis memangnya tidak membatalkan puasa ya teman-teman? Hayoo, batal atau tidak? Tidak batal atau batal?

Nah kan bingung. Hehehe. Menangis tidak membatalkan puasa ya teman-teman. Jadi, meski disengaja sekalipun untuk menangis hingga air mata penuh sampai satu galon, puasa kita tetap sah.

Lagian, apa mungkin air mata kita bisa keluar sebanyak 1 galon? Tidak mungkin sepertinya, ya. Apalagi kalau air mata buaya. Eh

Hadirin wal hadirat rahimakumullah;

Setelah mengetahui rukun dan hal-hal yang membatalkan puasa di bulan Ramadhan, rasanya kita juga perlu mengetahui amalan yang berpahala pada bulan yang mulia ini, kan?

Ada banyak, kan? Ada Shalat Tarawih dan Witir, ada tadarus Al-Qur’an, ada shalat tahajud, sedekah, serta berbagai perilaku kebaikan lainnya.

Boleh Baca: Rangkuman Materi Tentang Shalat Tarawih dan Tadarus Al-Qur'an

Intinya, pada bulan Ramadhan ini pintu surga dibuka seluas-luasnya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, dan para setan dikarantina selama sebulan penuh.

O ya para hadirin sekalian, kira-kira apa sih gunanya kita berpuasa? Mengapa kok puasa itu diwajibkan, dan apa keuntungan yang didapat oleh orang-orang yang berpuasa?

Sejatinya ada banyak hikmah yang bisa kita dapatkan ketika melaksanakan puasa dengan sungguh-sungguh alias lillahi ta-ala.

Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183 tadi, hikmah utama berpuasa ialah agar kita menjadi orang yang bertakwa.

Selain itu, ibadah puasa juga menjadi amalan penghapus dosa sebagaimana yang diterangkan oleh Rasulullah SAW dalam hadis riwayat Imam Bukhari Nomor 37:

Bismillahirrohmaanirrohim;

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin:

Man shooma romadhoona imaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzambih.

Artinya:

Barangsiapa yang berpuasa karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Hadirin wal hadirat rahimakumullah;

Hikmah selanjutnya dari puasa ialah melatih kejujuran. Berbeda dengan ibadah shalat, sebenarnya amalan puasa cenderung lebih tersembunyi, kan?

Bila semisal kita sedang sendirian di rumah, bersembunyi di dalam kamar kemudian minum segelas es teh. Adakah yang bakal tahu? Bisa jadi tidak, kecuali Allah dan malaikatnya.

Hadirin wal hadirat yang dimuliakan oleh Allah SWT;

Berpuasa di bulan Ramadhan utamanya ialah untuk menekan dan mengontrol diri kita untuk bisa menahan hawa nafsu, menahan diri dari perbuatan tercela dan menjauhi diri dari maksiat.

Hikmah berpuasa juga amatlah baik dari sisi kesehatan. Ketika kita berpuasa, sesungguhnya kita sedang memberikan jatah istirahat kepada lambung dan organ pencernaan. Dengan demikian, secara medis, ibadah berpuasa itu sungguh menyehatkan.

Lalu, apa saja hikmah berpuasa lainnya?

Hadirin yang berbahagia, berpuasa juga menjadi sarana latihan untuk meningkatkan kepedulian sosial. Dengan makan sebanyak dua kali sehari yaitu di waktu sahur dan berbuka, kita akan menyadari bahwa syukur itu sangatlah penting.

Di luar sana masih banyak saudara-saudara kita yang makannya masih sehari sekali, atau bahkan dua hari sekali. Berpuasa adalah salah satu jalan agar kita lebih sadar dan lebih peduli terhadap sesama.

Hadirin wal hadirat rahimakumullah;

Sejatinya masih ada begitu banyak kebaikan lain dari amalan berpuasa, terlebih lagi Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan.

Demikianlah ceramah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri dengan pantun:

Ada itik jalannya gemulai
Eh tiba-tiba disergap oleh buaya rawa
Berpuasa janganlah letih dan lunglai
Mari kita semangat meraih takwa

*

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Teks Ceramah Ramadhan yang Menyentuh Hati Tentang Bulan Ramadhan Penuh Berkah

Download Teks Ceramah Singkat Ramadhan untuk Anak SD PDF

Gurupenyemangat.com telah menyiapkan dokumen teks ceramah singkat Ramadhan untuk anak SD dengan judul kewajiban puasa beserta hikmahnya dengan format PDF.

Di dalam dokumen tersebut sudah disajikan pembuka ceramah, isi ceramah, dalil Arab dan latinnya, serta pantun penutup.

Silakan klik tombol download berikut untuk mendapatkan file teks ceramah singkat Ramadhan untuk anak SD PDF:

Ceramah Ramadhan Singkat Lucu.PDF 336kb

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks ceramah singkat dan lucu tema Ramadhan yang cocok untuk disampaikan oleh anak SD.

Semoga bermanfaat.
Salam.

Lanjut Baca: Teks Ceramah Menyentuh Hati Tentang Sedekah di Bulan Ramadhan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Teks Ceramah Singkat Ramadhan Untuk Anak SD yang Lucu Beserta Dalilnya, Mudah Dihafal"