Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menerapkan Self-love

Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menerapkan Self-love
Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menerapkan Self-love. Dok. Canva

Sobat, self-love secara bahasa memiliki arti yaitu mencintai diri sendiri. Self-love merupakan salah satu aspek penting dari kesehatan mental.

Ketika self-love diterapkan, maka kamu akan lebih berpikir ke yang positif daripada yang negatif. 

Sebagai contohnya yaitu ketika sedang marah atau sedih, karena hal ini merupakan bentuk dari penerimaan diri.

Selain mendapatkan ketenangan dalam menjalani kehidupan, self-love juga mempunyai berbagai manfaat lain baik kesehatan fisik maupun mental.

Sebut saja seperti menerima diri sendiri, menjaga tubuh dengan gaya hidup yang sehat, meningkatkan self-esteem dan berkurangnya risiko terjadinya gangguan kesehatan mental.

Oleh karena itu, supaya kondisi mental kamu tetap sehat, maka penting untuk dapat menerima dan mencintai diri secara apa adanya.

7 Cara Menerapkan Self-love

Cara Menerapkan Self-love
Cara Menerapkan Self-love. Dok. Canva

Adapun cara yang bisa kamu lakukan dalam menerapkan self-love, antara lain:

1. Kenali Diri Sendiri

Mulailah untuk mengenali diri sendiri jika tak mau Self-love menjadi sebuah ungkapan saja.

Temukan jawaban tentang pertanyaan yang tertuju pada diri kamu, seperti impian, ketakutan, dan kelebihan yang dimiliki.

2. Jangan Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Tanpa sadar, mungkin sudah lama kamu bersikap kompetitif. Hal ini yang memunculkan perbandingan antara diri sendiri dengan orang lain. Padahal, sangat jelas bahwa tiada manusia yang terlahir sempurna.

Karena itu, maka berhentilah untuk membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Fokuslah pada mimpi dan tujuan yang ingin kamu raih dalam hidup.

Dengan demikian, maka kamu akan merasa bebas tanpa adanya beban suatu hal dan yang pastinya akan lebih termotivasi untuk menjalani hidup.

Boleh Baca: Jadilah Sahabat bagi Dirimu Sendiri

3. Jangan Khawatir 

Dalam hidup, pasti tidak bisa menghindari pendapat orang lain tentang diri kamu. Oleh karena itu, maka tak perlu merasa khawatir tentang pendapat orang lain tentang diri kamu.

Terlalu banyak mendengarkan pendapat orang lain justru malah membuatmu susah untuk mendapatkan kebahagiaan.

4. Tentukan Keputusan dengan Percaya Diri

Di suatu kondisi, kamu mungkin sering merasa ragu untuk menentukan sebuah pilihan, bahkan untuk diri sendiri.

Cara untuk menerapkan self-love pada bagian ini adalah dengan lebih percaya diri dalam mengambil keputusan atas hidup kamu sendiri.

Setiap orang memiliki rasa yang valid, sehingga kamu tidak perlu merasa ragu untuk mendengarkan kata hati.

Boleh Baca: Hargailah Dirimu Sendiri, karena Hidup Ini Tak Seindah Serial Doraemon

5. Kenali Rasa Takut

Rasa takut pada diri sendiri tak seharusnya dihindari, karena hadirnya rasa takut merupakan hal yang wajar dan manusiawi.

Apabila rasa takut itu muncul, maka segeralah untuk berevaluasi dan temukan penyebab ketakutan pada diri kamu. Dengan begitu, dapat meringankan kecemasan yang kamu alami.

Boleh Baca: Jangan Takut Salah! Banggalah karena Dirimu Telah Berjuang

6. Jagalah Kesehatan Tubuh

Self-love tak hanya berbicara soal menerima diri sendiri, tetapi juga memberikan yang terbaik. Kesehatan tubuh sangat penting untuk kamu hargai.

Oleh karena itu, berikanlah hadiah terbaik untuk kesehatan tubuh kamu dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan yang bergizi, lebih banyak minum air putih, dan beristirahatlah yang cukup.

Supaya lebih sehat, janganlah merokok dan mengonsumsi alkohol.

7. Bertemanlah Dengan Orang yang Memberikan Pengaruh Baik

Kamu akan sulit mencintai diri sendiri jika sering berada di lingkungan yang salah. Maka alangkah baiknya carilah lingkungan sosial yang positif, membangun, dan bisa menerima kehadiranmu apa adanya. 

Selain cara di atas, self-love juga bisa kamu terapkan dengan menerima segala rasa sakit maupun bahagia yang kamu rasakan. Berbagai emosi, seperti senang dan takut akan membantu kamu untuk mengenali diri sendiri. 

Meskipun self-love penting untuk diterapkan, bukan berarti kamu dapat bebas untuk melakukan apapun yang kamu inginkan tanpa mempedulikan lingkungan sekitar. Tetaplah berbuat baik dan berempati kepada orang lain. 

Apabila kamu masih ingin mengetahui lebih lanjut mengenai self-love dan cara untuk menerima diri sendiri, kamu dapat berkonsultasi ke psikolog untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Satu hal yang perlu kamu catat, cintailah diri sendiri terlebih dahulu sebelum mencintai orang lain.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menerapkan Self-love. Semoga bermanfaat.

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi: 

  • Flaxington, B. Psychology Today (2019). The Importance of Self-Love.
  • Henriksen, et al. (2017). The Role of Self-esteem in the Development of Psychiatric Problems: a Three-year Prospective Study in a Clinical Sample of Adolescents. Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 11, pp. 68.
  • Knox, E. & Muros, J.J. (2017). Association of Lifestyle Behaviours with Self-esteem Through Health-related Quality of life in Spanish Adolescents. European Journal of Pediatrics, 176(5), pp. 621–628.
  • Martin, S. PsychCentral (2020). 22 Ways to Love Yourself More.
  • Mental Health Foundation (2018). 8 Simple Ways to Practise Self-love.
  • Mutiwasekwa, S. Psychology Today (2019). Self-Love.
  • Scott, E. Verywell Mind (2019). Raising Your Self Esteem for Stress Relief.
  • Stewart, A. Healthline (2018). 13 Steps to Achieving Total Self-Love.
  • Valenzuela, et al. (2018). Comorbid Depressive Symptoms and Self-Esteem Improve After Either Cognitive-Behavioral Therapy or Family-Based Treatment for Adolescent Bulimia Nervosa. European Eating Disorders Review : the Journal of the Eating Disorders Association, 26(3), pp.253–258.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Menerapkan Self-love"