Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Lulus Kuliah dalam 3,5 Tahun? Lakukan 5 Cara Ini

Ingin Lulus Kuliah dalam 3,5 Tahun Lakukan 5 Cara Ini
Ingin Lulus Kuliah dalam 3,5 Tahun? Lakukan 5 Cara Ini. Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Bagi kebanyakan mahasiswa, lulus kuliah tepat waktu bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri. 

Terdapat banyak sekali motivasinya, seperti ingin segera untuk mendapatkan pekerjaan atau ingin bergegas melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 

Sebenarnya, kualitas pembelajaran dan pengetahuan seorang sarjana tidak hanya diukur dari berapa lama dia menyelesaikan studi.

Kualitas seorang sarjana juga dapat diukur dengan seberapa paham dia dengan berbagai persoalan yang akan dihadapi di kemudian hari dan bagaimana supaya bisa menemukan solusi yang tepat dari pikirannya.

Tetapi, pada kenyataannya memang lebih banyak mahasiswa yang menginginkan lulus kurang dari empat tahun atau lulus pada semester 7.

Tujuannya, supaya mereka dapat memiliki waktu yang lebih banyak untuk belajar dan mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Selain itu, dengan lulus lebih cepat maka akan membuat orang tua bangga dengan prestasinya, dan menjadi sedikit lebih hemat karena tidak mengeluarkan biaya untuk membayar kuliah daripada menunda lulus kuliah.

Nah, jika kamu merupakan salah satu mahasiswa yang ingin lulus kuliah lebih cepat atau dalam jangka waktu 3,5 tahun. Kamu dapat melakukan 5 cara berikut:

5 Tips Agar Lulus Kuliah 3,5 Tahun

Tips Lulus Kuliah dalam 3,5 Tahun
Tips Lulus Kuliah dalam 3,5 Tahun. Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

1. Mengetahui Kewajiban Mahasiswa Sedini Mungkin  

Seorang mahasiswa yang ingin lulus lebih cepat harus mengetahui kewajibannya sejak dini, yakni belajar dan mengembangkan potensi akademik dengan seimbang. 

Pada faktanya, sering kali mahasiswa lalai terhadap kewajibannya dan lebih memilih untuk berfokus dalam kegiatan di luar kuliah, seperti organisasi. 

Mengikuti kegiatan organisasi ketika kuliah memang hal yang tidak dilarang. Tetapi, mahasiswa harus sanggup memegang kendali atas tanggung jawabnya.

Dengan begitu, kuliah maupun kegiatan organisasi tetap berjalan dengan maksimal. 

Supaya kamu dapat lulus tepat waktu, maka mulailah mencari lingkungan yang mendukung pada semester satu hingga dua.

Tujuannya tentu supaya kamu dapat melakukan berbagai kegiatan dengan tetap bertanggung jawab atas akademik.

Boleh Baca: Contoh Teks Moderator untuk Presentasi Kuliah Online

2. Perhatikan Jumlah Minimal SKS untuk Lulus 

Agar lulus di semester 7, kamu harus memperhatikan jumlah minimal sks kelulusan. Biasanya, selama 8 semester mahasiswa S1 akan mendapatkan sekitar 144-150 satuan kredit semester (SKS).

Tentunya jumlah ini sudah dirancang sedemikian rupa supaya kamu dapat lulus tepat 4 tahun. 

Di beberapa kampus, kamu dapat menambah SKS pada semester berikutnya, dengan syarat pada semester sebelumnya kamu mendapatkan indeks prestasi (IP) 3.00 ke atas.

Jadi, kamu dapat mengambil jumlah SKS yang lebih banyak, sehingga berpeluang untuk lulus lebih cepat. 

Saat kamu sudah mengetahui jumlah SKS minimal untuk lulus, maka kamu dapat pahami metode belajar yang tepat untuk menyelesaikan semua sks yang telah kamu ambil.

Beri perhatian pada SKS yang menurutmu lebih sulit. 

3. Manajemen Waktu yang Baik 

Bagi kamu yang harus membagi waktu antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja, kamu harus belajar untuk memanajemen waktu dengan baik. 

Kamu dapat membuat jadwal setiap hari untuk waktu belajar, berorganisasi, ataupun bekerja. 

Kamu harus tahu letak prioritas di setiap harinya supaya kamu dapat fokus terhadap tujuanmu untuk lulus pada semester 7.

Boleh Baca: Ingin Kuliah Lintas Jurusan? Simak Ini Dulu

4. Tentukan Topik Skripsi Mulai Semester 5 

Para mahasiswa seringkali gagal untuk lulus tepat waktu karena hambatan skripsi. Salah satunya yaitu topik skripsi yang berulang kali ditolak oleh dosen penguji. 

Di beberapa kampus, skripsi biasanya dimulai dari semester 7. Dengan membekali mahasiswa tentang penulisan proposal skripsi. 

Tetapi, topik penelitian dapat kamu pikirkan dari jauh-jauh hari sebelumnya, bahkan dapat dimulai semenjak semester 5 atau setelah selesai Kuliah Kerja Nyata (KKN). 

Kunci supaya kamu dapat lulus di semester 7 adalah pilih topik skripsi yang paling kamu sukai dan kuasai. Dengan begitu, maka kamu akan mudah untuk mengerjakannya. 

5. Atur Waktu dengan Dosen Pembimbing  

Jangan kira jika skripsi sepenuhnya menjadi tanggung jawab mahasiswa, padahal terdapat juga tanggung jawab dari dosen untuk membimbing mahasiswanya lulus. 

Ketika kamu sudah menentukan ingin lulus di semester 7 maka dari awal bertemu dengan dosen pembimbing, kamu harus sudah mengatakan hal itu. Supaya ke depan proses bimbingan akan disesuaikan dengan target yang telah dibuat.

Selain itu, mahasiswa perlu memberikan jadwal kepada dosen pembimbing supaya kegiatan di luar kuliah tidak mengganggu proses skripsi.

***

Sobat Guru Penyemangat, itulah 5 cara yang dapat kamu lakukan jika ingin lulus kuliah dalam waktu 3,5 tahun. Tertarik untuk mencobanya?

Semoga bermanfaat
Salam

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Ingin Lulus Kuliah dalam 3,5 Tahun? Lakukan 5 Cara Ini"

Promo Cashback & Voucher Shopee