Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anda Diminta Memimpin Diskusi Virtual? Inilah Contoh Teks Moderator Presentasi Kuliah Online

Teks Moderator Presentasi Kuliah Online
Teks Moderator Presentasi Kuliah Online. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, sudah seberapa sering dirimu mengikuti kegiatan diskusi virtual?

Rasanya sudah sangat sering sekali, ya. Terlebih lagi jikalau dirimu adalah seorang mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi. Sudah tentu setiap minggu akan melaksanakan kuliah secara online.

Berkisah tentang kuliah daring, biasanya dosen selalu meminta para mahasiswa untuk membuat makalah lalu dipresentasikan online secara berkelompok.

Dan...siapakah moderatornya?

Dalam kegiatan presentasi kuliah online, moderator bisa kita tunjuk sendiri atau malah dipiih oleh dosen pengampu mata kuliah secara acak.

Nah, bagaimana bila suatu hari Sobat Guru Penyemangat diminta jadi moderator? Apakah sudah siap?

Jika belum, maka di sini Gurupenyemangat.com bakal menghadirkan contoh teks moderator untuk memandu jalannya presentasi saat mengikuti kuliah online.

Selain contoh teks moderator untuk keperluan diskusi dan presentasi kuliah online, perhatikan pula hal-hal teknis agar sukses memandu kegiatan virtual.

Nah, langsung disimak saja ya pembahasannya:

Apa Itu Moderator?

Moderator Adalah...
Moderator Adalah... Dok. Gurupenyemangat.com

Perlu diketahui bersama, moderator adalah orang yang bertindak sebagai penengah, pemimpin sidang, atau seseorang yang menjadi pengarah pada acara-acara tertentu.

Dalam kegiatan presentasi kuliah online, moderator bisa ditunjuk dari salah satu anggota kelompok presentasi atau bisa juga dari peserta kuliah online di luar kelompok pemateri.

O ya, tugas utama moderator ialah memandu, mengatur, memimpin, hingga mengontrol jalannya presentasi kuliah online.

Jika ada perdebatan, moderator yang memiliki kuasa untuk menentramkan kembali suasana diskusi. Pun demikian dengan hal-hal lain seperti mengatur durasi jalannya presentasi.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Online

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Online
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menjadi Moderator Presentasi Kuliah Online. Dok. Gurupenyemangat.com

Sadar atau tidak, moderator di kegiatan offline itu berbeda dengan moderator pada kegiatan berbasis daring maupun virtual.

Menurut Guru Penyemangat, lebih mudah bagi kita untuk mengontrol jalannya acara secara tatap muka karena pada kegiatan daring permasalahan yang hadir kerap kali lebih kompleks.

Maka dari itu, agar bisa menjadi moderator presentasi kuliah online yang sukses, mahasiswa perlu memperhatikan hal-hal berikut:

1. Moderator Perlu Memahami Teknis Pelaksanaan Presentasi Kuliah Online Secara Mendetail

Sebagai pemimpin, pengontrol, dan pengendali kegiatan online, seorang moderator wajib mengetahui teknis pelaksanaan presentasi kuliah online secara cermat, teliti, dan mendetail.

Hal-hal kecil seperti adanya mikrofon mahasiswa yang belum dimatikan, mikrofonnya hidup namun tidak terdengar suara, serta adanya mahasiswa yang enggan mengaktifkan fitur video perlu disikapi dengan bijaksana.

Seorang moderator harus teliti memantau hal-hal kecil maupun besar yang bisa mengganggu jalannya presentasi kuliah online.

2. Moderator Aktif Mengontrol, Memimpin, Mengarahkan, Serta Menengahi Jalannya Presentasi Kuliah Online Secara Adil

Saat memutuskan menjadi moderator, sebenarnya kitalah yang berkuasa. Maka dari itu seorang moderator perlu memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu mengarah para peserta diskusi/seminar, serta pemateri agar mengikuti teknis, aturan, serta ketentuan yang sudah dibuat.

Pada saat jalannya presentasi kuliah online, moderator pula harus aktif menengahi bahkan memutuskan untuk menyudahi perdebatan secara adil dan bijaksana.

Ya, terkadang moderator perlu melihat, mendengar, serta memperhatikan dengan seksama durasi masing-masing sesi acara. Gunanya tiada lain ialah untuk menyukseskan jalannya presentasi.

3. Moderator Mampu Merangkum dan Mengambil Gagasan Pokok Materi Presentasi Kuliah Online

Meskipun moderator bukanlah seorang pemateri presentasi, bukan berarti dirinya bisa santai. Seorang pemandu/pemimpin acara mesti mampu merangkum serta mengambil gagasan pokok dari hasil presentasi maupun diskusi online.

Soalnya, terkadang hasil ringkasan dan catatan kecil inilah yang bisa kita jadikan bahan untuk menengahi perdebatan tiada ujung saat diskusi maupun presentasi kuliah online.

Contoh Teks Moderator Presentasi Kuliah Online

Contoh Teks Moderator Presentasi Kuliah Online
Contoh Teks Moderator Presentasi Kuliah Online. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi dan semoga sehat selalu untuk kita semua.

Yth, Bapak/ Ibu ABC selaku Dosen Pengampu Mata Kuliah

Serta teman-teman seperjuangan yang senantiasa saya banggakan

Alhamdulillah, puji syukur kehadiran Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat umur, nikmat iman, serta nikmat kesempatan sehingga bisa mengikuti perkuliahan online di masa pandemi.

Shalawat berbingkaikan salam kita hadiahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat syafaat beliau di yaumil akhir nanti.

Baiklah. Perkenalkan nama Saya Guru Penyemangat selaku moderator yang akan memandu jalannnya presentasi pada kesempatan kuliah online pagi hari ini.

Adapun pemateri yang akan melakukan presentasi adalah kelompok 1 dengan judul makalah “Efektivitas Kuliah Online di Masa Pandemi.” [Judul bisa diganti sendiri sesuai topik]

Sebelum memulai diskusi dan presentasi, berikut Saya perkenalkan nama anggota kelompok.

Terkait dengan rangkaian kegiatan presentasi online hari ini yaitu:

  • Sesi Pembukaan
  • Sesi Presentasi Online
  • Sesi Tanya Jawab
  • Sesi Tambahan/Masukan dari Dosen Pengampu Mata Kuliah
  • Sesi Penutup

Sesi Pembukaan

Kita masuki sesi pertama yaitu Pembukaan.

Supaya kegiatan kita hari ini mendapat berkah, mari kita buka kegiatan perkuliahan online hari ini dengan membaca Basmalah.

Sesi Presentasi Online

Kita masuki sesi yang kedua yaitu presentasi online.

Dalam hal ini kelompok 1 akan menyajikan materi tentang Efektivitas Kuliah Online di Masa Pandemi secara bergiliran dengan durasi waktu 15 menit.

Maka darinya, diharapkan kepada teman-teman sekalian untuk menyimak jalannya diskusi dengan seksama sembari menyiapkan tanggapan, masukan, maupun pertanyaan.

Lebih lanjut, demi kelancaran jalannya presentasi, diharapkan pula kepada peserta kuliah online hari ini untuk mematikan mikrofon Zoom/Google Meet namun tetap mengaktifkan fitur kamera video.

Kepada kelompok 1, dimohon untuk membagikan Slide Presentasi melalui fitur chat Zoom/Google Meet atau bisa juga dikirim melalui grup WhatsApp.

Baiklah, sesi presentasi kita mulai. Kepada pemateri dari kelompok 1, disilakan.

Sesi Tanya Jawab

Presentasi Online baru saja usai kita simak. Sekarang kita masuk di sesi tanya jawab.

Adapun ketentuan sesi tanya jawab kali ini, moderator membatasi hanya tiga pertanyaan saja.

Kepada para peserta diskusi yang ingin bertanya atau menanggapi, silakan memanfaatkan fitur raise hand yang ada di layar Zoom/Google Meet.

Kepada para peserta yang dipilih untuk bertanya, silakan menghidupkan fitur mikrofon (unmute). Ketika pertanyaan sudah selesai disampaikan, silakan matikan kembali fitur mikrofon supaya kegiatan presentasi online kita hari ini bisa berjalan dengan baik.

Pada saat pemateri presentasi sudah menjawab, disilakan pula kepada peserta lain yang ingin menanggapi, menambahkan, atau menyanggah.

Sesi Tambahan/Masukan dari Dosen Pengampu Mata Kuliah

Baiklah, teman-teman. Sesi tanya jawab baru saja berakhir. Sekarang kita berlanjut ke sesi tambahan/masukan dari dosen pengampu mata kuliah.

Kepada Yth. Bpk/Ibu disilakan.

Sesi Penutup

Teman-teman yang berbahagia. Dari pemaparan dan pembahasan mengenai “Efektivitas Kuliah Online di Masa Pandemi” tadi dapat ditarik kesimpulan di antaranya:

  • Kuliah online dibutuhkan selama pandemi
  • Kuliah online tidak efektif tapi bisa dijadikan opsi terbaik
  • Dan lain sebagainya.

Kepada Yth Bapak/Ibu ABC serta teman-teman yang berbahagia, demikianlah kegiatan perkuliahan online kita hari ini.

Saya selaku moderator meminta maaf atas segala kesalahan dan kepada Allah marilah sama-sama kita memohon ampun. Mari kita tutup kegiatan hari ini dengan membaca Hamdalah.

Di masa pandemi ini, mari sama-sama kita menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Demikian, Saya akhiri;

Wassalamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh!

Kepada Yth. Bpk/Ibu ABC serta teman-teman sekalian, disilakan untuk logout dari layar Zoom/Google Meet.

*

Demikianlah tadi ulasan Guru Penyemangat tentang contoh teks moderator presentasi kuliah online.

Teks moderator presentasi kuliah di atas bisa dimodifikasi, disesuaikan, serta dikembangkan sesuai keinginan.

Misalnya jika Sobat ingin mengganti contoh di atas menjadi teks moderator seminar online, maka cukup tambahkan sesi kata sambutan mulai dari pejabat dengan jabatan paling tinggi, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi seminar online oleh pemateri.

Adapun terkait dengan sesi tanya jawab, moderator bisa terlebih dahulu berkomunikasi dengan pihak pemateri seraya menyesuaikan dengan durasi seminar yang sudah direncanakan.

Sobat Guru Penyemangat juga boleh menambahkan pantun di awal salam pembuka dan penutup.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Anda Diminta Memimpin Diskusi Virtual? Inilah Contoh Teks Moderator Presentasi Kuliah Online"