Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Beberapa Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat

Beberapa Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat
Beberapa Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat. Dok. 10faq.com

Sobat Guru Penyemangat, jika kamu ingin mempunyai tinggi badan yang ideal, tentu alangkah baiknya lakukan cara untuk menambah tinggi badan yang alami dan sehat.

Hindari penggunaan obat atau suplemen penambah tinggi badan yang banyak beredar di pasaran, karena hal tersebut belum tentu aman untuk digunakan.

Ketika memasuki masa pubertas, seorang remaja akan mengalami yang namanya masa percepatan pertumbuhan (growth spurt), termasuk pertumbuhan tinggi badan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan tinggi badan yang diinginkan, sebaiknya lakukan cara menambah tinggi badan yang sehat pada periode ini.

Pada remaja pria, percepatan pertumbuhan dimulai pada usia 10 sampai 15 tahun. Sedangkan pada wanita remaja, masa percepatan pertumbuhan dimulai pada usia 8 sampai 13 tahun. 

Masa percepatan pertumbuhan bisa berlangsung sekitar 2 sampai tahun, hingga seorang remaja tersebut mencapai kematangan pada fisiknya, termasuk pada tinggi badannya.

Meskipun demikian, tidak semua orang dapat mencapai tinggi badan yang diinginkan.

Hal ini terjadi karena tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu faktor genetik atau keturunan.

Berikut disajikan beberapa tips yang bisa membantu untuk menambah tinggi badan selama masa percepatan pertumbuhan:

Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat

Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat
Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat. Dok. kidsclinicspokane.com

1. Olahraga yang Rutin

Olahraga atau melakukan aktivitas fisik yang rutin dapat memperkuat pada jaringan otot dan tulang, mempertahankan berat badan yang ideal, serta meningkatkan produksi hormon pertumbuhan.

Ada berbagai jenis olahraga yang dianjurkan untuk menambah tinggi badan secara alami. Seperti bersepeda, berenang, sepak bola, bulu tangkis, dan basket.

Namun, perlu diingat, pada masa pandemi seperti ini, sebaiknya olahraga tersebut dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan.

2. Memperbaiki Postur Tubuh

Memperbaiki postur tubuh juga dapat membantu menambah tinggi badan secara alami. 

Melakukan kebiasaan seperti berdiri, duduk, dan tidur dengan posisi yang tidak benar, contohnya seperti sering membungkuk, bisa membuat tubuh terlihat lebih pendek.

Sedangkan jika terbiasa dengan posisi tubuh yang baik dan tegak, tubuh akan terlihat lebih tinggi.

Cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki postur tubuh dan membuat tubuh terlihat lebih tinggi adalah dengan melakukan beberapa yoga, seperti mountain pose, cobra pose, dan child’s pose.

3. Istirahat yang Cukup

Kekurangan waktu untuk istirahat bisa mengakibatkan berbagai masalah pada kesehatan. Pada remaja, kurang tidur dapat menghambat proses tumbuh kembangnya.

Ini terjadi karena proses pertumbuhan dan perkembangan tubuh membutuhkan asupan energi yang sangat tinggi, salah satu cara untuk mendapatkan energi adalah dengan melakukanistirahat yang cukup.

Waktu istirahat untuk usia remaja adalah sekitar 8 sampai 10 jam per hari.

4. Konsumsi Makanan dengan Gizi Seimbang

Pada masa pertumbuhan, perlu untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, supaya pertumbuhan tinggi badan dapat maksimal.

Pada anak remaja, asupan nutrisi yang tercukupi sangat berperan penting untuk mencegah stunting.

Selain itu, dengan asupan makanan bergizi dapat menunjang pertumbuhan tinggi badan dan menjaga kepadatan pada tulang, anak remaja perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti kalsium, protein dan vitamin D.

Asupan nutrisi tersebut dapat diperoleh dari susu, buah-buahan maupun sayur-sayuran.

Pada beberapa kasus, Seperti gangguan pada hormon pertumbuhan atau malnutrisi, maka penggunaan obat-obatan tambahan mungkin akan disarankan untuk menambah tinggi badan. Namun, sebaiknya tetap dengan anjuran dokter.

Selain itu, untuk dapat mengatasi masalah pada hormon pertumbuhan, dokter dapat memberikan terapi hormon.

Perlu dicatat, beberapa tips untuk menambah tinggi badan di atas akan lebih efektif untuk dilakukan pada usia percepatan pertumbuhan.

Sedangkan untuk menambah tinggi badan pada orang dewasa, mungkin cara tersebut tidak akan efektif.

Cara yang terbukti efektif untuk menambah tinggi badan pada orang dewasa adalah dengan melakukan operasi.

Bila sekarang kamu merasa tidak percaya diri dengan tinggi badan dan ingin memperbaikinya, atau khawatir dengan pertumbuhan badan anak mengalami gangguan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter supaya mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

***

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang ragam tips untuk menambah tinggi badan yang sehat dan alami.

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • Albertsson-Wikland, K. G., et al. (2020). A New Type of Pubertal Height Reference Based on Growth Aligned for Onset of Pubertal Growth. Journal of Pediatric Endocrinology and Metabolism. 33(9), pp 1173−1182.
  • Cole, T. J., et al. (2021). Pubertal Growth in Height, Sitting Height and Leg Length in Achondroplasia. Annals of Human Biology. 48(1), pp 8−14.
  • Kaneshiro, N.K. National Institutes of Health (2021). U.S. National Library of Medicine Medline Plus. Adolescent Development.
  • KidsHealth, Nemours (2018). For Parents. Your Child’s Growth.
  • Ninditya, L. Ikatan Dokter Anak Indonesia (2016). Mencegah Anak Berperawakan Pendek.
  • Rogol, A.D. (2020). Emotional Deprivation in Children: Growth Faltering and Reversible Hypopituitarism. Frontiers in Endocrinology. 11: 596144.
  • Shinsugi, et al. (2020). Change in Growth and Diet Quality Among Preschool Children in Tokyo, Japan. Nutrients. 12(5): 1290.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah Beberapa Tips untuk Menambah Tinggi Badan yang Alami dan Sehat"

Promo Cashback & Voucher Shopee