Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Raspberry Bagi Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Buah Raspberry Bagi Kesehatan
Manfaat Mengonsumsi Buah Raspberry Bagi Kesehatan. Gambar oleh Manfred Richter dari Pixabay 

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Pernahkah kamu mengkonsumsi buah raspberry?

Buah yang memiliki rasa manis asam dan menyegarkan ini menyimpan banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayang sekali rasanya bila kamu melewatkan manfaat buah raspberry ini.

Raspberry atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan buah frambos adalah salah satu jenis buah berry yang memang memiliki banyak varietas.

Buah raspberry merupakan buah yang memiliki warna beragam, ada yang berwarna ungu, hitam, kuning, dan merah.

Tetapi, buah raspberry yang berwarna merah (Rubus idaeus) merupakan jenis raspberry yang paling banyak diminati.

Buah raspberry memiliki kandungan kalori yang rendah, akan tetapi kaya akan nutrisi. Pada 100 gram buah raspberry hanya mengandung sekitar 50 kalori.

Selain itu, buah ini mengandung fosfor, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, folat, zat besi, lutein, mangan, dan selenium.

Buah raspberry juga mengandung berbagai antioksidan, seperti antosianin, polifenol, quercetin, dan asam fenolat, yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Karena banyak nutrisi yang ada di dalamnya, maka tak heran jika buah raspberry dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut ada segenap manfaat dari buah raspberry yang dapat kita peroleh jika mengonsumsinya secara rutin.

Manfaat Buah Raspberry Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Raspberry Bagi Kesehatan
Manfaat Buah Raspberry Bagi Kesehatan. Gambar oleh Дарья Яковлева dari Pixabay 

1. Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan

Raspberry merupakan buah yang kaya akan serat. Dengan mengonsumsinya secara rutin maka dapat melancarkan sistem pencernaan sekaligus menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik yang ada di dalam usus.

Selain itu, dengan asupan serat juga dapat mengurangi risiko untuk mengalami gangguan pencernaan.

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

Buah Raspberry memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat serta nutrisi, jadi, raspberry merupakan salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi bagi yang sedang ingin menurunkan berat badan.

Kandungan serat serta protein, dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan kamu dapat terkontrol dengan baik. Dengan begitu, kamu tidak akan ngemil berlebihan.

Tetapi, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, kamu tidak bisa hanya mengandalkan buah raspberry. Kamu juga harus rutin berolahraga serta menjalani diet yang tepat.

3. Dapat Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengonsumsi buah raspberry dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Kadar indeks glikemik yang rendah pada buah raspberry tidak akan dapat menaikkan gula darah secara drastis saat kamu mengonsumsi buah ini.

Gula darah dalam tubuh yang terkontrol, kamu tidak akan terkena resistensi insulin yang akan mengakibatkan diabetes.

4. Dapat Menjaga Kesehatan Kulit

Jika kamu ingin memiliki kulit yang sehat. Kamu dapat mewujudkannya dengan rutin mengonsumsi raspberry.

Buah yang kaya akan antioksidan dan nutrisi, seperti vitamin C, dapat menjaga kesehatan kulit.

Kandungan nutrisi dan berbagai senyawa pada raspberry sangat baik untuk mencegah dan mengurangi penuaan dini pada kulit.

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi, raspberry dapat mendukung tubuh untuk memproduksi kolagen.

5. Dapat Memelihara Fungsi Otak

Dengan bertambahnya usia,  kinerja otak akan mengalami yang namanya penurunan. Hal ini dapat semakin cepat terjadi atau semakin parah pada orang yang sering terpapar radikal bebas.

Untuk mencegahnya, kamu bisa lakukan dengan mencukupi asupan antioksidan setiap hari. Salah satu makanan yang mengandung antioksidan adalah buah raspberry.

Kandungan antioksidan yang tinggi pada buah raspberry diketahui sangat baik untuk memelihara kesehatan otak, meningkatkan ingatan, serta mengurangi risiko terjadinya gangguan fungsi otak, seperti penyakit demensia, Alzheimer, dan penyakit Parkinson.

6. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Buah raspberry yang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi menjadikan buah ini sebagai buah yang baik untuk jantung.

Riset menunjukkan bahwa dengan memenuhi asupan serat dapat membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Hal ini akan mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

7. Dapat Mencegah Kanker

Buah raspberry merupakan buah yang mengandung antioksidan.

Kandungan antioksidan ini dapat mencegah kerusakan sel-sel sekaligus meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga bisa mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

Setelah tahu banyaknya manfaat pada buah rapsberry, kini kamu dapat mulai memasukkan buah ini ke dalam menu makanan sehari-hari.

Meskipun bermanfaat, kamu tidak dapat mengandalkan buah raspberry saja untuk menunjang kesehatan.

Tetaplah untuk mengonsumsi beragam jenis makanan yang sehat, kemudian rutin berolahraga, serta beristirahat yang cukup supaya tubuh tetap sehat.

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang segenap manfaat buah raspberry bagi kesehatan.

Semoga Sobat senantiasa sehat ya.
Salam.

Ditulis oleh: Anita Putri Kirana

Referensi:

  • Burton-Freeman, B. M., Sandhu, A. K., & Edirisinghe, I. (2016). Red Raspberries and Their Bioactive Polyphenols: Cardiometabolic and Neuronal Health Links. Advances in Nutrition (Bethesda, Md.). 7(1), pp. 44–65.
  • Cervoni, B. Verywell Fit (2020). Raspberry Nutrition Facts and Health Benefits.
  • Dhalaria, et al. (2020). Bioactive Compounds of Edible Fruits with Their Anti-Aging Properties: A Comprehensive Review to Prolong Human Life. Antioxidants (Basel, Switzerland). 9(11): 1123.
  • Dharmawansa, et al. (2020). Chemopreventive Effect of Dietary Anthocyanins against Gastrointestinal Cancers: A Review of Recent Advances and Perspectives. International Journal of Molecular Sciences. 21(18): 6555.
  • Franck, et al. (2020). Effects of Daily Raspberry Consumption on Immune-Metabolic Health in Subjects at Risk of Metabolic Syndrome: A Randomized Controlled Trial. Nutrients. 12(12): 3858.
  • Groves, M. Healthline (2018). Red Raspberries: Nutrition Facts, Benefits and More.
  • Jennings, A., Cunnane, S.C., & Minihane, A.M. (2020). Can Nutrition Support Healthy Cognitive Ageing and Reduce Dementia Risk? BMJ. 369:m2269.
  • Neri, et al. (2020). Antioxidant Activity in Frozen Plant Foods: Effect of Cryoprotectants, Freezing Process and Frozen Storage. Foods. 9, 1886.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Mengonsumsi Buah Raspberry Bagi Kesehatan"

Promo Cashback & Voucher Shopee