Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Malaikat Disebut Makhluk Gaib? Ternyata Ini Alasannya

Mengapa Malaikat Disebut Makhluk Gaib?
Mengapa Malaikat Disebut Makhluk Gaib? Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, tahukah dikau mengapa malaikat disebut makhluk gaib?

Gaib sering kali menjadi salah satu kata yang seringkali orang gunakan untuk menggambarkan keadaan makhluk yang tidak nyata atau tidak dapat kita lihat menggunakan mata telanjang. 

Allah SWT menciptakan makhluk gaib dan nyata alias tidak berwujud.

Ciptaan Allah SWT yang nyata, memiliki rupa serta jasad yang dapat kita lihat dengan mata telanjang adalah manusia, hewan dan tumbuhan.

Contoh makhluk gaib ciptaan Allah SWT seperti halnya syaitan, iblis, jin dan juga malaikat. Tapi mengapa disebut dengan makhluk gaib?

Berikut Gurupenyemangat.com sajikan ulasannya:

Alasan Mengapa Malaikat Disebut Makhluk Gaib

Ada beberapa alasan yang perlu kita ketahui terkait alasan mengapa malaikat sering kali disebut sebagai makhluk gaib. Berikut sajiannya:

1. Tidak Berwujud dan Memiliki Jasad

Malaikat merupakan salah satu ciptaan Allah SWT yang termasuk dalam kriteria makhluk gaib. Kita tidak bisa melihat malaikat karena malaikat tidak berwujud alias tidak memiliki jasad.

2. Keberadaan Malaikat yang Tidak Dapat Dirasa

Keberadaan suatu makhluk atau benda yang nyata bisa kita rasakan kehadirannya dan eksistensinya.

Namun, malaikat merupakan makhluk yang tidak bisa rasakan keberadaannya oleh panca indera manusia. Kecuali? Kecuali jika malaikat menyamar dalam wujud manusia.

3. Malaikat Diciptakan dari Cahaya

Malaikat diciptakan dari cahaya oleh Allah SWT. Malaikat pula tidak memiliki hawa nafsu, badan, namun selalu patuh terhadap segala perintah Allah.

Malaikat Allah yang Wajib Kita Ketahui dan Yakini

Salah satu rukun iman adalah beriman kepada malaikat Allah. Berikut ini 10 malaikat yang wajib kita ketahui dan yakini beserta tugasnya.

Berikut ulasan singkat terkait malaikat Allah beserta tugasnya.

1. Malaikat Jibril

Yang pertama adalah malaikat Jibril. Memiliki tugas untuk menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada Nabi dan juga Rasul Allah.

Malaikat Jibril juga sering kali disebut sebagai malaikat penghubung secara langsung antara Allah SWT dengan Nabi dan Rasul Allah.

2. Malaikat Mikail

Kedua yaitu malaikat Mikail, yang memiliki tugas untuk memberikan rezeki pada manusia. 

Rezeki yang kita peroleh melalui malaikat Mikail sangatlah beragam, mulai dari rezeki kesuburan, hujan dan juga sinar matahari.

kita juga bisa mengusahakan rezeki untuk mencukupi kebutuhan dengan ikhtiar dan usaha yang maksimal.

3. Malaikat Israfil

Ketiga adalah malaikat Israfil, yang memiliki tugas cukup mengerikan karena berhubungan dengan tanda-tanda tibanya hari akhir (hari kiamat).

Tugas malaikat Israfil adalah untuk meniup sangkakala saat hari kiamat tiba.

Tiupan pertama sangkakala ialah adalah puncak dari Hari Kiamat Besar, sedangkan tiupan kedua adalah masa-masa kebangkitan kembali menuju Hari Pengadilan.

4. Malaikat Izrail

Keempat yaitu malaikat Izrail, yang memiliki tugas untuk mengakhiri jalan hidup seseorang di dunia. Yups, untuk mencabut nyawa manusia yang sudah sampai pada batas akhir usianya.

5. Malaikat Munkar

Kelima adalah malaikat Munkar, yang memiliki tugas di alam kubur dan berhubungan langsung dengan orang yang baru menginjak alam kubur.

Tugas malaikat Munkar adalah menanyakan perbuatan dan juga keseharian seseorang selama hidup di dunia.

6. Malaikat Nakir

Keenam adalah malaikat Nakir, memiliki tugas sebagaimana tugas malaikat Munkar di alam kubur.

Yaitu untuk bertanya dan memeriksa manusia yang ada di alam kubur terkait amal perbuatan yang telah mereka lakukan saat masih hidup di dunia.

7. Malaikat Raqib

Selanjutnya yaitu malaikat Raqib, yang memiliki tugas untuk mencatat segala amal baik yang manusia lakukan selama hidup.

Kita bisa mengingat keberadaan malaikat Raqib yang selalu berada di dekat kita untuk memotivasi diri dalam melakukan kebaikan.

8. Malaikat Atid

Kedelapan adalah malaikat Atid, yang memiliki tugas berkebalikan dengan malaikat Raqib. Yaitu untuk mencatat amal buruk yang manusia lakukan selama hidup.

Sejatinya kita perlu mengingat keberadaan malaikat Atid yang sangat dekat untuk membuat diri ini terhindar dari mengerjakan amal buruk.

9. Malaikat Malik

Kesembilan adalah malaikat Malik yang sering kali memiliki penggambaran tegas dan cukup menyeramkan.

Soalnya malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka sekaligus menyambut para penghuni ataupun ahli neraka yang datang dengan rasa penyesalan.

10. Malaikat Ridwan

Yang terakhir adalah malaikat Ridwan dengan penggambaran sosok malaikat yang menyejukkan.

Tugasnya yaitu menjaga pintu surga sekaligus untuk menyambut para penghuni dan ahli surga yang datang dengan rasa kebahagiaan.

*

Selain daripada yang disebutkan di atas, sejatinya masih ada begitu banyak nama-nama malaikat lain yang Allah ciptakan. Setidaknya ada ratusan ribu malaikat yang tugasnya sudah ditentukan.

Malaikat merupakan makhluk gaib yang Allah SWT ciptakan dari nur (cahaya). Selain itu, malaikat tidak memiliki gender yang spesifik baik perempuan ataupun laki-laki dan juga tidak memiliki nafsu. 

Sehingga, malaikat merupakan salah satu ciptaan Allah yang sangat taat dan juga patuh terhadap perintah Allah SWT.

Kita juga bisa mempelajari dan mengetahui beberapa fakta lainnya mengenai malaikat dari Al-Qur’an maupun Hadits. Agar pengetahuan diri mengenai Allah SWT beserta ciptaan-Nya semakin banyak dan luas.

Bagaimana, menarik bukan alasan mengapa malaikat kemudian seringkali dikenal sebagai makhluk gaib? Kita juga perlu mengetahui dan meyakini 10 malaikat seperti pada ulasan ini. 

Mengapa Malaikat Selalu Taat kepada Allah Sedangkan Manusia Tidak?

Bila kita baca Al-Quran khususnya Surah At-Tahrim ayat 6, maka di sana dikatakan bahwa ciri malaikat ialah tidak mendurhakai Allah terhadap apa-apa yang diperintahkan Allah kepada mereka.

Selain itu, malaikat juga akan selalu mengerjakan tugas-tugas serta apa saja yang Allah SWT pinta tanpa pernah melalaikannya.

Mengapa kok malaikat selalu taat sedangkan manusia tidak? Alasannya ialah karena malaikat diciptakan oleh Allah tanpa memiliki hawa nafsu.

Sebagaimana yang kita ketahui, hawa nafsu memiliki kecenderungan menuju perbuatan kebaikan maupun keburukan. Hawa nafsu bisa dipengaruhi oleh berbagai hal.

Contoh? Setan yang menjadi sombong lalu dilempar dari surga itu disebabkan oleh ketidakberdayaannya mengontrol hawa nafsu sehingga terjerumus dalam kesombongan.

Apakah manusia juga bisa dibudak oleh hawa nafsunya? Tentu saja. Jika tidak pandai-pandai mengontrol diri, kita bisa saja tergoda oleh kenikmatan dunia, jabatan, harta, dan kemewahan fatamorgana lainnya.

Sedangkan malaikat selalu taat karena mereka tidak diberi hawa nafsu. Malaikat selalu sukses melaksanakan tugasnya dan selalu bertasbih kepada Allah SWT.

Demikian ulasan singkat Gurupenyemangat.com terkait mengapa malaikat disebut makhluk gaib dan alasan mengapa mereka selalu taat kepada Allah. 

semoga bermanfaat.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Mengapa Malaikat Disebut Makhluk Gaib? Ternyata Ini Alasannya"

Promo Cashback & Voucher Shopee