Widget HTML #1

45 Kata-kata Mutiara Sedekah di Hari Jumat Islami, Tidak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi

Kata-kata Mutiara Sedekah di Hari Jumat Islami
Kata-kata Mutiara Sedekah di Hari Jumat Islami. Dok. Gurupenyemangat.com

Salam Jumat Berkah, Sobat Guru Penyemangat!

Alhamdulillah, ya, kita semua kembali diizinkan untuk menyapa Sayyadul Ayyam alias hari terbaik nan mulia yang di salah satu jamnya terkandung waktu mustajab untuk berdoa.

Pada hari Jumat ini biasanya di jalanan maupun di sudut-sudut desa gencar digaungkan GJB alias Gerakan Jumat Berkah.

Banyak orang bersama-sama menyuarakan semangat berbagi dan bersedekah dengan memanfaatkan momentum Hari Jumat.

Hal tersebut sungguh sangat baik, bukan? Pastinya. Entah itu sedekah diam-diam maupun sedekah secara terang-terangan semuanya adalah kebaikan, asalkan niatnya lurus dan mengharap ridho Allah semata.

Nah, agar semakin semangat di momentum Jumat Berkah, di sini Gurupenyemangat.com ingin menghadirkan kumpulan kata-kata tentang sedekah di Hari Jumat.

Kumpulan kata-kata mutiara sedekah ini mengajak kita untuk semangat berbagi di Hari Jumat penuh berkah tanpa harus menunggu kaya.

Baiklah, langsung disimak saja ya:

Kata-kata Sedekah di Hari Jumat

Kata-kata Sedekah di Hari Jumat
Kata-kata Sedekah di Hari Jumat. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Bismillah, saatnya kita bersedekah di Hari Jumat Berkah. Bersedekah tidak perlu menunggu kaya, karena insyaAllah kita akan segera kaya dengan sedekah.

2. Berinfaklah di jalan Allah, karena dengan begitu engkau telah memberikan pinjaman yang baik kepada Tuhan Semesta Alam.

3. Bersedekahlah dengan niat yang tulus, karena jika sedikit saja ada perasaan riya’, maka berapa pun nilai pemberianmu tidak akan ada artinya.

4. Sedekah itu harus ikhlas, dan ikhlas tidak perlu diucapkan dengan kata-kata. Itulah mengapa dalam Surah Al-Ikhlas tidak ada satu pun kata “Ikhlas” maupun rela.

5. Pada setiap rezeki yang Allah berikan kepada kita, ada hak orang lain yang wajib kita salurkan.

6. Tenanglah! Sedekah sedikit pun tidak akan pernah membuatmu miskin.

7. Miskin hanyalah perasaan, karena Allah adalah Tuhan yang Maha Mencukupkan. Allah menghadirkan kekayaan yang dipasangkan dengan kecukupan, bukan kemiskinan.

Gambar Kata-kata Sedekah di Hari Jumat
Gambar Kata-kata Sedekah di Hari Jumat. Dok. Gurupenyemangat.com

8. Setiap sampah yang engkau pungut dari pinggir jalan lalu dibuang ke kotak sampah itu adalah sedekah.

9. Senyum tulusmu adalah sedekah, maka belajarlah untuk membahagiakan orang lain dan dirimu sendiri.

10. Berapa pun uang yang engkau infakkan di jalan Allah, pasti akan Allah siapkan gantinya. Iya, ganti yang lebih baik.

11. Sedekah tidak hanya sekadar memberi uang atau makanan, karena melepaskan kesulitan yang dialami orang lain adalah bagian dari sedekah.

Boleh Baca: 45 Kata-kata Bismillah Jumat Berkah yang Menyentuh Hati

12. Lupakan! Jangan kau ungkit-ungkit nilai sedekah dan infakmu. Cukuplah Allah dan malaikat-Nya yang tahu, agar niatmu tidak keliru.

13. Dari sedekah kita bisa belajar membahagiakan orang lain sekaligus membersihkan hati dan harta kita dari nafsu setan. Mari giatkan gerakan sedekah Jumat.

14. Carilah rezeki yang halal lagi baik, karena sebaik-baiknya rezeki ialah yang semakin mendekatkanmu kepada Allah.

15. Jangan pikirkan akhirat saja, karena Allah memerintahkan kita untuk bertebaran di muka bumi seraya merengkuh amal saleh. Lakukanlah kebaikan walaupun kecil, dan bertulus hatilah dengan kerelaan sepenuhnya.

Quotes Sedekah Jumat

Quotes Sedekah Jumat
Quotes Sedekah Jumat. Dok. Gurupenyemangat.com

16. Berbagi itu indah, karena kebaikan yang engkau dapatkan dapat dirasakan oleh banyak orang.

17. Berbagi itu tidak perlu menunggu hartamu berlimpah, karena setiap kebaikan yang engkau beri pada akhirnya akan kembali kepadamu.

18. Tak perlu menghitung-hitung berapa jumlah sedekahmu, sungguh tidak ada gunanya. Berikan saja sedekah terbaik di Hari Jumat dan ikhlaskanlah sebanyak maupun sedikit pemberianmu.

19. Bayarlah zakat jika sudah sampai nisabnya, karena itu adalah kewajibanmu untuk memberikan hak yang semestinya didapat oleh orang lain.

Boleh Baca: Kumpulan Caption Jumat Berkah Islami Singkat

20. Sedekah maupun infak sama sekali tidak akan membuatmu miskin, karena kemiskinan akan datang kepada orang-orang yang tidak pernah merasa cukup.

21. Alhamdulillah kita kembali tiba di Hari Jumat. Gapailah berkah di hari yang mulia ini dengan sedekah. Sedikit atau banyak pemberianmu tidaklah masalah, asalkan ikhlas dan penuh kerelaan.

22. Ada orang bahagia karena berbagi, ada pula orang yang dibahagiakan karena menerima kebaikan. Itulah keindahan Islam yang semestinya bisa setiap saat kita rasakan.

Quotes Mutiara Sedekah Jumat
Quotes Mutiara Sedekah Jumat. Dok. Gurupenyemangat.com

23. Pada waktu-waktu tertentu di Hari Jumat telah Allah siapkan waktu mustajab untuk berdoa. Carilah waktu yang singkat itu dengan senantiasa memohon ampun, bershalawat, dan berkebaikan dengan sedekah.

24. Sejatinya sedekah yang kita berikan bukanlah untuk Allah, karena Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji. Setitik kebaikan yang kita berikan kepada orang lain nantinya akan kembali kepada kita.

25. Sedekahlah dengan diam-diam, yaitu ketika tangan kirimu tak mengetahui pemberian yang dilakukan oleh tangan kananmu.

26. Sedekah secara terang-terangan juga bernilai pahala, tapi kuatkanlah hatimu dari godaan setan yang terkutuk dari hasutan rasa pamer bangga.

Boleh Baca: Kumpulan Ayat Al-Quran Tentang Infak dan Sedekah

27. Sedekah di Hari Jumat bukanlah tentang angka dan jumlah melainkan tentang ketulusan. Tidak ada angka pasti tentang ketulusan karena tingkatan kerelaan hamba hanya Allah yang Maha Tahu.

28. Allah Maha Mengetahui apa yang engkau ucapkan dan apa yang engkau sembunyikan di dalam hati. Niatkanlah pemberianmu di Hari Jumat dengan sebukit ketulusan, dengan hanya mengharap ridho Allah semata.

29. Tidak akan berkurang sedikit pun hartamu gara-gara sedekah.  Belajarlah dari kisah Abdurahman bin Auf yang semakin kaya gara-gara rela memberi.

30. Tidak ada hal lain yang akan engkau dapatkan dari sedekah kecuali kebaikan. Karena cara mencari kebaikan ialah dengan menebarkan kebaikan itu sendiri.

Quotes Sedekah untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin

Quotes Sedekah untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Quotes Sedekah untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin. Dok. Gurupenyemangat.com

31. Salah satu ciri pendusta agama adalah menghardik anak yatim. Maka darinya, jadilah kita muslim yang baik dengan memberikan sedekah untuk anak yatim.

32. Allah hadirkan anak yatim sebagai ujian bagi kita para manusia, apakah kita akan memberi atau malah menyia-nyiakan ujian tersebut? Persembahkanlah sedekah terbaik untuk anak yatim.

33. Sedekahkanlah sebagian hartamu untuk fakir dan miskin yang ada di dekat kita. Semoga Allah membalas kebaikanmu.

34. Jadi kaya itu bagus, karena semakin engkau kaya semakin banyak engkau bisa memberi.

35. Hidup itu sederhana saja dan bersahaja. Tidak perlu banyak gaya, karena yang bagus itu adalah banyak sedekahnya.

36. Hari Jumat telah menyapa, lalu mari kita bersedekah. Sedikit atau banyak tidak masalah, asalkan tepat sasaran dan disertai dengan keikhlasan.

37. Sedekahkanlah hartamu kepada orang terdekat seperti sanak/saudara, karena jika mereka miskin, maka mereka sedang butuh tapi tidak sebagai peminta-minta.

Kata-kata Sedekah untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin
Kata-kata Sedekah untuk Anak Yatim dan Fakir Miskin. Dok. Gurupenyemangat.com

38. Sedekah itu harus cerdas, dan sedekah yang cerdas bisa berupa wakaf yang produktif. Niscaya pahala sedekah akan mengalir walau engkau sudah berada di alam barzah.

39. Jangan takut jatuh miskin, takutlah jika engkau dititipkan kekayaan namun lupa untuk berbagi.

40. Infakkanlah hartamu di jalan Allah. Tapi perlu diingat bahwa harta yang diinfakkan adalah harta yang halal, bukan yang syubhat apalagi haram.

41. Berbagi itu bagus, tapi caranya juga harus baik dan benar. Jangan sampai kita berkerja yang haram lalu berdalih sudah membersihkan harta haram tersebut dengan bersedekah.

42. Bismillah Jumat Berkah! Bersedekahlah, dan semoga rezeki kita semakin bertambah.

43. Alhamdulillah aku masih sehat di Hari Jumat. Semoga orang-orang yang sakit segera diangkat penyakitnya dan Allah berikan nikmat sehat.

44. Entah itu miskin entah itu kaya, bersedekahlah. Biarkan nanti Allah yang membalasnya.

45. Harta tidak bisa dibawa mati, tapi kebaikan dan kebermanfaatan dari harta itulah yang akan menemanimu di alam kubur dan akhirat nanti.

***

Nah, demikianlah tadi kumpulan kata-kata mutiara tentang sedekah khususnya di Hari Jumat Berkah sebagaimana yang bisa Guru Penyemangat sajikan pada kesempatan ini.

Mudah-mudahan mampu membangkitkan semangat berbagi, ya. Berbagi kebaikan dengan ikhlas seraya mengharap ridho Allah semata tentunya.

Salam Jumat Berkah!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "45 Kata-kata Mutiara Sedekah di Hari Jumat Islami, Tidak Perlu Menunggu Kaya untuk Berbagi"