Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Susunan Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021 Lengkap dengan Teks MC dan Doa

Susunan Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021 Lengkap dengan Teks MC dan Doa
Susunan Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021 Lengkap dengan Teks MC dan Doa. Dok. Gurupenyemangat.com

Hari Guru Nasional Segera Tiba!

Tingga menghitung hari, sesaat lagi kita bakal singgah di hari bahagianya para pendidik yaitu 25 November Tahun 2021.

Setiap tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional sekaligus HUT PGRI yang pada tahun 2021 ini sudah merengkuh usia 76 tahun.

Wah, sungguh sudah begitu menua ya peringatan Hari Guru Nasional? Tapi Guru Penyemangat yakin bahwa harapan, doa, dan cita-cita untuk memajukan pendidikan di Bumi Pertiwi akan terus ada.

Berkisah tentang guru, agaknya di saat sekarang ini banyak pihak sedang mempersiapkan kegiatan upacara bendera untuk peringatan Hari Guru Nasional 2021 di masa pandemi.

Baik itu lingkungan pemerintahan pusat di bidang pendidikan, pemerintah daerah, hinggalah sekolah, masing-masing dari mereka biasanya punya ide kreatif untuk memeriahkan Hari Guru.

Sebagai contoh, pada dua tahun terakhir Guru Penyemangat sempat ditunjuk sebagai pembaca doa pada peringatan Hari Guru Nasional, sedangkan peserta kegiatannya adalah siswa.

Dengan demikian, semua petugas upacara mulai dari inspektur upacara hingga pengibar bendera semuanya adalah guru. Keren, kan?

Maka dari itu, Gurupenyemangat.com bakal menuangkan sajian contoh susunan alias tata tertib upacara Hari Guru Nasional 2021 lengkap dengan teks pembawa acara dan doa.

Nah, langsung disimak saja ya:

Susunan dan Tata Tertib Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021

Susunan dan Tata Tertib Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021
Susunan dan Tata Tertib Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

Bersandar pada Surat Edaran Kemendikbudristek Nomor 81555/MPK/TU.02.03/2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021, instansi yang diperkenankan menggelar upacara HGN adalah instansi yang berada di daerah dengan kebijakan PPKM level 1 dan 2.

Sedangkan bagi daerah yang masih berstatus PPKM level 3 dan 4 diimbau untuk mengikuti jalannya upacara melalui kanal Youtube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi.

Adapun tema besar peringatan HGN ke-76 tahun 2021 yaitu, “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.” Logo HGN tahun ini pun tidak berbeda dengan tahun 2020.

Boleh Baca: Hanya Copas, Berikut Logo Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 Beserta Maknanya

Sedangkan waktu upacara bisa digelar pada 25 November Tahun 2021 pukul 08.00 WIB s/d selesai atau disesuaikan dengan kondisi masing-masing daerah.

Pun demikian dengan aturan berpakaian.

Para pejabat, undangan pria maupun undangan wanita dapat mengenakan pakaian adat tradisional yang menyesuaikan dengan kepantasan norma. Adapun organisasi profesi diimbau mengenakan pakaian profesi. Semisal, organisasi guru mengenakan baju PGRI.

Berikut susunan dan tata tertib acara upacara bendera peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021:

  • Pemimpin upacara memasuki lapangan upacara;
  • Pembina upacara tiba di tempat/memasuki lapangan upacara;
  • Penghormatan kepada pembina upacara;
  • Laporan pemimpin upacara;
  • Pengibaran bendera Merah Putih diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh korsik/paduan suara;
  • Mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina upacara;
  • Pembacaan naskah Pancasila diikuti oleh seluruh peserta upacara;
  • Pembacaan naskah Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945;
  • Penganugerahan Tanda Kehormatan Satya Lancana Karya Satya (jika ada);
  • Menyanyikan lagu Hymne Guru;
  • Amanat pembina upacara; (Adapun untuk keperluan teks pidato upacara, silakan baca di: Contoh Teks Pidato Peringatan Hari Guru Nasional untuk Amanat Upacara)
  • Menyanyikan lagu Terima Kasih Guruku (Boleh ditambah dengan lagu lain sesuai dengan kebutuhan);
  • Pembacaan doa;
  • Laporan pemimpin upacara;
  • Penghormatan kepada pembina upacara;
  • Pembina upacara meninggalkan mimbar/lapangan upacara;
  • Upacara selesai, barisan dibubarkan.

Demikianlah tadi susunan acara kegiatan peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021. Silakan bagi sobat Guru Penyemangat untuk dapat menyesuaikan tata tertib acara dengan situasi maupun kondisi lapangan.

Adapun bagi pembaca acara alias MC kegiatan upacara, juga bisa menambah sepatah dua patah kata seperti imbauan untuk merapikan barisan peserta upacara HGN serta penambahan kegiatan lainnya jika diperlukan.

Doa untuk Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021

Doa untuk Upacara Hari Guru Nasional
Doa untuk Upacara Hari Guru Nasional. Dok. Gurupenyemangat.com

Pada tanggal 19 November tahun 2021 kemarin Kemendikbudristek melalui portal resminya telah mengunggah dokumen file PDF tentang doa yang bisa dibacakan pada upacara peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

Berikut isi teks doa Hari Guru:

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Pada momentum Hari Guru Nasional yang mulia ini, marilah sejenak kita menengadahkan tangan memohon perlindungan dan ampunan kepada Allah SWT.

A’udzubillahiminassyaitonirrojim
Bismillahirrohmanirrohim
Alhamdulillahirobbil’alamin
Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajmain
Allahumma sholli wa sallim wa barik ala sayyidina Muhammad, wa ala ali sayyidina Muhammad.

Ya Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang;

Tiada kata yang patut kami haturkan melainkan sanjungan tertinggi bagiMu, karena hanya atas kuasa dan ijin-Mu lah pada hari ini kami bisa berkumpul dalam rangka mengikuti “Upacara Bendera Hari Guru Nasional Tahun 2021”, untuk itu Ya Allah. berkati dan ridhoi acara kami ini.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa;

Kami yang hadir dalam upacara di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai dengan saat ini, jadikanlah Hari Guru Nasional tahun ini sebagai momentum untuk: Meningkatkan mutu, kualitas, kesejahteraan, perlindungan bagi guru dan tenaga kependidikan secara komprehensif, dan meningkatkan profesionalisme guru-guru kami untuk mendidik putra

putri menjadi pelajar Pancasila sejati.

Ya Allah, ya Rahman ya Rahim;

Kami sangat mendambakan guru-guru kami menjadi pendidik-pendidik sejati, menjadi hamba-Mu yang selalu menyemai ilmu pengetahuan, mendidik dengan penuh kelembutan dan kasih sayang, menjadi panutan dan inspirasi bagi anak-anak bangsa ini, sehingga bangsa ini memiliki

peradaban yang unggul dan mulia, bangsa yang memiliki kecerdasan yang paripurna, serta berbudi pekerti yang luhur. Ya Rabbi, muliakan guru kami dengan karya-karya mereka yang bermakna bagi anak bangsa ini.

Ya Allah yang Maha Pengampun;

Kami sadar begitu banyak dosa dan kesalahan yang telah kami lakukan, jika Engkau tidak sudi mengampuni, kepada siapa kami harus memohon ampun. Oleh karena itu ya Allah, ampunilah segala dosa dan kesalahan kami, dosa Ayah dan Bunda kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, serta dosa para pendahulu kami.

Janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau khilaf, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orangorang sebelum kami, janganlah engkau pikulkan pada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya.

Allahumma Ya Allah Ya Hadi, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk;

Tunjukkanlah yang benar itu tampak benar dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah yang salah tampak salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk dapat menjauhinya. sehatkan kami, kuatkan kami, jauhkan kami dari marabahaya wabah covid-19 dan kami mohon Engkau berkenan mengangkat wabah ini dari negeri yang kami cintai ini.

Ya Allah Ya Sami’uddu’a’, Tuhan Yang Maha Mendengar, kabulkanlah doa dan permohonan kami.

Robbana atina fiddunya hasanah, wafil akhiroti hasanah, waqina azabannar. Subhana robbika robbil izati amma yasifun, wassalamualalmursalin, walhamdulillahirobbil’alamin.

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

*

Itulah tadi teks doa yang bisa dibacakan pada kegiatan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021.

Gurupenyemangat.com telah menyediakan dokumen teks doa upacara HGN Tahun 2021 yang bisa di-download dengan format PDF. Silakan klik tombol unduhan berikut untuk mendapatkan filenya.

File Teks Doa Upacara HGN 2021 PDF

Petugas upacara khususnya pembaca doa bisa menambah teks bacaan doa tersebut misalnya menyebutkan nama lapangan/tempat/daerah digelarnya kegiatan upacara HGN Tahun 2021. Maslahatnya tiada lain ialah agar kegiatan upacara berjalan khidmat.

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang susunan dan tata tertib upacara peringatan 76 tahun Hari Guru Nasional sekaligus HUT PGRI.

Adapun pedoman lengkap upacara HGN versi Kemendikbudristek bisa diunduh di sini

Semoga bermanfaat, ya.

Selamat Menyambut Hari Guru Nasional Tahun 2021

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Susunan Upacara Hari Guru Nasional Tahun 2021 Lengkap dengan Teks MC dan Doa"