Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat

Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat
Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat. Foto oleh Gundula Vogel dari Pixabay

Hai, Cat Lovers, bagaimana kabarmu dan si anabul tersayang di rumah?

Untuk menjaga bulu kucing kampung agar lebat dan sehat, kita perlu mencari makanan yang bergizi plus memiliki asupan gizi tinggi.

Soalnya, dan mungkin bukan rahasia lagi bahwa terkadang kucing kampung yang dianggap nomor kesekian dan kurang cantik karena memiliki bulu yang tidak terlalu tebal.

Padahal, cantik atau tidaknya kucing kan tergantung cara dan bagaimana si tuan merawat kucingnya, iya kan?

Jika dirawat dan diperhatikan asupan makanannya, kucing kampung juga bisa terlihat lebih cantik dengan bulu yang lebat loh. Pastinya!

Dan berikut akan Gurupenyemangat.com sajikan segenap rekomendasi makanan untuk kucing kampung tersayang agar bulunya lebat sehingga tampil lebih elegan.

Nah, silakan disimak ya:

6 Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat

Rekomendasi Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat
Rekomendasi Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat. Gambar oleh hansiline dari Pixabay 

Makanan yang sehat dan tepat tidak hanya dapat menjadikan si anabul memiliki badan yang gemuk dan sehat namun juga bisa membuat bulu kucing menjadi lebih lebat.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi oleh kucing untuk membuat bulu di badannya lebih sehat dan lebat:

1. Kuning Telur Ayam Kampung

Begitulah. Tidak hanya untuk dikonsumsi manusia, hewan seperti ikan, anjing, bahkan kucing juga cocok diasupkan kuning telur ayam kampung.

Memberikan kuning telur ayam kampung tanpa putih telurnya bisa dilakukan untuk membuat kucing menjadi lebih sehat dan memiliki bulu yang lebat.

Alasannya tiada lain ialah karena kandungan kuning telur memiliki protein dan kalium yang sangat tinggi.

Kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh serta bulu si kucing agar berbulu lebat dan mengurangi jumlah bulu yang rontok.

Untuk memberikan kuning telur ayam kampung ini terdapat aturan tertentu yakni hindari untuk memberikan bagian putih telurnya saja.

Terang saja, bagian putih telur mengandung senyawa yang mampu menghilangkan zat zat penting yang ada di dalam tubuh si kucing.

Selain itu, sebaiknya berikan kuning telur ayam kampung minimal 3 kali dalam satu minggu. Ya, jangan keseringan. Hehe

Pada saat memberikannya bisa dicampurkan dengan air putih atau susu sehingga bau amis dari kuning telur bisa disamarkan.

2. Snack Kucing

Makanan yang paling mudah dan praktis untuk diberikan pada kucing adalah snack kucing yang bisa dibeli melalui petshop.

Snack kucing sangat cocok bagi dirimu yang tak memiliki banyak waktu untuk membeli dan menyiapkan makanan kucing.

Apalagi di dalam snack kucing sudah mengandung berbagai macam gizi yang sangat baik bagi tubuh maupun bulu kucing.

O ya, jangan lupa untuk membaca kandungan bahan yang ada di dalam snack untuk dapat memberikan snack yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan maupun usia kucing peliharaan.

Tapi, sebaiknya cemilan kucing cukup dijadikan makanan selingan saja sih.

Boleh Baca: Review Imo Ibest, Makanan Kucing yang Bagus untuk Kesehatan Si Anabul

3. Ikan

Sebagai hewan karnivora, daging menjadi makanan favorit dari kucing. Kucing bisa langsung memakan ikan mentah sesuai dengan nalurinya sebagai hewan pemakan daging.

Namun, sebaiknya sebelum diberikan pada kucing, bersihkan dulu ikannya lalu masak baik dengan cara direbus saja maupun digoreng.

Harapannya ialah agar ikan menjadi higienis dan lebih aman untuk dikonsumsi.

Kandungan nutrisi yang melimpah dan protein yang tinggi mampu memberikan energi bagi kucing.

Maka dari itulah, dengan memberikan daging sebagai makanan kucing, bisa membuat kucing menjadi lebih cepat gemuk dan sehat.

Meskipun kucing juga bisa diberi makan daging merah atau daging ayam tapi sebaiknya jangan terlalu sering memberikannya kepada si anabul.

Bahkan menurut Guru Penyemangat, lebih baik kita berikan saja ikan karena memiliki nutrisi yang baik bagi pertumbuhan bulunya.

4. Tempe

Tempe Bagus untuk Menyehatkan Kucing Kampung
Tempe Bagus untuk Menyehatkan Kucing Kampung. Foto oleh Dian A. Yudianto dari Pixabay

Meskipun pemakan daging, namun kucing yang sudah berevolusi dan tinggal berdampingan dengan manusia juga bisa diberi makan tempe.

Siapa yang tidak suka tempe? Bahan makanan ini pastinya disukai hampir semua orang di Indonesia karena mudah ditemukan, terjangkau dan bisa dimasak ke dalam berbagai macam menu.

Tempe kaya akan protein seperti daging, dan dirimu bisa kombinasikan tempe dan daging dengan cara direbus lebih dulu.

Pengalamanku, ada salah satu kucing kampung di rumahku yang begitu gemar makan tempe. Sayangnya, karena keteledoranku menyimpan tempe, eh si kucing mencuri tempe dan memakannya selagi mentah.

Padahal sebaiknya jangan memberikan tempe mentah pada kucing karena justru akan membuat kucing sakit jika memakan tempe mentah. Tapi ya, kucing kampung rata-rata strong ya. Wkwk

Protein yang dimiliki oleh tempe juga sama baiknya dengan ikan sehingga bisa menjaga kesehatan bulu kucing agar tidak mudah rontok.

5. Tahu

Tidak hanya tempe, tahu juga kaya akan protein nabati yang baik bagi kesehatan si kucing. Tahu bahkan bisa dijadikan sebagai menu alternatif bagi kucing jika sedang mengalami diare.

Karena tahu adalah makanan dengan bahan alami yang aman dan memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah pencernaan bagi si kucing.

Selain itu protein nabati yang ada di dalamnya bisa membuat kucing menjadi lebih sehat dan pastinya memiliki bulu yang indah.

Meski begitu, tidak banyak kucing kampung yang menyukai tahu. Jadi ya, tergantung cara kita lagi, seperti apa mengolahnya.

6. Nasi

Memberikan nasi sebagai variasi makanan untuk kucing bisa menjadi salah satu cara untuk membuat kucing menjadi sehat, gemuk dan memiliki bulu yang tebal serta tidak mudah rontok.

ambahkan nasi sedikit saja sebagai campuran makanan kucing bersama dengan bahan lainnya.

Terang saja, bagi si meong, nasi adalah sumber karbohidrat yang mantap.

Namun jangan terlalu banyak memberikan nasi pada kucing, sebab kandungan glukosa yang tinggi tidak terlalu baik bagi kucing.

Bahkan kucing bisa mengalami diare atau mencret jika terlalu banyak mengkonsumsi nasi. Dengan demikian, berilah “sayur” berupa ikan yang sudah dimasak, tempe, atau bahkan daging.

*** 

Nah, itu dia beberapa makanan kucing kampung agar bulunya lebat yang bisa ditemukan dengan mudah karena harganya terjangkau serta pastinya praktis untuk dibuat sendiri di rumah.

Selain menjaga makanan kucing, pastikan juga jaga kesehatan bulunya dengan melakukan perawatan rutin ya.

Atau, jikalau dirimu ingin mencari rekomendasi makanan kucing kampung lainnya, kita bisa membuatnya sendiri dengan menggunakan beragam bahan yang bernutrisi. Mari simak resepnya pada artikel berikut:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "6 Rekomendasi Makanan Kucing Kampung Agar Bulunya Lebat dan Sehat"