Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kata Sambutan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 Singkat, Padat, dan Jelas

Contoh Kata Sambutan Peringatan Hari Sumpah Pemuda
Contoh Kata Sambutan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 Singkat, Padat, dan Jelas. Dok. Gurupenyemangat.com

Momentum Sumpah Pemuda Telah Tiba!

Senang sekali rasanya Guru Penyemangat karena kita semua bisa kembali singgah di salah satu momen bersejarah penuh kisah bernama peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pada tahun 2021 ini, peringatan Sumpah Pemuda telah memasuki usia ke-93 tahun. Ya, kongres awalnya dicetus pada 28 Oktober 1928, dan sekarang kita sudah duduk di 28 Oktober 2021.

Sayangnya? Sayang sekali bahwa negeri ini masih berjibaku dan berperang melawan pandemi. Indonesia belum sepenuhnya sembuh dari gangguan wabah, dan saat ini kita perlu dengan tenaga para pemuda.

Kemenpora pun merengkuh tema "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh".

Tema tersebut menjadi harapan agar pada peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 tahun 2021 ini para pemuda di Bumi Pertiwi bisa menggaungkan persatuan dan kesatuan, bangkit bersama dengan spirit gotong-royong, serta semakin mencintai Bahasa Indonesia.

Dan pada kesempatan yang berbahagia ini, Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh kata sambutan untuk kegiatan bertema Sumpah Pemuda tahun 2021.

Contoh kata sambutan Hari Sumpah Pemuda ini ditulis secara singkat, padat, dan jelas serta cocok untuk ketua panitia serta pembina upacara.

Nah, langsung disimak saja ya:

Contoh Sambutan Ketua Panitia Sumpah Pemuda, Cocok untuk Berbagai Kegiatan

Contoh Sambutan Ketua Panitia Sumpah Pemuda
Contoh Sambutan Ketua Panitia Sumpah Pemuda. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala….

Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua….

Serta saudara-saudari yang berbahagia

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita beruntai-untai nikmat sehingga pada hari ini, pada saat ini, dan pada kesempatan ini kita bisa berkumpul serta hadir bersama di lapangan/gedung/aula/ruangan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada junjungan semesta alam, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat pertolongan beliau di akhir masa nanti.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Pada kesempatan yang spesial ini, kita kembali tiba di momentum peristiwa bersejarah dan penuh kisah bernama Sumpah Pemuda.

Bila kita hitung sejak 28 Oktober 1928 hinggalah hari ini 28 Oktober 2021, artinya sudah 93 tahun berlalu. Biarpun waktu terus berlalu, namun semangat yang tergaung dalam ikrar Sumpah Pemuda masih tersimpan manis di sanubari.

Maka dari itulah, saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang telah berkenan untuk hadir dan menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda di masa pandemi tahun 2021.

Pada kegiatan kali ini, kita mengambil tema besar “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh” dengan harapan agar anak-anak kita, kakak dan adik kita, serta semua yang hadir dalam kegiatan ini bisa mengobarkan kembali semangat jiwa muda dan pantang menyerah.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Pada acara Sumpah Pemuda tahun ini ada beberapa rangkaian kegiatan seperti gotong-royong, lomba pidato, lomba puisi, dan beberapa tangkai lomba lainnya. Saya harap, kita semua dapat ikut serta serta bersemangat untuk menyukseskan kegiatan ini hingga selesai.

Lebih khusus daripada itu, saya selaku ketua mewakili rekan-rekan panitia meminta maaf atas segala kekurangan yang ditimbulkan sejak kegiatan ini dimulai hingga akhir nanti. Semoga tidak mengurangi semangat, khidmat, serta harapan kita dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Mari kita sukseskan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda tahun 2021 ini dengan semangat. Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Sambutan Upacara Hari Sumpah Pemuda Singkat

Sambutan Upacara Hari Sumpah Pemuda Singkat
Sambutan Upacara Hari Sumpah Pemuda Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat pagi/siang/sore dan salam sejahtera untuk kita semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala….

Yang terhormat, Bapak/Ibu Ketua…

Serta segenap peserta upacara yang berbahagia;

Pertama di atas segalanya, mari kita ucapkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita semua nikmat sehat dan kesempatan sehingga bisa berkumpul di lapangan ini dalam rangka melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 Tahun 2021.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta segenap peserta upacara Hari Sumpah Pemuda yang berbahagia;

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Sumpah Pemuda adalah peristiwa bersejarah dan penuh kisah yang menjadi landasan pacu anak-anak muda serta bangsa ini untuk bersatu dan bersama-sama memajukan negeri tercinta Indonesia.

Jika dilirik sekilas, 3 ikrar yang dirumuskan sekaligus ditulis oleh Moehammad Yamin ini hanya terdiri atas 3 kalimat pendek. Tapi, siapa sangka bait-bait Sumpah Pemuda itulah yang bisa menjadi penguat hati bangsa ini dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda mengajak kita untuk bertumpah darah yang satu, berbangsa satu, serta menjunjung Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.

Lalu, bagaimana kisahnya dengan hari ini?

Sudah memasuki dua tahun kita terus berjibaku dengan wabah jahat yang bernama pandemi Covid-19. Di awal-awal virus ini singgah ke Bumi Pertiwi, berat rasanya bagi kita untuk beradaptasi. Belum lagi dengan segenap kesedihan yang menghampiri.

Namun, pada peringatan Sumpah Pemuda ke-93 28 Oktober Tahun 2021 ini pemerintah mengambil tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”.

Lagi-lagi tema yang pendek, tapi di sebaliknya ada siratan harap bagi bangsa ini khususnya untuk memulihkan negeri dari berbagai aspek. Entah itu aspek ekonomi, pendidikan, wirausaha, pariwisata, hingga pemerintahan.

Bapak, Ibu, serta segenap peserta upacara Hari Sumpah Pemuda yang berbahagia;

Sudah sejak dulu kala negeri ini bertumpu dan berharap besar kepada para pemuda, karena merekalah yang bakal menggantikan kita, yang akan meneruskan kepemimpinan kita, serta yang akan dibebankan oleh cita-cita dan tujuan mulia bangsa ini.

Karena itulah, generasi muda dituntut untuk selalu opmitis, enggan berputus asa, anti berpatah arang, serta mau bergoyong-royong sekaligus berkontribusi untuk kemajuan negara ini.

Untuk menggapai Indonesia yang kembali sehat, memperbaiki roda ekonomi, serta menyukseskan berbagai bidang kehidupan lainnya dibutuhkan peran para pemuda, karena merekalah harapan bangsa.

Pada akhirnya, saya dan kita semua boleh menimba harap untuk semua pemuda-pemudi yang ada di sini untuk mari kita gaungkan semangat, mari kita bersatu, mari kita cintai dan rawat Bahasa Persatuan Indonesia, dan mari bersama-sama kita usir pandemi corona dari Bumi Nusantara tercinta.

Para peserta upacara Hari Sumpah Pemuda yang berbahagia;

Demikianlah sambutan bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mudah-mudahan bermanfaat baik untuk diri saya pribadi, untuk kita semua, serta juga untuk bangsa ini.

Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Download Contoh Sambutan Peringatan Sumpah Pemuda PDF

Bagaimana dengan contoh kata-kata sambutan di atas, apakah cocok untuk keperluan kegiatanmu?

Semoga cocok dan bisa membantu, ya. Bila pun kegiatanmu berbeda, maka cukup ganti saja judul acara, para peserta yang terhormat, waktu, serta isi kegiatannya.

Soalnya contoh sambutan HSP di atas boleh dibilang sebagai kerangka yang cocok untuk dikembangkan dan disesuaikan dengan berbagai kegiatan.

Jika dirimu tertarik dan ingin mendapatkan dokumen sambutan di atas, Guru Penyemangat telah menyediakan file dokumen contoh sambutan Sumpah Pemuda yang berformat PDF dan bisa diunduh secara gratis.

Silakan unduh sambutan acara Sumpah Pemuda yang dibutuhkan dengan mengunjungi tautan download berikut:

Sambutan Peringatan Sumpah Pemuda 1 PDF

Sambutan Peringatan Sumpah Pemuda 2 PDF

***

Okeh, demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang pilihan contoh kata sambutan peringatan Sumpah Pemuda khususnya pada HSP ke-93 tahun 2021.

Semoga mendulang manfaat, ya. Salam
Semangat menyambut Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021. Mari kita bersatu, bangkit, dan tumbuh.

O ya, jika dirimu masih ingin mencari materi sambutan bertema Sumpah Pemuda khususnya untuk tahun 2021, silakan cermati pilihan isi pidato HSP atau materi tentang manfaat Sumpah Pemuda pada link berikut:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Kata Sambutan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 Singkat, Padat, dan Jelas"