Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Teks Pidato Tema Sumpah Pemuda yang Singkat, Padat dan Jelas Tahun 2021 [Download]

Contoh Teks Pidato Tema Sumpah Pemuda yang Singkat, Padat dan Jelas Tahun 2021
Contoh Teks Pidato Tema Sumpah Pemuda yang Singkat, Padat dan Jelas Tahun 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai sobat Guru Penyemangat, Selamat Menyambut Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, ya. Biar semakin semangat, aku bakal sajikan segenap contoh pidato inspiratif lho!

Senang sekali rasanya kita karena pada tahun ini kembali bisa singgah di momentum penuh kisah dan sejarah bernama "Sumpah Pemuda".

Sudah 93 tahun lamanya ikrar ini bertahan, yaitu sejak 28 Oktober 1928 hingga saat ini, 28 Oktober 2021.

Pada tahun ini, pemerintah melalui Kemenpora mengambil tema Sumpah Pemuda "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh".

Benar sekali bahwa harapan besar negeri ini adalah segera tersebas dari pandemi serta bisa terus bangkit dari keterpurukan ekonomi.

Siapa pelaku yang bisa mewujudkan harapan tersebut? Siapa lagi kalau bukan kita para pemuda dan setiap orang yang memiliki jiwa muda. Jadi, kita harus tetap semangat, ya.

Dan pada ulasan kali ini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh naskah pidato bertema Sumpah Pemuda.

Contoh teks pidato tema Hari Sumpah Pemuda ke-93 22 Oktober Tahun 2021 ini disusun secara singkat, padat, jelas, serta bisa diunduh secara gratis.

Nah, detailnya langsung disimak saja, ya. Baca terlebih dahulu pilihan pidato, lalu silakan download pilihan yang cocok untuk keperluanmu.

Pidato Sumpah Pemuda Singkat: Menjadi Pemuda yang Bersatu, Bangkit dan Tumbuh

Pidato Sumpah Pemuda Singkat Menjadi Pemuda yang Bersatu, Bangkit dan Tumbuh
Pidato Sumpah Pemuda Singkat Menjadi Pemuda yang Bersatu, Bangkit dan Tumbuh. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Saudara/i sebangsa dan setanah air

Alhamdulillah, puji dan syukur senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu memberikan kita nikmat yang tiada putus-putusnya sehingga hari ini, di momentum yang penuh sejarah ini, kita bisa hadir dan berkumpul dalam kegiatan Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021.

Shalawat berbingkai salam kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Saudara/i sebangsa dan setanah air yang berbahagia;

Pada tahun 2021 di era pandemi ini, kita telah bersama-sama singgah di momen Peringatan Hari Sumpah Pemuda tepatnya pada tanggal 28 Oktober Tahun 2021.

Jika kita hitung sejak 28 Oktober 1928 hinggalah saat ini, artinya sudah 93 tahun semangat jiwa muda yang tersemat dalam ikrar terus eksis hingga sekarang.

Pemerintah sendiri tepatnya melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga merengkuh tema besar “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”.

Bila kita sandingkan dengan tema Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76, temanya adalah “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”.

Ternyata saling berhubungan, ya. Bahwa negeri sedang menimba harapan dan cita-cita besar untuk kemajuan negeri yang disandarkan oleh kita para pemuda dan pemudi generasi penerus bangsa.

Saudara/i sebangsa dan setanah air yang saya banggakan;

Di sebalik 3 ikrar utama para pemuda yang berkisah tentang tumpah darah yang satu, berbangsa yang satu, serta menjujung tinggi bahasa persatuan tertuang spirit yang luar biasa dalam rangka membangun negeri.

Kita sama-sama menyadari bahwa memasuki dua tahun pandemi ini Tanah Air sedang berguncang hebat dari segala aspek. Tidak hanya aspek ekonomi melainkan juga bidang kesehatan, pendidikan, hingga pariwisata.

Untuk kembali bangkit dan bertumbuh, diperlukan semangat jiwa muda, semangat muda-mudi, serta semangat untuk ikut berkontribusi membangun dan menata kembali negeri.

Ketika pandemi sudah mulai menyayat roda perekonomian masyarakat, di sanalah kesempatan kita para pemuda untuk menggiatkan kembali mimpi, inovasi, kreasi, serta strategi berwirausaha.

Barangkali terdengar cukup sulit, bukan? Tapi sadarilah bahwa kita adalah bangsa yang besar. Soekarno pernah mengatakan bahwa dengan berbekal 10 pemuda beliau mengaku bisa mengguncang dunia.

Tapi bagaimana dengan para pemuda kita hari ini? Semestinya juga masih begitu. Tinggal spirit persatuan dan kesatuan yang perlu kita tingkatkan kembali dengan berlandaskan asas gotong-royong, bahwa segala sesuatu yang dikerjakan bersama-sama akan menjadi lebih mudah.

Saudara/i sebangsa dan setanah air yang saya hormati;

Adalah harapan kita bersama untuk melihat Bumi Nusantara kembali cerah, bangkit, dan terus bertumbuh.

Diperlukan semangat, tapi semangat saja tidak cukup. Dibutuhkan motivasi, tapi sungguh kata-kata saja tidak cukup. Sejatinya pemuda itu butuh aksi, tidak hanya kata-kata dan segunung janji.

Saudara/i sebangsa dan setanah air yang saya sayangi;

Demikianlah kiranya pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mari sama-sama kita sambut Hari Sumpah Pemuda ke-93 dengan semangat. Banyak maaf;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Contoh Pidato Tema Hari Sumpah Pemuda: Memetik Makna Sumpah Pemuda di Masa Pandemi Corona

Contoh Pidato Tema Sumpah Pemuda Memetik Makna Sumpah Pemuda di Masa Pandemi Corona
Contoh Pidato Tema Sumpah Pemuda Memetik Makna Sumpah Pemuda di Masa Pandemi Corona. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah. Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi aj’main. Asyadu alla ilaha ilallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala/Ketua ….

Yang terhormat, Bapak/Ibu Pengurus….

Serta para tamu undangan yang berbahagia

Pertama, marilah kita lantunkan puji serta syukur kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat kesempatan sehingga hari ini; 28 Oktober tahun 2021 kita bisa berkumpul bersama demi menyemarakkan Hari Sumpah Pemuda.

Shalawat berbingkaikan salam mari kita sampaikan kepada Nabi teladan umat manusia, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat syafaat beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia;

Pada tahun ini kita kembali singgah di momentum besar penuh sejarah yang bernama “Sumpah Pemuda”. Sejatinya dulu ikrar tersebut hanyalah sebuah naskah dalam kongres, tapi siapa sangka naskah tersebut menjadi biang semangat kita hingga 93 tahun.

Sumpah Pemuda telah menyatukan kita sebagai bangsa yang besar, telah membangkitkan semangat nasionalisme, persatuan, dan kesatuan, juga meninggikan rasa cinta terhadap Tanah Air Indonesia.

Sayangnya, pada momentum yang berbahagia ini kita masih berjibaku dengan pandemi, sebuah wabah jahat yang menggerogoti ketentraman dan kedamaian negeri.

Walau begitu, kita patut bersyukur karena pandemi hari demi hari mulai surut. Masyakarat serta para pelajar sudah mulai menjalani kehidupan sehari-hari secara normal, tapi tetap wajib mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Bapak, Ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia;

Pada peringatan Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun ini, rasanya kita perlu memetik makna dan hikmah untuk kemudian dijadikan landasan pacu demi berangkat menuju Indonesia Maju.

Makna pertama dari Sumpah Pemuda yang perlu untuk kita bangkitkan kembali di masa pandemi yaitu semangat persatuan dan kesatuan.

Benar sekali bahwa misi utama kita saat ini adalah menyehatkan negeri dan memperbaiki pertumbuhan ekonomi.

Diperlukan disiplin yang ketat agar pandemi bisa segera pergi. Tapi sangat disayangkan bahwa masih ada banyak orang yang belum memahami hakikat mematuhi protokol kesehatan.

Ada sebagian teman kita yang mengaku tidak lagi perlu menggunakan masker karena sudah aman, virus sudah lenyap. Padahal? Kasus harian secara nasional masih terus bertambah.

Di sinilah kita perlu bersatu untuk sadar dan saling menyadari bahwa tanpa adanya semangat persatuan dan kesatuan, negeri ini bakal sulit untuk pulih.

Adapun makna Sumpah Pemuda berikutnya yaitu meninggikan kebanggaan terhadap produk-produk buatan dalam negeri.

Apakah hal ini penting? Tentu saja. Dengan adanya demam BTS, Squid Game, hingga segenap fashion dan budaya negara luar, tampaknya anak-anak kita generasi penerus bangsa terlalu mudah latah.

Bahkan ada dari mereka yang bangga dengan produk luar negeri dengan dalih “sedang viral” atau sedang trending di media sosial.

Miris rasanya, karena di dalam negeri kita juga banyak produk-produk berkualitas yang seharusnya diviralkan. Contohnya yaitu dari sisi budaya dan kekayaan bahasa. Negeri kita adalah negeri yang kaya, dan di sanalah kebanggaan terbesar.

Hadirin yang saya hormati;

Teladan utama yang bisa kita maknai dan kita petik di momen Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 adalah tentang semangat juang.

Kita harus optimis, dan jangan mudah menyerah dengan keadaan. Ketika jatuh atau dijatuhkan, ketika itu pula kita harus bangkit dan membangkitkan. Soalnya, perjuangan kita tidak akan pernah selesai selama hayat masih dikandung badan.

Bapak, Ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada peringatan Sumpah Pemuda tahun ini. Semoga ada manfaat dan petikan semangat yang bisa dijadikan hikmah. Banyak maaf, saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Sumpah Pemuda: Memupuk Semangat Jiwa Muda untuk Kemajuan Negara

Pidato Bahasa Indonesia Tentang Sumpah Pemuda Memupuk Semangat Jiwa Muda untuk Kemajuan Negara
Pidato Bahasa Indonesia Tentang Sumpah Pemuda Memupuk Semangat Jiwa Muda untuk Kemajuan Negara. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Pertama dan yang paling utama, marilah kita panjatkan puji serta syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita nikmat pada setiap detiknya. Bersyukur kita karena pada momentum Sumpah Pemuda tahun ini bisa hadir dan menyemarakkan semangat jiwa muda.

Shalawat dan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Mari sama-sama kita lantunkan shalawat atas Nabi seraya berharap agar mendapat syafaat beliau di Hari Akhir nanti.

Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-93 pada 28 Oktober tahun 2021 ini, kita kembali teringat dengan bagaimana semangat jiwa muda hingga mampu menerbitkan 3 ikrar yang penuh makna dan filosofi.

Ikrar yang dihimpun dan ditetapkan oleh perkumpulan pemuda mulai dari Jong Java, Jong Sumatera Bond, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Jong Ambon, Pemuda Kaum Betawi, hingga PPPI pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta kala itu masih eksis hinggalah hari ini.

Walau begitu, tujuan kita bukanlah untuk memeriksa hapalan Sumpah Pemuda, bukanlah untuk membacakan puisi Sumpah Pemuda, melainkan memupuk kembali semangat jiwa muda demi kemajuan negara.

Pada hari ini, kita sudah sama-sama menyadari bahwa Wajah Bumi Pertiwi sedang menderita. Utang negara kian bertambah, kasus penyimpangan sosial marak beritanya, dan kabar kualitas pendidikan di masa pandemi pula mulai samar-samar arahnya.

Kita sedih, kita gusar, dan kita galau akan hal tersebut. Sepertinya pandemi benar-benar menyayat wajah negeri ini.

Tapi, pada momentum 93 tahun Sumpah Pemuda kita perlu bangkit, kita perlu tumbuh, dan kita perlu bangkit serta bertumbuh dalam kesatuan.

Tidak peduli siapa yang tua dan siapa yang muda, kita semua perlu memupuk kembali semangat yang ada di dalam sanubari untuk bergoyong-royong membangun negeri.

Teman-teman yang berbahagia;

Untuk memupuk kembali jiwa muda dalam rangka peringatan Sumpah Pemuda, kita tidak harus berperang atau membuat bambu runcing.

Semangat jiwa muda bisa dibangkitkan dari kepedulian kita terhadap diri sendiri, bahwa jangan pernah berhenti ketika gagal.

Kepedulian kita terhadap keluarga, bahwa kita harus ingat cita-cita dan harapan orang tua. Serta kepedulian kita terhadap Indonesia, bahwa tiap-tiap diri punya kewajiban untuk mengemban cita-cita dan tujuan demi kemajuan NKRI.

Tanpa adanya semangat Sumpah Pemuda yang dibalut dengan kobaran semangat persatuan, rasanya harapan tersebut sulit untuk diemban. Dengan demikian, kita wajib optimis dan perlu meningkatkan bakti demi kejayaan negeri.

Teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato dengan tema Sumpah Pemuda yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri dengan pantun:

Sementara ini hujan belum kunjung reda
Jadi terpaksa aku berteduh di bawah pohon akasia
Selamat Menyambut Hari Sumpah Pemuda
Jadilah generasi penerus kebanggaan Indonesia

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Download Pidato Sumpah Pemuda PDF

Sobat Guru Penyemangat, di sini diriku telah menyediakan file alias dokumen PDF pidato sumpah pemuda yang bisa diunduh secara gratis.

Silakan pilih salah satu di antara ketiga pidato di atas lalu klik tautan unduhan yang ada di bawah ini.

Perlu diketahui, jika kamu ingin mengedit teks pidato Sumpah Pemuda, usahakan simpan terlebih dahulu dokumen PDF-nya di handphone maupun laptopmu.

Contoh naskah pidato bertema Sumpah Pemuda ini bisa kita gunakan untuk kegiatan sambutan, keperluan tugas sekolah, hingga persiapan lomba pidato dengan tema Sumpah Pemuda.

Nah, langsung dipilih saja ya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share artikel ini di medsosmu demi mengapresiasi Guru Penyemangat. Hehehe

Pidato Sumpah Pemuda PDF 1

Pidato Sumpah Pemuda PDF 2

Pidato Sumpah Pemuda PDF 3

***

Oke, demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks alias naskah pidato bertema Hari Sumpah Pemuda yang singkat, padat, dan jelas serta bisa diunduh.

Selamat Menyambut Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "3 Contoh Teks Pidato Tema Sumpah Pemuda yang Singkat, Padat dan Jelas Tahun 2021 [Download]"

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)