Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

60 Kata-kata Bijak Mutiara Bulan November 2021 yang Penuh Makna dan Menginspirasi

Kata-kata Bijak Mutiara Bulan November yang Penuh Makna dan Menginspirasi
Kata-kata Bijak Mutiara Bulan November yang Penuh Makna dan Menginspirasi. Dok. Gurupenyemangat.com

Welcome November 2021!

Tiada terasa, ya, tiba-tiba bulan Oktober baru saja berlalu dan kita diajak melangkah menuju kalender November.

November adalah bulan kesebelas, yang berarti bahwa tahun 2021 bakal segera habis. Dengan demikian, boleh dibilang bahwa saat ini kita sudah memasuki masa-masa bersiap untuk pamit.

Syahdan, bagaimana kabar hatimu? Bagaimana kabar perjuanganmu? Bagaimana dengan kisah masa depan kita? Eh, kita. Maksudku, aku dan kamu.

Gurupenyemangat.com harap semoga selalu ada secercah cahaya dan sinar mutiara yang mampu mencerahkan dan menyemangatimu di kala sepi dan gundah.

Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini aku ingin menyajikan kata-kata bijak mutiara dalam rangka menyambut bulan November.

Aku berharap semoga kata-kata bijak mutiara bulan November tahun 2021 ini mampu memotivasi, menginspirasi, dan sepimu segera berganti dengan bahagia.

Nah, langsung disimak saja ya:

Kata-kata untuk Menyambut Awal Bulan November 2021

Kata-kata untuk Menyambut Awal Bulan November 2021
Kata-kata untuk Menyambut Awal Bulan November 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Selamat datang bulan November. Semoga aku, kamu, dan kita baik-baik saja untuk menghadapi berbagai keadaan yang akan terjadi berikutnya.

2. Selamat datang bulan November. Semoga senja dan swastamita senantiasa hadir menemani sepi dan kesendirianku.

3. Bismillah. November telah tiba. Semoga berkah.

4. November telah tiba dan menyapa rumput-rumput yang masih terus basah disiram embun pagi. Semoga hatimu juga tidak kalah sejuk dengannya.

5. Selamat datang November. Semoga kisahku di bulan ini bakal lebih baik daripada bulan kemarin.

6. Oktober telah berlalu dengan segudang bahagia dan kesedihan. Cukup tinggalkan sedih di akhir almanak dan mari kita bawa kebahagiaan untuk menuju ke lembar November.

7. Semua orang punya mimpi, dan semua mimpi tentu bisa jadi kenyataan. Semoga kenyataan ini hadir di bulan November.

8. Bulan November telah datang dengan ketidakpastiannya, tapi kepastianku hanyalah satu; terus berjuang dan melakukan yang terbaik saban hari.

9. Apalah arti berlalunya bulan jikalau aku tak pernah melirik purnama. Karena sesuatu yang tak terlihat biasanya lebih indah di saat kita sedang butuh dan ingin menyaksikannya.

10. Selamat datang bulan November, selamat tinggal sepi, dan selamat bahagia terutama untuk diriku sendiri.

Kata-kata Bulan November
Kata-kata Bulan November. Dok. Gurupenyemangat.com

11. Kisah Oktober segera tenggelam karena aku diizinkan untuk singgah ke bulan November. Semoga tulusnya syukur akan mengantarkan diri ini supaya lebih semangat menatap masa depan.

Boleh Baca: 60 Kata-kata Mutiara Bulan Oktober Penuh Makna dan Memotivasi

12. November telah datang. Cobalah liat dirimu. Mungkin ada yang perlu diperbaiki.

13. Aku telah tiba di wal bulan November. Mungkin kisah esok hari bakal penuh dengan rasa takut dan gundah. Tapi aku yakin diri ini bisa lebih kuat dari sebelumnya.

14. Duduk di bulan kesebelas bukan berarti menyilakan kita untuk bersantai-santai saja. Bergegaslah sudahi rebahanmu dan susun kembali kepingan-kepingan mimpi yang kemarin sempat patah.

15. November telah tiba. Kepakkanlah sayapmu dan mari kita terbang menatap bahagia bersama indahnya langit biru.

16. Percayalah bahwa hidup itu akan selalu indah saat kita bahagia. Jadi, cukup singkirkan segenaap sedih dan duka lalu mari kita berkarya.

17. Tertawalah selagi kita sempat, karena pada saat sedih nanti diri ini akan menyesal tentang mengapa kemarin aku terlalu sedikit bahagia.

Boleh Baca: Kumpulan Quotes dan Caption Bulan November yang Menyentuh Hati, Cocok untuk Segenap Diri yang Sedang Kesepian

18. Berbahagialah semampumu, dan bersedihlah secukupnya. Sejatinya takaran duka tak boleh lebih banyak daripada kebahagiaan karena bahagia adalah kunci meraih mimpi.

19. Nikmatilah apa pun yang kita dapat hari ini, karena bisa jadi November akan mengisahkan tentang kebahagiaan yang lebih bahagia daripada bulan Oktober.

20. Oktober sudah berlalu dan sekaranglah saatnya kita buka lembaran baru. Padamkan api sesal, lalu kobarkan semangat demi merengkuh kesuksesan.

Kata-kata Bijak Bulan November yang Penuh Makna dan Bikin Semangat

Kata-kata Bijak Bulan November yang Penuh Makna dan Bikin Semangat
Kata-kata Bijak Bulan November yang Penuh Makna dan Bikin Semangat. Dok. Gurupenyemangat.com

21. Bersyukurlah kita karena sudah singgah di bulan November, karena di samping kita tidak sedikit orang-orang yang meninggalkan sesal dan belum diberi kesempatan umur untuk memperbaiki kesalahan.

22. Masa lalu biarkanlah berlalu dan sudah saatnya kita membuka lembaran baru. Susunlah kepingan-kepingan impian, lalui proses, dan gapailah kesuksesan yang ada di sebaliknya.

Boleh Baca: 55 Kata-kata Mutiara Masa Lalu Biarkanlah Berlalu

23. Tetaplah merasa sehat di kala kau sakit, dan tetaplah optimis bahwa kesembuhan akan segera menghampiri. Sadarlah bahwa motivasi yang ada pada dalam diri itu lebih kuat.

24. Jangan terlalu banyak mendengar kata orang, karena sering kali mereka cuma bisa berkata tanpa pernah membuktikan kata-katanya.

25. Janganlah terlampau berharap kepada manusia karena hati mereka sering kali terbolak-balik. Cukup sempurnakan harapmu hanya kepada Allah SWT.

26. Bulan November akan segera menuntut kisah. Ambillah peranmu sebagai tokoh protagonis dan tebarkan kebaikan kepada seluruh alam.

27. Jadilah orang baik di mana pun dirimu berada karena orang baik selalu diterima oleh makhluk dan alam.

28. Bersemangatlah di awal November, karena jika tidak; segenap mimpi-mimpi yang tersusun manis akan segera menemui kandas.

29. Apalah arti semangat bila ternyata usahamu sedikit pun tidak mengeluarkan keringat. Sadarilah bahwa perjuangan sering kali harus sampai berdarah-darah baru kemudian kita bisa menggapainya.

30. Jadilah pagi untuk berjuang, jadilah rendah hati untuk menikmati perjuangan. Selamat menyambut bulan November tahun 2021.

Kata-kata Bijak Bulan November Penuh Makna
Kata-kata Bijak Bulan November Penuh Makna. Dok. Gurupenyemangat.com

31. November telah tiba, yang berarti bahwa tahun 2021 akan segera habis. Manfaatkanlah sisa tahun ini untuk menata diri agar lebih baik dan jangan bosan untuk berkarya.

32. Percayalah dengan kemampuan diri sendiri dan jangan biarkan mereka yang tidak tahu apa-apa untuk bebas meremehkanmu.

33. Berbahagialah ketika dirimu mendapat ujian yang lebih berat daripada orang lain, karena itu artinya Tuhan memandangmu lebih mampu dari mereka.

34. Apalah artinya bulan November bila sejak tanggal muda engkau sudah gelisah. Simpanlah air matamu hanya untuk orang-orang yang pantas untuk ditangisi, dan berbuat baiklah kepada segala sesuatu yang kita hampiri.

35. Ketika melihat aspal, kita akan menyadari bahwa bumi itu begitu keras. Tapi ketika kita melihat tanah, kita pasti menyadari bahwa dunia itu rapuh dan mudah runtuh. Jadi, manfaatkanlah sisa umurmu untuk melakukan yang terbaik.

36. November telah tiba dan Oktober sudah pergi. Jangan sampai bibirmu cuma mampu berkata; ya sekadar itu saja.

37. Apalah artinya berganti bulan bila diri ini tidak berubah menjadi lebih baik. Waktu akan terus berlalu, sedangkan sesalmu di hari kemarin tidak akan bisa ditebus kembali. Apalagi saat kau sudah berharap ingin pulang ke masa lalu. Mustahil!

38. Belajarlah untuk menerima keadaan karena kisah November bisa saja melanggar kenyataan dan harapan yang kamu inginkan.

39. Nikmatilah hari ini dengan syukur, jalanilah bulan November dengan semangat untuk menggempur, dan sempatkan istirahat agar engkau nyenyak untuk segera tidur.

40. Percayalah dengan proses lalu jangan lupa untuk berprasangka baik. Sadarilah bahwa hidup kita tidak akan pernah maju bila sehari-hari hati ini hanya mendengki.

Boleh Baca: Percayalah dengan Proses, dan Jangan Lupa Berprasangka Baik

Kata-kata Mutiara Bulan November yang Menginspirasi dan Lucu

Kata-kata Mutiara Bulan November yang Menginspirasi dan Lucu
Kata-kata Mutiara Bulan November yang Menginspirasi dan Lucu. Dok. Gurupenyemangat.com

41. Bersyukurlah di bulan November agar hatimu semakin lapang. Sadarilah bahwa kisah dunia tidak akan pernah habis dan kebahagiaannya tiada sedikit pun bisa memuaskan hatimu.

42. November telah menyapa, sudah semestinya engkau sapa balik.

43. Bulan November telah tiba, bukalah pintu hatimu. Jangan terlalu lama menutup hatimu hanya karena gagal move on dari si dia. Percayalah bahwa si dia tidak pernah lagi memikirkanmu walau hanya sedetik.

44. Bersinarlah engkau di bulan November dan buatlah mantan-mantanmu menyesal karena telah meninggalkanmu.

45. Berhentilah untuk banyak bicara dan marilah kita banyak beraksi dan bekerja. Cobalah kau lihat kuli bangunan; tidak mungkin mereka bisa membangun rumah hanya dengan menumpukkan kata-kata mutiara.

46. Mutiara di dasar lautan itu cantik, dan bisa jadi secantik hatimu. Agar cantik, hiasilah hatimu dengan syukur dan pikiran yang positif. Karena rasa iri, dengki, dan hasad hanya akan membuatmu terlihat seperti sampah.

47. November telah menyapa, marilah kita bangun lebih pagi agar bisa memetik inspirasi.

48. Berpikirlah lebih luas tentang kesuksesan, karena tidak melulu rencana kita lebih baik daripada apa yang diinginkan Allah.

49. Sabar, sholat, syukur, dan doa. Empat kegiatan tersebut adalah kunci agar dunia dan akhirat kita menemui jaya.

50. Ya Rabb, ampunilah segenap kesalahanku di bulan lalu dan jadikanlah November sebagai bulan dengan kisah terbaik yang bisa aku perankan.

Kata-kata Mutiara dan Doaku di Bulan November
Kata-kata Mutiara dan Doaku di Bulan November. Dok. Gurupenyemangat.com

51. Ya Allah, limpahkanlah hidayah kepadaku, kepada keluargaku, dan kepada sanak-saudaraku yang sejak hari ini ingin berusaha menjadi lebih baik daripada hari kemarin. Karena sesungguhnya, Engkaulah satu-satunya tempatku memohon dan meminta pertolongan.

52. Menjadi lebih baik itu memang cukup sulit, tapi yang terpenting adalah kita bisa menghargai diri sendiri. Karena hidup ini tiada pernah seindah serial Doraemon.

Boleh Baca: Pentingnya Menghargai Diri Sendiri, Karena Hidup Ini Tak Seindah Serial Doraemon

53. Belajarlah dari kisah Tanjiro dalam Anime Kimetsu no Yaiba, bahwa berkorban untuk orang yang tersayang itu jangan setengah-setengah.

54. Tidak ada istilah terlambat di bulan November andai kau mau datang cepat dan tepat waktu.

55. Bulan November baru saja tiba, sudah semestinya engkau bangun dan mandi lebih pagi. Karena kesegaran akan memudahkanmu untuk melanjutkan aktivitas ngopi.

56. Terima kasih Oktober atas segenap kisah suka, duka, sepi, dan sunyinya. Sekarang aku ingin menikmati bulan November dan melupakan goresan luka yang baru saja engkau tancapkan.

57. Jika luka bisa dibalut, maka semestinya hatimu juga bisa ridho memaafkan. Janganlah terlalu membenci sesuatu yang tidak engkau senangi karena boleh jadi ada kebaikan besar yang tersirat di sebalik kebencian itu.

58. November telah menyapa. Aku harap akan semakin sedikit kecewa.

59. Selamat datang November. Izinkan aku melangkahkan kaki lebih cepat daripada Oktober, karena bisa jadi aku sudah hampir terlambat menggapai mimpiku.

60. Berjuanglah sedikit lebih keras di bulan November dan iringi tetesan keringatmu dengan bahagia. Sadarilah bahwa sejatinya bahagia itu mudah untuk orang-orang yang ingin memudahkan.

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang kumpulan kata-kata bijak mutiara dalam rangka menyambut bulan November khususnya pada tahun 2021.

Jadi...tetap semangat walau apa pun yang terjadi, ya. Salam November!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "60 Kata-kata Bijak Mutiara Bulan November 2021 yang Penuh Makna dan Menginspirasi"

  1. Sangat menginspirasi sekali tulisan tulisan motivasinya
    Jadi ingin ikutan menulis...
    Yang paling sulit itu adalah memulai sesuatu...
    Baiklah aku akan berjuang tuk memulainya ...
    Terimakasih Guru Penyemangat ... 💪💕

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, terima kasih atas apresiasinya, Bu Sri.
      Hayyuk Bu, mari menulis. Mulai saja dari hal-hal sederhana seperti pengalaman pribadi, aktivitas pekerjaan/kegiatan sehari-hari, atau bisa pula ulas keluh kesah yang ada di dalam hati.

      Salam dari Guru Penyemangat, Bu😊

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)