Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bimbel Zenius, Ruangguru, dan Quipper: Mana yang Lebih Baik?

Ruangguru vs Zenius vs Quipper
Ruangguru vs Zenius vs Quipper. Dok. Gurupenyemangat.com

Menurut Sobat Guru Penyemangat, kira-kira antara Ruangguru vs Zenius vs Quipper: Mana sih yang Lebih Baik?

Jawabannya akan ada pada ulasan di bawah ini.

Beberapa waktu terakhir, sedang trend bimbingan belajar via online yang dianggap lebih mudah, praktis dan murah.

Hal ini pulalah yang membuat banyak platform bimbingan belajar online mulai bermunculan, dan berikut Guru Penyemangat akan menghadirkan ulasan lengkapnya mengenai beberapa platform seperti Zenius, Ruangguru dan Quipper.

Di antara banyaknya platform bimbingan belajar, Zenius, Ruangguru dan Quipper adalah platform yang paling populer dan banyak digunakan.

Tapi, apakah ada perbedaan di antara platform tersebut? Dan manakah yang terbaik? Mari sedikit kita ulik.

1. Zenius

Bimbingan Belajar Online Zenius
Bimbingan Belajar Online Zenius. Dok. Zenius

Sebagai bimbel interaktif pertama di Indonesia, Zenius adalah salah satu platform bimbel belajar yang memiliki banyak sekali kelebihan, meski sekilas tampilannya tidak sebagus platform bimbingan belajar lainnya.

Bagi yang sudah terbiasa dengan proses belajar tatap muka dengan adanya guru menerangkan materi di depan, mungkin proses belajar dengan meggunakan video yang hanya berisikan teks akan terasa sedikit berbeda.

Tapi tenang! Dirimu tidak perlu khawatir sebab durasi video hanya sekitar 3 hingga 7 menit sehingga tidak akan mudah bosan saat belajar.

Penyampaian materi dengan lebih efektif karena tidak hanya memberikan rumus dan definisi saja namun juga mengajarkan konsep materi lebih menyeluruh sehingga sangat pas bagi pejuang SBMPTN.

Bahasa yang digunakan oleh Tutor Zenius juga sangat ringan dan ringan karena menggunakan bahasa sehari-hari.

Dengan demikian, para peserta didik bimbel akan merasa lebih akrab meski proses belajar tidak dilakukan secara langsung atau bertatap muka.

Biaya langganan pada platform ini jelas lebih murah dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan ingin berlangganan.

Mulai dari 1 tahun atau bisa juga hanya berlangganan selama 1 hingga 6 bulan. 

Sekali bayar pengguna bebas mengakses semua konten mulai dari USM STAN, Materi SMA, SMP hingga SBMPTN.

2. Quipper

Belajar Online Efektif Bersama Quipper
Belajar Online Efektif Bersama Quipper. Dok. Quipper

Platform yang satu ini diklaim sebagai layananbelajar lebih seru bersama Super Teacher terbaik yang menyediakan ribuan video belajar online dan soal-soal berkualitas.

Tawarannya tidak tanggung-tanggung, karena Quipper mengajak para pembelajar untuk meraih mimpi masuk sekolah dan perguruan tinggi favorit.

Platform Quipper tersedia dalam bentuk web dan app yang bisa di-download sehingga bisa digunakan untuk menonton video pembelajaran secara offline dari rumah.

Tentu saja tampilan app maupun web yang lebih menarik karena ada fitur tema yang bisa diubah sesuai selera.

Video materi yang diberikan juga lebih menarik dengan menggunakan papan tulis dan kapur warna-warni, syhadan ditemani dengan keberadaan tutor yang akan membuat pengguna merasa sedang berada di kelas.

Penyampaian materi juga diberikan secara detail dan terstruktur, meski durasi video terbilang lebih lama mulai dari 10 hingga 25 menit.

Meski begitu, ada pula fitur mengubah kecepatan video hingga 2.00x agar dirimu tidak bosan.

Keberadaan modul per bab video yang bisa didownload memudahkan pengguna yang malas mencatat karena modul yang diberikan juga sudah sangat lengkap.

Tapi, menurut Guru Penyemangat, catatan itu penting lho. Setidaknya kita bisa membuat ringkasan berbentuk poin-poin penting atau mind mapping.

Meski harga yang diberikan oleh Quipper juga terbilang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Ruang Guru, namun platform ini kurang cocok bagi pejuang SBMPTN dimana latihan soal dan video review yang dimiliki tidak terlalu banyak.

3. Ruangguru

Aplikasi Belajar Online Terbaik Ruangguru
Aplikasi Belajar Online Terbaik Ruangguru. Dok. Ruangguru

Platform Ruang Guru mungkin sudah tidak asing bagi sebagian besar pelajar di Indonesia karena sejak awal kemunculannya Ruangguru sering mengadakan promosi gencar di TV. 

Meski Ruangguru memiliki banyak sekali kelebihan mulai dari tampilan yang jauh lebih bagus dibanding yang lainnya, namun untuk pemberian materi masih terdapat kekurangan.

Yup, meski sudah menggunakan animasi, namun materi yang diberikan kurang detail dan mendalam. Video pembahasan yang ada di Ruangguru juga terbilang cukup monoton.

Materi yang diberikan hanya dasarnya saja selain itu latihan soal juga sangat terbatas dan kurang bervariasi.

Alhasil, rasanya plaftorm yang satu ini kurang cocok bagi pejuang UTBK atau SBMPTN.

Berbeda dengan platform lainnya jika berlangganan pada platform Ruangguru, pengguna tidak akan bebas mengakses semua konten.

Jika berlangganan paket SBM misalnya maka pengguna hanya akan bisa mengakses materi SBM.

Lebih jauh, untuk materi kelas 10, 11 dan 12 tidak bisa dibuka sama sekali, padahal bagi pejuang SBMPTN dengan adanya review semua materi yang ada dari kelas 10 hingga kelas 12 sangat dibutuhkan.

Jika ingin membuka akses pada kelas 10, 11 dan 12, maka pengguna harus melakukan pembayaran lagi untuk perjenjangnya, sehingga harga berlangganan di Ruangguru terbilang lebih mahal dibanding yang lainnya.

Walau begitu kisahnya, kelebihan yang ada di Ruangguru terletak pada durasi videonya yang tidak terlalu lama sehingga tidak akan mudah bosan.

Selain itu pemberian materi yang menggunakan metode animasi akan menjadi lebih menyenangkan.

Ruangguru barangkali cocok bagi pelajar SD dan SMP yang memang membutuhkan metode belajar yang lebih menyenangkan dan asyik dengan menggunakan video animasi karena akan lebih mudah dimengerti bagi pelajar jenjang tersebut.

Tapi bagi pelajar SMA apalagi pejuang SBMPTN? Mungkin kurang cocok, ya.

**

Nah, jadi sekarang sudah bisa memutuskan untuk menggunakan platform bimbingan belajar yang mana? 

Jika diberi pertanyaan Zenius, Ruangguru, dan Quipper: Mana yang lebih baik? Maka jawabannya adalah sesuai dengan kebutuhan.

Masing-masing plaform belajar online menawarkan kelebihan yang disesuaikan dengan visi, misi, hingga kebutuhan para peserta didik.

Kalau pun kemudian ditanya apakah kita bakal sukses atau tidak setelah mengikuti salah satu dari ketiga portal bimbel tersebut, maka jawabannya pula dikembalikan kepada diri sendiri.

Yup. Soalnya kita yang belajar, kita yang sedang berusaha, dan kita yang berniat. Ujung-ujungnya kesuksesan belajar bergantung kepada kesungguhan dan keseriusan diri.

Sebenarnya urusan bimbingan belajar itu boleh dibilang “penting tak penting”. Banyak pelajar sukses walaupun mereka tak ikut bimbel online, tapi tidak sedikit pula pelajar yang gagal gara-gara tak ikut bimbel.

Maka dari itulah, sebelum memutuskan untuk mengikuti kelas online berbayar, tata terlebih dahulu niat dan tujuan serta berusahalah untuk bersungguh-sungguh.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Bimbel Zenius, Ruangguru, dan Quipper: Mana yang Lebih Baik?"

  1. Betul, sempat bingung cari bimbel tuk anak kelas 12.
    Sukses selalu GP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bimbel mandiri aja, Bu. Gak bayar. Palingan beli cemilan. 😁

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

--