Widget HTML #1

Seperti Apa Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan? Mari Bersikap Bijak Terhadap Tanaman

Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan
Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, masih semangat belajar hari ini?

Mudah-mudahan masih, ya. Di era pandemi seperti saat sekarang ini sudah semestinya semangat belajar tetap dirawat serta ditinggikan.

Meski begitu, jangan enggan pula untuk senantiasa semangat merawat tumbuhan dan tanaman. 

Lho, kok begitu? Soalnya dari pohon, tumbuhan, dan tanaman kita bisa sehat dan menikmati bersihnya udara pagi.

Iya benar. Beberapa kenikmatan tadi adalah adalah contoh hak yang kita peroleh jika memanfaatkan tanaman dengan bijak serta senantiasa merawatnya.

Lalu, sebenarnya apa saja sih hak maupun kewajiban kita terhadap tumbuhan?

Nah, selain menduduki jabatan manusia di bumi, kita juga digelari sebagai khalifah yang dibebankan tanggung jawab untuk senantiasa merawat buminya Allah.

Tidak hanya berbuat baik kepada sesama manusia maupun tidak menzalimi hewan, kita pula wajib berakhlak mulia terhadap alam. Termasuklah di dalamnya ada pohon, tumbuhan, dan tanaman.

Kalian pernah dengar kan bahwa berbagai kerusakan bahkan bencana alam disebabkan oleh perilaku manusia itu sendiri?

Sebagai contoh; hadirnya bencana tanah longsor menjadi akibat dari sikap tidak bijak manusia yang sering menebang pohon tanpa menanamnya kembali.

Pun demikian dengan bencana lainnya.

Maka dari itu, dalam kesempatan yang berbahagia ini Gurupenyemangat.com bakal menghadirkan berbagai contoh sikap bijak terhadap tumbuhan.

Nah, sebelum mengetahui seperti apa saja sikap bijak, kita terlebih dahulu perlu mengetahui hak dan kewajiban terhadap tumbuhan.

Langsung disimak saja, ya:

Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan dan Tanaman yang Kita Tanam

Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan dan Tanaman yang Kita Tanam
Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan dan Tanaman yang Kita Tanam. Dok. Gurupenyemangat.com

Lha, mengapa kok kita harus melaksanakan kewajiban sebelum menuntut hak terhadap tumbuhan?

Alasannya tiada lain ialah karena kita harus melakukan dan memperjuangkan sesuatu sebelum bisa mendapatkan hasilnya.

Hak itu ibarat buah yang kita petik setelah bersusah-payah menanam sesuatu.

Sederhananya begini; untuk mendapat manfaat dan kebaikan dari tumbuhan dan tanaman yang kita tanam, maka kita perlu menanam dan merawatnya terlebih dahulu, kan?

Yup. Kegiatan menanam dan merawat merupakan salah satu bagian dari kewajiban kita terhadap tanaman. Lalu, apa saja kewajiban lainnya? Mari kita ulik satu demi satu:

1. Menyediakan Lahan dan Tanah yang Subur

Apakah dirimu ingin menanam bunga, menanam sayuran sehat seperti bayam, atau malah ingin menanam pohon sebagai penghasil udara segar di samping rumah?

Bertanam apa pun boleh, tapi hal pertama yang perlu kita penuhi sebagai kewajiban terhadap tumbuhan yaitu menyediakan lahan dan tanah yang subur.

Apalah artinya bunga yang bagus nan indah bila kita cuma menanamnya di pot mini dengan tanah yang tandus.

Sama saja bohong!

Tumbuhan yang kita tanam pada akhirnya enggan untuk bertumbuh.

2. Memberi Pupuk untuk Memenuhi Unsur Hara yang Diperlukan Tanaman

Sama seperti manusia dan hewan, tumbuhan juga membutuhkan asupan gizi agar senantiasa bisa terus bertumbuh dan berkembang.

Asupan gizi tanaman adalah unsur hara yang ada di dalam tanah. Untuk menyokong unsur hara tersebut, kita bisa memberikan pupuk. Tapi jangan pupuk kimia ya!

Gunakanlah pupuk organik atau pupuk kompos yang sejatinya bisa kita racik dan buat sendiri.

3. Merawat Tanaman dari Serangan Hama dan Gulma

Tanaman sudah kita tanam dan sudah bertumbuh, maka kewajiban selanjutnya yang perlu kita penuhi adalah merawat tanaman agar senantiasa terlindungi dari serangan hama maupun gulma.

Kita sama-sama mengetahui bahwa gulma adalah tumbuhan pengganggu yang mengusik tumbuh kembang tanaman kesayangan kita.

Maka darinya, gulma harus disingkirkan agar tanaman kesayangan kita bisa tumbuh, berbunga, dan berbuah sebagaimana yang kita harapkan.

4. Menyirami Tanaman dan Melindunginya dari Berbagai Gangguan

Pada dasarnya semua makhluk yang ada di muka bumi ini butuh air. Tanaman juga begitu. Karena musim saat ini sedang pancaroba, maka kita perlu menunaikan kewajiban untuk menyiram tanaman secara rutin.

Selain itu, jikalau dirasa perlu kita boleh memagari tanaman atau menyediakan pot/lahan khusus agar tanaman kesayangan tidak diceker ayam atau diinjak-injak oleh hewan liar di sekitar rumah.

5. Melestarikan Tumbuhan di Sekitar Kita

Demi mendapati hak berupa udara yang sehat dan bersih, kita perlu menunaikan kewajiban untuk melestarikan tumbuhan yang ada di sekitar kita.

Dirimu mungkin menyukai tanaman bunga dengan berbagai hiasan dan rupa, tapi jangan lupa untuk menyempatkan diri menanam tumbuhan apotik hidup dan beberapa pohon di dekat rumah.

Tujuannya tidak lain ialah agar suasana rumah kita lebih sejuk dan mata ini lebih segar karena bisa menatap berbagai tanaman segar setiap hari.

6. Melakukan Reboisasi

Rawatlah alam sebelum alam menghukummu! Rasanya kalimat tersebut bisa kita jadikan bekal agar lebih semangat dalam menunaikan kewajiban keenam terhadap tumbuhan, yaitu reboisasi.

Reboisasi alias penghijauan adalah kegiatan penanaman tumbuhan kembali setelah ditebang agar kondisi hutan tetap terjaga.

Reboisasi adalah kewajiban kita bersama baik sebagai individu, masyarakat, maupun negara.

Dengan adanya penghijauan, daerah kita akan selamat dari bencana mengerikan seperti tanah longsor, banjir, hingga letusan gunung berapi. Soalnya pohon-pohon itu laksana pelindung.

7. Menanam Tanaman di Tempat yang Terkena Sinar Matahari

Kecuali jamur. Hehehe. Pada dasarnya seluruh tanaman dan tumbuhan hijau itu membutuhkan sinar matahari demi mempermudah proses fotosintesis.

Nah, jikalau kita sedang menanam bunga, sayuran, atau buah-buahan, maka kita wajib menanamnya di lahan yang terkena sinar matahari ya.

Jangan malah ditanam dalam kamar! Kalo pohon mangga misalnya; ditanam di dalam kamar, nanti bukannya berbuah, si pohon malah asyik bobok siang. Eh, maksud Gurupenyemangat.com mati. Wkwk

*

O ya, pada dasarnya, berbagai kewajiban yang disajikan di atas adalah sikap bijak kita terhadap tumbuhan.

Sikap Bijak Terhadap Tanaman yang Kita Tanam
Sikap Bijak Terhadap Tanaman yang Kita Tanam. Dok. Gurupenyemangat.com

Perbuatan seperti menjaga tumbuhan yang kita tanam, merawatnya, serta tidak merusak tanaman sekitar yang ditanam orang lain adalah wujud dari sikap bijaksana terhadap tumbuhan.

Untuk hal yang lebih luas misalnya; jangan menebang pohon sembarangan, jangan membuang limbah ke hutan, jangan mengubur sampah plastik di kebun, dan lain-lain.

Sejatinya, dengan berbuat bijak terhadap tumbuhan kita sedang berusaha untuk mengimplementasikan akhlak terhadap alam yang telah diciptakan Tuhan.

Hak Terhadap Tumbuhan

Hak Terhadap Tumbuhan
Hak Terhadap Tumbuhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Setelah menunaikan kewajiban, maka kita berhak mendapatkan sesuatu bukan?

Seperti halnya seorang karyawan yang bakal menerima gaji setelah menunaikan kewajiban bekerja, seperti itu pula buah yang kita dapatkan dari kewajiban terhadap tanaman.

Adapun beberapa hak yang kita peroleh terhadap tumbuhan yaitu:

1. Lingkungan Menjadi Bersih dan Sehat

Yup, hak pertama yang bakal kita dapatkan saat memelihara dan merawat tanaman yaitu lingkungan menjadi bersih dan sehat.

Pada dasarnya, kesehatan seseorang itu bergantung dengan bagaimana suasana di tempat tinggalnya. Jika lingkungannya bersih, hijau, dan sehat, mudah-mudahan dirinya senantiasa sehat.

2. Udara di Sekitar Kita Menjadi Sejuk dan Nyaman

Karena ditanami tumbuhan dan tanaman hijau, lingkungan di sekitar kita menjadi sejuk dan nyaman.

Sejuk karena oksigen yang kita hirup begitu bersih, dan nyaman karena pandangan kita tidak lepas dari alam yang penuh dengan tanaman hijau.

Coba saja hitung ada berapa banyak orang yang ingin berkunjung ke taman bunga. Pasti tidak terhitung jumlahnya, kan?

Itu karena orang-orang di dunia ini begitu menginginkan suasana yang nyaman. Jadi, mari kita hias halaman atau pekarangan rumah dengan tumbuhan dan tanaman hijau yang indah.

Boleh Baca: Puisi Bertema Keindahan, Mari Kita Menjaga Alam

3. Mendapatkan Sayuran dan Buah-buahan Segar

Selain menanam bunga, kita juga bisa menanam sayuran dan buah-buahan segar. Lahannya bisa di kebun samping rumah atau cukup di pekarangan rumah melalui pot.

Apa yang kita tanam, maka itulah yang nanti kita tuai.

Jika kita menanam sayuran hijau dan buah-buahan serta konsisten merawatnya, maka kita akan mendapatkan berupa sayuran sehat dan buah-buahan segar yang bisa dinikmati oleh keluarga, saudara, dan tetangga.

Boleh Baca: Karangan Tentang Ide Poko Gemar Makan Sayuran Sehat

4. Kebutuhan Vitamin, Protein, hingga Karbohidrat Kita Tercukupi

Manfaat terbesar dari sayuran maupun buah-buahan bagi kita utamanya adalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin, protein, hingga karbohidrat.

Hebatnya, semua unsur-unsur penunjang kesehatan tersebut sudah tersedia pada tanaman, sayuran, hingga buah-buahan.

5. Mendapatkan Peluang Bisnis

Mengapa banyak orang menanam bunga hias di rumah?

Mengapa pula ada banyak orang menanam pohon alpukat, mangga, dan durian di sekitar halaman rumah?

Perlu kita ketahui, selain mendapat kesegaran dan manfaat tanaman untuk kebutuhan konsumsi dan hiasan, kita juga bisa menjualnya.

Ya, harga bunga hias itu lumayan, kan? Hingga berjuta-juta lho. Buah-buahan kualitas premium juga demikian. Jadi, manfaatkanlah pekarangan dan halaman rumahmu sebaik mungkin ya.

6. Meminimalkan Dampak Terjadinya Bencana Alam

Secara tidak langsung, kewajiban yang kita lakukan terhadap tumbuhan terutama pohon akan menyelamatkan kita dari dampak besar bencana alam.

Sejatinya bencana alam memang tidak bisa ditebak, tapi dengan usaha reboisasi setidaknya kita telah berusaha untuk meminimalkan dampak kerusakan lingkungan bahkan kematian.

Soalnya, dengan adanya pohon, daerah kita akan terselamatkan dari banjir, tanah longsor, serta meminimalkan dampak serius jikalau suatu saat ada bencana gunung meletus.

Maka dari itulah tadi Guru Penyemangat sempat menyebutkan bahwa pohon-pohon yang kita tanam itu laksana pelindung. 

***

Nah, bagaimana? Sekarang Sobat Guru Penyemangat sudah paham dan mengerti tentang betapa pentingnya kehadiran tumbuhan bagi lingkungan, kan?

Maka dari itu, mari sama-sama kita menunaikan hak dan kewajiban terhadap tumbuhan di sekitar kita. Dimulai dari diri sendiri, bukan orang lain.

Semangat, dan semoga bermanfaat.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Seperti Apa Hak dan Kewajiban Kita Terhadap Tumbuhan? Mari Bersikap Bijak Terhadap Tanaman"