Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Gemar Makan Sayur yang Sehat

Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Gemar Makan Sayur yang Sehat
Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Gemar Makan Sayur yang Sehat. Gambar oleh Devanath dari Pixabay

Waduh, Pak Guru baru saja meminta saya untuk menulis karangan singkat lagi nih! Hemm. Semangat, teman.

Karangan singkat biasanya bisa kita kembangkan dari segelintir ide pokok. Tanpa adanya ide pokok, maka sebuah cerita mungkin tidak akan bisa disusun dengan rapi alias “ngawur”.

Bahkan, bersandar dari ide pokok itulah kemudian kita bisa menentukan judul, kalimat utama, kalimat penjelas, makna, hikmah, dan penutup cerita.

Begitu pula ketika dirimu diminta untuk menulis karangan singkat tentang ide pokok gemar makan sayur yang sehat.

Di buku Pembelajaran Tematik SD kelas 5 materi pembelajaran 2, ada pembahasan tentang Manusia dan Lingkungan. Topik tersebut juga berhubungan dengan kesehatan.

Sebagai manusia yang peduli lingkungan dan kesehatan, kita juga harus sering mengonsumsi sayur yang sehat seperti bayam atau sayur hijau lainnya yang bebas dari pestisida.

Lho, mengapa harus gemar makan sayur yang sehat? Kalau sayurnya saja banyak racun, bagaimana kita bisa sehat!

Nah, maka dari itulah di sini Gurupenyemangat.com bakal menghadirkan contoh karangan singkat tentang ide pokok gemar makan sayur hijau yang sehat. Ada bayam, juga ada sayur yang bebas dari pestisida.

Silakan langsung disimak saja, ya:

Menulis Karangan Singkat Berdasarkan Ide Pokok
Menulis Karangan Singkat Berdasarkan Ide Pokok. Tangkapan Layar Buku Tematik Kelas 5 Tema 1 oleh Gurupenyemangat.com

Baiklah. Berdasarkan gambar di atas, terlihat ada 4 ide pokok yang bisa kita kembangkan menjadi kalimat maupun paragraf. Berikut rinciannya:

  • Ide Pokok 1: Makan Sayur Membuat Sehat
  • Ide Pokok 2: Aku Gemar Makan Sayur
  • Ide Pokok 3: Sayur Bayam Adalah Sayur Kesukaanku
  • Ide Pokok 4: Sayur yang Sehat Adalah yang Bebas dari Pestisida

Sudah membaca berbagai ide pokok di atas? Nah, jika sudah, mari sejenak kita renungkan dan berinspirasi kira-kira kisah apa yang akan kita tulis.

Sederhananya, kita jadikan saja ide pokok di atas sebagai judul. Agar semakin mudah, ceritakan saja topik di atas dengan bahasa dan pengalamanmu sehari-hari. Kita mulai, ya:

Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Makan Sayur Membuat Sehat

Ide Pokok Makan Sayur Membuat Sehat
Ide Pokok Makan Sayur Membuat Sehat. Gambar oleh Karolina Grabowska dari Pixabay
Contoh 1:

Sejak kecil aku sebenarnya kurang suka makan sayur apalagi sayur yang hijau dan ditumis bening. Meski begitu, Ibu dan Ayahku selalu memintaku untuk mengonsumsi sayuran.

Padahal sebenarnya aku lebih suka makan ayam goreng, telur dadar, atau sosis gulung loh! Meski begitu, kedua orang tuaku kadang sampai berjanji ingin memberikan hadiah jikalau aku makan sayur.

Sekarang, aku sadar. Setelah belajar di sekolah, ternyata mengonsumsi sayur mayur itu sangat penting bagi kesehatan kita. Banyak kandungan vitamin dan nilai gizi di sebalik hijaunya daun sayuran.

Dengan olahan yang pas, makan nasi putih dengan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada, hingga sawi benar-benar lezat.

Contoh 2:

Setiap hari Ibuku nyaris selalu memasak sayur. Tidak hanya untuk makan pagi, bahkan hidangan makan siang dan makan malam pun selalu disertai dengan sayuran hijau.

Jikalau pada pagi hari kami hanya mengonsumsi pucuk singkong, pada siang atau sore harinya Ibuku sering memasak tumis selada plus ikan teri dan telur. Rasanya lezat sekali

Hebatnya, selain lezat, sayur juga sangat baik untuk kesehatan kita. Sayur yang kita makan tiap hari dapat membantu menetralisir racun dari dalam tubuh, juga memperlancar buang air besar.

Makanya Ayahku pernah berkata; kalau kita sulit buang air besar, perbanyaklah mengonsumsi sayuran hijau agar sistem pencernaan jadi lancar. Nah, tunggu apa lagi. Ayo kita makan sayur!

Contoh Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Aku Gemar Makan Sayur

Ide Pokok Aku Gemar Makan Sayur
Ide Pokok Aku Gemar Makan Sayur. Gambar oleh RitaE dari Pixabay

Aku gemar makan sayur. Setiap hari Ibuku selalu memasak berbagai jenis sayuran yang berbeda. Kegiatan Ayahku adalah bertani sehingga kami dengan mudah bisa mendapatkan sayur segar.

Daunnya masih hijau, gemuk, dan bebas hama. Soalnya tanah di kebun kami sangat subur.

Mengenai sayur yang paling aku sukai adalah tumis sawi pedas.

Ya, tepatnya sayuran sawi manis yang dimasak dengan beberapa potong cabai rawit atau pun sambal. O ya, ada ikan teri dan campuran udang rebonnya juga loh.

Enak deh pokoknya. Karena sayuran itu menyehatkan, maka aku dan kita semua sebaiknya sering-sering makan sayur.

Menulis Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Sayur Bayam Adalah Sayur Kesukaanku

Sayur Bayam Adalah Sayur Kesukaanku
Sayur Bayam Adalah Sayur Kesukaanku. Gambar oleh Clara Sander dari Pixabay

Teman-teman, adakah dari kalian yang suka makan sayur bayam? Jika ada, coba unjuk tangan. Wah! Banyak ternyata, ya.

Bagaimana dengan Bapak/Ibu Guru, apakah juga senang mengonsumsi bayam?

Jika iya, ternyata kita semua suka makan sayur bayam. Di rumah, Ibuku juga cukup sering memasak bayam dalam bentuk sayur bening. Jadi, warna daun bayamnya tetap hijau.

Setelah aku pelajari, ternyata sayur bayam mengandung begitu banyak manfaat. Di dalam daun bayam yang hijau terkandung vitamin A, C, K, hingga E. O ya, ada zat besi dan kalsiumnya juga lho.

Maka dari itu, tunggu apalagi. Jikalau teman-teman sudah lama tidak makan bayam, boleh ajak Ayah atau Ibu ke warung terdekat untuk membelinya. Harga bayam itu murah dan juga mudah didapat. Atau, mau tanam sendiri di pekarangan rumah? Wah, boleh banget.

Membuat Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Sayur yang Sehat Adalah yang Bebas dari Pestisida

Sayur yang Sehat Adalah yang Bebas dari Pestisida
Sayur yang Sehat Adalah yang Bebas dari Pestisida. Gambar oleh Jerzy G√≥recki dari Pixabay 

Hai teman-teman, apakah kalian semua suka mengonsumsi sayuran hijau? Tentu saja, bukan. Tapi, mulai saat ini kita perlu waspada dalam memilihnya ya.

Meskipun berwarna hijau dan cerah, sebenarnya sayur yang sehat itu adalah yang terbebas dari pestisida.

Apa itu pestisida? Tidak lain ialah racun pengendali hama tanaman. Jika ada hama pada sayuran, untuk mengusirnya banyak petani menyemprotkan pestisida.

Kita harus hati-hati karena pestisida itu tidak baik bagi kesehatan manusia. Pestisida secara tidak langsung bisa menimbulkan keracunan baik pada manusia dan hewan. Utamanya racun ini bisa masuk melalui mulut, kulit, atau sistem pernafasan.

Dan, bahayanya, jika pestisida digunakan dalam jumlah dosisi yang tinggi pada tanah, maka unsur hara tanah bakal berkurang sehingga lingkungan pertanian lama-kelamaan akan tercemar.

Dengan demikian, ketika memilih dan ingin memasak sayur sebaiknya kita cuci terlebih dahulu hingga bersih.

Lebih baik lagi jika sayuran tersebut kita tanam sendiri dengan menggunakan pupuk organik. Biar apa? Tentunya biar kita sehat dan dapat menikmati manfaat dari berbagai sayuran hijau.

***

Oke, demikianlah sajian karangan singkat mengenai ide pokok bertema sayuran hijau yang sehat. Beragam contoh di atas bisa kalian kembangkan atau disisipkan dengan pengalaman pribadi.

Semoga bermanfaat, ya. Jangan lupa! Mari kita gemar mengonsumsi sayuran.

Salam.

Lanjut Baca: Langkah-Langkah Menulis Karangan Singkat Gambar Berseri

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Karangan Singkat Tentang Ide Pokok Gemar Makan Sayur yang Sehat"

Promo Cashback & Voucher Shopee