Widget HTML #1

Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp1000, Bagaimana dengan EOA Gold?

Masih dalam suasana lebaran, harga logam mulia Antam hari ini, Rabu, 19 Mei 2021 naik Rp1.000 dan duduk di angka Rp948.000 per gram setelah sebelumnya berada di harga Rp947.000.

Bersandar pada para analis melalui Kitco News, pasar emas dunia bakal segera memetik momentum dengan harga kembali di atas $ 1.850. Hal ini sejatinya bersebrangan dengan eksistensi bitcoin yang belum lama menandingi kilau si kuning.

Harga Logam Mulia hari Ini
Logam Mulia hari Ini. Gambar oleh Linda Hamilton dari Pixabay 

Logam mulia emas sempat tertahan harganya karena para investor mulai melirik bitcoin sebagai aset safe haven bin lindung nilai dalam mengusir ketakutan inflasi.

Namun, faktanya harga bitcoin telah turun hingga 34% dari level tertinggi sepanjang bulan lalu, yaitu senilai $ 65.000/token.

Pengaruh pergerakan emas dunia ini kemudian ikut memengaruhi fluktuasi harga emas di Bumi Pertiwi dengan produk seperti Antam, Minigold, hingga Eoa Gold.

Harga Antam Hari Ini
Ilustrasi Emas Antam. Foto: Okezone

Untuk produk emas Antam yang lainnya, emas batangan ukuran 0,5 gram hari ini dihargai Rp524.000. Antam ukuran 2 gram senilai Rp.1.836.000. Antam ukuran 3 gram senilai Rp2.729.000. Antam ukuran 5 gram senilai Rp4.515.000.

Untuk harga emas batangan Antam selengkapnya bisa dicek di laman resmi www.logammulia.com.

Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur PT. Solid Gold Berjangka, Dikki Soetopo menerangkan bahwa kenaikan harga logam mulia adalah buah dari peningkatan inflasi AS yang mencapai 4,2% pada April lalu.

Jika ditilik lebih jauh, angka inflasi tersebut merupakan kenaikan tertinggi dalam satu dekade terakhir jikalau dihitung secara tahunan.

"Inflasi yang tinggi memicu investor untuk kembali ke aset safe haven utama. Secara historis emas memang memiliki kinerja yang baik ketika inflasi yang tinggi terjadi," terang Dikki pada Rabu (19/5/2021).

Dikki pun menambahkan bahwa meskipun emas merupakan produk investasi tradisional, namun produksi si kuning ini relatif stabil dari hari ke hari.

Hal itulah yang kemudian match dengan gagasan bahwa emas cocok dimanfaatkan sebagai hedging alias aset lindung nilai.

Secara, kalau kita melirik jauh ke tahun-tahun ke belakang, maka ditemuilah fakta bahwa harga emas relatif naik jika dilihat dari persentasi tahunan.

Harga harian memang naik-turun, namun harga pertahun menjanjikan keuntungan yang lumayan. Itulah yang juga ikut mendukung persepsi bahwa emas merupakan aset investasi yang minim risiko.

Sebagai penutup, Dikki memprediksi bahwa harga emas ke depannya bakal melaju di rentang harga US$1.850-US$1.888 per troy ons pada perdagangan saat ini.

Meski begitu, tetap saja logam mulia kuning ini ke depannya bakal dipengaruhi oleh imbal hasil obligasi, kinerja dolar, hingga kekhawatiran inflasi.

Logam mulia naik sekitar 1,70% minggu ini dan kemungkinan akan mendorong lebih tinggi karena dolar turun lebih dalam ke jurang yang dalam.

Hanya saja, kalau kita melirik lagi eksistensi harga emas di sepanjang bulan April hingga Mei, ada peluang bahwa harga emas bakal menguji resistance di harga $1.900 per ounce.

Syadhan, bagaimana dengan harga EOA Gold hari ini?

Eoa Gold Hari Ini
Eoa Gold Hari Ini. Dok. Gurupenyemangat.com

Tidak berbeda jauh dengan Antam, harga emas EOA Gold per tanggal 19 Mei 2021 duduk di angka Rp956.500/gram.

EOA Gold mengalami kenaikan sebesar Rp1.000 setelah di hari Selasa kemarin berdiam di harga Rp.955.500.

Untuk detailnya, Kamu bisa lirik price list berikut ini.

Brand Manager EOA Gold cabang Bengkulu baru-baru ini menerangkan bahwa ada peningkatan pemesanan emas yang cukup signifikan seusai lebaran.

Hal tersebut bisa jadi dipengaruhi oleh masyarakat yang mulai melek emas untuk mengkonversikan THR mereka menjadi logam mulia sebagai aset pencapaian tujuan di masa depan.

Nah, bagaimana denganmu? Sudah investasi emas hari ini? Sebagai produk investasi, tidak ada salahnya kita membagi penghasilan kita untuk di-emaskan.

Meski begitu, kita perlu terlebih dahulu menetapkan impian apa yang ingin dicapai di hari esok. Diperlukan pula konsep menabung, strategi menabung, hingga konsistensi kita dalam mencapai tujuan.

Salam.

👉Lanjut Baca:  Begini Manfaat Menabung Emas untuk Masa Depan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Harga Emas Antam Hari Ini Naik Rp1000, Bagaimana dengan EOA Gold?"