Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juragan, Inilah 5 Fakta Tidak Biasa Tentang Emas

Selama ini, banyak dari kita melirik emas sebagai salah satu logam mulia yang digunakan untuk perhiasan. 

Kadangkala, logam mahal nan cantik ini sering dipakai sebagai mahar serta “seserahan” dalam pernikahan. Kesannya begitu mewah, kan?

Tentu saja. Maka dari itulah, tidak sedikit orang yang tertarik menyimpan barang yang indah ini. 

Fakta Tidak Biasa Tentang EMAS
Ilustrasi Logam Mulia. Foto: Linda Hamilton dari Pixabay
Kalau bisa, di rumah atau di brankas tersimpan emas walaupun hanya beberapa gram. Sebagai aset, logam mulia ini sangat berharga untuk dimiliki sebagai bekal hidup di masa tua.

Terang saja, ketika aset yang kita simpan adalah uang, nilainya semakin lama akan semakin kecil. Apalagi jika itu uang kertas yang kita simpan di celengan, bisa-bisa dimakan rayap, kan?

Tapi ternyata, di luar daripada itu, ada beberapa fakta tidak biasa alias unik emas yang jarang diketahui orang. EOA Gold mencatat, setidaknya ada 5 fakta tentang emas yang tidak biasa.

1. Emas Memiliki Sifat Lentur

Kalau kita sempat “pegang-pegang” emas, tentu saja rasanya keras, kan? Kira-kira mirip dengan koin yang kaku. Alhasil, hadirlah pandangan bahwa sebenarnya sifat emas itu keras. 

Hal ini tentunya sangat wajar mengingat berbagai produk dari perhiasan memiliki tekstur yang keras atau solid. 

Tapi ternyata? Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, pada berat 28 gram, logam mulia ini bisa direntangkan hingga sejauh 8 kilometer.

Ternyata, emas murni itu lentur banget, ya! 

Bahkan, fakta unik yang cukup mengejutkan adalah logam mulia ini bisa beralih fungsi menjadi benang sulam untuk menjadi kain. 

Contohnya sudah banyak terjadi di berbagai negara Timur Tengah yang memanfaatkan logam ini untuk bahan kain. Wow...wow!

2. Asal Penyebutan Logam Mulia dan Nama Kimianya

Selama ini, banyak dari kita, atau bahkan rata-rata insan menyebut emas murni sebagai logam mulia. Mengapa demikian? 

EOA Gold menerangkan bahwa emas adalah jenis yang paling tahan terhadap korosi ataupun oksidasi yang mampu merusak teksturnya. 

Bahkan logam mulia ini tidak akan mudah terpengaruh dengan kondisi buruk ataupun baik yang terjadi di lingkungan sekitar.

Lebih dari itu, ternyata arti nama kimia dari logam ini juga sangat tidak biasa, yakni Sinar Matahari. Pada tabel periodik kimia, logam ini disimbolkan dengan Au yang artinya Aurum. 

Ketika kita meniliknya dari bahasa latin, Aurum memiliki arti pancaran sinar matahari yang menyilaukan. 

Jadi tidak heran jika terkadang logam ini mampu memberikan efek silau dan mencerahkan mata. Ahay!

3. Tambang Emas

Sadarkah kita bahwa jumlah penambangan logam mulia ini sangat tinggi setiap tahunnya? Ternyata ada sekitar 2.415 ton logam mulia yang ditambang setiap tahun di berbagai wilayah dunia dan diolah menjadi berbagai hasil. 

Memang sih, tidak semuanya menjadi perhiasan. Tapi, sebagian besar hasil dari logam mulia ini pasti akan dikomersilkan.

Si logam mulai ini dapat dibuat dalam bentuk emas batangan. Keberadaan model tersebut memang cukup populer mengingat banyaknya kelebihan yang diperoleh. 

Perlu diketahui jika pusat perdagangan logam ini paling besar dilakukan oleh negara Tokyo, Hong Kong, dan Singapura. Sedangkan konsumen terbesar adalah Indonesia, Jepang, dan Taiwan.

4. Emas Digunakan Sebagai Bahan Obat

Lah, kok bisa?

EOA Gold menerangkan bahwa di dalam kandungan emas murni terdapat isotop radioaktif Au-198 yang ternyata memiliki manfaat bagus untuk kesehatan.

Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, isotop tersebut bisa membunuh keberadaan sel-sel kanker di dalam tubuh manusia.

Tapi, hal ini memang masih belum banyak diketahui oleh orang-orang, sih. Kandungan isotop tersebut paling banyak ditemukan pada emas 24 karat yang tingkat kemurniannya sangat tinggi. 

Salah satu perusahaan besar penghasil logam mulia murni 24 karat adalah brand EOA Gold. Di sana kita bisa menemukan logam mulia asli yang berkualitas tinggi, dan tentunya segera membuat mata ini berbinar. Hohoho

5. Transisi Fungsi Emas

Beli emas untuk gaya-gayaan, wajar kan? Sebagian besar orang memang menggunakan logam mulia ini sebagai ajang meningkatkan penampilan. 

Ya, banyak yang lebih senang memanfaatkan logam mulia ini sebagai perhiasan. Namun, seiring berkembangnya zaman, telah terjadi transisi fungsi yang cukup terlihat pesat.

Logam ini tidak lagi banyak digunakan untuk perhiasan, tetapi sebagai bahan investasi. Harganya yang tidak pernah mengalami penurunan mirip seperti tanah sehingga menjadikan banyak orang tertarik untuk investasi emas.

Contohnya seperti hari kemarin, akhir Agustus 2020. Harga emas sudah menginjak angka satu juta lebih dalam setiap gramnya. 

Padahal, di tahun 2019 kisaran harga emas hanya sekitar 550-650 K saja, kan? pas banget memang jika logam mulia ini dijadikan aset investasi. Demi masa depan, bro!

***

Jadi, inilah 5 fakta tidak biasa tentang emas yang masih jarang diketahui oleh banyak orang. 

Manfaatnya banyak. Bisa dipakai sebagai perhiasan, bisa pula disimpan sebagai aset alias investasi masa depan. Ya, di era milenial saat ini, kita perlu lebih peduli dengan masa depan.

Apakah juragan sudah mulai berencana untuk investasi?

Aku sendiri, baru-baru ini telah menabung emas EOA Gold. EOA Gold adalah Logam Mulia (LM) yang dikeluarkan oleh PT. Emas Optimasi Abadi (EOA) untuk meningkatkan nilai lebih (value) berupa perlindungan dan keamanan bagi investasi agan-agan.

Logam Mulia EOA GOLD
Logam Mulia EOA GOLD. Dok. Gurupenyemangat.com

Mengapa saya memilih berinvestasi di sini?

Seperti yang telah agan baca pada awal tulisan ini, sejatinya berinvestasi emas itu secara teori sudah menguntungkan. Toh kita hanya menyimpannya saja. Untuk alasan lain, juragan bisa baca juga di ragam alasan utama saya menabung emas.

EOA Gold menjadi solusi karena diriku tak ingin mencicil emas batangan melalui lembaga pembiayaan yang beresiko, resiko biaya admin, bunga, denda, serta mahal.

Syahdan, EOA Gold memiliki harga lebih terjangkau daripada toko emas, Bank dan Lembaga Pembiayaan dalam ukuran yang sama. Emas berupa keping ini juga bisa untuk hadiah, investasi, hingga mahar nikah. Ahayyy.

Ya, ukurannya yang bervariasi memudahkan kita untuk mencicil emas sedikit demi sedikit. Butir demi butir. Koin demi koin.

EOA Gold menyediakan emas keping mulai dari ukuran 0,1 gram, 0,2 gram, 0,5 gram sampai 5gram. Karena ukurannya banyak, kesempatan kita untuk investasi emas secara rutin bisa terwujud.

Bahkan, EOA sendiri telah memberikan konsep menabung secara gratis agar kita-kita sekalian bisa mengelola uang dan emas dengan bijak. Juragan bisa baca di konsep menabung logam mulia versi EOA Gold

Juragan mau seperti aku? Boleh saja. Boleh banget malahan. Kalo mo tanya-tanya EOA Gold, japri saja di 085764236790.

Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh Ozy V. Alandika.

Baca juga: Strategi Jualan ala Nabi Muhammad SAW

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Juragan, Inilah 5 Fakta Tidak Biasa Tentang Emas"

  1. Mantap.. Ternyata emas bisa lentur pak Ozy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener Pak. Caramudah ngecek emas. Dr kelenturannya. Hehe
      Makasih ya pak
      Salam hangat

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.