Widget HTML #1

Contoh Surat Lamaran dan Curriculum Vitae untuk Mendaftar di Sekolah Swasta

Di dunia pekerjaan, surat lamaran adalah hal mutlak yang wajib dipenuhi oleh calon pelamar. Bahkan tidak jarang, ada lembaga atau instansi tertentu yang tetap mewajibkan para pelamarnya untuk menulis surat lamaran pekerjaan dengan tulisan tangan secara manual.

Padahal era hari ini sudah era digital, kan? Sejatinya para pengurus hingga penanggungjawab lembaga ingin membaca karakter dari tulisan tangan tersebut.

Begitu pula ketika seorang tenaga pendidik (guru) dan kependidikan ingin mendaftar lowongan kerja di sebuah sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta.

Contoh Surat Lamaran dan Curriculum Vitae untuk Mendaftar di Sekolah Swasta
Contoh Surat Lamaran dan Curriculum Vitae. Foto: Gambar oleh Tobias Herrmann dari Pixabay
Sering kali kepala sekolah maupun kepala yayasan di sebuah sekolah mensyaratkan tulisan tangan khusus untuk surat lamaran. 

Maka dari itu, sangat penting bin krusial bagi seorang calon guru untuk membaca secara detail dan jeli terkait pengumuman yang dirilis oleh lembaga.

Apakah yang kumaksud adalah tentang waktu pengumpulan berkas? Iya, itu penting, tapi khusus untuk surat lamaran, yang terpenting adalah ke mana surat tersebut ditujukan serta apa-apa saja persyaratan yang harus dilampirkan.

Secara umum, kita sama-sama tahu bahwa syarat umum pendaftar kerja adalah surat lamaran, KTP, KK, ijazah, transkrip nilai, hingga pasfoto. 

Tapi, ada pula yayasan tertentu yang secara khusus meminta SKCK hingga surat pengalaman bekerja. 

Alhasil, perlu dicari tahu dan dibaca secara seksama informasi pengumuman yang didapat, apakah itu info via brosur maupun surat pengumuman resmi.

Meski begitu keadaannya, secara umum, format surat lamaran tidaklah terlalu beragam. Secara, yang terpenting dari surat lamaran ialah tujuan surat, perihal, hingga apa-apa saja yang dilampirkan. 

Sebagai contoh, kamu bisa pedomani surat lamaran berikut ini:

Contoh surat lamaran dapat diunduh di sini (unduh)

Curriculum Vitae untuk Mendaftar di Sekolah Swasta

Sejatinya surat lamaran dan currikulum vitae adalah satu paket berkas lamaran yang tak terpisahkan. Bahkan, kedudukan curriculum vitae lebih krusial lagi karena para pembuka lowongan akan berfokus ke sana.

Terang saja, di CV secara umum bakal tertera alamat, kualifikasi pendidikan, riwayat pendidikan dan sekolah, keterampilan khusus, hingga pengalaman bekerja. Tapi ingat, baik keterampilan maupun pengalaman kerja sebaiknya disesuaikan dengan formasi apa yang hendak dilamar.

Bahkan, lebih baik lagi jikalau kompetensi tambahan yang dipunyai oleh calon pelamar seiras dengan jurusannya serta seirama dengan profesi yang ingin ia lamar. Termasuk pula di sekolah swasta. Jadi, sebaiknya cantumkan keterangan yang relevan dengan formasi yang dibutuhkan.

Meski demikian, secara umum, curriculum vitae yang digunakan untuk mendaftar di sekolah swasta tidak jauh berbeda. Rasanya pemilik/panitia perekrut di sebuah yayasan tidak terlalu mempedulikan sebuah format, sehingga CV berikut ini bisa kamu jadikan contoh.

Contoh CV, unduh di sini (unduh)

Semoga bermanfaat.
Salam.

Baca juga:  Begini Cara Ubah Ukuran dan Resolusi Foto

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Surat Lamaran dan Curriculum Vitae untuk Mendaftar di Sekolah Swasta"