Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dear Guru, Inilah 16 Metode Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan di Kelas

Metode Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan
Metode Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan. Foto: Pixabay

Tugas seorang guru adalah untuk mengajar siswa dan menjadikan mereka agar memiliki pengetahuan dan keterampilan yang luas. 

Selain itu, guru juga memiliki tanggung jawab yang besar agar siswa dapat berperilaku dan berperilaku baik. Ini juga merupakan tugas guru untuk membuat proses belajar mengajar menjadi asyik dan menyenangkan.

Sementara pada artikel ini, saya akan memberikan cara mengajar menyenangkan yang dapat dilakukan dengan menggunakan metode interaktif untuk mengajar, mendorong lebih banyak dedikasi pada materi pelajaran. 

Kita akan melihat beberapa alat pengajaran interaktif, ide pengajaran interaktif, dan permainan pengajaran interaktif. 

Kami tidak hanya akan berbagi tentang penggunaan metode pengajaran interaktif, tetapi juga akan memberi beberapa contoh metode yang digunakan di kelas. Berikut beberapa cara menyenangkan untuk mengajar siswa:

1) Pikirkan, Pasangkan, dan Bagikan

Tugasi masalah atau pertanyaan seputar topik tertentu, bentuklah siswa secara berpasangan. Berilah setiap pasangan siswa cukup waktu bagi mereka untuk mencapai kesimpulan yang sesuai, dan perkenankan siswa untuk membagikan kesimpulan mereka dengan suara mereka. 

Dengan cara ini siswa akan terlibat, berkomunikasi, dan mengingat kelas lebih dari sebelumnya.

2) Brainstorming

Brainstorming paling interaktif terjadi dalam sesi kelompok. Proses ini berguna untuk menghasilkan pemikiran dan ide kreatif. 

Brainstorming membantu siswa belajar untuk bekerja sama, dan yang terpenting, mereka dapat belajar dari satu sama lain. Kita akan bangga dengan semua ide hebat yang mereka hasilkan.

3) Sesi Kelompok

Peserta berkumpul dalam sesi kelompok yang berfokus pada satu topik. Dalam setiap kelompok, setiap siswa harus menyumbangkan pemikiran dan idenya agar dapat saling berdiskusi dalam kelompok masing-masing. Setiap orang harus belajar dari masukan dan pengalaman satu sama lain. 

Sebagai seorang guru, kita dapat memberi siswa beberapa kata kunci untuk memicu percakapan. Ada banyak ide pengajaran interaktif lainnya. Berikut beberapa kategori aktivitas yang dapat Anda terapkan:

- Kegiatan siswa individu

- Kegiatan berpasangan mahasiswa

- Kegiatan kelompok siswa

- Kegiatan permainan interaktif

- Kegiatan siswa individu

4) Mengajukan Pertanyaan di Akhir Sesi

Ini adalah metode terbaik yang dapat digunakan di akhir sesi kelas. Kita akan meminta siswa untuk menulis selama satu menit tentang pertanyaan tertentu. 

Kemudian, kita dapat memutuskan apakah akan membuka percakapan tentang hal itu di kelas berikutnya. Kita bisa bertanya apakah mereka ingat apa yang mereka tulis.

5) Menguji dengan Fakta Palsu

Coba uji siswa. Lihat apakah siswa dapat mengidentifikasi apa jawaban yang benar ketika diberikan fakta yang salah. 

Hal tersebut dilakukan dengan membahas pelajaran sebelumnya agar dapat mendorong siswa untuk berpikir secara mendalam.

6) Lingkari Pertanyaannya

Buat lembar kerja atau survei yang memiliki daftar pertanyaan yang spesifik tentang topik, dan minta siswa untuk melingkari atau mencentang pertanyaan yang tidak mereka ketahui jawabannya. Kemudian, biarkan mereka menyerahkan kertas itu kepada guru.

Buatlah sudut pandang tentang berbagai pertanyaan yang dilingkari. Biarkan siswa melakukan latihan ekstra dan penjelasan secara individu. 

Karena semua siswa akan melingkari pertanyaan yang berbeda, kita harus memberikan perintah yang berbeda kepada setiap siswa.

7) Bentuklah Siswa Sebagai Pengajar dan Siswa

Biarkan siswa bertukar pikiran tentang poin-poin penting dari pelajaran terakhir. Kemudian, pasangkan siswa dan beri mereka 2 peran. Salah satunya adalah guru, dan yang lainnya adalah siswa. 

Tugas guru adalah membuat sketsa dari poin-poin utama, sedangkan tugas siswa mencoret poin-poin dalam daftar sebagaimana disebutkan dan menghasilkan 2 sampai 3 poin yang terlewatkan oleh guru.

8) Kebijaksanaan dari Orang Lain

Setelah bertukar pikiran atau terlibat dalam kegiatan kreatif, pasangkan siswa untuk membagikan hasil mereka. 

Kemudian, panggil kelompok yang menurut tugas kelompok mereka paling menarik atau patut dicontoh. 

Siswa sering kali lebih bersedia untuk berbagi pekerjaan siswa di depan umum ketika dalam kelompok daripada tugas individu.

Apakah Melakukan Sesi Debat Merupakan Cara Mengajar yang Menyenangkan?

Metode Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan-2
Metode Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan. Foto: Pixabay

9) Adakan Sesi Debat

Biarkan siswa berdebat secara berpasangan. Siswa harus mempertahankan argumentasi masing-masing di setiap kelompok. Akan ada pro dan kontra dalam setiap debat. 

Cara ini sangat efektif untuk membangun pola pikir mereka, dan mengajari mereka untuk berani dengan pilihan yang mereka buat.

Bentuklah dengan separuh kelas mengambil satu posisi, separuh lainnya mengambil posisi lainnya. Siswa akan duduk berbaris dan saling berhadapan. 

Setiap siswa hanya boleh berbicara satu kali sehingga semua siswa di kedua sisi dapat terlibat dalam masalah tersebut.

10) Optimis/Pesimis

Secara berpasangan, siswa mengambil sisi emosional yang berlawanan dari studi kasus, pernyataan, atau topik. 

Dorong mereka untuk berempati dan benar-benar menghidupkan studi kasus. Kita akan menemukan beberapa proposal solusi hebat dan siswa akan mempelajari beberapa keterampilan sosial yang luar biasa.

11) Gunakan Papan Tulis

Strategi pembelajaran interaktif ini bahkan lebih interaktif daripada yang lain. Bagilah kelas menjadi kelompok siswa yang berbeda dan tugaskan mereka ke setiap papan yang telah dipersiapkan di dalam ruangan. 

Tentukan satu topik atau pertanyaan per papan. Setelah setiap kelompok menuliskan jawabannya, mereka bergiliran ke papan tulis berikutnya. 

Di sini mereka menuliskan jawaban mereka di bawah jawaban pertama dari kelompok sebelumnya. Biarkan mereka berkeliling ruangan sampai semua kelompok telah menutupi semua papan. 

Jika kelas tidak memiliki banyak papan, coba gunakan tablet BookWidgets dan papan tulis interaktif.

12) Aktivitas Game Interaktif

Buat ruang kelas interaktif yang penuh dengan permainan pembelajaran interaktif. Game akan sangat menyenangkan bagi siswa karena mereka tidak ingin belajar. 

Kita dapat membuat game pembelajaran interaktif seperti teka-teki silang, game mencocokkan, game bingo, teka-teki jigsaw, game memori, dan banyak lagi.

13) Teka-teki Silang

Permainan teka-teki silang sangat cocok digunakan sebagai aktivitas pengulangan. Pilih daftar kata dan deskripsi, dan buat teka-teki silang interaktif. 

Game teka-teki silang akan mengubah pelajaran yang membosankan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

14) Scrabble

Gunakan judul bab sebagai kumpulan huruf untuk membentuk kata-kata dan biarkan tim bertukar pikiran sebanyak mungkin kata yang relevan dengan topiknya. 

Kita juga dapat bermain scrabble dan meminta siswa membentuk kata-kata dari kosakata yang baru dipelajari.

15) Tebak Istilah Game

Tempelkan istilah atau nama di belakang setiap siswa. Kita juga bisa meletakkannya di dahi mereka. 

Setiap siswa berjalan mengelilingi ruangan, mengajukan pertanyaan “ya atau tidak” kepada siswa lain untuk mencoba menebak istilah tersebut. Tentu saja, istilah itu ada hubungannya dengan materi pelajaran.

16) Game Bingo

Bingo adalah permainan menyenangkan yang dapat digunakan untuk semua jenis latihan. Seperti latihan bahasa, permainan pengantar, latihan matematika, dll. Lihat posting blog dengan semua kemungkinan bingo yang berbeda. 

Kita akan terkejut dengan banyaknya kegiatan belajar interaktif yang dapat dilakukan hanya dengan satu permainan.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai cara mengajar menyenangkan. Semakin meningkat kesenangan dalam belajar mengajar, semakin pudarlah kejenuhan dan kebosanan siswa.

Semoga bermanfaat.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Dear Guru, Inilah 16 Metode Mengajar yang Asyik dan Menyenangkan di Kelas"

Promo Cashback & Voucher Shopee