Widget HTML #1

Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid
Ruang Kolaborasi Modul 3.3

Tujuan Pembelajaran Khusus

  • Berdasarkan pemahaman mereka terhadap konsep kepemimpinan murid,  CGP akan bekerja dalam kelompok  membuat gambaran umum sebuah program/kegiatan sekolah yang mempromosikan suara, pilihan, kepemilikan murid.
  • CGP mempresentasikan hasil kerja kelompoknya kepada kelompok lain dan saling memberikan umpan balik.

Pertanyaan Pemantik

  1. Pemahaman saya  tentang konsep kepemimpinan murid mana yang telah berubah?
  2. Bagaimana kolaborasi dapat membantu saya memahami proses perencanaan program atau kegiatan yang menumbuhkan kepemimpinan murid?
  3. Gagasan apa saja yang saya miliki untuk menginisiasi program atau kegiatan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid?

Ibu/Bapak, kita telah memasuki tahapan pembelajaran yang ketiga. Kami berharap, Ibu/Bapak sudah memiliki pemahaman yang semakin baik terkait dengan konsep kepemimpinan murid. Di tahapan belajar yang keempat ini, Ibu/Bapak akan mulai menggunakan pengetahuan dan pemahaman bapak Ibu tersebut untuk mencoba membayangkan sebuah program atau kegiatan sekolah yang secara sengaja dirancang untuk mendorong tumbuhnya kepemimpinan murid. Kami berharap Ibu/Bapak dapat terlibat secara aktif dalam diskusi dengan rekan-rekan CGP yang lain dalam proses ini.

Untuk membantu Ibu/Bapak dalam proses diskusi tersebut, kami akan coba jabarkan langkah-langkah yang dapat Ibu/Bapak lakukan:

    1. Bekerjalah dalam kelompok diskusi yang terdiri dari 4 – 5 peserta.
    2. Tentukan jenis kegiatan atau program sekolah yang ingin dikembangkan, baik program atau kegiatan intra kurikuler, ko-kurikuler, atau ekstra kurikuler.
    3. Tentukan jenjang kelas yang ingin menjadi target.
    4. Lihatlah kembali 7 karakteristik lingkungan yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
    5. Pilihlah minimal satu (walaupun Ibu /Bapak juga boleh memilih lebih dari 1) karakteristik lingkungan yang ingin Ibu/Bapak bangun. Misalnya: Saya ingin membangun lingkungan sekolah yang mengembangkan keterampilan berinteraksi sosial secara positif, arif, dan bijaksana.
    6. Diskusikanlah bersama kelompok, kira-kira program atau kegiatan apa yang bisa dibuat untuk mengembangkan keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan bijaksana. Karena tahapan ini masih dalam batas curah ide dan gagasan, jangan ragu-ragu untuk menyampaikan gagasan yang Ibu/Bapak miliki. Jika bingung, Ibu/Bapak juga bisa menggunakan program yang sudah berlangsung saat ini di sekolah, yang menurut pendapat Ibu/Bapak dapat mengembangkan lingkungan belajar yang diinginkan tersebut. 
    7. Sebagai contoh, kami memiliki memiliki ide bahwa salah satu kegiatan atau program yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan bijaksana adalah melalui program “Membaca untuk Adik Kelas.”

      Sebagai contoh, kami memiliki ide bahwa salah satu kegiatan atau program yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan berinteraksi secara positif, arif, dan bijaksana adalah melalui program “Membaca untuk Adik Kelas.”

      Setelah itu, tahap awal yang setiap kelompok perlu lakukan adalah menjabarkan apa, bagaimana, dan mengapa program itu dilakukan.

      Apa  (Tuliskan judul deskriptif singkat untuk program/kegiatan kelompok Ibu/Bapak. Berikan ringkasan umum program atau kegiatan Ibu/Bapak. Pastikan untuk menyertakan tujuan).

      Misalnya:

      - Program “Membaca untuk Adik Kelas”. 
      - Program “Membaca untuk Adik Kelas” ini adalah sebuah program ko-kurikuler yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kecintaan membaca dan menciptakan interaksi yang positif antara murid-murid.

      Bagaimana (Berikan ringkasan tentang bagaimana program/kegiatan ini akan dijalankan)

      -  Kegiatan membaca ini akan dilakukan pada jam istirahat atau jam-jam lain yang disepakati bersama dengan murid dan guru.

      -  Program ini adalah program terjadwal di mana setiap minggu sekali, setiap murid di kelas 4-6 akan secara rutin membaca bersama dengan satu orang adik kelasnya (dari Kelas 1-3) selama 10 menit.

      -  Selain kakak kelas yang membacakan buku kepada adiknya, kakak kelas juga akan mendapatkan (memanen) umpan balik dari adik kelas yang dibacakan buku

      Mengapa (jelaskan alasan mengapa kelompok Anda memilih program ini):

      Kegiatan ini akan menumbuhkembangkan lingkungan belajar yang dapat menciptakan interaksi sosial yang positif, arif, dan bijaksana karena:

      - Memberikan kesempatan murid untuk semakin sering berinteraksi dan membangun interaksi secara positif dengan adik kelas atau kakak kelas mereka. Kakak kelas menjadi among bagi adik kelasnya. Adik kelas dapat belajar sikap menghargai dan kakak kelas belajar mengayomi adik kelas sehingga diharapkan tercipta interaksi sosial yang positif.
      - Selain itu, lewat interaksi ini, murid juga akan belajar meningkatkan keterampilan membaca mereka.

    8. Buatlah sebuah diagram Y. Tandai setiap bagian dari diagram tersebut dengan: suara/pilihan/kepemilikan. Di setiap bagiannya, silahkan tulis bagaimana strategi yang akan Ibu/Bapak pilih untuk mendorong suara/pilihan/kepemilikan murid terkait dengan program “Membaca untuk Adik Kelas” ini. Pastikan proses diskusi bersama rekan-rekan CGP lainnya memberikan kesempatan bagi Ibu/Bapak untuk mengeksplorasi berbagai cara atau kemungkinan untuk mendorong munculnya suara/pilihan/kepemilikan murid. 


    9. Setelah itu, deskripsikanlah program “Membaca untuk Adik Kelas” secara singkat dengan jelas agar orang lain dapat memahami program tersebut (sesuai dengan contoh yang diberikan pada poin 6 di atas). Ibu/Bapak dapat membuat deskripsi ini dalam bentuk narasi/ ppt/paragraf atau bentuk lain yang diinginkan.
    10. Karena tahapan ini masih dalam bentuk gagasan, Ibu/Bapak tidak perlu memikirkan aspek teknis pembuatan sebuah program agar Bapak dan Ibu dapat lebih bebas, kreatif, dan inovatif dalam menuangkan gagasan.
    11. Unggahlah hasil kerja kelompok Ibu/Bapak di LMS  dan kemudian presentasikanlah hasil kerja kelompok Anda kepada kelompok lain. 
    12. Jadwal presentasi akan ditentukan oleh fasilitator.
    13. Pada saat kelompok lain melakukan presentasi, Ibu/Bapak akan diminta untuk memberikan komentar atau saran perbaikan kepada kelompok lain.
    14. Berikut ini adalah panduan yang dapat digunakan untuk memberikan komentar atau saran terhadap presentasi kelompok lain:
      • Apa yang paling menarik dari presentasi yang disampaikan oleh kelompok tersebut?
      • Menurut Anda,apakah gagasan program yang disampaikan dapat diimplementasikan?
      • Menurut Anda, sudah maksimalkah rencana keterlibatan murid dalam program tersebut? (kaitkan dengan materi tentang suara, pilihan, dan kepemilikan murid yang telah dipelajari sebelumnya)
      • Berikan ide/saran yang dapat membantu pelaksanaan gagasan program kelompok tersebut (menjadi lebih baik).

    Ruang Kolaborasi Modul 3.3 by Ozy Alandika











    Guru Penyemangat
    Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

    Posting Komentar untuk "Ruang Kolaborasi Modul 3.3 - Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid"