Widget HTML #1

Aksi Nyata Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

Aksi Nyata Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

Aksi Nyata Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik
Aksi Nyata Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP mempraktikkan  rangkaian supervisi akademik dalam pembelajaran dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut.

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Anda telah sampai pada bagian akhir dari pembelajaran pada modul coaching ini.  Pada tahapan akhir dari siklus pembelajaran MERDEKA, Bapak/Ibu CGP akan melakukan rangkaian supervisi klinis dan percakapannya dengan paradigma berpikir coaching secara langsung dengan rekan sejawat. Rangkaian supervisi klinis ini terdiri dari kegiatan perencanaan sebelum observasi (pra-observasi), observasi dan pasca observasi berupa praktik percakapan coaching yang memberdayakan.

Instruksi Penugasan

Praktik rangkaian supervisi klinis dengan percakapan coaching ini akan dilaksanakan di komunitas sekolah masing-masing CGP dengan rekan sejawat yang dihadiri pengajar praktik pada sesi pasca observasi di Pendampingan Individu 5. Berikut adalah panduan untuk persiapan  aksi nyata:

CGP akan melakukan praktik dengan rekan sejawat. CGP akan menjadi supervisor dan satu rekan sejawat menjadi guru yang akan diobservasi. Rekamlah kegiatan tersebut sebagai bukti pelaksanaan aksi nyata modul 2.3 ini, kemudian unggah ke kanal YouTube dan PMM Anda (pada menu Bukti Karya).

CGP akan melakukan pra-observasi berupa percakapan mengenai bagian dari pembelajaran yang akan menjadi fokus pengembangan. Bagian ini direkam sebagai bahan pendukung penilaian dan refleksi CGP. Hasil rekaman diberikan kepada Pengajar Praktik.

CGP melakukan observasi pembelajaran di kelas rekan sejawat. CGP membuat catatan lembar observasi sebagai data yang akan digunakan pada pasca observasi.

Setelah mendapatkan data hasil supervisi, CGP akan melakukan sesi percakapan pasca observasi dengan dihadiri oleh Pengajar Praktik. Pada sesi ini, CGP mempraktikkan pemberian umpan balik berbasis coaching dan percakapan coaching (refleksi dan kalibrasi). Percakapan perencanaan juga dihadirkan sebagai bentuk perencanaan pengembangan diri guru kedepannya.

Unggahlah dokumen yang digunakan pada kegiatan Aksi Nyata ini pada laman LMS untuk memperoleh umpan balik dari fasilitator sebelum Anda mempraktikan coaching pada kegiatan PI5, yang meliputi:

Unduh format dokumen:

Lembar Catatan Percakapan Pra-Observasi Kelas

Lembar Catatan Percakapan Pelaksanaan Observasi Kelas

Lembar Catatan Percakapan Pasca-Observasi Kelas

Lembar Rencana Pengembangan Diri

Lembar Refleksi Diri Latihan Coaching

Tautan Youtube (video aksi nyata)

Screenshoot (tangkapan layar) bukti Anda telah menambahkan video tersebut ke PMM Anda (pada menu Bukti Karya) sesuai petunjuk di bawah.


Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Aksi Nyata Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik"