Widget HTML #1

Contoh Teks Pidato Pamitan Haji atau Walimatussafar yang Singkat, Padat, dan Jelas

Contoh Teks Pidato Pamitan Haji atau Walimatussafar
Contoh Teks Pidato Pamitan Haji atau Walimatussafar. Designed by GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat saat ini sedang menyiapkan sambutan karena akan segera berangkat haji ke Tanah Suci?

Alhamdulillah ya kalau begitu. Karena sungguh, menunaikan haji itu adalah panggilan Allah dan kesempatan itu terkadang tidak didapat oleh semua orang. Ada orang yang begitu inginnya menunaikan haji, tapi belum Allah izinkan. Entah itu karena faktor umur, faktor finansial, hingga faktor kesiapan fisik maupun batin.

Maka darinya, bersyukurlah kita umat muslim yang diberi kesempatan yang mulia ini, dan manfaatkanlah kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya dengan niat yang tulus sehingga menjadi amal kebaikan yang dicatat di sisi Allah SWT.

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh teks pidato untuk pamitan haji atau walimatussafar yang singkat dan mudah dihafal.

Mari disimak ya:

Pidato Pamitan Haji Singkat

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin, hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fiih. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Bapak, Ibu, para tamu undangan yang dirahmati oleh Allah SWT;

Segala puji dan syukur mari kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita nikmat yang amat banyak, terutama nikmat kesehatan dan kesempatan hingganya kita bisa saling menyapa, saling bertegur sapa, juga saling mendoakan dalam kebaikan.

Sholawat berhiaskan salam, mari kita sampaikan kepada junjungan kita, pucuk teladan umat, Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, hadirin wal hadirat yang berbahagia;

Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan atas kesempatan yang Bapak/Ibu luangkan untuk bisa hadir memenuhi undangan di kediaman kami. Semoga kesempatan untuk bersua pada hari ini, saling bertatap muka hari ini, serta saling bertukar cerita hari ini menjadi wasilah kebaikan sekaligus menguatkan jalinan tali silaturahmi.

Pada kesempatan yang mulia ini, kami ingin menyampaikan bahwa sebentar lagi, tepatnya pada bulan ini saya dan keluarga akan berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji. Alhamdulillah setelah menunggu bertahun-tahun, Allah berikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima.

Atas niat dan perjalanan yang baik ini, kami memohon doa dan restu kepada Bapak, Ibu, sanak saudara, kerabat, tetangga, dan semua tamu undangan yang hadir di sini untuk keselamatan perjalanan kami sejak mulai berangkat hinggalah pulang nanti.

Mudah-mudahan ibadah yang akan kami laksanakan di tahun ini dimudahkan langkahnya, dipermudahkan urusannya, serta diridhoi oleh Allah SWT.

Bapak, Ibu, dan para tamu undangan yang dirahmati Allah SWT;

Pada kesempatan yang mulia ini, saya mewakili pihak keluarga dan ahli rumah memohon maaf jika sejak kedatangan Bapak/Ibu ke tempat kediaman kami tidak disambut dengan maksimal. Bersamaan dengan itu pula, nanti setelah kegiatan ini selesai akan ada sedikit hidangan dan jamuan yang akan disajikan. Silakan disantap dengan senang hati.

Kembali mewakili pihak keluarga, saya ingin menyampaikan permintaan maaf jikalau selama bergaul, selama bertetangga, dan selama bekerja ada salah kata dan salah perbuatan. Mudah-mudahan kerelaan maaf dari Bapak/Ibu semua bisa memudahkan langkah kami untuk menunaikan ibadah ke Tanah Suci. Sungguh, kita tidak pernah tahu berapa batasan usia dan umur manusia. Bisa jadi hari ini adalah pertemuan terakhir kita.

Sebelum pidato ini saya akhiri, kami pula mendoakan kepada Bapak/Ibu yang hadir di sini semoga kesempatan baik ini juga akan datang kepada Bapak/Ibu, karena beribadah ke Tanah Suci adalah impian setiap muslim. Semoga Allah memberikan kesempatan umur, juga kesehatan kepada kita semua sehingga bisa menunaikan rukun Islam yang kelima pada tahun depan.

Bagi Bapak/Ibu yang belum mendaftar, semoga Allah mudahkan ikhtiar Bapak/Ibu untuk segera mendaftar. Bagi Bapak/Ibu yang sedang mengumpulkan tabungan, semoga Allah mudahkan dan Allah turunkan rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka. Dan bagi Bapak/Ibu yang akan berangkat tahun depan, semoga Allah berikan kesehatan dan kesempatan umur untuk bisa menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;

Wabillahi taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Teks Pidato Tentang Bulan Dzulhijjah Beserta Keutamaannya

Contoh Pidato Walimatussafar yang Mudah Dihafal

Assalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillahirobbil'alamin. Assalatu wassalamu'ala rasulillah, wa 'ala alihi wasohbihi wa mauwalah. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli 'ala sayyidina muhammad wa 'ala ali sayyidina muhammad.

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa......Beserta perangkatnya
Yang saya hormati, Bapak Imam Desa....Beserta perangkatnya
Serta para tamu undangan yang senantiasa dirahmati oleh Allah SWT

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita panjatkan puji berhias syukur kepada Allah SWT, syukur atas segala nikmat, syukur atas segala karunia, dan sungguh, hanya Allah lah sebaik-baiknya pemilik puji.

Sholawat berbingkaikan salam marilah kita sampaikan kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta tamu undangan yang berbahagia;

Terima kasih kami ucapkan karena telah menyempatkan diri untuk hadir di kediaman kami dalam rangka walimatussafar, sebagai persiapan keberangkatan haji.

Mohon maaf kami sampaikan dengan setulus hati bila ada penyambutan yang kiranya kurang sesuai di mata Bapak/Ibu semua.

Bapak, Ibu, serta tamu undangan yang saya hormati;

Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa kami, utamanya saya dan istri akan menunaikan ibadah Haji. Alhamdulillah pada tahun ini kami mendapatkan kuota haji setelah menunggu kurang lebih 20 tahun. Rencananya kami akan berangkat pada akhir bulan ini, dan segala persiapan yang diperlukan insyaAllah sudah kami cukupkan.

Berkenaan dengan itu, kami ingin meminta doa dan restu dari Bapak/Ibu semua, terutama yang hadir di sini. Kami meminta doa supaya dilancarkan perjalanan ibadah yang mulia ini, diberikan kesehatan lahir dan batin, dan pula diberikan kekuatan untuk menyelesaikan rukun-rukun haji di tanah suci.

Selain itu, kami pula meminta maaf kepada Bapak/Ibu tanpa terkecuali bila selama bergaul kami ada salah ucap, salah tingkah, juga salah perbuatan. Semoga kerelaan maaf dari Bapak/Ibu semua bisa memudahkan perjalanan kami berangkat ke Baitullah.

Bapak, Ibu, serta tamu undangan yang dirahmati oleh Allah SWT;

Kami pula mendoakan kepada Bapak/Ibu yang hadir di sini, semoga Bapak/Ibu yang belum mendapatkan kesempatan berangkat ke baitullah, segera diberikan kesempatan oleh Allah, diberikan rezeki oleh Allah, dan dipermudah urusannya oleh Allah untuk menunaikan rukun Islam yang kelima ini.

Maka darinya, yang belum mendaftar haji, segeralah untuk mendaftar karena masa tunggu di Indonesia sudah semakin lama. Umur kita tidak ada yang tahu, tapi bila sudah mendaftar setidaknya kita sudah tercatat oleh Allah sebagai orang yang sedang berniat untuk berangkat ke baitullah.

Pun demikian dengan Bapak/Ibu yang saat ini sedang menabung. Semoga Allah cukupkan yang kurang, semoga Allah tambahkan yang cukup, dan semoga Allah berikan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji.

Bapak, Ibu, serta tamu undangan yang berbahagia;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Di akhir acara ini, saya harap Bapak/Ibu jangan pulang dulu karena kami telah menyiapkan hidangan. Silakan dinikmati dengan sukacita. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah, saya akhiri;

Wassalamu'alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

***

Boleh Baca: Kumpulan Pertanyaan Tentang Puasa Arafah Beserta Jawabannya

Itulah tadi sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh teks pidato atau sambutan ahli rumah yang bisa disampaikan pada acara pamitan haji atau walimatussafar.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Pamitan Haji atau Walimatussafar yang Singkat, Padat, dan Jelas"