Widget HTML #1

Windows 11 vs Windows 10, Mana yang Lebih Baik?

Hai Sobat Guru Penyemangat! Perbandingan mana yang lebih baik antara Windows 11 vs Windows 10 tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk menggunakannya.

Microsoft telah meluncurkan OS terbarunya yaitu Windows 11 sejak tahun 2021 lalu. Pengguna laptop dan PC Windows 10 juga bisa mengupdatenya menjadi Windows 11 secara gratis.

Karena itulah akhirnya banyak orang yang kemudian mengupdate Windows mereka. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan performa yang lebih baik lagi daripada sebelumnya. Sebab Windows 11 memang menghadirkan berbagai fitur baru tidak tersedia pada Windows 10.

Namun beberapa orang mungkin masih merasa ragu untuk melakukan upgrade Windows mereka. Hal tersebut karena mereka mungkin memiliki berbagai alasan tersendiri. Misalnya yaitu merasa ragu dengan Windows 11 dan keunggulan yang ditawarkannya.

Perbandingan Windows 11 vs Windows 10

Windows 11 vs Windows 10, Mana yang Lebih Baik?
Windows 11 vs Windows 10, Mana yang Lebih Baik? Dok. GuruPenyemangat.com

Melihat tampilannya, Windows 11 dan Windows 10 terlihat sangat berbeda. Windows 11 memiliki tampilan yang lebih fresh dan juga cukup menawan daripada versi sebelumnya.

Hal tersebutlah yang kemudian menjadi salah satu hal menarik banyak pengguna Windows 10 untuk meng-update-nya.

Namun tentunya, untuk mengupdate Windows ini Sobat tidak boleh melakukannya hanya karena penampilannya saja.

Namun Sobat juga harus mempertimbangkan banyak hal untuk meng-update-nya. Apalagi jika sebelumnya Sobat memang juga sudah sangat terbiasa dan nyaman menggunakan Windows 10.

Selain itu pun pertimbangan tersebut bisa meminimalisir rasa kekecewaan yang mungkin timbul setelah meng-update-nya.

Misalnya karena ternyata Windows 11 tidak sesuai dengan harapan atau karena tidak nyaman menggunakannya. Karena itu Sobat harus menentukannya dengan tepat dan juga cermat.

Nah, dalam membandingkan Windows 11 vs Windows 10 ini ada banyak hal yang bisa Sobat bandingkan.

Mulai dari performa, bug, hingga kompatibilitas dari kedua Windows tersebut. Setelah memahaminya pun Sobat bisa menentukan antara keduanya siapa yang lebih unggul dan hendak dipilih.

Nah, jika Sobat sudah sangat penasaran antara kedua Windows ini lebih bagus yang mana, berikut akan kami sajikan pembahasannya:

Performa

Dari segi performa tentu Windows 11 memiliki potensi yang lebih unggul untuk meningkatkan kinerja laptop atau PC. Apalagi Windows 11 merupakan pemutakhiran Windows 10 sehingga membawa berbagai pembaruan.

Beberapa keunggulan dari Windows 11 dari segi performa seperti mampu memberikan daya CPU lebih terhadap app yang dibuka.

Meskipun sedang memiliki beban kerja yang tinggi, Windows 11 tetap bisa membuka program dengan cepat. Windows 11 juga mampu memberikan kecepatan menyalakan laptop yang sedang dalam kondisi sleep. Sebab RAM Windows 11 tetap mendapat suplai tenaga bahkan saat laptop sleep sekalipun.

Kelebihan selanjutnya yaitu Windows 11 mampu menghemat 32% RAM dan 37% CPU Usage jika menggunakan Microsoft Edge.

Namun meskipun memiliki beberapa keunggulan, berdasarkan riset secara umum Windows 11 vs Windows 10 tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Apalagi jika digunakan untuk memainkan game dan aplikasi.

Kompatibilitas

Untuk menggunakan Windows 11 setidaknya laptop harus memiliki prosesor Intel Core 8 atau AMD Ryzen 2000.

Selain itu Sobat juga harus memiliki TPM 2.0 sesuai dengan standar spesifikasi yang telah ditentukan Microsoft. TPM sendiri merupakan modul yang berfungsi melindungi dan mencegah akses peretasan.

Selain itu TPM yang terletak pada motherboard juga bertugas menyimpan data-data penting dan rahasia.

Sayangnya TPM 2.0 ini baru tersedia pada laptop generasi terbaru saja. Sehingga pada laptop keluaran lama atau lebih dari 5 tahun kemungkinan sulit bahkan tidak bisa mengupdate ke Windows 11.

Bug

Sebagai platform yang termasuk masih baru mungkin Sobat juga akan mendapatkan banyak bug di Windows 11.

Contoh bug yang sering dialami pengguna AMD seperti konsumsi RAM tinggi saat membuka File Explorer. Masalah bug tersebut juga pernah terjadi pada para pengguna Windows 10.

Kemudian pada Windows 10 juga bisa terjadi bug seperti throttling dan stuttering pada beberapa CPU AMD Ryzen. Hal serupa juga terjadi pada Windows 11 yang mana terdapat kasus throttling dan drop performa hingga 15%. Masalah tersebut biasanya terjadi saat sedang menjalankan game tertentu.

Taskbar dan Start Menu

Perbedaan mencolok antara Windows 11 vs Windows 10 yaitu pada taskbar dan start menu. Pada Windows 11, Microsoft meletakkan keduanya di tengah layar sehingga mirip MacOS dan ChromeOS dan bisa dipindah ke pojok layar. Desainnya cukup simpel dan bisa membuat pengguna lebih leluasa sama seperti Windows 10.

Namun pada Taskbar Windows 11 terdapat perbedaan yaitu tidak adanya Cortana. Pada Windows 11 juga terdapat beberapa informasi yang terdapat pada start menu Windows 10. Sehingga setelah meng-update-nya Sobat mungkin tidak akan merasa terlalu kebingungan.

Boleh Baca: Review Laptop Acer Aspire A514-54 Beserta Keunggulannya

Multitasking

Perbandingan Windows 11 vs Windows 10 berikutnya yaitu pada kemampuan multitasking. Windows 11 memiliki kemampuan multitasking yang sudah meningkat daripada pada Windows 10.

Bahkan terdapat beberapa fitur eksklusif yang hanya terdapat pada Windows 11 dan tidak tersedia pada Windows 10.

Pada Windows 11 Sobat bisa memisahkan multiple Windows secara otomatis dengan rapi. Sedangkan pada Windows 10 harus melakukannya secara manual.

Kemudian pada Windows 11 Sobat juga bisa tetap melihat tanggal dan waktu pada layar sekunder yang sebelumnya tidak ada pada Windows 10.

Microsoft Store

Perbandingan Windows 11 vs Windows 10 selanjutnya terletak pada Microsoft Store. Sebenarnya kedua Windows tersebut juga sudah sama-sama memiliki Microsoft Store.

Akan tetapi ketersediaan aplikasi di Microsoft Store Windows 11 lebih banyak daripada dalam Windows 10.

Sobat juga bisa menginstal aplikasi Android di Windows 10 melalui Amazon Appstore. Selain itu Sobat juga bisa menemukan berbagai game dari Epic Games Store yang ada di toko aplikasi Microsoft. Hal tersebut tentunya menjadi keunggulan yang diincar banyak orang.

Boleh Baca: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office

2 Kekurangan Windows 11 yang Bikin Guru Penyemangat Kesal

Dari berbagai sudut pandang, agaknya banyak pula dari Sobat yang merasa bahwa kehadiran Windows 11 tidak lebih baik daripada Windows 10. Bahkan, Guru Penyemangat secara pribadi lebih ingin memilih Win 10 karena dua kekurangan Windows 11 berikut:

1. Terbatasnya Option saat Klik Kanan

Salah satu hal yang cukup bikin Guru Penyemangat kesal yaitu terbatasnya menu Option saat melakukan klik kanan saat mengoperasikan laptop di Windows 11.

Biasanya kalau kita klik kanan, muncul menu copy, paste, cut, rename, hingga properties. Tapi sekarang kalau di Windows 11 hal tersebut tidak ada. Yang ada hanya tampilan seperti berikut:

Terbatasnya Option saat Klik Kanan Pada Windows 11
Terbatasnya Option saat Klik Kanan Pada Windows 11. Dok. GuruPenyemangat.com

Kalau menunya sudah seperti di atas, ketika kita ingin memilih Option lain terpaksa kita harus memilih menu Show More Options. Dua kali kerja, kan?

2. Tidak Bisa Melakukan Drag File ke Browser Maupun ke Taskbar

Setelah dicek kembali, ada satu hal lagi yang bikin kerja kita jadi lebih repot saat mengoperasikan laptop yang terinstal Windows 11.

Ya, di Windows 11 kita tidak bisa melakukan drag alias menyeret file misalnya dari folder laptop ke WhatsApp atau di browser. Saat diseret, ada lambang silang warna merah yang berarti operasinya tidak didukung, seperti gambar berikut:

Tidak Bisa Melakukan Drag File ke Browser Maupun ke Taskbar pada Windows 11
Tidak Bisa Melakukan Drag File ke Browser Maupun ke Taskbar pada Windows 11. Dok. GuruPenyemangat.com

Kadang, kalau aku ingin mengirimkan file lewat WA, aku terpaksa harus memeriksa dokumen melalui fitur insert. Lebih memakan waktu sih. Cuman, ya, mau bagaimana lagi. Barangkali ini adalah salah satu fitur yang dibatasi supaya performa Windows 11 lebih oke lagi.

Nah, semoga bermanfaat ya
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Windows 11 vs Windows 10, Mana yang Lebih Baik?"