Widget HTML #1

Review Laptop Acer Aspire A514-54 Beserta Keunggulannya

Hai Sobat Guru Penyemangat, tertarik untuk meminang laptop Acer Aspire A514-54 karena katanya unggul di bidang gaming maupun editing?

Sejenak, review laptop Acer Aspire tipe A514-54 beserta keunggulannya menarik diketahui. Bagi Sobat yang sedang bingung untuk memilih laptop gaming atau editing,  perangkat ini patut untuk menjadi pertimbangan.

Pasalnya, perangkat laptop Acer Aspire ini menjadi laptop gaming dan juga ciamik untuk keperluan editing. Pastinya menjadi solusi terbaik bagi Sobat yang menginginkan keduanya.

Produktivitas pada zaman yang modern sangat penting. Oleh karena itu, Sobat perlu laptop yang mampu menghandle banyak hal.

Acer Aspire ini bisa digunakan dengan baik untuk produktivitas kerja, termasuk keperluan editing. Bahkan juga bisa Sobat gunakan untuk hiburan seperti bermain game.

Pahami Review Laptop Acer Aspire A514-54 Beserta Keunggulannya

Review Laptop Acer Aspire A514-54 Beserta Keunggulannya
Review Laptop Acer Aspire A514-54 Beserta Keunggulannya. Dok. Store.acer.com

Acer adalah sebuah brand ternama pada sektor laptop dan komputer. Acer telah berhasil meluncurkan produk berkualitas yang memiliki spek tinggi.

Bahkan harganya yang dibanderol cukup terjangkau yang membuat banyak konsumen merasa puas. Salah satu produk Acer yang memiliki spesifikasi tinggi yakni Laptop Acer Aspire A514-54.

Review Laptop Acer Aspire A514-54 beserta keunggulannya memiliki desain khas Acer Aspire yang sederhana dan elegan. Tidak terdapat aksen-aksen yang mencolok pada bagian sisinya.

Hadirnya dibalut dengan cover menggunakan bahan aluminium serta logo acer berwarna chrome pada tengahnya. Bagian body yang lain memiliki bahan polycarbonat silver sehingga memberikan sedikit kesan mewah serta elegan.

Menariknya lagi, meski belum bisa membukanya dengan satu tangan, namun laptop ini mengusung “elevated design”.

Pada engselnya yang mengangkat bagian badan laptop sehingga airflow semakin baik dan laptop jadi lebih kokoh. Untuk bobot serta ukuran laptop ini juga masih sama dengan laptop aspire lainnya.

Pada bagian layarnya, Acer Aspire 5 A514-54 memiliki layar 14 inci jenis panel IPS dengan LED backlight dan resolusi full HD 1920 x 1080 piksel.

Layarnya mendapatkan dukungan fitur Acer ComfyView yang akan memberikan kenyamanan dan tidak membuat mata tidak mudah lelah. Dengan demikian, tidak heran jika laptop ini cocok Sobat gunakan untuk bekerja dalam waktu lama.

Kelengkapan konektivitasnya, Acer Aspire 5 juga menghadirkan beragam port. Pada sisi kirinya terdapat port DC-in, ethernet LAN, HDMI, dua USB 3.0 type A, serta 1 port  USB 3.0 type C. 

Sementara pada sisi kanan perangkat ini ada kensington lock, port USB 2.0 type A, audio jack, dua led indikator untuk power serta baterai. Acer Aspire 5 A514-54 yang resmi dijual di Indonesia, harganya mulai dari Rp 10 jutaan pada Acer official store.

Kelebihan Laptop Acer Aspire A514-54

Kelebihan Laptop Acer Aspire A514-54
Kelebihan Laptop Acer Aspire A514-54. Dok. store.acer.com

Laptop Acer Aspire A514-54 menggunakan processor Intel Core i7 generasi 11. Untuk itu, bisa dipastikan bahwa mampu memaksimalkan kegiatan produktivitas atau desain menengah ke bawah. Selain itu, dipadukan dengan GPU NVIDIA GeForce MX 350 2GB sehingga bisa mendongkrak performa gaming. Bahkan juga membantu keperluan desain dan rendering. 

Untuk menjinakkan kedua komponen tersebut pada laptop Acer Aspire ini, Acer mendukung konfigurasi 1 fan dan 1 heatpipe.

Biasanya Intel core i7 seri low power seperti ini yang diatur dengan thermal throttling rendah.  Sehingga performa bisa turun dalam menjaga suhu tetap dingin. Untuk mengujinya, Sobat perlu melakukan pengujian performa pendinginan dan stabilitas performa dari laptop ini.

Saat menjalankan cinebench R23 mencapai 10x berturut-turut pada suhu ruangan 25 derajat. Suhu ideal processor perangkat ini ada pada angka 45 derajat Celcius.

Sementara suhu maksimal yang dicapainya pada angka 91 derajat dan performa langsung diturunkan. Untuk itu, suhu rata-rata saat full load ada pada angka 60 derajat.

Hasil yang diperoleh terlihat penurunan besar saat awal dan stabil jika terkena thermal throttling. Penurunan dari run pertama ke keduanya mencapai 40%. Sementara pada run kedua dan selanjutnya terlihat stabil dengan perbedaan skornya hanya 6% saja.

Hasil ini akibat thermal throttling yang rendah sehingga Acer lebih mementingkan suhu yang sejuk daripada performa yang lebih kencang.

Laptop tipis serta ringan ini umumnya sering digunakan di luar seharian. Untuk mendukung kegiatan Sobat, Acer sudah menawarkan baterai dengan kapasitas 54.6 Whr.

Baterai tersebut yang diklaim Acer bisa bertahan hingga 10 jam. Setelah diuji menggunakan PC MARK 10 Modern Office Battery Test, menggunakan mode power saver, wifi on serta brightness 50%.

Hasilnya terbilang cukup memuaskan. Laptop Acer Aspire A514-54 ini bisa bertahan sangat baik pada angka 9 jam 20 menit. Kini Sobat bisa ajak laptop ini jalan-jalan seharian, bahkan tanpa perlu membawa charger.

Boleh Baca: 5 Alasan Mengapa Laptop ASUS 15 Inch A516 Penting Bagi Guru Milenial

Kekurangan Laptop Acer Aspire A514-54

Sayangnya perangkat ini tidak terdapat slot SD Card. Ya. Bagi Sobat yang sering memindahkan foto atau video dari microSD/SD card, tentunya perlu untuk selalu membawa aksesori tambahan.

Selain itu, Intel Iris Xe tidak aktif secara default, Sobat perlu melakukan upgrade dulu. Perangkat Aspire ini yang secara default menawarkan GPU Intel UHD Graphics.

Sebenarnya terdapat Iris Xe yang tampak lebih menggiurkan. Namun tidak aktif serta perlu upgrade RAM menjadi dual channel terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Segala fitur dan keunggulan yang dimiliki oleh perangkat Acer Aspire memang sangatlah dibutuhkan, khususnya kalangan mahasiswa ataupun pekerja kantoran.

Mengingat saat ini banyak yang perlu menyelesaikan tugas secara mobile dengan cepat. Hal ini yang dituntut untuk bisa mengejar deadline sehingga memerlukan perangkat tepat.

Bobot perangkat ini ringan, jelas sangat mendukung aktivitas bekerja secara mobile. Apalagi dengan kemampuan dari prosesor jelas akan sangat bisa diandalkan untuk bekerja secara gesit.

Bagi Sobat yang memiliki budget terbatas dan menginginkan laptop ringkas. Bahkan bisa mendukung mobilitas tinggi dengan prosesor terkini, perangkat ini pilihannya. Sajian  review Laptop Acer Aspire A514-54 beserta keunggulannya jadi pertimbangan.

Nah, itulah seutas sajian Guru Penyemangat tentang review laptop Acer Aspire A514-54 yang lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

Semoga bermanfaat ya
Salam.



Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Review Laptop Acer Aspire A514-54 Beserta Keunggulannya"