Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Mengapa Laptop ASUS 15 Inch A516 Penting Bagi Guru Milenial

Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, presentasi, hingga saling bertatapan secara daring menggunakan laptop. Aha! Itulah berbagai aktivitas yang mulai menjadi rutinitasnya para guru milenial.

Termasuk aku?

Ya, tentu saja.

Kebetulan aku juga mengabdi sebagai guru di sebuah sekolah dasar di Kabupaten Kepahiang, Bengkulu.

Disebut milenial karena selain umurku yang masuk kategori kelahiran kaum milenial (1981-1996), kita semua hari ini juga berjuang di era milenial.

Rasa-rasanya, Mas Mendikbudristek Nadiem Makariemlah yang menjadikan istilah “Milenial” semakin populer di dunia pendidikan.

Seiring hadirnya tantangan besar nan kompleks bernama pandemi Covid-19, Mas Nadiem dengan background digitalisasinya seakan-akan memproklamirkan semua guru untuk lebih dekat dengan teknologi, termasuklah dalam pengaplikasian laptop.

ASUS VivoBook 15'' A516 UNTUK GURU MILENIAL
ASUS VivoBook 15'' A516 untuk Guru Milenial. Gambar diolah dari sumber ASUS

Barangkali di era tahun dua ribu sebelasan ke atas, banyak dari kita yang sudah memiliki laptop sendiri dan menjadi perangkat elektronik wajib untuk menuntaskan kuliah sarjana.

Maka dari itu, komputer di masa tersebut penggunaannya masih didesain untuk keperluan pengetikan dengan spesifikasi seadanya.

Dan kita? Aku terutama, memilih laptop yang sesuai dengan keperluanku yaitu mengetik dan sesekali edit foto.

Bagaimana bila kucoba untuk edit video?

Aih, jangan tanya-tanya hal itu kepadaku, please! Ketika mulai berurusan dengan edit video, ganti warna latar video, aku sering kesal sendiri gegara muncul notifikasi not responding.

Padahal aku ingin buru-buru mempersiapkan presentasi menarik untuk keperluan pembelajaran di kelas. Alhasil, software yang bisa kugunakan hanyalah Microsoft PowerPoint semata.

Dan sering kali, video-video yang sudah kuedit terpaksa kuhapus karena ruang penyimpanannya terbatas. Untuk hiburan, aku sengaja mengosongkan Local Disk C hingga lebih dari 50%. Ya, itulah opsi terbaik.

Tapi sekarang, ketika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dalam jaringan mulai naik pamor, guru-guru sepertiku sudah sangat membutuhkan komputer maupun laptop yang canggih. Mengapa begitu?

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

Benar.

Seakan-akan sudah menjadi tuntutan zaman, bahwa perangkat elektronik seperti laptop harus berfungsi sebagai media yang memudahkan dan mempercepat urusan dan kegiatan kita.

Nyatanya, segenap fenomena yang bikin hatiku ambyar sudah sering terjadi dalam beberapa bulan ini. 

Mulai dari presentasi via Zoom dan Google Meet yang macet bahkan not responding gegara performa laptop yang “mendung”, hingga lamanya booting dan shut down.

Meski begitu, baru-baru ini aku menemui secercah harapan yang begitu menggoda. Oleh Mbak Dewi, aku diperkenalkan dengan laptop ASUS VivoBook 15 A516, si Modern PC, Bigger Dream dan Wider Screen.

ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen
ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen. Dok. ASUS

Aku sontak semringah sesaat setelah melirik spesifikasi laptop yang memiliki layar 15 inchi ini.

Aku yakin, guru-guru yang masuk dalam kategori umur milenial dan para pendidik yang berjiwa milenial bakal sangat membutuhkan laptop canggih.

Lho, kok aku bisa seyakin itu? Nah. Tertuang ada 5 alasan mengapa laptop ASUS 15 Inch A516 penting untuk kita miliki, terutama bagi para guru milenial di jagat bumi. Kita lirik satu demi satu, ya:

1. ASUS VivoBook 15 A516: Performanya Gesit Bikin Aktivitas Guru Milenial Lebih Produktif

ASUS VivoBook 15 A516: Performanya Gesit Bikin Aktivitas Guru Milenial Lebih Produktif
ASUS VivoBook 15 A516: Performanya Gesit Bikin Aktivitas Guru Milenial Lebih Produktif. Dok. ASUS

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.”

Bersandar dari buku Statistik Gender Tematik: Profil Generasi Milenial Indonesia yang diterbitkan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada tahun 2018 lalu, tertuang gagasan bahwa kaum milenial itu unik dan spesial.

Mengapa begitu?

Karena ciri utama generasi milenial ditandai dengan peningkatan penggunaan dan keakraban dengan komunikasi, media, hingga teknologi digital.

Mereka lebih senang memegang ponsel pintar dan laptop daripada harus menatapi televisi. Pun demikian dengan perilaku mengakses plafrom pendidikan, transaksi online, hingga memesan transportasi online.

Tapi, yang lebih khusus daripada itu adalah, generasi milenial dan mereka yang memiliki jiwa milenial tidak suka menunggu lama.

Gambar oleh hongkha dari Pixabay
Ilustrasi Loading, bikin pening. Gambar oleh hongkha dari Pixabay

Menunggu itu membosankan, dan bagi guru milenial terutama, aktivitas “lola” alias loading lama bakal membuat kehidupan mereka kurang produktif.

Alhasil, berdasarkan kajian tersebut, rasanya kehadiran laptop ASUS VivoBook 15 A516 bisa menjadi pilihan bagus agar kegiatan belajar-mengajar dan aktivitas lainnya bisa menjadi lebih produktif.

“Fast” dan “Efficient” adalah dua kata sifat yang cocok untuk mewakili komputer canggih ini. Dikaruniai prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dan grafis diskrit NVIDIA® MX330, ASUS VivoBook 15 A516 bakal menghapus kalimat “Loading Lama” dan “Not Responding” yang selama ini singgah serta membuatku menderita. Haduh! Mungkin kalian juga, ya, kan?

Selain itu laptop manis ini juga dilengkapi dengan port USB-C® 3.2 dengan desain yang dapat diputar balik.

Iya, biasanya port USB laptop itu hanya 2.0 atau ada beberapa yang 3.0. Tapi ini 3.2 lho! Maka dijamin memiliki kegesitan transfer data hingga 10x lebih cepat daripada koneksi USB 2.0.

2. ASUS VivoBook 15” A516 Si Laptop Canggih dengan Ruang Penyimpanan Ganda

ASUS VivoBook 15” A516 Si Laptop Canggih dengan Ruang Penyimpanan Ganda
ASUS VivoBook 15” A516 Si Laptop Canggih dengan Ruang Penyimpanan Ganda. Dok. ASUS

Sekitar dua bulan yang lalu, aku sempat berdiskusi dengan seorang sahabat yang bekerja sebagai operator Dapodik provinsi.

Karena sudah mengembara ke sana kemari di dunia perkomputeran, dia menyarankan kepadaku agar mengganti HDD (Harddisk) dengan SSD (Solid State Drive).

Alasannya?

Dia sudah bosan mendengar keluhanku tentang laptop yang lelet dan terbatas untuk menginstal software edit video premium serta game PES. Hahaha.

Aku mau saja ganti, sih. Tapi ya, tahu sendiri kan resikonya.

Bahwa ketika kita mengganti HDD dengan SSD, maka HDD harus dikeluarkan dari kediaman laptop sehingga perannya menjadi ruang penyimpanan eksternal, mirip dengan flashdisk. Ah. Tambah rempong, kan?

Tapi, berbeda kisahnya ketika ASUS VivoBook 15 A516 Bigger Dream singgah di depan mataku. Laptop ini benar-benar canggih karena memiliki ruang penyimpanan ganda. Ada SSD, juga ada HDD.

Jadi, bisa dibayangkan, bukan?

Dijamin gesit dan lincah, dah. Peran SSD adalah untuk memaksimalkan kinerja laptop dari segi kecepatan karena mampu merespon baca/tulis data dengan super cepat, sedangkan HDD berguna untuk menyimpan banyak data.

Laptop ASUS A516 ini memiliki spesifikasi Up to 1TB HDD + 256GB SSD. Lebih dari itu, laptop ini memiliki fitur peredam guncangan E-A-R® HDD.

Gunanya? Tiada lain adalah untuk melindungi data kita dari berbagai benturan. Ada pula chassis enhancements berfungsi untuk meningkatkan pengetikan serta memudahkan kita dalam membuka dan menutup penutup dalam satu gerakan lembut.

Iya, benar. Sekarang memang sudah ada Google Drive.

Tapi, bagaimana bila dirimu jadi guru milenial sepertiku yang mengajar di SD dengan akses sinyal internet yang sangat terbatas? Masa iya harus download dulu video pembelajaran yang sudah diunggah?

Kan repot. Nanti aku malah harus mendaki bukit demi merengkuh secercah sinyal. Hemm.

3. ASUS VivoBook 15 Inchi A516 The Wider Screen! Layarnya Luas tapi Ringan

ASUS VivoBook 15 Inchi A516 The Wider Screen! Layarnya Luas tapi Ringan
ASUS VivoBook 15 Inchi A516 The Wider Screen! Layarnya Luas tapi Ringan. Dok. ASUS

Sebagai guru SD, lokasiku mengajar cukup jauh dengan tempat tinggalku. Aku tinggal di Kota Curup (Bengkulu), sedangkan aku mengabdi di Kabupaten Kepahiang yang jaraknya sekitar 43 KM dari rumah.

Nah, karena lokasinya cukup jauh, nyaris tiap hari kerja aku terpaksa harus membawa laptop. Ya, sering kali banyak aktivitas yang harus kulakukan dengan menggunakan laptop. Karena SD kami kecil dan cukup terpencil, maka ketersediaan fasilitas komputer masih sangat minim.

Tapi, ya, resiko bawa laptop tiap hari, itu cukup melelahkan, bukan? Benar. Laptop itu sejatinya cukup berat, ditambah lagi dengan seperangkat administrasi pembelajaran. Hemm.

Hebatnya, ASUS VivoBook 15 Inchi A516 menjadi solusi bagiku. Laptop ini layarnya luas karena dikaruniai NanoEdge Display. O ya, ada lapisan anti-silau juga sehingga mataku dan matamu tidak perih memandang laptop.

Syahdan, dengan luasnya layar tersebut, ternyata laptop yang memiliki varian warna Slate Grey dan Peacock Blue malah ringan banget. Total hanya 1,8 kilogram saja beratnya.

Bukankah laptop canggih ini sangat portabel dan mudah untuk dibawa? Ehem. Kapan lagi seorang guru milenial mau punya ASUS VivoBook 15 A516.

Rasa-rasanya, jika aku mendapatkan laptop ini, ingin aku instal juga game PES keluaran terbaru. Untuk hiburan pengusir kepenatan. Hehehe

4. Dengan Bigger Dream-nya, ASUS VivoBook 15 A516 Sajikan Keyboard Cantik Plus Fingerprint Sensor

ASUS VivoBook 15 A516 Sajikan Keyboard Cantik Plus Fingerprint Sensor
ASUS VivoBook 15 A516 Sajikan Keyboard Cantik Plus Fingerprint Sensor. Dok. ASUS

Wuidih!

Aku sontak terpesona setelah melirik desain keyboad laptop ini.

Terang saja, selain full-size, keyboard ASUS VivoBook 15 A516 juga ada backlit-nya sehingga menghasilkan cahaya terang ketika listrik padam.

Aku sendiri, selama ini cukup resah ketika harus mengetik di saat lampu mati.

Karena di rumahku belum ada lampu emergency, terpaksa kuharus gunakan lampu minyak sebagai penerang kegiatanku sewaktu malam hari.

Pakai Lampu Minyak Saat Mengetik Ketika Mati Lampu
Pakai Lampu Minyak Saat Mengetik Ketika Mati Lampu. Dok. Gurupenyemangat.com

Bukannya makin produktif, kecepatan mengetikku turun drastis karena aku fokusku terbagi terutama untuk melirik huruf-huruf dan angka di keyboard.

Nah, dengan key travel 1,4 mm ala ASUS 15 Inchi ini, rasanya impianku untuk mengetik dengan nyaman bisa terwujud. Maklum, jariku tidak hafal dengan letak huruf versi QWERTY. Hahaha

O ya, PC modern ini juga memiliki fitur fingerprint lho! Adanya sensor sidik jari di touchpad dan Windows Hello, kita tidak perlu repot memasukkan kata sandi. Hanya cukup menyentuhnya sekali saja.

Bagi guru milenial, menurutku fitur ini juga penting, apalagi bagi para guru yang sudah punya anak. Pasti ada kekhawatiran akan kelupaan password atau malah datanya terhapus secara tidak sengaja oleh sang buah hati, kan? Jadi…Just touch to log ini is good choice.

5. ASUS VivoBook 15 A516 Menghadiahkan Kita Aplikasi Office Versi Lengkap dan Terbaru

ASUS VivoBook 15 A516 Menghadiahkan Kita Aplikasi Office Versi Lengkap dan Terbaru
ASUS VivoBook 15 A516 Menghadiahkan Kita Aplikasi Office Versi Lengkap dan Terbaru. Dok. ASUS

Wah, ini nih yang aku cari-cari selama ini!

Aplikasi Office terbaru versi lengkap plus original. Aku yakin bin percaya, setiap guru milenial pasti ingin merengkuhnya. Dengan aplikasi Word dan Excel versi lengkap, akan banyak fitur yang bisa kita dapatkan.

Tambah lagi dengan aplikasi PowerPoint. Wah, aku sudah tidak sabar untuk mencoba fitur insert 3D animation dalam meracik slide presentasi untuk keperluan video pembelajaran.

Hebatnya lagi, ternyata ASUS VivoBook 15 A516 menghadiahkan akses berupa penggunaan aplikasi Office seumur hidup. Wow!  Jadi kita tidak lagi resah jikalau suatu hari terpaksa harus instal ulang laptop.

“Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Nah, setelah mencermati kelima alasan di atas, ternyata ASUS - 15 Inch Modern PC, Bigger Dream, Wider Screen ini benar-benar menghadirkan paket komplit untuk guru milenial, kan? Bahkan tidak hanya terbatas untuk guru melainkan kita semua dari berbagai lapisan umur.

O ya, untuk spesifikasi lebih lanjut, dirimu bisa menyimak slider otomatis yang telah kusajikan berikut ini. Dirimu tak perlu repot push kanan dan push kiri, soalnya sudah aku set otomatis. Hehehe.

Gimana? Bukankah laptop mewah dan modern ini penting untuk dimiliki guru milenial? 

Untuk spesifikasi harga, dirimu bisa cermati ilustrasi berikut:

Daftar Harga ASUS 15 Inch A516
Daftar Harga ASUS 15 Inch A516. Diolah oleh Gurupenyemangat.com dari sumber ASUS
Sebagaimana ASUS 15 Inch A516 dengan Bigger Dream-nya, aku pula punya impian untuk memilikinya.

Salam.
Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com”.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

10 komentar untuk "5 Alasan Mengapa Laptop ASUS 15 Inch A516 Penting Bagi Guru Milenial"

  1. Waaah...waah.. lengkap nian ulasannya๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
  2. Membuat saya langsing ingin beralih ke Asus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, borong mas. MGID Cair, langsung tukar laptop. Haha

      Hapus
  3. Cari ah, laptop murah berspesifikasi mewah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Borong, Pak. Nanti mungkin bakal ada bonus mi ayam. Hahaha

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hahaha. Tolong belikan untuk Ozy, Bu. ๐Ÿคญ๐Ÿคญ

      Hapus
  5. Aku suka Asus karna tipis hehe
    Ulasan yang ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. beliin aku 1 dong, untuk main gim PES. Hahahaha

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.