Widget HTML #1

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 Lengkap

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat saat ini sedang belajar materi PAI tentang “Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah?”

Sebagaimana kita ketahui bahwa Rasul artinya utusan. Sedangkan Rasulullah artinya utusan Allah SWT yaitu orang yang menerima wahyu dan berkewajiban menyampaikannya kepada orang lain atau umat manusia.

Sebagai umat muslim yang beriman, kita wajib percaya terhadap adanya Rasul. Kita pula harus berusaha untuk meneladan sifat-sifat Rasul dalam kehidupan sehari-hari demi kebaikan di dunia maupun di akhirat.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66
Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66. GuruPenyemangat.com

Nah berikut GuruPenyemangat.com sajikan kunci jawaban PAI kelas 5 halaman 66 bagian A dan B dengan jawaban lengkap.

Mari disimak ya:

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 Bagian A

A. Bacalah secara cermat percakapan singkat di bawah ini! Pelajaran apa yang kamu peroleh dari cerita tersebut? Jelaskan!

“Apakah kamu sudah tahu sifat-sifat rasul itu Fatimah?” tanya ayah Fatimah. “Insya Allah tahu ayah, yaitu siddiq, amanah, tablig, dan fathanah,” jawab Fatimah. Pertama, rasul itu bersifat siddiq artinya jujur dan benar, tidak pernah berdusta, atau berbohong. Kedua, amanah artinya dapat dipercaya. Ketiga, tablig artinya menyampaikan. Keempat, bersifat fathanah artinya cerdas, pandai, dan bijaksana.

Jawaban:

Dari cerita di atas, pelajaran yang saya dapatkan yaitu 4 sifat utama seorang Rasul yang membedakannya dengan manusia.

Pertama, rasul itu bersifat siddiq artinya jujur dan benar. Seorang rasul selalu benar dalam perkataan dan perbuatan, mustahil dia berkata dusta atau bohong.

Kedua, rasul harus amānah artinya dan dapat dipercaya. Seorang rasul mustahil khianat. Dia wajib menyampaikan amanah Allah Swt. kepada kaumnya. Semua perkataan, perbuatan dan tindakan rasul harus benar, dan tidak boleh ingkar janji.

Ketiga, rasul bersifat tablig artinya menyampaikan. Seorang rasul harus menyampaikan pesan Allah Swt. kepada umat walaupun terasa sulit atau dianggap membahayakan. Rasul tidak boleh menyembunyikan sesuatu yang telah diberikan Allah Swt. kepadanya.

Keempat, rasul bersifat fathanah artinya cerdas, pandai dan bijaksana. Seorang rasul harus pandai dan cerdas akalnya, memiliki kekuatan berpikir yang tinggi, dan memiliki hati yang bersih atau akal budi yang tinggi. Dengan sifat ini, seorang rasul dapat menyelesaikan tugas kerasulannya dengan baik.

Sebagai manusia yang beriman kepada Allah dan juga Rasul-Nya, kita wajib berusaha untuk meneladani sifat-sifat para Rasul dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 Bagian B

B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar dan jelas!

1. Sebutkan arti Ulul ‘Azmi!

Jawaban:

Ulul ’Azmi terdiri dari dua kata, yaitu Ulul dan al-Azmi. Ulul atau Ulu/Uli artinya mempunyai atau memiliki. Al-Azmi artinya teguh atau tekad yang kuat. Ulul ‘Azmi artinya memiliki keteguhan/tekad. Kalau disebut rasul Ulul ‘Azmi, maka artinya rasul yang memiliki keteguhan atau tekad. Para rasul Ulul ‘Azmi memiliki keteguhan, tekad, ketabahan, dan kesabaran yang sangat kuat, serta teguh dalam menjalankan tugasnya, yaitu menyampaikan ajaran-ajaran Allah Swt

2. Amanah artinya dapat dipercaya. Jelaskan contohnya!

Jawaban:

Contoh perilaku amanah dalam kehidupan sehari-hari:

Bersekolah dengan rajin dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Ini adalah contoh perilaku amanah, karena kita sebagai siswa telah dititipkan pesan oleh guru untuk tidak bolos sekolah serta mengerjakan tugas yang diberikan.

Mengembalikan uang yang telah dipinjam tepat waktu. Bila kita meminjam uang dengan teman misalnya, maka kita wajib mengembalikan uang pinjaman tersebut tepat waktu. Jika tidak bisa mengembalikannya tepat waktu, maka seharusnya kita mengabarkan kepada teman tersebut. Ini adalah wujud dari perilaku amanah sehingga kita tidak ingkar janji.

Menjalankan tugas sebagai ketua kelas dengan baik. Jabatan ketua kelas adalah amanah yang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah. Untuk menunaikan amanah, maka seorang ketua kelas harus berusaha semaksimal mungkin untuk melaksanakan berbagai kewajiban sebagai ketua kelas, memenuhi hak-hak anggota kelas, dan tugas-tugas lainnya.

Boleh Baca: Soal PAI Kelas 5 SD Materi Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT

3. Semua orang ingin cerdas (fathanah)! Bagaimana caranya supaya cerdas. Jelaskan.

Jawaban:

Cerdas adalah salah satu sifat wajib seorang Rasul. Untuk menjadi orang yang cerdas, maka kita perlu belajar giat dan bersungguh-sungguh. Belajar tidak hanya di sekolah saja melainkan juga di rumah. Dengan belajar bersungguh-sungguh, kita akan dipermudah oleh Allah untuk menggapai cita-cita serta impian yang kita harapkan.

4. Semua rasul membawa ajaran tauhid! Apa arti tauhid? Jelaskan.

Jawaban:

Semua rabi dan rasul membawa ajaran tauhid, yaitu menyembah hanya kepada Allah Swt., Tuhan Yang Maha Esa. Dengan bertauhid kepada Allah, kita menyakini bahwa hanya Allah Tuhan yang patut disembah, dan hanya kepada Allah kita memohon pertolongan.

5. Mengapa Nabi Muhammad saw. disebut rasul terakhir? Jelaskan.

Jawaban:

Rasul terakhir adalah Nabi Muhammad SAW, dialah nabi dan rasul penutup, tidak ada lagi nabi dan rasul setelahnya. Karena Nabi Muhammad saw. sebagai penutup, maka sering disebut dengan istilah khatamul anbiya, yang artinya penutup atau penghabisan para nabi dan rasul. Dengan demikian, tidak ada lagi nabi/rasul setelah Nabi Muhammad SAW. Jika suatu saat ada yang mengaku Nabi, maka dapat dipastikan bahwa mereka itu adalah nabi palsu.

6. Ulul ’Azmi maksudnya teguh hati. Jelaskan contohnya.

Jawaban:

Contohnya seperti dakwah yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam menyiarkan agama Allah Swt., Nabi Muhammad saw. sering dihadang, bahkan diancam akan dibunuh oleh orang-orang kafir Quraisy. Abu Jahal adalah orang yang paling membencinya.

Pernah ketika Nabi Muhammad saw. sedang beribadah, Abu Jahal dan komplotannya datang sengaja mengotorinya dengan najis. Namun Nabi Muhammad saw. hanya berdoa kepada Allah Swt.: “Ya Tuhan kepada Engkau aku menyerahkan kaum Quraisy”. Doa ini berulang-ulang beliau baca.

Dari peristiwa itu, Nabi Muhammad saw. bukanlah sosok manusia pendendam, tidak membalas kejahatan Abu Jahal dan kawan-kawannya dengan tindakan yang sama, cukup menyerahkan persoalannya kepada Allah Swt.

7. Rasul Ulul ’Azmi ada 5 orang. Sebutkan.

Jawaban:

Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

8. Sebutkan sifat-sifat yang dimiliki Nabi Muhammad saw. di masa muda.

Jawaban:

Sejak usia muda, Nabi Muhammad saw. terkenal jujur, tabah, sabar, bertanggung jawab, dan pekerja keras sehingga diberi julukan “al Amin” artinya terpercaya.

9. Apa arti musyrik? Jelaskan.

Jawaban:

Musyrik adalah julukan bagi orang yang melakukan kesyirikan, yaitu menyekutukan, menduakan, atau menganggap ada Tuhan lain selain Allah.

***

Demikianlah tadi segenap sajian GuruPenyemangat.com tentang kunci jawaban Agama Islam kelas 5 SD halaman 66 materi Mari Mengenal Rasul-Rasul Allah SWT.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban PAI Kelas 5 Halaman 66 Lengkap"