Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Proposal Kegiatan HUT RI 17 Agustus 2022 di Sekolah Tinggal Edit

Salam Merdeka Sobat Guru Penyemangat, sudah membuat proposal pengajuan dana kegiatan hari ini?

Ya, tinggal menghitung hari kita semua bakal merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun. Puncaknya ialah 17 Agustus Tahun 2022, namun euforianya sudah terasa jauh sejak tanggal 1 Agustus kemarin.

Begitulah adanya, dan begitulah wujud dari kemeriahan dan kebanggaan kita sebagai warga negara Indonesia dalam menyambut Hari Ulang Tahun Bumi Pertiwi.

Saat ini memang keadaan Indonesia cukup sulit dan sedang diterpa krisis, utamanya ialah inflasi dan krisis ekonomi yang mengguncang dompet para Emak-emak di rumah.

Meski begitu, kurang etis rasanya jika momentum kemerdekaan hanya dijadikan tanggal merah sekadar lewat tanpa perlu kita petik hikmahnya.

Tidak perlu biaya mahal untuk menyambut HUT RI, kita hanya perlu meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air, serta memetik nilai-nilai kebaikan para pahlawan.

Contoh Proposal Kegiatan HUT RI 17 Agustus
Contoh Proposal Kegiatan HUT RI 17 Agustus. Dok. GuruPenyemangat.com

Misalnya? Dengan mengadakan kegiatan Gebyar Kemerdekaan alias acara 17-san di sekolah, di desa atau di instansi.

Berikut ada contoh proposal kegiatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus untuk acara di sekolah maupun instansi yang bisa diunduh.

Mari disimak ya:

Proposal HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022

PROPOSAL KEGIATAN
17 AGUSTUS
DALAM RANGKA MENYAMBUT
77 TAHUN KEMERDEKAAN INDONESIA

KOP SEKOLAH

PEMERINTAH KABUPATEN [NAMA KABUPATEN]
DINAS PENDIDIKAN KEBUDAYAAN RISET DAN TEKNOLOGI
SD/SMP/SMA NEGERI/SWASTA [NAMA SEKOLAH]
TAHUN 2022

A. Latar Belakang Kegiatan

77 Tahun Indonesia merdeka, tepatnya ketika dihitung sejak 17 Agustus 1945 hingga 17 Agustus 2022. Perjalanan tahun demi tahun tersebut terasa sungguhlah panjang, dan tiada sangka Bumi Pertiwi semakin bertambah tua. Dulu, para pejuang Indonesia yang berasal dari beragam suku, ras, agama, adat istiadat hingga budaya saling bersatu untuk mengusir penjajah.

Perjuangan tersebut tidaklah dilakukan sehari-dua hari, melainkan bertahun-tahun, belasan tahun, bahkan ratusan tahun. Tidak terbayangkan oleh kita bila saja pejuang kemerdekaan tidak melepaskan ego dan gengsi mereka untuk bersatu, karena mungkin saja kita bakal terjajah hinggalah hari ini.

Tapi bersyukurlah kita kepada Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nya negeri ini bisa terbebas dari penjajah. Generasi muda sudah bisa bersekolah, masyarakat berhak atas perlindungan, dan warga negara berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

Harapan dan impian tersebut sejatinya bukanlah sekadar omong kosong. Semua orang pasti ingin menggapai keutuhan negeri hingganya bisa hidup dengan aman, damai, serta sejahtera baik dari sudut pandang ekonomi, mental, hingga pendidikan.

Hanya saja, semakin ke sini tantangan perjuangan negeri makin berat. Kita sempat merasakan betapa pedihnya hantaman pandemi Covid-19, hingga proses kehidupan, pendidikan, ekonomi, politik, hingga kesehatan terganggu. Belum sampai di situ saja, krisis moneter dengan tajuk inflasi pun masih terjadi hinggalah saat ini.

Maka darinya, tajuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat perlu kita genggam bersama untuk menggapai Indonesia yang lebih maju. Tidak hanya dimulai dari para pejabat atau pun orang tua, melainkan juga dari generasi muda seperti para pelajar dan mahasiswa.

Alhasil, penting rasanya bagi pihak sekolah dan instansi terkait untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat, dan mengajak kita semua untuk kembali memetik nilai-nilai dan makna kemerdekaan sebuah negara. Karena bila kita sadari bersama, anak-anak sebagai generasi penerus bangsa merupakan investasi bagi negara.

Menimbang latar belakang di atas, kami selaku panitia kegiatan bermaksud untuk menyelanggarakan kegiatan 17-san dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun 2022.

B. Nama Kegiatan

Nama kegiatannya adalah ”Gebyar Kemerdekaan RI Ke-77 dalam rangka menyambut HUT 77 Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 di sekolah. Detail kegiatannya terdiri atas:

  1. Lomba makan kerupuk
  2. Lomba sepak bola pakai sarung
  3. Lomba balap kelereng
  4. Lomba Cerdas Cermat Kemerdekan
  5. Lomba Baca Puisi Kemerdekaan
  6. Pentas Drama Bertema Kemerdekaan
  7. Lomba memasukkan paku ke dalam botol
  8. Lomba Tusuk Balon
  9. Jalan Sehat
  10.  Lomba Pembacaan UUD 1945

C. Tema Kegiatan

“Melalui HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Mari Kita Gaungkan Semangat Kesatuan dan Persatuan Pelajar Pancasila.”

D. Tujuan Kegiatan

Menggelar peringatan peringatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 2022 sejatinya merupakan wujud cinta kita terhadap tanah air, dengan tujuan lainnya sebagai berikut:

  1. Meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air sebagai seorang pelajar dan generasi masa depan.
  2. Meningkatkan hubungan silaturahmi dan persaudaraan sebangsa dan setanah air antar sesama warga sekolah.
  3. Menguatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
  4. Mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di lingkungan sekolah.
  5. Untuk mengenang kembali jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang demi menggapai Kemerdekaan RI.

E. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan dari kegiatan ini adalah:

Hari, Tanggal: 16-19 Agustus Tahun 2022
Waktu: 08.00 WIB – selesai
Tempat: Lapangan dan Aula Sekolah

F. Pelaksana

Kegiatan Gebyar Kemerdekaan RI Tahun 2022 dilaksanakan oleh panitia OSIS yang bekerja sama dengan beberapa perwakilan dari ekstrakulikuler dan masing-masing ketua keas yang didampingi oleh beberapa orang guru pembina.

G. Peserta

Segenap siswa dan dewan guru.

H. Sumber Dana

  1. Dana BOS
  2. Sponsor/Donatur

I. Susunan Panitia

- Terlampir I

J. Rincian Dana

- Terlampir II

K. Penutup

Pelaksanaan kegiatan Gebyar Kemerdekaan RI dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Indonesia ke-77 Tahun 17 Agustus 2022 diharapkan mendapat bantuan dan dukungan dari semua pihak, baik secara materi maupun non-materi.

Besar harapan kami untuk dapat menjadikan rangkaian acara Gebyar Kemerdekaan sebagai penguat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air, utamanya untuk kebermanfaatan siswa di sekolah.

Demikianlah proposal Gebyar Kemerdekaan 2022 kami sampaikan. Atas kerjasama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Nama Kota,   Agustus 2022  

Panitia Pelaksana

Boleh Baca: Contoh Spanduk HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 Tinggal Edit

Download Proposal HUT RI Word (.doc)

Sajian di atas adalah contoh proposal kegiatan Kemerdekaan RI 17 Agustus tahun 2022 yang bisa Sobat jadikan panduan atau referensi untuk pengajuan dana ke pihak sekolah maupun sponsor.

Untuk memudahkan kegiatan Sobat, GuruPenyemangat.com secara khusus telah menyiapkan contoh proposal HUT RI untuk acara di sekolah dalam bentuk dokumen Word tinggal edit yang lengkap dengan lampiran rincian anggaran dan susunan panitia kegiatan.

Jika Sobat ingin mengunduhnya, silakan tekan tombol download lalu tunggu beberapa saat:

Proposal HUT RI 26kb

***

Demikianlah sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh proposal kegiatan HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2022 di sekolah maupun instansi yang bisa dijadikan referensi.

Semoga bermanfaat ya
Salam

Lanjut Baca: Menggambar Tema Kemerdekaan RI Sederhana, Ini Contohnya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Proposal Kegiatan HUT RI 17 Agustus 2022 di Sekolah Tinggal Edit"

Promo Cashback & Voucher Shopee