Widget HTML #1

Pilihan Teks Doa untuk Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni

Teks Doa untuk Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Teks Doa untuk Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Dok. Gurupenyemangat.com

Sobat, Selamat Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 ya!

Setiap tahunnya pada tanggal 1 Juni kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Meskipun bukan termasuk hari libur, namun peringatan ini merupakan salah satu peringatan hari nasional.

Dengan adanya peringatan Hari Lahir Pancasila, diharapkan bangsa Indonesia semakin membuncah semangat nasionalisme, semangat cinta Tanah Air, serta semangat mengamalkan nilai-nilai kebaikan yang tertuang dalam butir-butir Pancasila.

Tidak jarang, semangat tersebut dikobarkan dalam kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila baik itu di sekolah, di lapangan, hingga di instansi pemerintah.

Berikut disajikan pilihan teks alias naskah doa untuk menyukseskan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni.

Mari disimak ya:

Teks Doa Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Versi 1:

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Dalam suasana upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang hikmat ini, marilah sejenak kita menengadahkan tangan, menundukkan kepada, seraya berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT.

Bismillaahirrahmaanirrohiim

Alhamdulillaahirabbil'alamiin

Assholaatu wassalaamu'ala asyrofil ambiyaa'i walmursaliin wa'ala aalihi washohbihi ajma'iin. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang;

Dalam suasana yang khidmat ini, kami memanjatkan do'a keharibaan-Mu. Kami memohon kepada-Mu, curahkanlah rahmat dan kasih-Mu kepada para pahlawan, yang telah mendahului kami. Lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan pengabdian dan pengorbanan mereka. Terimalah dharma bakti dan amal shaleh mereka, jadikanlah mereka sebagai syuhada dan pahlawan bangsa yang Engkau ridhai. Dekatkanlah mereka di sisi-Mu ya Allah dan dekatkanlah pula hati kami dengan semangat juang mereka.

Ya Allah, Tuhan yang Maha Agung nan Maha Pemersatu;

Jadikanlah Hari lahir Pancasila ini sebagai momentum untuk dapat merekatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa kami, Negara Kesatuan Republik Indonesia. Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan dan perpecahan. Limpahkanlah karunia-Mu baik yang datang dari langit maupun dari bumi. Teguhkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa kami untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, makmur, adil, sejahtera, dan berprofil Pancasila. Jadikanlah negara kami sebagai Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kasih Lagi Maha Sayang;

Jadikanlah kami sebagai insan manusia yang saling bertoleransi menghargai antar sesama manusia, menerima keberagaman, saling menjaga kedamaian untuk meningkatkan harmonisasi kehidupan bermasyarakat, menghargai kebhinekaan dan menyadari perbedaan yang ada pada kami sebagai suatu kekuatan untuk saling melengkapi.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Bijaksana;

Hindarkan bangsa dan negara kami dari fitnah, wabah, dan marah bahaya, jauhkan kami dari perpecahan dan permusuhan. Kuatlah tekad kami untuk memulihkan Tanah Air Indonesia, dan berilah kami kekuatan untuk berjuang mewujudkan bangsa yang berperadaban kemajuan.

Ya Allah Tuhan Yang Maha Pengampun dan Pengabul segala Doa;

Ampunilah semua dosa kami, dosa-dosa ibu bapak kami, dosa guru-guru kami, para pemimpin kami, dosa para pejuang dan pendahulu kami. Terimalah amal dan perjuangan kami. Kabulkanlah permohonan dan doa kami. Sungguh hanya Engkaulah Maha Pengampun dan Pengabul segala Do'a.

Robbana atina fiddun-ya hasanah, wa fil-akhiroti hasanah waqinaa azabannar. Walhamdulilllahirobbil’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Naskah Doa Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Versi 2:

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

A’udzubillahiminas-syaitoonirrojim

Bismillahirrohmaanirrohim

Alhamdulillahirobbil-alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi rasulillahi ajmain.

Ya Allah Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang;

Pada suasana upacara yang hikmat ini, kami memohon ridho dan ampunanmu Ya Allah. Curahkanlah rahmat, barokah, dan kasih sayangmu kepada kami, kepada para pejuang kami, dan kepada para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga untuk NKRI. Limpahkanlah kepada para pahlawan kami pahala dan kebaikan yang tiada putus-putusnya, terima amal, pengorbanan, dan pengabdian tulus mereka. Dekatkanlah mereka di sisimu ya Allah, dan lembutkanlah hati kami untuk meneruskan perjuangan mulia mereka.

Ya Allah Yang Maha Merajai Lagi Maha Agung

Kuatkanlah juga dan raga kami dalam menjadikan peringatan Hari Lahir Pancasila ini sebagai momentum untuk memperbaiki diri, memperbaiki bangsa, memperbaiki negara, serta memulihkan kembali kondisi Bumi Pertiwi pasca-pandemi. Jauhkanlah bangsa kami dari perselisihan, konflik, perpecahan dan segala hal yang merusak keutuhan NKRI. Limpahkanlah rahmat dan karunia-Mu dari langit dan bumi. Dekatkanlah kebaikan-Mu kepada kami dari yang jauh menuju yang dekat. Teguhkanlah semangat dan tekad kami dalam bergotong-royong membangun NKRI untuk menggapai peradaban yang berkemajuan.

Ya Allah yang Maha Adil Lagi Maha Bijaksana

Teguhkanlah tekad kami untuk membangun negara dan bangsa Indonesia dan untuk menjadi bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, makmur, adil, sejahtera, dan berprofil Pancasila. Jadikanlah negara kami sebagai Baldatun Thoyyibatun Wa Rabbun Ghafur. Jangan engkau berikan kepada kami beban yang tak mampu kami pikul. Mudahkanlah kami untuk menghadapi segala kesulitan, karena sungguh dengan rahmat dan pertolongan-Mu segala kesulitan akan berubah menjadi kemudahan.

Ya Allah Maha Pengabul Doa

Ampunilah dosa-dosa kami, dosa kedua ibu bapak kami, dosa guru-guru kami, dosa para pemimpin kami, dan dosa para pendahulu kami. Jadikanlah kami insal kamil yang menjunjung tinggi toleransi, terimalah amal dan kebaikan kami. Ya Allah, kabulkanlah doa dan permintaan kami. Sungguh Engkaulah Maha Pengabul Doa.

Robbana atina fiddun-ya hasanah, wa fil-akhiroti hasanah waqina azabannar. Subhana robbika robbil izati amma yasifun, wa salamun alal mursalin. Walhamdulillahirobbil’alamin.

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Boleh Baca: Kata-kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

Download Teks Doa Upacara Hari Lahir Pancasila PDF

Untuk memudahkan kebutuhan Sobat, berikut telah disiapkan link unduhan teks doa upacara Hari Lahir Pancasila dengan format PDF.

Doa berikut bisa Sobat sesuaikan, ditambah, atau dikurangi sehingga bisa digunakan dalam menyukseskan kegiatan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan file PDF-nya:

Doa Upacara Hari Lahir Pancasila 1 PDF

Doa Upacara Hari Lahir Pancasila 2 PDF

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang pilihan teks doa untuk dibacakan pada upacara pengibaran bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Pilihan Teks Doa untuk Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni"