Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Silaturahmi Beserta Dalilnya

Dear Sobat Guru Penyemangat, sudah bersilaturahmi ke rumah siapa saja hari ini?

Sebagai makhluk sosial, kita tidak pernah terlepas dari kegiatan silaturahmi. Entah itu berkunjung ke rumah teman, keluarga, saudara, guru, dosen, hingga presiden semuanya adalah contoh silaturahmi.

Biasanya kegiatan kunjungan ini masyhur dilakukan pada saat lebaran Idulfitri maupun Idul Adha, tapi sebenarnya hakikat silaturahmi adalah suatu kegiatan yang bisa dilakukan kapan saja tanpa terbatas oleh waktu.

Nah, pada kesempatan yang berbahagia ini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan teks pidato bertema silaturahmi.

Contoh teks pidato tentang silaturahmi ini ditulis singkat, dilengkapi dalil, dan berisi tentang pentingnya silaturahmi dalam kehidupan.

Mari disimak ya:

Pidato Singkat Tentang Pentingnya Silaturahmi dalam Kehidupan

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Silaturahmi
Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Silaturahmi. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Assalatu wassalamu ‘ala rasulillah, wa ‘ala alihi wasohbihi wa mawwalah. Asyhadu ‘alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala….
Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu undangan
Serta hadirin sekalian yang berbahagia

Pertama di atas segalanya, marilah kita bermunajat syukur kepada Allah SWT karena berkat nikmat-Nya lah kita bisa bersua dan berkumpul di ruangan yang insya Allah penuh barokah ini.

Shalawat berhias salam tiada lupa kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Para hadirin yang berbahagia;

Sebagai makhluk sosial, kita tentu tidak bisa berdiri sendiri, mengurusi sesuatu seorang diri, serta hidup sendiri.

Kita adalah orang-orang yang selalu membutuhkan bantuan orang lain, membutuhkan kerja sama, serta saling bantu antara sesama.

Dari beragam kepentingan tersebut, alhasil kita tidak bisa terlepas dari silaturahmi. Silaturahmi adalah menguatkan kembali tali persaudaraan dan tali persaudaraan baik terhadap sesama umat muslim, sesama umat beragama, hingga hal-hal spesifik seperti persahabatan dan persaudaraan.

Dengan bersilaturahmi, hubungan yang dulunya sempat retak, sempat terpisah oleh kesalahpahaman hingga hubungan yang renggang karena terpisah oleh jarak dan waktu bisa direkatkan kembali.

Para hadirin yang berbahagia;

Silaturahmi sesungguhnya sangatlah penting dalam kehidupan, baik itu di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, hingga negara pada umumnya.

Bahkan, Allah SWT melalui Al-Qur’an pula memerintahkan kita umat muslim untuk senantiasa menjaga dan menguatkan silaturahmi sebagai ciri orang yang beriman.

Hal ini tertuang dalam Al-Qur’an Surah Al-Anfal ayat 1:

فَٱتَّقُواْ ٱللَّهَ وَأَصۡلِحُواْ ذَاتَ بَيۡنِكُمۡۖ وَأَطِيعُواْ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥٓ إِن كُنتُم مُّؤۡمِنِينَ.

Bacaan Latin:

Fattaqullaaha wa-ashlihuu dzaata bainikum, wa-athii-‘ullaaha wa rasuulahuu inkuntum-mukminiin.

Artinya:

Maka bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman.

Para hadirin yang berbahagia;

Dari ayat tadi, kita bisa petik makna bahwasannya silaturahmi memiliki peranan penting terutama dalam meningkatkan kualitas iman dan takwa kepada Allah SWT.

Artinya, kita dalam hidup tidaklah cukup hanya sekadar sholat, puasa, atau naik haji saja, karena pada dasarnya hubungan antar sesama manusia itu juga menjadi wujud dari ketakwaan.

Hamblum-minallah dan hablum-minan-nas. Jaga hubungan baik kepada Allah, dan juga terhadap sesama manusia.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Kejujuran, Lengkap dengan Dalil dan Pantun

Para hadirin yang berbahagia;

Adapun manfaat berikutnya dari kegiatan bersilaturahmi adalah mengurangi stres dan kecemasan. Sejatinya kita semua menyadari bahwa setiap orang itu punya segudang masalah.

Ibu di rumah barangkali merasa stres dan lelah atas menumpuknya pekerjaan rumah, piring kotor, pakaian kusut dan belum disetrika, hingga debu-debu yang menempel di kaca.

Bapak sebagai kepala rumah tangga juga merasa pusing atas tantangan hidup yang kian sulit. Meningkatnya harga sembako dan BBM serasa memaksanya untuk meningkatkan jumlah penghasilan.

Dan tidak mau kalah, anak-anak pula demikian. Semakin menumpuk tugas sekolah dan beban belajar, semakin mudah bosan dan cemaslah mereka.

Dari ragam kasus tersebut, silaturahmi laksana obat yang mujarab. Dengan berkumpul bersama keluarga dan sanak-saudara, masalah kehidupan yang menumpuk sejenak bisa dikesampingkan.

Terlebih lagi bila ditambah dengan canda tawa dan kisah-kisah yang seru, maka perlahan rasa cemas dan stres akan beban hidup akan segera sirna.

Di samping itu pula, silaturahmi mampu mengakrabkan hubungan seseorang. Dengan demikian, hubungan seseorang yang dulunya renggang karena kurang berkomunikasi sekarang bisa teratasi dengan silaturahmi.

Para hadirin yang berbahagia;

Selain daripada ragam manfaat tadi, Nabi Muhammad SAW pula mengajarkan kepada kita untuk senantiasa menjaga hubungan silaturahmi, karena barangsiapa memutuskan tali silaturahmi, ia akan dijauhkan dari surga.

Rasulullah SAW bersabda:

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ قَاطِعُ رَحِمٍ

Bacaan Latin:

Laa yadkhulul jannata qoothi’u rohim.

Artinya:

Tidak akan masuk surga orang yang memutuskan silaturahmi. Hadis Riwayat Muttafaqun ‘alaih.

Para hadirin yang berbahagia;

Dalam suasana yang berbahagia ini, marilah kita perkuat tali persaudaraan antar sesama dan tinggalkanlah permusuhan.

Manusia adalah insan yang pasti punya salah. Maka dari itu, mari kita maafkan kesalahan orang-orang yang pernah menyakiti kita, baik itu sengaja maupun tidak disengaja.

Sejatinya bersilaturahmi tidak hanya terbatas pada saat lebaran alias hari raya Idulfitri maupun Idul Adha semata, karena bersilaturahmi bahkan bisa kita lakukan setiap hari baik di kala sempat maupun sempit.

Para hadirin yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri’

Wabillahi taufiq wal hidayah;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Sambutan Hari Raya yang Cocok untuk Halal Bihalal

Download Pidato Tentang Silaturahmi PDF

Untuk memudahkan kegiatan Sobat Guru Penyemangat dalam menyampaikan sambutan, berikut telah disiapkan dokumen teks pidato bertema silaturahmi dengan format PDF.

Contoh naskah pidato tentang pentingnya silaturahmi dengan format PDF ini bisa Sobat gunakan sebagai bahan sambutan atau referensi untuk menyukseskan kegiatan seperti halal bihalal hari raya, amanat pembina upacara, hingga kegiatan lainnya.

Sobat hanya perlu menyesuaikan kalimat salam penghormatan dan tempat kegitan. Adapun terkait salam penghormatan dimulai dari pejabat atau pihak yang memiliki jabatan tertinggi.

Nah, silakan klik tombol download syahdan tunggu beberapa saat untuk mendapatkan naskah pidato silaturahmi PDF:

Pidato Tentang Silaturahmi 253kb

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato singkat bertema silaturahmi yang bisa diunduh secara gratis.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Silaturahmi Beserta Dalilnya"