Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Teks Pidato Singkat Tentang Bulan Syawal Beserta Keutamaannya

Dear Sobat Guru Penyemangat, bulan Syawal adalah bulan berbahagianya umat muslim di seluruh dunia. Tidak hanya sekadar berlebaran Idulfitri, bulan Syawal memiliki banyak keutamaan dan keistimewaan.

Apa itu?

Misalnya melaksanakan puasa Syawal, menikah, dan ajang penguat silaturahmi antar sesama.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, di sini Gurupenyemangat.com telah menyiapkan contoh teks pidato bertema bulan Syawal.

Contoh teks pidato tentang bulan Syawal berikut ditulis singkat, lengkap dengan dalil tentang keutamaan bulan Syawal.

Mari disimak ya:

Pidato Bulan Syawal dan Keutamaannya

Pidato Bulan Syawal dan Keutamaannya
Pidato Bulan Syawal dan Keutamaannya. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahi hamdan katsiron thoyyiban mubarokan fiih. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad wa ‘ala ali sayyidina Muhammad

Bapak/Ibu yang terhormat, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, terutama nikmat iman, islam, sehat dan sempat sehingga kita masih bisa bersua, bertatap muka seraya menguatkan tali silaturahmi khususnya di bulan Syawal.

Shalawat berbingkaikan salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti. Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Alhamdulillah, Ramadan telah pergi dan saat ini kita sedang berada di bulan Syawal. Bagi umat muslim di seluruh dunia, tanggal 1 Syawal laksana hari kemenangan.

Pada hari itu umat islam seluruhnya berkumpul, beramai-ramai mendatangi masjid untuk melaksanakan Shalat Hari Raya Idulfitri. Jalanan pun penuh, begitu pula lapangan hingga stadion.

Di sisi yang sama, pada bulan ini mulai ramai pula kegiatan pesta dan resepsi pernikahan. Iya, pernikahan adalah salah satu amalan sunnah pada bulan Syawal ini.

Lalu, apa saja keutamaan lainnya dari bulan Syawal?

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Selain melaksanakan Shalat Idulftri dan menggelar pernikahan, keutamaan lainnya di bulan Syawal adalah melaksanakan puasa 6 hari di bulan Syawal.

Puasa selama enam hari ini bisa dilaksanakan secara berurutan, atau bisa pula diselingi. Yang penting keenam hari tersebut dilakukan dan tuntas selama bulan Syawal.

Adapun keutamaan berpuasa selama 6 hari ini ialah kita akan mendapat pahala seperti orang yang berpuasa selama satu tahun penuh.

Hal ini didasarkan pada hadis Rasulullah SAW:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Bacaan Latin:

Man shooma romadhoona tsumma atba’ahu sittan min syawwaalin kaana kashiyaamid-dahr.

Artinya:

“Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa 6 hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Jamaah kecuali Bukhari dan An-Nasa’i)

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Adapun keutamaan berikutnya yang sering kita jumpai di bulan Syawal dan dilakukan oleh banyak umat muslim di seluruh dunia adalah bersilaturahmi.

Kegiatan bermaafan memang tidak terikat khusus atau semata dilakukan di bulan Syawal, namun momentum lebaran Idulfitri adalah saat-saat di mana keluarga, saudara, hingga handai tolan berkumpul setelah sekian lama berpisah.

Di sanalah keindahan bulan Syawal akan semakin terasa. Dengan bertemunya dua insan, berjabat tangan, saling memaafkan, maka semakin kuatlah ikatan persaudaraan dan silaturahmi di antara keduanya.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Masih ingatkah kita dengan tujuan berpuasa selama sebulan penuh di bulan Ramadan? Iya, tujuannya adalah la’allakum tattaquun alias menjadi pribadi yang bertakwa.

Nah, bulan Syawal ini adalah bulan pembuktian bagi tiap-tiap muslim. Bagi kita yang puasanya dilaksanakan dengan sungguh-sungguh seraya mengharap ridha Allah, maka insyaAllah akan ada perubahan pada diri kita.

Ketika sudah tiba di bulan Syawal, kita menyadari bahwa ternyata selama ini kita bisa untuk bangun sahur untuk berpuasa, kita sanggup untuk melaksanakan shalat malam, kita sanggup untuk membaca Qur’an bahkan sampai khatam, dan kita pula sanggup bersedekah dan berbagi takjil.

Kesanggupan itu semua semestinya bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari di luar bulan Ramadan, dan pada bulan Syawal inilah kita bisa belajar untuk mengokohkan sekaligus menguatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Selain dari beberapa poin yang saya sampaikan tadi, sejatinya ada banyak keutamaan dan keistimewaan lain di bulan Syawal. Pada intinya, marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas diri baik dari segi iman, takwa, hingga akhlak.

Mudah-mudahan semakin bertambah hari, kita menjadi pribadi yang lebih baik dan senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada bulan Syawal ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, dan kepada Allah mari kita sama-sama bermohon ampun.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Silaturahmi Beserta Dalilnya, Mudah untuk Dihafal

Download Teks Pidato Bulan Syawal PDF

Untuk memudahkan Sobat dalam menyampaikan sambutan, berikut telah Gurupenyemangat.com siapkan contoh pidato bertema bulan Syawal yang singkat beserta dalilnya.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan naskah pidato tentang bulan Syawal beserta keutamaannya.

Teks MC Perpisahan Kelas 9 164kb

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang contoh pidato singkat bertema bulan Syawal berikut dengan keutamaannya.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Teks Pidato Singkat Tentang Bulan Syawal Beserta Keutamaannya"