Widget HTML #1

45 Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila Menyentuh Hati, Lengkap dengan Gambar Ucapan

Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila Menyentuh Hati
Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila Menyentuh Hati. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat. Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 Telah Tiba!

Setiap tanggal 1 Juni bangsa Indonesia memperingati Hari Lahirnya Pancasila. Pancasila adalah dasar negara kita, sumber dari segala sumber hukum di Indonesia sekaligus identitas asli bangsa ini.

Dengan adanya Pancasila, bangsa kita punya karakter, punya wibawa, dan punya kekuatan sehingga berbeda dengan bangsa-bangsa lain.

Pada momentum yang spesial nan bersejarah ini, banyak pihak menyambut Hari Peringatan Lahirnya Pancasila dengan bahagia dan semangat nasionalisme yang menjulang.

Hal tersebut sungguhlah baik karena beda orang, beda pula cara mereka dalam memetik makna dari peringatan Hari Pancasila.

Nah, Guru Penyemangat pun demikian. Kali ini, cara yang ditempuh ialah cara yang sederhana, yaitu dengan menghadirkan kata-kata mutiara ucapan Hari Lahir Pancasila.

Berikut ada kata-kata mutiara peringatan Hari Lahir Pancasila yang menyentuh hati, lengkap dengan gambar ucapan penuh makna.

Mari disimak ya:

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila Beserta Gambar

Kata-kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila Beserta Gambar
Kata-kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila Beserta Gambar. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita bersatu dan bangkit bersama untuk membangun peradaban dunia.

2. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022. Mari kita bina semangat persatuan dan kesatuan dengan senantiasa menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika.

3. Berbeda-beda tapi tetap satu, bersama-sama kita bisa bersatu, mari kita bergotong-royong menuju harapan dan cita-cita Indonesia Maju.

4. Pancasila adalah identitas kita. Mari kita jadikan kelima silanya sebagai sumber dan pandangan hidup.

5. Semua orang bisa berbicara Pancasila, tapi tidak banyak dari mereka yang mampu mengamalkan nilai-nilai Pancasila dengan kesungguhan hati. Mari kita berbenah.

6. Selamat Hari Lahir Pancasila untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

7. Bersama Pancasila, mari kita melangkah untuk menuju Indonesia Maju.

Kata-kata Ucapan Hari Lahir Pancasila
Kata-kata Ucapan Hari Lahir Pancasila. Dok. GuruPenyemangat.com

8. Kita adalah bangsa yang besar, namun kebesaran tersebut bisa hancur karena perbedaan. Mari kita tegakkan filosofi Pancasila dan senantiasa menghargai kemajemukan sebagai kekayaan negara.

9. Selamat menyambut peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022. Mari kita gaungkan sikap toleransi beragama dan senantiasa mengecam tindakan radikalisme.

10. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita pupuk semangat kerukunan bangsa. Segala kebaikan bisa dimulai dari hal-hal terkecil, karena segala yang besar berawal dari hal kecil.

11. Jangan remehkan kebaikan sederhana yang kita lakukan untuk menegakkan Pancasila, karena setiap kebaikan itu pasti bernilai pahala dan membawa manfaat.

12. Jangan merasa puas karena sudah hafal kelima sila Pancasila. Mari kita amalkan nilai-nilai kebaikan untuk kehidupan yang lebih baik.

13. Selamat menyambut Hari Lahir Pancasila Tahun 2022. Mari kita gaungkan semangat cinta tanah air dan menjunjung tinggi asas-asas kerakyatan.

14. Dari Pancasila kita bisa belajar tentang perikemanusiaan, bahwa setiap warga negara di Bumi Pertiwi berhak mendapat perlakukan yang adil nan beradab.

15. Hari Lahir Pancasila telah tiba. Sekaranglah saatnya bagi diri untuk merenungi tentang sudah sejauh mana pengabdian. Karena jika cuma berkata-kata, semua orang juga bisa.

Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila yang Menyentuh Hati

Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila
Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila. Dok. GuruPenyemangat.com

16. Dari Pancasila kita belajar bahwa kemajemukan itu adalah wujud kekayaan negeri yang bertabur keindahan. Dari Pancasila kita belajar bahwa setiap warga negara itu harus bangga dengan identitasnya.

17. Identitas kita adalah Pancasila. Pandangan hidup kita adalah Pancasila. Sumber hukum kita adalah Pancasila. Dan dasar negara kita adalah Pancasila. Mari kita daur ulang kembali semangat kebangsaan ini.

18. Dulu Bung Karno berpidato dengan berkobarkan semangat kemerdekaan, maka sekarang kita perlu ikut mengobarkan semangat Pancasila, terutama untuk Indonesia yang lebih baik.

19. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari kita satukan visi dan misi untuk memulihkan NKRI dari gangguan pandemi.

20. Hari demi hari berlalu, rasanya ujian bangsa ini semakin sulit. Tapi semoga dengan semangat Pancasila kita bisa tetap kuat, tetap tegar, dan pantang berpatah arang. Karena Indonesia adalah bangsa yang besar.

Boleh Baca: Kumpulan Puisi Menyentuh Hati Tentang Hari Lahir Pancasila

21. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari berbelanja ke warung tetangga dan banggalah menggunakan produk-produk dalam negeri.

22. Dari Pancasila kita bisa belajar tentang pentingnya merawat budaya bangsa. Mari kuatkan hati dan visi NKRI agar generasi muda penerus bangsa ini tidak mudah terpengaruh oleh budaya luar.

23. Banggakanlah dirimu dengan identitas Pancasila, dan banggakanlah Pancasila dengan karya.

24. Pancasila mengingatkan kita tentang betapa pentingnya makna kemerdekaan dalam persatuan. Maka darinya, mari kita jaga semangat kemerdekaan para pahlawan dan kita teruskan cita-cita mereka.

25. Sudah cukuplah kita dijajah hingga ratusan tahun. Kini, kita tidak boleh lagi dijajah, apalagi sampai mempunyai mental penjajah.

Gambar Kata-kata Bijak Hari Lahir Pancasila
Gambar Kata-kata Bijak Hari Lahir Pancasila. Dok. GuruPenyemangat.com

26. Yang membahayakan Pancasila di zaman ini bukanlah para penjajah dari luar negeri, melainkan warga negara sendiri yang sibuk mengadu domba.

27. Ujian terberat Pancasila adalah krisis identitas dan rendahnya rasa cinta tanah air. Maka darinya, mari kita gaungkan semangat Pancasila untuk memotivasi para pelajar dan generasi muda penerus bangsa.

28. Tanpa Pancasila bangsa ini bisa hancur, tapi jangan sampai pula Pancasila dicemari oleh pemikiran orang-orang yang tak punya hati. Kita boleh berpikir kritis dan analitis, tapi haram untuk mencaci.

29. Dari Pancasila kita bisa belajar tentang indahnya nilai gotong royong. Mari kita bersatu, jangan terpecah. Mari kita bersama, jangan bergerak sendiri dan semena-mena.

30. Selamat menyambut Hari Lahir Pancasila. Acara seremonial sungguh tidak akan berpengaruh banyak kepada kemajuan bangsa ini. Tindakan adalah yang paling utama, terutama tindakan yang disertai dengan niat yang murni untuk kemajuan bangsa.

Quotes Hari Lahir Pancasila yang Penuh Harapan dan Doa

Quotes Hari Lahir Pancasila
Quotes Hari Lahir Pancasila. Dok. GuruPenyemangat.com

31. Selamat Hari Lahir Pancasila. Semoga bangsa ini semakin kompak, dan semoga negara ini semakin sehat. Karena kita semua rindu dengan kemajuan.

32. Apalah artinya kata-kata bijak bila amat minim tindakan yang dilakukan. Apalah artinya bicara tentang nilai-nilai Pancasila bila amat minim pengamalan terhadapnya. Mari kita perdikit ucap dan perbanyak aksi.

Boleh Baca: Kumpulan Pantun dan Kata-kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila

33. Negara ini sungguh tidak pernah kehabisan orang-orang pintar, tapi mungkin kita merasa bahwa semakin hari semakin berkuranglah orang-orang yang peduli.

34. Selamat Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022. Harapanku tidaklah banyak. Aku hanya ingin bangsa ini saling bertegur sapa dalam damai dan semakin peduli dengan masa depan bangsa.

35. Dari Pancasila kita bisa memetik makna bahwa para pemimpin punya amanah besar untuk mewujudkan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Semoga Allah berikan kekuatan kepada para pemimpin kita yang sedang berjuang untuk menggapai kesejahteraan rakyat.

Caption Hari Lahir Pancasila
Caption Hari Lahir Pancasila. Dok. GuruPenyemangat.com

36. Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang peduli dengan keadaan rakyatnya. Pemimpin yang bijaksana adalah pemimpin yang mau mendengar keluh-kesah rakyatnya. Dan pemimpin yang mulia adalah pemimpin yang menjadikan setiap kebijakan dan perbuatannya tidak keluar dari nilai-nilai Pancasila.

37. Selamat Hari Lahir Pancasila. Mari jadikan Pancasila sebagai tindakan, bukan malah berteriak dan berkoar-koar tentang omong kosong.

38. Beda pendapat itu lumrah, tapi jika sampai bertengkar itu artinya kita masih termasuk bangsa yang bodoh. Pancasila mengajarkan kita untuk cerdas, cerdas dalam berkata, bersikap dan bertindak.

39. Pancasila itu mempersatukan, bukan memecah-belah. Pancasila itu mengakrabkan, bukan membagi menjadi golongan-golongan tertentu. Pancasila itu tenggang rasa, bukan intoleran. Pancasila itu berperikemanusiaan, bukan malah melahirkan orang-orang yang tak punya akhlak.

Boleh Baca: Kata-kata Bijak Tentang Pancasila yang Penuh Makna

40. Ideologi kita adalah Pancasila dengan berpegang teguh kepada semboyan Bhinneka Tunggal Ika. Selama bangsa ini masih ribut-ribut tentang perbedaan, maka selama itu pula kita akan sulit untuk menggapai kemajuan.

41. Aku tidak mengatakan bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang kukerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah. ~ Presiden Soekarno.

42. Pancasila itu berisikan lima butir mutiara yang indah. Mutiara itu; di tempat yang sekotor apa pun keindahannya tidak akan tercemar. Begitulah Indonesia. Indonesia selamanya akan tetap berani dan suci sebagaimana bendera merah putih. ~ Ozy V. Alandika.

43. Pancasila hadir bukan untuk mempertentangkan agama, karena semua sila-silanya berlandaskan agama dan bisa diterima oleh semua orang.

44. Selamat Hari Lahir Pancasila. Pada peringatan setiap tanggal 1 Juni ini, semoga ingatan kita tentang Pancasila semakin bertambah, bukan malah semakin tidak peduli dengan bangsa dan negara.

45. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Dengan memegang dasar Pancasila kita akan maju, lalu jika mengabaikannya kita akan jatuh.

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang kumpulan kata-kata bijak dan kata-kata mutiara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022 yang lengkap dengan gambar ucapan.

Kumpulan quotes di atas bisa Sobat jadikan caption untuk meramaikan postingan kebaikan di media sosial.

Oke deh. Semangat Hari Pancasila ya
Salam Pancasila!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "45 Kata-kata Mutiara Hari Lahir Pancasila Menyentuh Hati, Lengkap dengan Gambar Ucapan"