Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP yang Singkat dan Menyentuh Hati

Sobat Guru Penyemangat, bagaimana perasaan Sobat di detik-detik akhir bersekolah di SMP atau MTs saat ini?

Agaknya perasaaan Sobat cukup campur aduk ya. Ada rasa senang dan bahagia karena bakal segera menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, tapi ada pula rasa sedih dan ambyar karena harus berpisah dengan sekolah yang kita cintai.

Bersama-sama dalam kurun 3 tahun bukanlah waktu yang singkat. Tentu ada segudang kenangan yang patut diceritakan dan bahkan diingat sepanjang masa.

Nah, untuk menyukseskan kegiatan pelepasan siswa kelas 9, berikut Gurupenyemangat.com siapkan contoh teks pidatonya.

Contoh teks pidato perpisahan untuk jenjang SMP kelas 9 berikut ditulis singkat dan berisi kata-kata yang menyentuh hati.

Mari disimak ya:

Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 Singkat dan Menyentuh Hati

Teks Pidato Perpisahan Kelas 9
Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP yang Singkat dan Menyentuh Hati. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk kita semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala SMP………beserta wakilnya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Ketua Komite SMP……..beserta jajarannya
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Dewan Guru SMP…….beserta staf tata usaha
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid beserta para tamu undangan
Dan rekan-rekan siswa kelas 9 yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat sehingga kita bisa berkumpul bersama di hari ini dalam rangka melaksanakan kegiatan Pelepasan Siswa Kelas IX SMP…….

Shalawat dan salam mari senantiasa tercurahkan kepada Nabi teladan mulia, sayyidina Muhammad SAW, yang telah menuntun kita dari gelapnya dunia jahiliyah menuju terangnya dunia yang penuh dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagaimana yang kita rasakan hari ini.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Padahal rasa-rasanya kemarin saya dan rekan-rekan siswa kelas 9 baru saja mendaftar dan belajar di SMP ini.

Kita yang menginjakkan kaki pertama kali di sekolah ini waktu itu hanyalah seorang anak kecil yang baru saja tamat SD. Kata orang, kita waktu itu masihlah anak ingusan, yaitu anak yang baru menginjak usia remaja dan perlahan-lahan sedang belajar untuk menjadi pribadi yang dewasa.

Di SMP ini pulalah karakter dan pemikiran kita mulai terbentuk dan terarah. Dulunya kita mungkin masih berpikir bahwa sekolah itu adalah lahan untuk bermain, tempat untuk seru-seruan dan melepas penat. Tapi seiring berjalannya waktu, kita pun mulai tersadar bahwa dunia itu sungguh luas.

Oleh Bapak dan Ibu guru, kita dikenalkan dengan dunia yang amat luas, kita dikenalkan dengan tantangan masa depan yang amat kompleks, kita dikenalkan dengan karakter dan perilaku yang harus dimiliki oleh calon generasi sukses, serta banyak hal-hal penting lainnya.

Mungkin di kala berkenalan dengan ilmu yang amat mahal itu, kita masih banyak yang main-main, kurang serius, kurang perhatian, kurang beradab, atau bahkan kurang peduli walaupun sedikit.

Tapi sungguh, kita dan kami semua siswa-siswi kelas 9 merasa beruntung bisa belajar dan menimba ilmu di sekolah ini karena kita dipertemukan dengan guru-guru yang hebat, para pahlawan tanpa tanda jasa yang begitu tulus dalam mengajar dan mendidik.

Maka dari itulah, dari lubuk hati yang terdalam, saya mewakili teman-teman khususnya kelas 9 ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak/Ibu dewan guru serta segenap warga SMP………pada umumnya.

Tanpa guru, kami sungguh bukanlah apa-apa, bahkan kami tidak akan bisa menjadi apa-apa. Tanpa guru, kami hanyalah anak lemah nan rawan patah arang dan mungkin bakal kalah berperang sebelum menggapai masa depan.

Tanpa guru, kami sungguh tidak akan bisa apa-apa, pengetahuan kami amatlah sempit, keterampilan kami amatlah sedikit, pun demikian dan karakter untuk menghadapi dunia yang penuh tantangan ke depannya.

Bapak dan Ibu guru yang saya hormati;

Dalam 3 tahun mengarungi pendidikan dan pembelajaran di SMP yang kami cintai ini, rasa-rasanya mustahil kami tidak melakukan kesalahan, kekhilafan, dan keteledoran.

Ada-ada saja dari sikap kami yang barangkali membuat Bapak/Ibu guru menjadi sakit hati, kecewa, hingga terbebani.

Maka darinya, saya mewakli teman-teman kelas 9 mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya.

Kami harap, Bapak/Ibu guru rela memaafkan kami dan mengikhlaskan segenap ilmu dan pengetahuan yang diajarkan kepada kami agar menjadi bekal yang mantap dalam menggapai cita-cita di masa depan.

Dan sebagai akhir dari pidato perpisahan ini, saya bersama teman-teman siswa kelas 9 SMP…….mendoakan semoga Bapak/Ibu dewan guru beserta segenap warga SMP……..senantiasa sehat, selamat, sejahtera, dan berada dalam naungan Allah SWT.

Semoga Bapak/Ibu guru senantiasa Allah berikan kelapangan hati dalam mengajar dan mendidik anak-anak dan pelajar calon pemimpin bangsa ini.

Kepada Bapak/Ibu Dewan guru yang kami hormati, sebentar lagi kami akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi demi bisa lebih dekat dengan tujuan, impian, dan cita-cita kami.

Berkenaan dengan itu, kami mohon doa restu dari Bapak/Ibu guru agar kami dimudahkan dalam menempuh pendidikan, dimudahkan dalam mendapatkan ilmu yang bermanfaat, sehingga kami bisa menjadi anak yang berguna bagi diri kami sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, hingga bagi bangsa ini.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Contoh Teks MC Perpisahan SMP Kelas 9 Beserta Susunan Acara

Download Naskah Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP PDF

Untuk memudahkan Sobat Guru Penyemangat dalam menyampaikan sambutan, berikut Gurupenyemangat.com siapkan dokumen teks pidato Perpisahan Kelas 9 SMP dengan format PDF.

Dokumen pidato perpisahan singkat ini bisa disesuaikan atau dijadikan referensi untuk kegiatan pelepasan siswa di sekolah.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumen PDF-nya:

Pidato Perpisahan Kelas 9 165kb

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato perpisahan yang singkat dan menyentuh hati untuk kegiatan pelepasan siswa kelas 9 SMP.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Kesan dan Pesan Perpisahan untuk Guru dan Sekolah dalam Acara Perpisahan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP yang Singkat dan Menyentuh Hati"