Widget HTML #1

Contoh Kata Sambutan Kegiatan Nuzulul Qur’an untuk Ketua Panitia dan Pembuka Acara

Contoh Kata Sambutan Kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an
Contoh Kata Sambutan Kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;

Hai, Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat saat ini sedang mencari contoh kata-kata sambutan singkat namun menarik untuk kegiatan Nuzulul Qur’an?

Jika iya, maka beruntunglah Sobat bisa singgah di blog Gurupenyemangat.com.

Berikut telah disiapkan contoh kata-kata sambutan singkat tentang peringatan turunnya Al-Qur’an yang lengkap mulai dari kalimat pembuka, isi, ucapan terima kasih, permintaan maaf, hingga ayat Al-Qur’an pendek untuk menguatkan isi sambutan.

Contoh kata sambutan kegiatan Nuzulul Qur’an berikut ditulis singkat dan cocok untuk ketua panitia maupun pembuka acara.

Silakan disimak terlebih dahulu ya:

Contoh Sambutan Ketua Panitia Kegiatan Nuzulul Qur’an

Contoh Sambutan Ketua Panitia Kegiatan Nuzulul Qur’an
Contoh Sambutan Ketua Panitia Kegiatan Nuzulul Qur’an. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala rasulillah, wa ala alihi wasohbihi wa mawwalah. Asyhadu alla ilaha illalah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala…
Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu Undangan
Yang berbahagia, teman-teman seperjuangan
Dan yang sama-sama kita muliakan, Ustadz………yang berkenan hadir dalam rangka kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an bulan Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022.

Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puji serta syukur atas segala nikmat yang telah Allah SWT berikan, hingganya kita semua bisa berkumpul di ruangan yang penuh ilmu ini dalam rangka memetik momentum peristiwa mukjizat turunnya Al-Qur’an.

Shalawat berbingkai salam mari sama-sama kita persembahkan kepada Nabiyullah kekasih Allah, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan syafaat beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Pada bulan Ramadhan tepatnya tanggal 17 Ramadhan kita memperingati peristiwa besar berupa turunnya Al-Qur’an.

Di kala itu suasana Mekah sedang kacau, dan Rasulullah SAW berkali-kali mendapat kecaman serta teror dari kaum kafir.

Seketika itu pula Rasul pergi ke gua hira seraya menenangkan hati dan bermunajat kepada Allah SWT.

Dan subhanallah, malaikat Jibril pun turun ke dunia atas perintah Allah untuk menyampaikan wahyu pertama yaitu Surah Al-Alaq ayat 1-5 kepada Nabi Muhammad SAW.

Peristiwa itu sudah terjadi lebih dari 1400 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 610 Masehi, namun hingga hari ini kita masih semangat, masih ingat, serta masih termotivasi untuk menggaungkan kembali semangat membaca Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, serta menjadikan Qur’an sebagai pedoman hidup demi keselamatan di dunia dan akhirat.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Berkenaan dengan itulah kami selaku panitia kegiatan berusaha menggelar acara peringatan Nuzulul Qur’an pada bulan Ramadhan tahun ini.

Harapan utama kami dan kita semua ialah mengetuk kembali pintu hati umat muslim khususnya anak-anak muda generasi insan kamil untuk lebih dekat kepada Qur’an serta mencintai Al-Qur’an.

Maka darinya, saya mewakili segenap panitia kegiatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran Bapak, Ibu, tamu undangan, serta teman-teman sekalian.

Secara khusus saya pula mengucapkan terima kasih kepada segenap panitia yang telah bekerja keras untuk menyukseskan kegiatan hari ini. Pun demikian dengan para donatur, sponsor, serta segenap saudara-saudari yang mendukung kegiatan Nuzulul Qur’an baik secara materi dan non-materi.

Lebih daripada itu, kami memohon maaf atas segala kekurangan maupun kekhilafan yang timbul baik sebelum acara, ketika acara berlangsung, hinggalah penutupan kegiatan ini.

Mudah-mudahan tidak mengurangi semangat kita dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah melalui ilmu-ilmu Al-Qur’an.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Demikianlah sambutan yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini.

Besar harapan kami agar kita semua mengikuti kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 dengan semangat, hikmat, dan tertib hinggalah kegiatannya selesai nanti.

Saya akhiri, banyak maaf. Akhirul kalam;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Boleh Baca: Pidato Singkat Tentang Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Kata Sambutan Nuzulul Qur’an Singkat, Cocok untuk Pembuka Acara

Kata Sambutan Nuzulul Qur’an Singkat
Kata Sambutan Nuzulul Qur’an Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillahirrohmaanirrohiim.
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzi unzila fihil qur’an, hudallinnaasi wa bayyinati minal huda wal furqon. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholi ala Muhammad wa ala alihi wa sohbihi rasulillahi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu…….
Yang terhormat, Bapak Ibu Tamu undangan…
Anak-anak yang saya sayangi
Dan yang kami muliakan, al-Ustadz………yang alhamdulillah telah hadir dan berada di tengah-tengah kita.

Pertama memulai kata dan ucap, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat iman, islam, dan kesempatan sehingga pada bulan Ramadhan tahun ini kita bisa kembali menggelar kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1443 Hijriah di ruangan yang insyaAlah penuh barokah.

Shalawat berlantunkan salam mari kita sampaikan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya lidah dan hati ini bershalawat, kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia;

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia nan istimewa, dan salah satu keistimewaannya ialah diturunkannya Al-Qur’an.

Al-Qur’an yang berisikan 30 juz, 114 surat, 6236 ayat, dan 1.027.000 huruf ini diturunkan secara berangsur-angsur oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril.

Seketika Al-Qur’an diturunkan pertama kali di gua hira tepatnya pada 17 Ramadhan tahun 610 Masehi, hati Nabi Muhammad kala itu sedang gelisah dengan geliat kaum kafir yang semakin merajalela.

Pada waktu itu Surah yang turun pertama kali ialah Surah Al-Alaq ayat 1-5.

ٱقۡرَأۡ بِٱسۡمِ رَبِّكَ ٱلَّذِي خَلَقَ  

خَلَقَ ٱلۡإِنسَٰنَ مِنۡ عَلَقٍ  

ٱقۡرَأۡ وَرَبُّكَ ٱلۡأَكۡرَمُ  

ٱلَّذِي عَلَّمَ بِٱلۡقَلَمِ  

عَلَّمَ ٱلۡإِنسَٰنَ مَا لَمۡ يَعۡلَمۡ.

Nabi Muhammad SAW saat itu belum bisa membaca Al-Qur’an, tapi dengan izin Allah, malaikat Jibril meminta beliau untuk terus “Iqro”, membaca secara berulang-ulang hinggalah kemudian hafal, paham, dan kemudian menyampaikannya kepada umat manusia sebagai wahyu.

Anak-anak yang Bapak Sayangi;

Pada era milenial seperti saat sekarang ini, ternyata petikan hikmah dari peristiwa penuh mukjizat turunnya Al-Qur’an masihlah sama.

Kita setiap tahun melaksanakan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an dan diminta untuk terus “Iqro”, terus membaca Al-Qur’an, terus membaca makna Al-Qur’an, terus mengulang hafalan Qur’an, serta senantiasa istiqomah mengamalkan perintah dalam Qur’an.

Maka dari itulah, kegiatan keislaman semacam ini sangatlah baik untuk dilaksanakan baik itu di sekolah, di masjid, maupun di rumah kita sendiri bersama keluarga.

Dengan membaca Al-Qur’an, hati kita menjadi bersih, mendapat bonus pahala, dan Al-Qur’an pula akan menjadi “syafi’an abshorihi fi yaumil qiyamati” alias penolong siapa saja pembacanya di Hari Kiamat nanti.

Maka dari itulah, mari kita ikuti kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an pada Ramadhan tahun 1443 Hijriah ini dengan semangat, dengan niat yang baik, dan juga meninggikan motivasi untuk lebih dekat dan lebih cinta kepada Al-Qur’anul Karim.

Bapak, Ibu, serta anak-anak yang berbahagia. Dengan mengucapkan “Bismillahirrohmanirrohim”, kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 resmi dibuka.

Mari kita ikuti kegiatan ini dengan hikmat dan tertib sembari berharap mendapat ridho dan barokah dari Allah SWT.

Banyak maaf. Saya akhiri;
Wa billahi taufik wal hidayah, Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabaraktuh

Boleh Baca: Download Slide Presentasi Materi Keutamaan Membaca Al-Qur'an

Download Teks Kata Sambutan Nuzulul Qur’an PDF

Untuk memudahkan panitia kegiatan serta pembuka acara Nuzulul Qur’an, Guru Penyemangat telah menyiapkan contoh sambutan acara yang bisa diunduh dalam format PDF.

Sobat Guru Penyemangat bisa menyesuaikan pembukaan Sambutan dan tempat kegiatan, apakah itu di sekolah, di masjid, di mushola, di aula, di lapangan, atau di instansi kerja.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumen PDF-nya ya:

Sambutan Panitia Nuzulul Qur’an PDF

Sambutan Nuzulul Qur’an Singkat PDF

***

Boleh Baca: Contoh Teks Pembawa Acara Kegiatan Nuzulul Qur'an di Masjid dan Sekolah

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang contoh naskah dan kata-kata sambutan untuk menyukseskan kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an di bulan Ramadhan tahun ini.

Contoh sambutan di atas cocok untuk disampaikan oleh ketua panitia kegiatan maupun pihak pejabat pembuka acara.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Kata Sambutan Kegiatan Nuzulul Qur’an untuk Ketua Panitia dan Pembuka Acara"