Widget HTML #1

Bacaan Doa Selesai Shalat Witir di Bulan Ramadhan yang Masyhur, Arab dan Latinnya

Bismillah;

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan kemuliaan ya.

O ya, pada malam bulan Ramadhan biasanya setelah Shalat Isya’ kita melaksanakan ibadah Shalat Tarawih dan dilanjutkan dengan Shalat Witir.

Biasanya jumlah rakaat Shalat Tarawih berbeda-beda, mulai dari 8 rakaat, 20 rakaat, hingga 36 rakaat.

Meskipun begitu, jumlah Shalat Witir yang dijuluki juga dengan Shalat Penutup selalu berjumlah 3 rakaat.

Hanya saja cara pengerjaannya yang berbeda. Ada masjid yang mengerjakannya dengan 3 rakaat satu salam. Ada pula yang dipisah 2 dan 1 rakaat.

Nah, apakah Sobat sering mendengar lafaz “Allaahumma inna nas’aluka iimaanan daa-iman.”?

Jika iya, maka Sobat baru saja mengingat kembali doa yang masyhur dibacakan oleh imam pada saat selesai Shalat Witir berjamaah di masjid maupun musala.

Doa yang disusun oleh para ulama ini memiliki arti yang begitu indah. Isinya mulai dari doa meminta keteguhan iman, hati, perlindungan, hingga kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, telah disiapkan bacaan doa sesudah Shalat Witir yang masyhur beserta Arab dan Bahasa Indonesia.

Mari disimak ya:

Bacaan Doa Selesai Shalat Witir Arab dan Bahasa Indonesia

Bacaan Doa Selesai Shalat Witir di Bulan Ramadhan yang Masyhur
Bacaan Doa Selesai Shalat Witir di Bulan Ramadhan yang Masyhur. Dok. Gurupenyemangat.com

Berikut Guru Penyemangat sajikan teks doa yang bisa dibacakan oleh imam, makmum, maupun jamaah setelah selesai melaksanakan Shalat Witir pada malam bulan Ramadhan.

Doa Witir

اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ

اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Latin:

Bacaan Latin Doa Sesudah Shalat Witir
Bacaan Latin Doa Sesudah Shalat Witir. Dok. Gurupenyemangat.com

Allahumma innaa nas’aluka iimaanan daa-imaan, wanas-aluka qalban khaasyi’an, wanas-aluka ‘ilman naafi’an, wanas-aluka yaqiinan shaadiqon, wanas-aluka ‘amalan shaalihan, wanas-aluka diinan qayyiman, wanas-aluka khairan katsiran, wanas-alukal ‘afwa wal’aafiyah, wanas-aluka tamaamal ‘aafiyah, wanas-aluka syukra ‘alal ‘aafiyah, wanas-alukal ghinaa-a ‘aninnaas.

Allahumma rabbanaa taqabbal minnaa shalaatanaa washiyaamanaa waqiyaamanaa watakhusy-syu’anaa watadhorru’anaa wata’abbudanaa watammim taqshiiranaa yaa allaahu yaa allaahu yaa allaahu yaa arhamar raahimiin. washallallaahu ‘alaa khairi khalqihi muhammadin wa’alaa aalihi washahbihi ajma’iin, walhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Arti Doa Selesai Shalat Witir

Ya Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang teguh, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu’, kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia.

Ya Allah, Ya Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu’an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami.

Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Ya Allah Ya Allah Ya Allah, Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. 

Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam.

Download Teks Doa Sesudah Shalat Witir PDF

Bagaimana dengan teks doa yang bisa dibacakan sesudah Shalat Witir khususnya di bulan Ramadhan di atas?

Bacaannya cukup mudah dilafazkan dan arti serta makna doa yang terkandung di dalamnya sungguh indah, kan?

Begitulah sejatinya susunan teks doa. Bahwa doa itu sebaiknya dimulai dengan pujian kepada Allah, serta tidak lupa bershalawat kepada Nabiyullah.

Bila Sobat Guru Penyemangat ingin mengunduh teks doa Witir, Gurupenyemangat.com telah menyiapkan link unduhan dokumen doa setelah Shalat Witir dengan format PDF.

Doa Selesai Witir.PDF 160kb

Silakan Sobat pilih tombol download untuk mendapatkan dokumennya secara gratis. Sobat pula bisa mencetaknya di kertas sehingga lebih mudah untuk dihapal dan dibaca.

Boleh Baca: 3 Pilihan Doa Setelah Shalat Witir Sesuai Sunnah Lengkap dengan Hadisnya

***

Demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat tentang bacaan doa setelah selesai Shalat Witir khususnya di bulan Ramadhan yang masyhur.

Semoga bermanfaat ya, dan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan.
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Bacaan Doa Selesai Shalat Witir di Bulan Ramadhan yang Masyhur, Arab dan Latinnya"