Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review FlexClip Video Maker, Alat Pembuat Video Online dengan Fitur Terbaik

Review FlexClip Video Maker, Alat Pembuat Video Online dengan Fitur Terbaik
Review FlexClip Video Maker, Alat Pembuat Video Online dengan Fitur Terbaik. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, apakah kamu suka membuat dan mengedit video secara online?

Bila Sobat adalah seorang siswa, guru, pebisnis, influncer, atau bahkan konten kreator, rasanya Sobat tidak akan jauh-jauh dari yang namanya alat alias aplikasi pembuat video.

Mau bagaimana lagi, di dunia serba digital seperti saat sekarang ini, kita dipaksa untuk lebih dekat dan akrab dengan penggunaan aplikasi dan platform berbasis digital.

Tambah lagi semenjak kehadiran pandemi Covid-19 yang masih mengguncang ekosistem dunia, segala keperluan yang kemarin dilakukan secara tatap muka, sekarang berubah menjadi online.

Namun, apakah pernah terpikir oleh Sobat Guru Penyemangat bahwa cukup susah untuk mencari rekomendasi tools pembuat video online terbaik?

Jika iya, maka dirasa perlu bagi kita untuk menyimak review dan berkenalan dengan FlexClip Video Maker, platform pembuat video online dengan fitur terbaik.

Nah, berikut Gurupenyemangat.com sajikan secarik review-nya, ya. Lengkap kok.

Review FlexClip Video Maker

Review FlexClip Video Maker
Tampilan Storyboard FlexClip Video Maker Guru Penyemangat. Dok. FlexClip.com

Kok bisa Guru Penyemangat katakan bahwa FlexClip adalah salah satu platform pembuat video online dengan tools dan fitur terbaik? Mari kita simak review lengkapnya ya.

Apa Itu FlexClip?

Barangkali banyak dari Sobat Guru Penyemangat yang belum begitu akrab dengan platform yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa FlexClip adalah alat pembuat sekaligus pengedit video secara online yang dikembangkan oleh PearlMountain.

PearlMountain sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang software.

Dengan menggunakan FlexClip Video Maker, kita bisa dengan mudah membuat video sederhana namun berkualitas tinggi sehingga tampak seperti konten kreator profesional.

Pada saat sekarang ini, FlexClip Video Maker sudah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Termasuklah Guru Penyemangat sendiri.

Karena diriku adalah seorang guru sekaligus konten kreator, kehadiran FlexClip dirasa sangat bermanfaat bagiku terutama dalam membuat video presentasi, konten YouTube, dan keperluan bisnis.

Fitur-fitur yang Ada di FlexClip Video Maker

Fitur-fitur yang Ada di FlexClip Video Maker
Fitur-fitur yang Ada di FlexClip Video Maker. Dok. FlexClip.com

Setelah Guru Penyemangat memeriksa halaman utama FlexClip di www.flexclip.com, ternyata ada sederet sederet fitur keren yang bakal membantu kita mengedit video online dengan mudah.

Berikut sajian tentang ragam fitur tersebut:

1. Ragam Template Video Tinggal Edit

Salah satu fitur utama dari FlexClip Video Maker ialah sudah tersedia begitu banyak template tinggal edit dengan berbagai tema yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Sobat.

Ada template paling populer, template pilihan editor, template promo & penjualan, gaya hidup, real estat, slide show, iklan, pendidikan, perusahaan, ulang tahun, dan masih banyak lagi.

Sebelum menyesuaikan atau melakukan kostumisasi pada video, Sobat juga bisa melakukan pratayang terlebih dahulu.

2. Fitur Unggah Media

Fitur berikutnya yang bisa kita nikmati saat menggunakan FlexClip Video Maker ialah “Unggah Media”.

Sobat Guru Penyemangat bisa mengunggah media sendiri baik berupa foto, gambar, ilustrasi, musik, hingga video. O ya, Sobat juga bisa mengunggah font dan melakukan perekaman secara instan lho!

3. Pembuat Teks dengan Beragam Gaya

Kalau cuma gonta-ganti font tulisan, itu rasanya sudah biasa, kan? Tapi di sini FlexClip tampil beda dengan fitur pembuat teks yang lengkap.

Dalam mengedit maupun membuat video, kita bisa memilih apakah mau menggunakan teks dinamis, judul modern, teks bergaya, teks plus media sosial, teks sepertiga lebih rendah, hingga teks judul kuas.

4. Stok Video

Bila Sobat Guru Penyemangat ingin yang instan, Sobat bisa menggunakan stok video yang ada di FlexClip.

Dalam fitur ini sudah tersedia video pendek dengan beragam topik, tema, hingga animasi.

5. Foto

Tidak lengkap rasanya jika kita membuat video namun tidak dihiasi foto. Nah, kita bisa mencari foto dengan beragam tema, baik foto ilustrasi, real estat, hingga animasi GIF.

6. Musik

Daripada repot-repot download musik, rasanya mendingan kita manfaatkan fitur musik di FlexClip untuk keperluan sisip audio.

Mencari musik di sini pun lebih mudah karena kita bisa memfilternya berdasarkan kategori. Misalnya model musik dark, epic, happy, hingga inspiring. Atau jenis musik blues, ambient, classical, hingga cinematic.

7. Elemen

Bagi para konten kreator dan peracik video, fitur elemen seakan menjadi kelengkapan wajib yang tidak boleh dikesampingkan.

Beruntung FlexClip Video Maker memiliki fitur elemen lengkap mulai dari icon sosial media, masker, bingkai, rupa, panah, ulang tahun, bisnis, edukasi, dan sederet tema lainnya.

8. Lapisan

Ingin videomu tampak semakin profesional? Nah, biasanya video profesional itu dibuat dan diedit dengan menambahkan lapisan baik dari segi bentuk, logo, hingga dekoratif. Sobat Guru Penyemangat bisa gunakan fitur ini di FlexClip.

9. Background

Jarang-jarang kan ada fitur background yang berbentuk video? Nah, inilah salah satu fitur keren yang sekaligus menjadi unggulan platform FlexClip Video Maker.

Kita bisa menggunakan latar belakang video tema abstrak, tema teknologi, tema geometris, gradien, efek, hingga tema animasi lainnya sesuai dengan keinginan.

10. Watermark

Merasa khawatir bila video hasil buatanmu yang diunggah di YouTube maupun media sosial dicuri oleh orang lain?

Nah, inilah pentingnya watermark terhadap suatu karya video. Di FlexClip Video Maker, kita bisa membuat watermark dengan mengolaborasikan teks dan citra sesuai posisi yang diinginkan.

11. Ragam Pilihan Rasio Video

Biasanya, video yang kita bikin di handphone maupun di tools pembuat video online itu hanya berbentuk landscape atau potrait, kan?

Namun bila Sobat menggunakan online video editor FlexClip, Sobat bisa memilih rasio video 16:9, 1:1, 9:16, 4:5, hingga 21:9.

12. Fitur Terbaik Lainnya di FlexClip

Bila Sobat Guru Penyemangat berkunjung ke halaman depan www.flexclip.com, di bagian tools terdapat ragam fitur unggulan yang sangat berguna.

Selain membuat video, di FlexClip kita bisa memanfaatkan alat Slideshow Maker, Meme Generator, GIF Maker, Screen Recorder, Trim Video, Merge Video, Compress Video, Convert Video, Add Music to Video, Add Text to Video, Add Watermark to Video, hingga Add Transitions to Video.

Bagaimana, keren, kan?

Boleh Baca: Rekomendasi Alat Edit Video Gratis untuk Guru dan Siswa

Kelebihan FlexClip Video Maker

Sejatinya dari melirik ragam fitur di atas, Sobat Guru Penyemangat secara tidak langsung sudah bisa menyimpulkan seperti apa kelebihan FlexClip Video Maker.

Berikut aku sajikan sederet kelebihannya:

1. Tidak Perlu Men-download dan Registrasi

Kelebihan utama dari platform buat dan edit video online yang satu ini ialah kita tidak perlu mengunduh video maupun melakukan registrasi.

Dari halaman FlexClip kita bisa langsung membuat, mengunggah, maupun mengedit video sesuka hati.

2. Bisa Memilih Berbagai Macam Template Video, Foto, dan Musik yang Sudah Jadi

Aku tahu kok bahwa kamu itu sibuk. Sama, aku juga sibuk. Hahaha. Tapi kita beruntung karena di FlexClip kita bisa langsung menggunakan template video, foto, dan musik yang sudah siap pakai.

Tinggal pakai rumus drag and drop, lalu langsung share deh. Semudah itu, kan?

3. Storyboard Bersih

Bola Sobat Guru Penyemangat memerhatikan sekali lagi tampilan dashboard editor yang sudah aku sajikan di atas, bisa dikatakan bahwa storyboard FlexClip cukup simpel dan bersih.

Dengan storyboard yang simpel, semakin mudah bagi kita untuk memangkas video, menyisipkan teks, menambahkan musik, dan merekam layar dengan beberapa klik.

4. Platform Berbasis Cloud

O ya, kelebihan lain dari FlexClip yang tidak boleh kita kesampingkan ialah; proses pembuatan dan pengeditan video di tools ini tidak memerlukan ruang penyimpanan khusus. Soalnya, FlexClip adalah platform edit video berbasis cloud.

Selain daripada kelebihan di atas, apakah FlexClip memiliki kekurangan?

Sejauh pengalaman Guru Penyemangat, kekurangan yang aku temui ialah dari sisi loading situs alias proses memuat yang cukup lambat bila menggunakan hotspot/tethering dari Smartphone.

Maka dari itu, Guru Penyemangat sarankan agar Sobat mengedit video di FlexClip menggunakan jaringan WiFi atau jaringan internet lain yang cukup cepat dan stabil.

Cara Membuat dan Mengedit Video di FlexClip Video Maker, Gratis!

Apakah sekarang Sobat Guru Penyemangat sudah tertarik untuk membuat video di FlexClip?

Berikut langkah-langkah membuat dan mengedit video di FlexClip Video Maker secara gratis:

1. Buka FlexClip.com

Hal pertama yang kita lakukan ialah mengunjungi laman utama FlexClip.com. Setelah laman utama FlexClip dimuat, kita bisa langsung membuat video dengan memilih menu Create by Templates atau Start from Scratch.

2. Pilih Template Video Kesukaanmu

Untuk membuat video profesional, kita bisa langsung memilih template gratis yang sudah disediakan oleh FlexClip. Silakan pilih template dengan mengetikkan kata kunci terkait tema video yang kamu inginkan.

3. Jelajahi Fitur Lengkap FlexClip

Jangan buru-buru untuk menyudahi kegiatanmu di laman editor FlexClip. Siapkanlah kopi hitam hangat dan liriklah beberapa fitur unggulan di FlexClip untuk menghasilkan video terbaik.

Adapun ragam fiturnya bisa kamu cermati di sisi kiri tampilan PC.

4. Export dan Bagikan Video

Bila video sudah selesai dibuat dan diedit, kita bisa mengekspornya dalam format video maupun GIF. Namun sebelum itu, kita perlu melakukan login terlebih dahulu.

Login ke FlexClip via Email atau Facebook

Login ke FlexClip via Email atau Facebook. Tangkapan layar oleh Gurupenyemangat.com

Bila Sobat Guru Penyemangat belum bisa login, silakan mendaftar terlebih dahulu menggunakan akun google atau Facebook. O ya, jangan lupa melakukan verifikasi pendaftaran melalui email ya.

Setelah melakukan eksport video, kita bisa menyetel judul dan intro video. Kamu juga bisa langsung membagikan video dengan menyalin link, embed video ke situs, unggah ke YouTube, mem-publish video ke Dropbox, atau mengunduh video dalam format MP4 atau GIF.

Tampilan Proses Eksport Video di FlexClip Video Maker
Tampilan Proses Eksport Video di FlexClip Video Maker. Tangkapan Layar oleh Gurupenyemangat.com

***

Nah, demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat mengenai review FlexClip Video Maker, Kelebihan dari segi fitur dan penggunaan, hingga tutorial membuat video di FlexClip.

Mudah-mudahan bermanfaat, ya.

Boleh Baca: Cara Menggunakan PowToon untuk Membuat Video Pembelajaran

O, ya, satu lagi;

Sobat Guru Penyemangat bisa menggunakan FlexClip Video Maker secara gratis untuk mendapatkan fitur unduhan video SD 480p,  stok video per proyek (maksimal 12 proyek) dengan panjang video hingga satu menit.

Adapun untuk paket premium dengan kualitas video lebih tinggi dan stok video + proyek yang lebih banyak, kamu bisa mendapatkannya mulai dari $5,99/bulan.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Review FlexClip Video Maker, Alat Pembuat Video Online dengan Fitur Terbaik"

Promo Cashback & Voucher Shopee