Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Powtoon untuk Membuat Video Pembelajaran

Membuat video animasi pembelajaran merupakan salah satu cara untuk meninggikan minat belajar siswa. Proses pembelajaran yang menarik tentu akan menambah semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. 

Dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sekarang ini untuk membuat video animasi pembelajaran tidaklah sulit. Sudah tersedia beragam aplikasi yang memudahkan tenaga pengajar dalam membuat video animasi pembelajaran.

Salah satu aplikasi video animasi pembelajaran yang mudah digunakan, yaitu Powtoon. Powtoon adalah sebuah aplikasi berbasis web sederhana yang digunakan untuk membuat video animasi menarik dengan cepat.

Template video Pembelajaran di PowToon
Template video Pembelajaran di PowToon. Screenshot by gurupenyemangat.com

Aplikasi powtoon memiliki banyak animasi lucu dan menarik yang dapat diunduh dan digunakan. Aplikasi ini banyak dimanfaatkan oleh kalangan akademisi maupun persentator.

Cara menggunakan aplikasi powtoon sangat mudah. Apabila kita ingin membuat video animasi pembelajaran yang menarik, cara menggunakan Powtoon sangat perlu untuk diketahui. 

Aplikasi ini akan sangat membantu proses pembelajaran. Dengan aplikasi Powtoon, siapapun bisa membuat animasi menarik tanpa harus menjadi animator handal. Berikut tahap-tahap penggunaannya:

Masuk dan Daftar Pada Layanan Aplikasi PowToon

Sebelum mendaftar ke aplikasi, kita perlu tahu bahwa aplikasi ini juga bisa diakses melalui smartphone. Namun, bagi pengguna baru, harus masuk ke layanan aplikasi via chrome lewat PC terlebih dahulu.

Berikut di bawah ini langkah-langkah yang harus dilakukan. Lakukan secara benar agar proses pendaftaran tidak gagal.

  • Buka layanan google chrome melalui PC. Kemudian ketik pada google "Sign Up PowToon Gratis". Atau, klik saja link berikut: https://www.powtoon.com/account/signup/
  • Tunggu hingga kita dialihkan ke laman sign up ini, kemudian pilih opsi pendaftaran akun sesuai yang diinginkan. Namun, disarankan untuk mendaftar menggunalan email Google, supaya lebih mudah.
  • Masukkan nama depan dan belakangmu, email dan buat password.
  • Klik bacaan "Sign In Me Now", nanti akan muncul notifikasi atau pemberitahuan untuk melakukan verifikasi.
  • Buka email yang tadi digunakan untuk mendaftar sebelumnya. Lalu klik pesan masuk dari PowToon.
  • Nanti akan terlihat kalimat, "Active your PowToon account [ON DEKSTOP]"
  • Scroll ke bawah, cari kotak warna biru tua dengan bacaan "Confirm and Continue". Lalu klik.
  • Pada halaman beranda PowToon, nantinya kita akan diminta untuk memilih untuk apa aplikasi tersebut. Isi saja untuk penggunaan pribadi, atau juga bisa untuk pemasaran/bisnis
  • Setelah proses verifikasi selesai, kita sudah bisa menggunakan PowToon.

Itulah proses daftar aplikasi PowToon. Sangat mudah, bukan? Selanjutnya bagaimana sih cara menggunakan aplikasi powtoon untuk membuat project

Setelah mendaftar, hal yang harus dilakukan adalah membuat project animasi yang diinginkan. Cara membuatnya juga tidak sulit, Anda bisa mengikuti langkah-langkah selanjutnya.

Mulai Membuat Project di Aplikasi PowToon

Setelah selesai mendaftarkan akun PowToon, selanjutnya kitapasti ingin segera membuat project untuk pembelajaran atau presentasi. Ada langkah-langkah sederhana yang harus dilakukan untuk membuat video animasi. 

Oke, berikut langkah-langkah membuat video animasi di aplikasi PowToon. Untuk yang belum pernah membuat, ini tidak akan sulit, cukup ikuti langkah-langkahnya.

  • Setelah proses persetujuan verifikasi tadi berhasil, kita akan dialihkan ke laman berikutnya.
  • Pilih bacaan "Yes, Count Me In" kemudian klik "Continue".
  • Pertama-tama, pilih template yang ingin digunakan. Misalnya "Presentasi", maka pilih dan klik template tersebut.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul beberapa pilihan template. Pilih sesuai keinginan dan kebutuhanmu.
  • Klik "Use" pada templale yang dipilih. Tapi sabar, ya. Kita harus menunggu proses loading hingga selesai. Biasanya butuh waktu yang lumayan lama.
  • Setelah itu akan muncul jendela editor untuk membuat animasi. Kita bisa segera membuat video animasi untuk pembelajaran.
  • Pada bagian kiri terdapat opsi untuk membantu menambahkan atau menghapus slide.
  • Kita juga bisa mengedit isi video dengan menggunakan opsi timeline yang terletak di bagian panel sebelah kanan. Seperti, layout, background, text hingga menambah icon-icon menarik.
  • Klik palet warna yang tersedia untuk mengganti warna sesuai keinginanmu.
  • Sebelum hasil video animasi disimpan, putar ulang untuk memastikan apakah video sudah sesuai keinginan.

***

Demikianlah secarik cara menggunakan aplikasi Powtoon. Kita bisa berkreasi sesuka hati, sesuai dengan keinginan dan kebutuhan hati.

Buatlah video animasi pembelajaran atau presentasi ajar semenarik mungkin. Dengan begitu proses pembelajaran dan presentasi menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Menyimpan Video Animasi PowToon

Setelah video animasi pembelajaran yang dibuat selesai, tentunya kita harus menyimpannya di hape maupun di PC. Namun, video animasi tersebut tidak bisa langsung tersimpan. Berikut tahapan yang harus dilakukan untuk menyimpan video animasi PowToon:

  • Setelah hasil video ajar dipastikan sudah selesai, klik opsi "Ekspor" lalu pilih "Ekspor Option" dan pilih opsi yang Anda butuhkan. 
  • Bila ingin menyimpannya di folder penyimpanan, maka pilih "Download MP4" tapi bila ingin mengunggah ke media sosial, seperti Youtube maka pilih "Youtube". Masuk ke akun Youtube milikmu dan langsung unggah.

Saya menyarankan agar kita langsung mengunggah video pembelajaran dengan memilih "Youtube" dari laman PowToon. Soalnya, kalau mau download versi MP4, maka kita perlu meng-upgrade ke akun premium. Mau segera upgrade? Silakan. Kalo saya mau coba yang gratisannya dulu. :-)

O ya, lebih jauh, setelah mengetahui cara menggunakan aplikasi PowToon, ada hal yang perlu kita perhatikan. Aplikasi PowToon memang menjadi solusi saat terpepet deadline

Meskipun mempermudah, tidak sedikit pengguna yang masih merasa kesulitan. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kendala saat membuatnya.

  • Gunakan Dekstop atau PC, karena aplikasi PowToon sulit diakses melalui smartphone.
  • Pastikan jaringan internet lancar, karena jika jaringan jelek maka proses pembuatan video animasi akan berjalan lama. Soalnya video animasi cukup memakan kuota.
  • Sebaiknya gunakan video dengan kualitas HD, agar video tidak pecah ketika disimpan.

Nah, itulah detail cara dan panduan menggunakan aplikasi PowToon. Aplikasi ini bisa mempermudah kita dalam proses pembelajaran maupun presentasi. Kreasikan video animasimu semenarik mungkin. Semoga langkah-langkah penggunaan aplikasi ini bermanfaat.

Mau lihat contoh video sederhana ala saya? Ini dia....


Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar dan Menggunakan Aplikasi Powtoon untuk Membuat Video Pembelajaran"

Promo Cashback & Voucher Shopee