Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Rekomendasi Alat Edit Video Terbaik Untuk Guru dan Siswa, Gratis!

Alat Edit Video Terbaik Untuk Guru dan Siswa
Alat Edit Video Terbaik Untuk Guru dan Siswa. Ilustrasi dari Template Pembelajaran di invideo.io

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Dirimu pasti merasakan betul bahwa dunia mengalami kemunduran yang signifikan akibat dari pandemi COVID-19.

Virus jahat ini telah memaksa kita untuk membuat pilihan dan keputusan sulit yang diperlukan demi kelangsungan hidup spesies manusia.

Ya! Jika dirimu bertanya kepada seseorang setahun yang lalu apakah mereka tertarik untuk menyelenggarakan kelas kuliah online, mereka akan bisa jadi akan tertawa. Jelas, kan? 

Soalnya kita sudah nyaman belajar tatap muka.

Namun, coronavirus sekarang laksana kegilaan terbaru dan kebutuhan paling mendesak sekarang.

Seluruh dunia telah melihat bagaimana jutaan siswa terus berjuang menyelesaikan pendidikan mereka melalui penggunaan sumber daya internet.

Jadi, jikalau dirimu ingin membuat video pembelajaran untuk dibagikan kepada orang lain dan membantu mereka belajar darinya, ada beberapa pilihan alat yang bisa membantu kita.

Terkhusus jika dirimu butuh tools alias alat edit terbaik untuk membuat video pendidikan bagi siswa dan guru. Berikut Gurupenyemangat.com sajikan rekomendasinya:

Alat Edit Video Terbaik untuk Guru dan Siswa

 1. InVideo

O ya, InVideo dengan cepat memantapkan dirinya sebagai online video editor yang fleksibel dan kaya fitur editor video.

Bahkan, alat edit video InVideo boleh dianggap sebagai website terbaik terutama untuk guru dan siswa dalam membuat bahan pembelajaran online.

Dengan bantuan editor video di platform ini, sahabat para guru dapat dengan cepat menghasilkan video pembelajaran yang menarik dan inspiratif untuk siswa.

Tersedia pula tampilan visual yang mudah dan intuitif yang sesuai untuk pemula maupun guru yang berpengalaman dalam memanfaatkan fitur video.

Selain itu, situs edit video online gratis ini memiliki alat audio, overlay merek dan teks, transisi, pengeditan kolaboratif, kemampuan pemisahan dan penggabungan, bahkan masih banyak lagi.

Cara membuat video pembelajaran menggunakan situs InVideo bahkan sangat mudah.

Baik guru maupun siswa bisa memulainya dengan tiga langkah yaitu pilih template, sesuaikan, lalu download atau langsung unggah ke YouTube, Facebook, hingga Instagram.

Alhasil, para guru bakal sangat terbantu terutama dalam membuat video pembelajaran daring yang menarik. Jika diunduh, bagus pula untuk ditayangkan di LCD Proyektor.

O ya, InVideo ini dapat diakses secara gratis lho!

Meski demikian, kita rasanya juga perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan ke versi Pro jika ingin mengakses beragam alat dan fitur yang lebih canggih.

InVideo memungkinkan guru maupun siswa dapat membuat tayangan slide maupun video yang indah, lucu, menarik, bahkan tanpa watermark alias tanda air. Keren, kan? Nah lho!

Jika dirimu menyadari bahwa rekaman mungkin mendapat manfaat dari peningkatan tambahan, Kamu dapat mencari bantuan dari perusahaan pengeditan video profesional.

 2. Windows Movie Maker

Edit Video di Windows Movie Maker
Edit Video di Windows Movie Maker. Illustrated by Microsoft

Platform Windows Movie Maker adalah editor Video untuk sistem operasi Windows. Ini benar-benar gratis untuk digunakan, dengan prasyarat Kamu harus memiliki komputer Windows.

Software ini mudah untuk digunakan karena ada opsi drag-and-drop yang mulus, klip audio, efek visual, dan kemampuan pengeditan video dasar yang tinggal klik. Selain itu, kita pula memiliki opsi untuk menambahkan trek audio sendiri.

Karena desainnya yang ramah pengguna, aplikasi ini mungkin bermanfaat bagi guru maupun siswa, bahkan jika dirimu adalah seorang pemula.

Namun, Windows Movie Maker dianggap sebagai alat edit video yang relatif dasar.

Dalam penggunaannya, sulit untuk penambahan animasi karena memiliki kumpulan fitur terbatas secara keseluruhan.

Sedihnya lagi, Windows Movie Maker tidak kompatibel dengan Windows 8, sehingga mustahil bagi guru untuk membuat video yang kaya dan interaktif di kelas untuk pembelajaran langsung dengan Windows 8. Hemm

3. iMovie

iMovie
Picture from iMovie

Macbook adalah gadget yang populer di kalangan siswa dan instruktur di seluruh dunia, terutama di Amerika Serikat. Ia menawarkan kepada pelanggannya iMovie, editor video yang fleksibel dan mudah digunakan.

Ini juga kompatibel dengan iPhone dan iPad Apple. Ini dapat diakses secara gratis di perangkat Apple dan memberi pengguna beberapa fungsi yang berguna.

Jika Guru maupun siswa ingin membuat tayangan slide dasar atau video berdurasi penuh, ini adalah alat yang mudah digunakan.

Dirimu dapat memilih dari sejumlah template yang berbeda. Ini juga mencakup fungsi drag-and-drop.

iMovie menawarkan sejumlah fitur menarik. Di antaranya adalah opsi menaikkan atau menurunkan kecepatan klip video. Selain itu, kita pula dapat menggunakan filter dan lapisan gambar untuk menyempurnakan pekerjaan.

iMovie menyediakan berbagai pilihan soundtrack yang dapat digunakan sebagai audio latar belakang. 

Dirimu juga dapat menggunakan sulih suara untuk menyempurnakan presentasi. Untuk melanjutkan mengedit film, Kamu cukup beralih antara iPhone dan Mac.

4. Biteable

Biteable Interface
Interface by Biteable

Untuk instruktur, membuat video maupun film yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa bisa menjadi tugas yang sangat berat. Mereka harus memasukkan unsur-unsur yang menghibur dan mendidik bagi anak-anak yang lebih muda.

Biteable adalah alat berbasis situs web mutakhir yang mengenali dan mengantisipasi persyaratan ini untuk memberikan solusi proaktif.

Guru yang mengajar di kelas yang penuh sesak dengan jumlah murid yang banyak tidak memiliki waktu untuk membuat dan mengedit film mereka dengan sempurna secara hati-hati.

Alat seperti Biteable memberikanmu tema orisinal, transisi efektif, efek suara, dan fitur lain untuk membuat video pembelajaran yang lebih menarik. Tampilan visualnya halus dan mudah untuk digunakan.

O ya, ada paket gratis yang tersedia untuk guru dan siswa yang ingin memanfaatkannya. Namun, ada opsi berlangganan paket premium untuk memanfaatkan fitur tambahan tertentu.

Dimungkinkan untuk menggunakan Biteable di laptop atau komputer desktop dengan browser web apa pun yang bagus.

5. Animoto

Animoto Features Page
Animoto Features Page

Dalam hal berkomunikasi, format slideshow telah lama dianggap kuat dan sederhana. Ini bukan video yang cukup tapi cukup dekat.

Meskipun demikian, tools ini memiliki kemampuan untuk menyampaikan informasi lebih efektif daripada foto.

Meskipun sebagian besar aplikasi yang tercantum di atas dapat digunakan untuk membuat tayangan slide, Animoto telah lama dianggap sebagai yang terbaik.

Saat diunduh sebagai aplikasi iOS, aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk digunakan.

Yang harus kita lakukan adalah mengunggah gambar dan video, lalu alat ini akan mengurus sisanya! Ini termasuk filter, tipografi, dan trek musik yang dapat membantu siswa dan guru dalam mengekspresikan diri mereka secara kreatif.

Selain itu, kita bisa membuat akun untuk beberapa orang dan berkolaborasi dalam proyek video.

Sebagai seorang guru, kita dapat membuat akun untuk murid yang mana mereka dapat masuk dan menyelesaikan tugas.

Kita dapat menggunakan Animoto di perangkat seluler, atau browser web, tergantung pada kebutuhan pembelajaran.

Kesimpulan

Secara global, video pendidikan telah digunakan secara luas dalam pembelajaran daring berbasis E-Learning.

Hadirnya pandemi corona telah memaksa siswa untuk mengikuti tren pembelajaran online dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

Apa yang mendorong prospek eLearning lebih jauh adalah kenyataan bahwa banyak sekolah telah sepenuhnya melarang kelas offline.

Maka dari itulah, membuat video pembelajaran dan mendistribusikannya kepada siswa merupakan salah satu saran terbaik agar Pembelajaran Jarak Jauh efektif dan menyenangkan.

Jika guru ingin melakukannya, gunakanlah salah satu editor yang disebutkan di atas. Semua ini akan membantu kita meracik video pembelajaran terbaik dengan cepat dan mudah.

Semoga bermanfaat, ya.

Salam. 

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Inilah Rekomendasi Alat Edit Video Terbaik Untuk Guru dan Siswa, Gratis!"

  1. Hm ... Coba kalau nenek masih aktif ngajar, pasti ozy diganggu terus minta belajar. He he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gk bisa kayaknya, Nek. Soalnya di SD Ozy gak ada sinyal internet. Haha

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.