Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 8 Alasan Mengapa Pola Hidup Sederhana Harus Dibiasakan Sejak Kecil

Alasan Mengapa Pola Hidup Sederhana Harus Dibiasakan Sejak Kecil
Alasan Mengapa Pola Hidup Sederhana Harus Dibiasakan Sejak Kecil. Gambar oleh Cliptart xara via myrighteducation.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat, menurutmu seperti apa peran orang tua dalam kaitannya dengan hidup sederhana?

Sejatinya, peranan orang tua dalam mengajarkan hidup sederhana adalah mengajarkan anak-anaknya membiasakan pola hidup sederhana sejak kecil.

Apakah hidup sederhana yang dimaksud di sini ialah hidup seadanya dan miskin? Tentu tidak. Sederhana di sini ialah hidup yang cukup, tidak berlebihan, namun juga tidak pelit.

Nah, dalam ulasan berikut Gurupenyemangat.com bakal menyajikan 8 alasan mengapa pola hidup sederhana wajib dibiasakan sejak usia dini.

Oke, mari disimak ya:

8 Alasan Mengapa Pola Hidup Sederhana Harus Dibiasakan Sejak Kecil

1. Melatih Diri untuk Senantiasa Bersyukur

Alasan pertama mengapa pola hidup sederhana harus dibiasakan sejak kecil ialah untuk melatih diri agar senantiasa bersyukur.

Pada dasarnya, bersyukur itu sangat sepele ketika terucap, namun bisa jadi sangat berat untuk dilakukan. Tambah lagi bila keadaan diri sedang sulit.

Dengan terbiasa hidup sederhana, mudah-mudahan kita akan terlatih untuk terus menimba syukur baik di saat lapang maupun di kala sempit.

2. Melatih Diri untuk Hemat

Hemat itu pangkal kaya. Adapun cara kita untuk berhemat ialah menerapkan pola hidup sederhana.

Belum ada cerita bahwa orang yang boros bisa kaya. Bahkan orang-orang kaya yang boros saja lama-lama bisa jatuh miskin.

Dengan hidup sederhana dan merasa cukup, kita bisa mengontrol pengeluaran dan pemasukan agar senantiasa seimbang. Syukur-syukur bisa menabung setiap hari, kan? 

3. Agar Bisa Memandang Jauh ke Depan

Secara tidak langsung, pola hidup sederhana dapat mengantarkan seseorang untuk memandang jauh ke depan.

Permisalannya seperti ini; ketika ada uang Rp50.000, apa yang Ibu di rumah pikirkan?

Sudah pasti seorang Ibu akan memikirkan berapa canting beras yang harus dibeli, sayur apa, berapa jajan anak untuk sekolah, dan berapa pula uang yang bisa disisakan.

Tapi bila uang Rp50.000 tadi jatuh kepada orang yang hidupnya berlebihan. Maka pikirannya ialah bagaimana caranya menghabiskan uang Rp50.000 dalam waktu singkat. Hemm

Boleh Baca: Ini 5 Alasan Mengapa Pola Hidup Sederhana Saat Ini Sulit untuk Kita Jumpai

4. Mengontrol Hawa Nafsu

Alasan selanjutnya mengapa pola hidup sederhana harus dibiasakan sejak kecil ialah agar kita terbiasa mengontrol hawa nafsu.

Ya, salah satu hal yang begitu sering memengaruhi dan mengusik pola hidup sederhana ialah penyakit “lapar mata”, atau yang sering dikenal dengan istilah shopaholic.

Shopaholic ialah keadaan di mana seseorang mengalami kencanduan dalam berbelanja. Dikit-dikit jajan, lihat barang bagus langsung beli. Bukankah hal ini adalah penyakit? Nah. Bahaya!

5. Untuk Memahami Perbedaan Antara Kebutuhan dan Keinginan

Anak kecil rasanya belum begitu mengerti tentang apa itu kebutuhan dan apa itu keinginan. Bila kita perhatikan, mereka banyaklah rasa ingin daripada butuhnya.

Lihat saja ketika sang buah hati sudah melihat pasar. Mereka maunya beli mainan atau jajanan. Pun demikian bila di depan rumah ada gerobak bakso lewat, mereka pun ingin jajan.

Tapi bila orang tua terbiasa mengajari anaknya menerapkan pola hidup sederhana, maka seiring bertambahnya usia anak akan mulai mengerti seperti apa perbedaan antara kebutuhan vs keinginan.

6. Menyadari Bahwa Hidup Sederhana Itu Bahagia

Percaya atau tidak, sebenarnya hidup sederhana itu bahagia dan membahagiakan. Kok bisa? Bisa. Karena kita telah merasa cukup dan tidak terus-menerus dibudak oleh hawa nafsu.

Walaupun kita kaya, bila rasa hati tak pernah puas maka selamanya kita tidak akan bahagia.

Pun demikian sebaliknya.

Walaupun kita miskin, tapi bila kita hanya menatap kelebihan rezeki orang lain, kita tidak akan pernah merasa bahagia.

7. Agar Menjadi Kebiasaan Hingga Menua

Yang namanya pola itu tidak mungkin sekali praktik langsung bisa. Tambah lagi bila kita berkisah tentang hidup sederhana.

Hidup sederhana itu adalah cerminan perilaku, dan untuk menumbuhkan perilaku diperlukan pembiasaan yang berpola sejak kecil.

Jika sudah terbiasa, maka hidup sederhana akan menjadi pola dan perilaku yang lengket sebagai akhlak dan budi pekerti yang baik.

8. Agar Terhindar dari Perilaku Hedonisme

Apakah sobat Guru Penyemangat sudah tahu dengan pengertian hedonisme?

Ya, benar sekali. Hedonisme adalah perilaku yang memandang bahwa kesenangan itu berasal dari materi semata.

Dengan demikian tujuan hidup para hedonis (pengikut hedonisme) ialah mengumpulkan materi sebanyak-banyaknya agar hidup semakin bahagia.

Padahal? Materi itu bukanlah kadar kebahagiaan. Orang akan bahagia bila ia merasa cukup, dan cara untuk merasa cukup ialah dengan menerapkan pola hidup sederhana.

***

Nah, demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat mengenai segenap alasan mengapa pola hidup sederhana harus dibiasakan sejak kecil.

Mudah-mudahan bermanfaat, ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 8 Alasan Mengapa Pola Hidup Sederhana Harus Dibiasakan Sejak Kecil"

Promo Cashback & Voucher Shopee