Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram untuk Ibu Hamil

Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram untuk Ibu Hamil
Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram untuk Ibu Hamil. Diolah oleh Gurupenyemangat.com

Daripada jamuran karena kelamaan menunggu jemuran kering, sejatinya mendingan kita mengonsumsi jamur tiram, ya, kan?

Setelah mendapat hadiah jamur dari Berkah Jamur Kepahiang beberapa bulan yang lalu, entah mengapa Guru Penyemangat mulai keseringan lihat jamur.

Entah itu jamur tiram, jamur kuping, hingga sate jamur semuanya bergantian untuk dilirik. Bahkan, hari Senin kemarin saat tiba-tiba ditunjuk menjadi pembina upacara, aku malah mengangkat tema “jamur” untuk memotivasi siswa. Ehem.

Memang sih. Mengonsumsi jamur itu memang lezat, penuh khasiat, dan juga kaya manfaat baik bagi pria, wanita, hingga anak-anak.

Tapi, bagaimana dengan ibu hamil, apakah para Emak yang sedang mengandung diperbolehkan mengonsumsi jamur tiram?

Baiklah, pada ulasan kali ini Gurupenyemangat.com bakal menyajikan segenap manfaat mengonsumsi jamur tiram untuk ibu hamil.

Mari disimak ya:

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Jamur Tiram?

Bolehkah Ibu Hamil Mengonsumsi Jamur Tiram?
Olahan Sate dari Jamur Tiram Cokelat. Dok Facebook Fareza Nazari
Perlu Sobat Guru Penyemangat, jamur tiram itu banyak macamnya.

Ada Jamur Tiram Putih (Pleurotus Ostreatus), Jamur Tiram Kuning (Pleurotus Citrinipileatus), Jamur Tiram Abu-abu (Pleurotus Cystidius), Jamur Tiram Merah Muda (Pleurotus Flabellatus), Jamur Tiram Cokelat (Pleurotus Cystidiosus), dan ada pula Jamur Tiram Raja (Pleurotus Umbellatus).

Dari beragam jenis tersebut, Guru Penyemangat amati bahwa jamur tiram cokelat dan jamur tiram raja memiliki kandungan nutrisi yang lebih kompleks dan lengkap.

Apakah nutrisi tersebut juga cocok bagi ibu hamil?

Di dunia para moms, mungkin pernah terdengar mitos bahwa orang hamil tidak boleh mengonsumsi jamur tiram karena berbahaya bagi tumbuh kembang janin dalam kandungan.

Sebenarnya mitos tersebut tidak sepenuhnya benar, tapi tidak sepenuhnya pula keliru.

Dilansir dari situs Parenting Firstcry, pada dasarnya ibu hamil boleh mengonsumsi jamur, termasuklah jamur tiram.

Alasannya, kebanyakan jamur memiliki kandungan nutrisi dan antioksidan kuat, memiliki kemampuan untuk menurunkan hipertensi, melindungi hati dan menurunkan kadar kolesterol.

Lebih lanjut, laman Babyment pula menerangkan bahwa jamur tiram pula aman untuk dikonsumsi ibu yang sedang mengandung karena kaya akan mineral dan vitamin seperti zat besi, seng, kalium, selenium, vitamin B1, B3, B5, B12, vitamin C, vitamin D, dan mycelium.

Lalu, seperti apa jamur tiram yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Adapun jenis jamur tiram maupun jamur lain yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil ialah jamur mentah, jamur kemasan yang sudah kedaluwarsa, serta jamur yang sudah memar dan mulai tampak bintik-bintik sebagai tanda pembusukan.

Selain itu, ibu hamil juga wajib mencuci bersih jamur dan tidak disarankan mengonsumsi jamur tiram dalam porsi besar maupun jamur olahan (jamur kaleng).

Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram Bagi Ibu Hamil

Manfaat Jamur Tiram untuk Ibu Hamil
Jamur Tiram Putih yang Dibudidaya oleh Fareza Nazari (Berkah Jamur Kepahiang)

1. Sumber Nutrisi untuk Ibu dan Janin

Pada dasarnya jamur adalah sumber dari banyak komponen vitamin B kompleks, seperti riboflavin (B2), tiamin (B1), niacin (B3), dan asam pantotenat (B5).

Komponen tersebut memiliki beberapa manfaat, khususnya bagi ibu dan janin.

Zat riboflavin sangat penting untuk perkembangan saraf, kulit yang sehat, penglihatan yang baik dan perkembangan tulang dan otot yang kuat.

Zat niacin yang terkandung pada jamur tiram dapat membantu menjaga kadar kolesterol, kesehatan jantung, dan sistem peredaran darah ibu dan janin.

Tidak cukup sekadar vitamin, jamur tiram pula kaya akan energi, karbohidrat, maupun protein. 

Dalam setiap 100 gram jamur tiram cokelat misalnya; terkandung 20 Kkal energi, 1.9 g protein, 0.3 g lebat, 4.6 g karbohidrat, dan 2.3 serat.

2. Menurunkan Intensitas Kelelahan Selama Kehamilan

Masih mengulik vitamin B1 yang terkandung dalam jamur tiram, sejatinya zat tiamin yang ada pada setiap gram jamur tiram akan membantu perkembangan otak bayi.

Lebih daripada itu, mengonsumsi jamur tiram pula bakal meningkatkan energi Ibu hamil sekaligus membantu mereka mengatasi masalah kelelahan yang biasanya terjadi selama kehamilan.

Boleh Baca: Berikut Beberapa Gangguan pada Sel Telur yang Memengaruhi Kehamilan

3. Membantu Menguatkan Otot Rahim dan Melancarkan Sistem Pencernaan

Nutrisi pada Jamur Tiram  Dapat Membantu Menguatkan Otot Rahim dan Melancarkan Sistem Pencernaan
Nutrisi pada Jamur Tiram  Dapat Membantu Menguatkan Otot Rahim dan Melancarkan Sistem Pencernaan. Gambar oleh fezailc dari Pixabay

Perlu Sobat Guru Penyemangat ketahui bahwa jamur merupakan sumber protein vegetarian yang penting, bahkan sangat penting untuk perkembangan plasenta dan sistem pendukung janin dalam rahim.

Agar proses mengandung hingga melahirkan berjalan dengan baik dan aman, ibu hamil diharapkan dapat mengonsumsi makanan yang mampu membantu menguatkan otot dan dinding rahim.

Soalnya, rahim yang sehat dan kuat akan mendukung tumbuh kembang janin hingga melahirkan.

Lebih daripada itu, jamur tiram pula memiliki kandungan serat tinggi yang mampu memaksimalkan sistem pencernaan.

Soalnya, serat yang tidak larut sangat penting untuk pencernaan, sedangkan serat larut dapat memoderasi penyerapan gula darah dan membantu menjaga tekanan darah maupun kadar kolesterol.

Boleh Baca: Rekomendasi Jus yang Cocok untuk Penderita Tekanan Darah Rendah

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain kaya akan vitamin, jamur tiram pula memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, ibu hamil akan tetap sehat dan bebas penyakit selama kehamilan.

Lebih detail lagi, jamur pada dasarnya juga mengandung kalium dan seng yang sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan.

5. Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah dan Penyebaran Oksigen

Selain kaya akan vitamin, jamur tiram pula memiliki komposisi mineral seperti kalium, magnesium, hingga fosfor yang berguna untuk mendukung pembentukan sel darah merah.

Perlu diketahui bahwa sel darah merah memiliki fungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh, mendukung kesehatan organ jantung, pembuluh darah, hingga sistem saraf janin selama berada di dalam rahim.

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat mengenai ragam manfaat jamur tiram untuk ibu hamil serta kebolehan dalam mengonsumsinya.

Mudah-mudahan bermanfaat ya.
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah 5 Manfaat Mengonsumsi Jamur Tiram untuk Ibu Hamil"