Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Destinasi Wisata Curup Rejang Lebong yang Berkesan, Lengkap dengan Pilihan Penginapan Terbaik

Hai, Sobat Guru Penyemangat, Apakah Kamu Ingin Berlibur atau Jalan-jalan ke Curup Kota Idaman?

Jika iya, maka di sini Gurupenyemangat.com bakal menyajikan ulasan mengenai kumpulan destinasi wisata di Curup yang bisa kamu kunjungi.

Destinasi wisata di Curup Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu berikut begitu berkesan dilengkapi dengan pilihan penginapan terbaik.

Nah, langsung disimak saja ya:

Pilihan Objek Wisata di Curup yang Berkesan dan Murah

Wisata itu tidak harus yang mahal-mahal, kan? Karena di Kota Curup masih ada banyak pilihan objek wisata yang murah tapi sangat berkesan. Berikut rekomendasinya:

1. Suban Air Panas Curup

Objek Wisata Air Terjun di Suban Air Panas Curup
Objek Wisata Air Terjun di Suban Air Panas Curup. Dok. Facebook Genta Gunadi

Sobat Guru Penyemangat lagi pengen jebyar-jebyur di air panas? Nah, jika iya maka pemandian Suban Air Panas Curup bisa jadi rekomendasi destinasi wisata yang tjakep bagimu.

Beralamatkan di Kelurahan Cawang Baru, Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Suban Air Panas menjadi sarana rekreasi yang mampu membuat penat hati, air panas pula bermanfaat untuk terapi berbagai penyakit kulit, pegal linu dan rematik.

Di pemandian Suban Air Panas kolamnya memang terlihat sederhana, tapi nuansa kesedeharnaan ini seirama dengan tebing-tebing yang ditumbuhi oleh pohon berdaun rindang.

O ya, ada dua jenis kolam renang di Suban Air Panas Curup. Kolam pertama berisikan air panas dengan kedalaman sekitar 70 cm dan cocok untuk pemandian anak-anak dan keluarga. Sedangkan kolam yang lebih luas berkedalaman 2 meter.

Tidak jauh dari kolam pemandian, ada pula air terjun yang indah dan menawan. Selain itu, ada pula peninggalan keramat Suku Rejang berupa Batu Megalitikum. Ada batu yang disebut dengan Tri Sakti, dan ada pula Batu penuh sejarah yang dijuluki Batu Menangis.

Belum selesai sampai di sana, selain menyediakan taman bunga dan permainan anak-anak, di Suban Air Panas pula sudah tersedia tempat istirahat, lapak untuk beli cemilan, hingga lesehan.

Bila Sobat Guru Penyemangat tertarik mengunjungi wisata pemandian Suban Air Panas, lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Curup.

Adapun tarif masuk ke pemandian Suban Air Panas Curup mulai dari membayar parkir Rp5.000, uang masuk Rp10.000 (bisa naik ketika momentum liburan), serta uang masuk tambahan ketika ingin melihat air terjun.

2. Danau Mas Harun Bastari

Objek Wisata Danau Mas Harus Bastari Curup
Objek Wisata Danau Mas Harus Bastari Curup. Facebook Miko

Ingin berkunjung ke objek wisata yang adem-adem dengan suasana yang menyejukkan hati? Kalau begitu, Sobat Guru Penyemangat pula boleh berkunjung ke Danau mas Harun Bastari.

Beralamatkan di Desa Karang Jaya, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Danau Mas memang menjadi pusat rekreasi di Kota Curup.

Di sana sering kali digelar acara dan kegiatan dari beragam komunitas, atau hanya sekadar tempat nongkrong pasangan dan keluarga.

Menariknya, di sana Sobat Guru Penyemangat bisa melirik danau yang dikelilingi oleh bukit hijau.

Selain itu, ada pula sarana wisata lainnya seperti perahu untuk mengelilingi danau, flying fox, dan beragam wahana menarik lainnya.

Bila dirimu ingin singgah Danau Mas, biaya tiket masuknya mulai dari Rp10.000 ditambah dengan parkir. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, yaitu sekitar 17 KM dari Kota Curup.

3. Tebing Suban

Destinasi Wisata Tebing Suban Curup
Destinasi Wisata Tebing Suban Curup. Dok. Facebook Tebing Suban Curup

Kok namanya mirip seperti pemandian? Ya, karena lokasi Tebing Suban tidak jauh dengan obyek wisata pemandian Suban Air Panas.

Hanya saja, di Tebing Suban tidak ada kolam renang layaknya pemandian.

Walau begitu, destinasi wisata yang satu ini sedang nge-hits di Kota Curup khususnya dalam setengah tahun terakhir.

Di Tebing Suban kita bisa menikmati taman bunga sembari mendaki jalanan bertebing, berfoto di dekat air pancur, serta ada pula spot instagrammable berupa rumah mini berbentuk segitiga.

Menurut Guru Penyemangat, suasana yang asyik untuk berkunjung di Tebing Suban selain pada sore hari ialah malam hari, soalnya di sana sudah ada hiasan lampu. Terlebih ketika malam sedang terang oleh bulan, maka makin ademlah suasananya.

Untuk berkunjung ke Tebing Suban, Sobat Guru Penyemangat bisa berkunjung ke Jl. Raya Curup - Lubuk Linggau, Talang Ulu, Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu.

Tiket masuknya hingga hari ini masih Rp10.000 dengan biaya parkir mulai dari Rp2.000/motor.

4. Taman Bunga D’Syandana 88

Taman Bunga D’Syandana 88
Taman Bunga D’Syandana 88. Dok. Siti Mutmainnah

Masih kurang puas dengan Tebing Suban? Maka tidak ada salahnya Sobat Guru Penyemangat mendatangi destinasi wisata Taman Bunga D’Syandana 88.

Beralamatkan di Desa Sumber Bening, Syandana 88 menawarkan begitu banyak spot foto instagrammable mulai dari taman bunga, Japan Corner, menara, ornamen-ornamen binatang, relief, hingga berbagai hiasan lainnya.

Adapun untuk ulasan detail terkait pesona Syandana 88, Sobat Guru Penyemangat bisa baca sekaligus lihat foto-fotonya di: Taman Bunga D’Syandana 88 Curup, Destinasi Wisata Cantik Penghapus Kepenatan Hati

5. Bukit Bintang Jipang

Bukit Bintang Jipang
Bukit Bintang Jipang. Dok. Instagram Bukit Bintang Jipang Curup

Apakah Sobat Guru Penyemangat sedang mencari destinasi wisata yang bisa digunakan untuk berkemah? Jika begitu kisahnya, maka Bukit Bintang Jipang adalah rekomendasi yang cocok.

Beralamatkan di Jl. Bukit Jalal Desa, Air Meles Atas, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, wisata Bukit Bintang Jipang berjarak sekitar 2 KM dari rumahku di Desa Air Meles Atas. Adapun jaraknya dari pusat kota Curup kira-kira 10 KM.

Seperti namanya, Bukit Bintang Jipang awalnya hanyalah berupa taman Jipang. Tapi sekarang, di sana sudah tersedia objek wisata mulai dari perkebunan jeruk, tempat outbound, tracking air terjun bidadari, padang safana, tracking air panas Bukit Kaba, hingga vila dan tempat camping.

O ya, Bukit Bintang Jipang Curup begitu kaya dengan spot foto karena lokasinya cukup tinggi dan berada di daerah perbukitan. Tambah lagi saat suasananya cerah, jadi mencerahkan hatimu. Eh

Bila Sobat tertarik berkunjung ke sini, biaya masuknya adalah Rp10.000 ditambah ongkos parkir. Adapun bila ingin berkemah, kita perlu membayar biaya tambahan sebesar Rp35.000.

6. Kebun Teh Bukit Daun

Kebun Teh Bukit Daun
Kebun Teh Bukit Daun. Dok. Wisato.id

Nah, rekomendasi yang terakhir ini boleh Guru Penyemangat sebut sebagai “The Hidden Paradise-nya” kota Curup.

Bagaimana tidak, destinasi wisata yang beralamatkan di Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu ini menawarkan pemandangan alam yang asri, indah, dan cocok bagi dirimu yang suka mendaki.

Perkebunan teh yang dikelola oleh PT Agrotea ini memiliki luas sekurang-kurangnya 263 hektar dengan tinggi bukit mencapai 1952 meter di atas permukaan laut.

Tidak begitu tinggi untuk pendaki pemula, kan? Nah, jika kamu tertarik berwisata ke Bukit Daun, jangan lupa nikmati juga tehnya dan bawa pulang oleh-olehnya, ya. Hehehe

***

Nah, itulah tadi ulasan Guru Penyemangat mengenai rekomendasi tempat wisata di daerah Curup Rejang Lebong provinsi Bengkulu yang bisa kamu kunjungi di saat liburan.

Mengapa kok cuma 6?

Soalnya, menurutku itulah destinasi wisata terbaik di Curup yang masih terurus dan senantiasa berkembang dari hari ke hari.

Memang masih ada banyak objek wisata lain di Curup, namun Guru Penyemangat sendiri sempat dibuat kecewa ketika mendatanginya. Mengapa kecewa? Karena postingan yang aku lihat tidak sesuai dengan kenyataannya.

Hahaha.

Rekomendasi Penginapan Curup untuk Kamu yang Ingin Berwisata Lebih dari Sehari

O ya, bila Sobat Guru Penyemangat ingin mengunjungi destinasi wisata di Curup satu demi satu, agaknya sudah pasti tidak akan cukup dalam waktu sehari, kan?

Maka dari itulah, di sini aku pula bakal menyajikan rekomendasi penginapan di Curup yang tidak menguras kantong tapi juga berkualitas.

Apa saja? Berikut rekomendasi penginapan terbaik di Curup:

1. Hotel Dioba Gite Curup

Hotel Dioba Gite Curup
Hotel Dioba Gite Curup. Dok. Booking.com

Berlokasi di Jl Nur Arifin, Pelabuhan Baru, Curup Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, hotel Dioba Gite adalah salah satu penginapan terbaik dan nyaman untuk kita tempati.

Selain berada dekat dengan pusat kota, tempat bermalam yang satu ini juga menyediakan sarapan gratis, parkir gratis, dan juga WiFi gratis.

Lebih daripada itu, bila kamu berangkat ke Tebing Suban atau ke pemandian Suban Air Panas, kamu hanya memerlukan waktu 7-10 menit untuk tiba di sana.

Berapa price-nya? Satu kamar Hotel Dioba Gite bisa dipesan mulai dari harga Rp260ribu/malam.

2. Hotel Musrel Alphard Curup

Hotel Musrel Alphard Curup
Hotel Musrel Alphard Curup. Dok. Hotel Musrel Alphard Curup Bussines Site

Ingin menginap di hotel lokal rasa bintang 5? Jika iya, maka Musrel Alphard Curup bisa menjadi salah satu rekomendasi terbaik untukmu.

Bertempat di Jl. Ahmad Yani Kelurahan No.38, Talang Ulu, Curup Tim., Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, hotel domestik yang satu ini berada tempat di pinggir jalan lintas Curup-Libuklinggau.

Fasilitasnya juga cukup berkelas mulai dari springbed single ukuran besar, TV LED, AC, ketel elektrik pemanas air, kulkas mini, furniture all jati serta memiliki area parkir yang sangat luas.

Hotel Musrel Alphard Curup sangat dekat dengan objek wisata Tebing Suban karena sama-sama berada di Kecamatan yang sama. Bahkan, dari lokasi Tebing Suban kamu bisa melihat gedung lantai dua hotel ini. Hahaha

Bila Sobat Guru Penyemangat tertarik untuk bermalam, satu kamar di hotel ini bisa di-booking mulai dari harga Rp299.000.

3. Vila Hijau

Vila Hijau Curup
Vila Hijau Curup. Dok. Facebook Vila Hijau Curup

Apakah Sobat Guru Penyemangat ingin bermalam di penginapan dan pada pagi harinya bisa melirik pemandangan danau yang indah hanya dari layar jendela kamar?

Kalau iya, maka Vila Hijau Curup adalah rekomendasi penginapan yang sangat pas untukmu.

Berlokasi di Jl. Raya Curup - Lubuk Linggau No.99, Karang Jaya, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, Vila Hijau menyajikan pemandangan indah Danau Mas Harun Bastari yang sejuk dan asri.

Terang saja, lokasi Vila Hijau sebenarnya berada tidak jauh dari Danau Mas, tepatnya di tebingan yang berbatasan langsung dengan Danau Mas Harun Bastari. Cukup mantap, kan?

Selain daripada itu, Vila Hijau juga dekat dengan akses wisata kebun stroberi maupun D’Syandana 88.

Nah, jika Sobat Guru Penyemangat tertarik bermalam di sini, satu kamar super deluxe lake view single bed bisa dipesan dengan mahar Rp476.000. untuk ruangan tanpa lake view bisa lebih murah.

***

Oke, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat mengenai rekomendasi destinasi wisata Curup lengkap dengan pilihan penginapan terbaik yang bisa kamu kunjungi.

Oke deh, selamat liburan.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

1 komentar untuk "6+ Destinasi Wisata Curup Rejang Lebong yang Berkesan, Lengkap dengan Pilihan Penginapan Terbaik"

Sri Rohmatiah 24 Desember, 2021 06:56 Hapus Komentar
Waah asyek, ternyata Curup menyimpan keindahan. Aku camping saja di Bukit Jipang.