Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

40 Kata-kata Motivasi Menjadi Guru PAUD, SD, dan Guru Penggerak yang Menyentuh Hati

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru
Kata-kata Motivasi Menjadi Guru. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai, Sobat Guru Penyemangat. Kalau boleh tahu, apa saja motivasimu menjadi guru?

Aku yakin ada segunung hal yang menjadi alasan mengapa dirimu menjadi guru, ya. Tapi di sisi yang sama, Guru Penyemangat pun percaya bahwa terkadang tidak diperlukan banyak alasan untuk menjadi guru.

Bermanfaat.

Ya, cukup itu saja. Menjadi guru adalah jalan ninja untuk mendulang kebermanfaatan untuk orang banyak. Mulai dari anak PAUD, SD, serta segenap pelajar pada umumnya.

Walau begitu adanya, untuk mendulang kebermanfaatan juga diperlukan kerja keras dengan polesan rasa ikhlas dan tulus atas pengabdian.

Maka dari itulah, pada tulisan ini Gurupenyemangat.com ingin menghadirkan kumpulan motivasi untuk segenap guru hebat di negeri Indonesia.

Kata-kata motivasi berikut berkisah tentang dorongan menyentuh hati untuk menjadi guru PAUD, SD, hingga guru penggerak.

Nah, langsung disimak saja ya:

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru PAUD

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru PAUD
Kata-kata Motivasi Menjadi Guru PAUD. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Motivasiku menjadi guru PAUD ialah karena dunia anak itu menyenangkan. Aku bisa ikut bermain setiap hari, bernyanyi sepanjang waktu, serta lebih sering melihat senyum tulus generasi muda penerus bangsa.

2. Menjadi guru PAUD kata orang-orang itu gampang, padahal sejatinya susah. Begitulah. Yang namanya pekerjaan itu perlu perjuangan. Jika ingin mencari pekerjaan yang banyak istirahatnya, maka satu-satunya kegiatan yang bakal engkau temukan adalah tidur siang.

3. Alasanku menjadi guru PAUD yang terkuat cuma satu, yaitu menyenangkan. Bahkan, lebih menyenangkan daripada jalan-jalan.

4. Guru PAUD dan guru TK itu memiliki pekerjaan berat. Mereka dituntut untuk berkreativitas tanpa batas dengan tetap meninggikan rasa cinta dan sayang.

5. Dari dunia PAUD kita bisa belajar tentang ketulusan seorang guru, bahwa untuk belajar dengan bahagia itu tidak bisa dengan marah-marah.

6. Guru PAUD itu hebat, karena mereka selalu berhasil membuat anak orang lain tersenyum dan bahagia.

Gambar Kata Motivasi Menjadi Guru PAUD
Gambar Kata Motivasi Menjadi Guru PAUD. Dok. Gurupenyemangat.com

7. Apalah arti satu ditambah satu jikalau hasilnya cuma dua. Angka satu bisa berarti banyak hal dan hal-hal tersebut bisa dikembangkan oleh guru PAUD.

8. Cara terbaik untuk menghilangkan stres ialah dengan berada lebih dekat dengan anak. Caranya? Bisa dengan menjadi guru PAUD.

9. Kisah PAUD bukan hanya tentang jungkat-jungkit atau pun main balon. Dari PAUD kita bisa merengkuh makna bahwa kegiatan belajar itu harus dilaksanakan secara menyenangkan.

10. Anak PAUD tidak bisa dipaksa untuk membaca dan menulis sepanjang waktu. Mereka hanya ingin bermain dan terus hidup dalam keceriaan. Sungguh, alangkah bahagianya menjadi guru PAUD.

Boleh Baca: 60 Kata-kata Mutiara untuk Guru Ngaji dan Guru Agama

11. Motivasi menjadi guru PAUD bukanlah tentang pulang cepat dan waktu kerja yang singkat. Karena jika kecepatan dan singkatnya durasi kerja yang dicari, sudah pasti akan banyak PAUD yang tutup sejak hari ini.

12. Menjadi guru itu tidak cukup hanya bahagia, melainkan juga harus berusaha untuk membahagiakan orang banyak.

13. Satu-satunya tempat di mana engkau tidak perlu marah dan membentak saat mengajar ialah di PAUD dan TK.

14. Dunia anak itu begitu indah. Kita bisa mendengar tawa dan tangisan tulus seorang anak. Di sanalah kreativitas akan terasah.

15. Jika aku menjadi guru PAUD hanya karena gaji, mungkin sudah sejak jauh-jauh hari aku mengundurkan diri. Sungguh, nikmat mengajar itu bukanlah semata tentang gaji melainkan tentang kebahagiaan atas tersalurnya ilmu dan pengetahuan.

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru SD

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru SD
Kata-kata Motivasi Menjadi Guru SD. Dok. Gurupenyemangat.com

16. Motivasiku menjadi guru SD ialah karena dunia mereka yang menyenangkan. Anak SD suka main kelereng, main karet, hingga main petak umpet. Ketika aku hadir mendekati mereka, mereka pun mendekatiku dan menceritakan segenap permainan yang mereka sukai dengan jujur.

17. Dari anak SD aku bisa belajar tentang seperti apa itu ketulusan dan jujur.

18. Alasanku menjadi guru SD bukanlah soal gaji atau pun tentang singkatnya durasi kerja. Lebih daripada itu, dunia SD mengajakku untuk belajar membahagiakan diri.

19. Guru SD yang hebat ialah mereka yang terlebih dahulu mau membahagiakan mereka sebelum mereka membahagiakan orang lain. Karena siswa SD hanyalah anak-anak.

20. Lebih dekat dengan siswa akan menjauhkan kita dari stres. Dan dunia SD bisa membuatmu tampak lebih awet muda.

Boleh Baca: Bikin Awet Muda! Inilah 5 Alasan Mengapa Menjadi Guru SD Itu Menyenangkan

21. Menjadi guru SD itu asyik. Tanpa harus memandang aku adalah guru honorer, guru PNS atau Swasta, kegiatan mengajar tetap bisa kulakukan dengan bahagia.

22. Motivasiku menjadi guru SD adalah tentang kesederhanaan. Aku percaya bahwa belajar menjadi sederhana itu tidak mudah, terutama memberi pengertian tentang pelajaran terhadap anak-anak.

23. Guru SMP maupun SMA mungkin bisa saja berbicara dengan skill tinggi dan dilumuri kata-kata ilmiah. Tapi di dunia SD, hal tersebut sungguh sedikit pun tiada manfaatnya. Anak-anak tidak akan mengerti.

24. Di dunianya anak SD, kita bisa belajar tentang bagaimana pentingnya sikap pengertian; bahwa segala masalah anak tidak bisa diselesaikan dengan cara marah-marah.

Gambar Kata-kata Motivasi Menjadi Guru SD
Gambar Kata-kata Motivasi Menjadi Guru SD. Dok. Gurupenyemangat.com

25. Agar sukses mengajar di SD, setidaknya seorang guru harus berusaha mencintai dirinya sendiri terlebih dahulu. Karena jika tidak cinta dengan diri sendiri, bagaimana bisa kita mencintai anak orang lain?

26. Guru SD itu adalah profesi yang menantang. Kamu tidak bisa mengajar dengan hanya duduk diam. Dibutuhkan segudang kreasi karena tingkat perhatian anak-anak mudah tergoyahkan.

27. Guru SD yang hebat ialah mereka yang mau mengenalkan dunia kepada siswa dan memasukkannya ke dalam kelas, bukan malah mengenalkan buku paket dan LKS yang isinya tentang dunia.

Boleh Baca: Ciri-ciri Guru Hebat dan Bermartabat

28. Mengajar dengan bahagia dan menyenangkan adalah motivasi tersebar mengapa aku masih menjadi guru SD hingga hari ini.

29. Karena anak-anak yang jujur, lucu, imut, dan cerialah aku masih betah menjadi guru SD hingga hari ini. Seterusnya, aku akan tetap istiqomah dalam kebetahan tersebut.

30. Menjadi guru SD sungguh lebih membahagiakan daripada engkau harus duduk diam di kantor. Seiring berjalannya waktu, dirimu akan merasa awet muda karena terus berdekatan dengan dunianya anak-anak muda.

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru Penggerak

Kata-kata Motivasi Menjadi Guru Penggerak
Kata-kata Motivasi Menjadi Guru Penggerak. Dok. Gurupenyemangat.com

31. Motivasiku menjadi guru penggerak adalah untuk menggerakkan diriku terlebih dahulu. Karena sering kali lingkungan yang kurang mendukung dan nikmatnya zona nyaman membelenggu diri untuk berkembang.

32. Aku menjadi guru penggerak karena ingin keluar dari zona nyaman. Sungguh, guru tidak akan pernah merasa cukup atas ilmu karena kita dituntut untuk belajar sepanjang hayat.

33. Aku menjadi guru penggerak karena aku sadar bahwa kompetensi mengajar ini masih sangat kurang. Aku tidak betah duduk di atas kekurangan. Aku ingin berkembang seiring bertambahnya hari.

Boleh Baca: Kumpulan Kata Mutiara untuk Guru Honorer, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang Digaji Seadanya

34. Aku mungkin sudah tua, tapi menjadi guru penggerak bisa membuatku sedikit lebih muda. Muda dalam artian aku ingin menjadi sedikit lebih segar untuk menambah pengetahuan dan keterampilan.

35. Aku selalu merindukan ilmu, strategi, metode, serta keterampilan mengajar yang baru. Karena aku sadar bahwa mengajar itu harus menyesuaikan dengan kondisi hari ini, bukan menurut kondisi buku.

Quotes Motivasi Menjadi Guru Penggerak
Quotes Motivasi Menjadi Guru Penggerak. Dok. Gurupenyemangat.com

36. Ilmu selalu berkembang, pengetahuan selalu bertambah, sedangkan waktu saban hari terus berkurang. Dengan bergabung menjadi guru penggerak, setidaknya aku bisa ikut berkembang dalam rangka mencerdaskan generasi penerus bangsa.

37. Motivasiku menjadi guru penggerak bukan semata tentang hausnya diri akan kompentensi. Lebih daripada itu, aku ingin diri ini bisa lebih bermanfaat bagi siswa, lembaga, nusa dan bangsa.

38. Aku menjadi guru penggerak karena diri ini sadar bahwa bergerak itu butuh tenaga. Ada sesuatu hal yang bisa kita kerjakan sendiri, tapi ada pula segunung hal lain yang lebih bermakna di mana kebermaknaan itu bisa terwujud hanya dengan bekerja sama dalam satu visi.

39. Guru yang hebat itu mengajar di atas kebutuhan siswa, bukan kebutuhan dirinya sendiri.

40. Guru penggerak itu dimulai dari menggerakkan diri sendiri. Karena bila diri ini saja enggan bergerak, sampai matahari terbenam pun kita tidak bisa menggerakkan orang lain.

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian dari Guru Penyemangat yang berkisah tentang motivasi menjadi guru mulai dari guru PAUD, guru SD, hingga guru penggerak.

Sejatinya, semua orang yang disebut guru itu adalah sama. Karena mereka ada pahlawan tanpa tanda jasa yang rela mengabdikan dirinya untuk kesuksesan orang lain, dan juga untuk bangsa ini.

Salam hangat untuk Guru Hebat di mana pun dirimu berada.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "40 Kata-kata Motivasi Menjadi Guru PAUD, SD, dan Guru Penggerak yang Menyentuh Hati"

Promo Cashback & Voucher Shopee