Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

45 Kata-kata Bijak Mutiara Guru Honorer, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang Digaji Seadanya

Kata-kata Bijak Mutiara Guru Honorer
Kata-kata Bijak Mutiara Guru Honorer, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang Digaji Seadanya. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, pernah dengar kisah tentang Guru Honorer?

Tentu pernah, kan, ya. Dan saking seringnya mendengar kisah mereka, kita jadi tahu berapa kisaran gaji yang diterima oleh Guru Honorer di berbagai sudut Bumi Indonesia.

Ada yang digaji Rp150.000/bulan, ada yang lebih, dan bahkan ada pula yang gajinya baru dicairkan setiap 3-6 bulan sekali. Miris, kan!

Maunya negeriku Indonesia segera maju dengan profil generasi penerus bangsa yang berprofil Pancasila. Eh, gurunya yang diberi beban dan tanggung jawab malah digaji seadanya. Hemm.

Walau digaji “Murah”, guru honorer tetaplah abdi yang hebat. Tidak cukup kata-kata mutiara kita sampaikan, karena merekalah pahlawan tanpa tanda jasa.

Berikut Gurupenyemangat.com hadirkan kata-kata motivasi dan penyemangat untuk teman-teman para guru honorer di manapun dirimu berada.

Kata-kata untuk Guru Honorer sebagai Penyemangat

Kata-kata untuk Guru Honorer sebagai Penyemangat
Kata-kata untuk Guru Honorer sebagai Penyemangat. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Tetaplah bersemangat duhai guru honorer di manapun dirimu berada. Percayalah bahwa mengajar adalah bagian dari kebaikan, dan kebaikan itulah yang akan mengantarkan kita ke surga.

2. Bersemangatlah wahai guru honorer walau digaji murah. Jika kita mengajar karena uang, mungkin hari ini banyak dari kita yang pindah profesi.

3. Guru itu laksana lilin yang rela membakar dirinya demi menerangi dunia.

4. Jadi guru honorer itu berat. Semoga mereka tidak pernah merasa keberatan.

5. Berbagi ilmu itu indah, karena ilmu yang tidak diamalkan laksana pohon yang tumbuh namun enggan berbuah. Amat sedikit kebaikan yang bisa kita dapatkan darinya.

Boleh Baca: Kata-kata Mutiara Ucapan Hari Guru

6. Mendidik dan mengajar itu bukanlah perkara enteng. Siswa bisa saja hapal dan paham, tapi mengajak mereka untuk mengubah perilaku itu bukanlah semudah membalik telapak tangan.

7. Sampaikan salamku kepada guru honorer. Kudoakan kalian selalu sehat dan bahagia sepanjang usia.

8. Mengajarlah dengan ikhlas dan tulus, karena sering kali senyum dan tawa siswa yang kita lihat bakal mampu melegakan hati.

9. Pengabdian memang tidak bisa diukur dengan materi, tapi semua guru honorer butuh uang untuk melanjukan hidup.

Kata-kata untuk Guru Honorer
Kata-kata untuk Guru Honorer. Dok. Gurupenyemangat.com

10. Tidak sedikit orang cuma bisa berkata dan berucap janji, padahal itu dusta. Sedangkan guru honorer hingga hari ini benar-benar masih tulus dalam abdi.

11. Duhai pejabat dan pemangku kebijakan, perbaikilah kesejahteraan hidup guru honorer untuk kualitas pendidikan yang lebih baik.

12. Apalah artinya merdeka belajar bila kurikulum ini selalu kau ubah, dan apalah artinya merdeka mengajar bila kesejahteraan guru honorer enggan kau perjuangkan.

13. Negeriku Indonesia menjadi besar berkat para pahlawan, dan pendidikan di negeri ini terus eksis menuju kemajuan berkat kontribusi guru honorer. Maka dari itu, semangatilah mereka.

14. Hargailah guru sebagaimana engkau menghargai dirimu sendiri. Niscaya ilmu yang mereka ajarkan akan menambah keberkahan pada setiap kegiatanmu.

15. Mengajar dengan tulus itu tidak mudah, tapi setiap guru honorer yang hebat selalu mampu mengusir segenap kesulitan yang menghampiri.

Kata-kata Bijak untuk Guru Honorer, Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Kata-kata Bijak untuk Guru Honorer, Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa
Kata-kata Bijak untuk Guru Honorer, Para Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Dok. Gurupenyemangat.com

16. Sampaikan salam sayangku kepada seluruh guru honorer di jagat bumi Indonesia ini. Tolong katakan kepada mereka bahwa aku bangga telah mendapat ilmu dan pengetahuan dari guru.

17. Pahlawan tanpa tanda saja bukan hanya milik guru PNS tapi juga milik guru honorer dan guru swasta.

18. Jangan pandang sebelah mata kinerja guru honorer. Cobalah sejenak lihat perjuangan mereka. Nanti engkau bakal tahu tentang siapa sosok yang benar-benar tulus dalam mengabdi.

19. Mengajar itu memang tidak melulu soal gaji. Tapi, bukankah memberikan kesejahteraan yang layak merupakan salah satu kewajiban negara kepada guru?

20. Apalah artinya kata-kata bijak bila kau enggan melakukannya. Dan apalah arti ucapan penyemangat kepada guru honorer bila nasib mereka masih saja setengah hati kau memperjuangkannya.

Boleh Baca: Kata-kata Mutiara untuk Guru Ngaji

21. Guru honorer ada untuk membantu negara. Mereka mungkin tidaklah ramai di tepi jalanan kota, karena pengabdian yang menantang ada di sebalik hutan belantara.

22. Guru hebat itu adalah guru yang bermartabat. Mereka enggan diberi jasa, namun setiap hari selalu saja membantu dengan semampunya.

23. Guru honorer yang hebat adalah mereka yang melaksanakan amanah mengajar dengan sebaik-baiknya. Kalaulah mengajar itu harus berdasarkan gaji, semestinya Menteri Pendidikanlah yang paling bagus dalam menyampaikan materi di depan kelas.

Quotes Guru Honorer
Quotes Guru Honorer. Dok. Gurupenyemangat.com

24. Pengajar yang hebat itu tidak peduli dengan seperti apa wujud sekolah dan rupa siswa. Mereka hanya berupaya untuk mengubah pribadi penerus bangsa agar lebih baik dari sebelumnya.

25. Tinggikanlah adabmu kepada guru, niscaya ilmu dan pengetahuanmu semakin berkah.

26. Guru itu ditinggikan bukan karena status dan jabatan melainkan seberapa tulus dan semangat dalam pengabdian.

27. Meng-sedih. Guru honorer itu banyak jasanya, tapi sangat sedikit penghargaan untuknya.

28. Belajarlah menghargai guru, karena di sanalah nilai tertinggi dari adab. Tak peduli setinggi apa pun jabatanmu.

29. Guru yang baik adalah mereka yang mau mengajar siswa dengan sabar, tulus, dan penuh perhatian.

30. Percuma jadi guru jikalau saban hari pikiranmu hanyalah kapan sertifikasi dan tunjangan cair. Sempit sekali pikirmu bila dunia pendidikan hanya sebatas materi.

Kata-kata Mutiara Guru Honorer, Mengajar dengan Tulus Penuh Cinta

Kata-kata Mutiara Guru Honorer, Mengajar dengan Tulus Penuh Cinta
Kata-kata Mutiara Guru Honorer, Mengajar dengan Tulus Penuh Cinta. Dok. Gurupenyemangat.com

31. Lihatlah mutiara di dasar lautan. Setiap butirnya tampil indah dan menawan. Begitulah wujud dan rupa wajah para guru honorer. Terutama mereka yang mengajar dengan tulus dan penuh cinta.

32. Jika sudah menjadi guru, janganlah setengah hati dalam berbagi ilmu. Percayalah bahwa ilmu bila diamalkan maka nilainya akan bertambah. Minimal bertambah kebaikan bagi dirimu.

33. Tugas pendidik modern bukanlah menebang hutan, tetapi mengairi gurun. ~ Clive Staples Lewis

34. Tak peduli sepintar dan secanggih apa pun media informasi, sampai kiamat pun engkau masih akan tetap membutuhkan guru.

35. Siapa pun boleh belajar dan menuliskan ilmu sendiri. Tapi apa pun ilmu yang ditulis guru di papan tulis tidak akan pernah bisa terhapus oleh berlalunya kehidupan.

Boleh Baca: Kata-kata Mutiara Tentang Belajar dan Pendidikan

36. Hidup adalah perjuangan, sedangkan mengajar adalah pengabdian. Salut kepada para guru honorer yang mengabdikan perjuangannya untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

37. Jangan pernah malu menjadi guru honorer, karena pengajar yang hebat itu ialah mereka yang selalu meninggikan sifat rendah hati.

38. Guru adalah motivator. Maka darinya, jangan sekali-kali kita ucapkan kata bodoh kepada siswa yang belum mampu.

39. Jangan paksakan siswa untuk mendapat nilai seratus pada setiap mata pelajaran. Percayalah, bila kau paksa kucing untuk terbang, maka selamanya ia akan terlihat bodoh.

Caption Mutiara Guru
Caption Mutiara Guru. Dok. Gurupenyemangat.com

40. Pengetahuan adalah kekuatan, maka jangan pernah engkau sempitkan ilmu hanya selebar papan tulis di dalam kelas.

41. Mengajar itu mudah, tapi konsisten dalam mengajar itu yang susah. Salut kepada guru honorer yang terus istiqomah mengabdi untuk memajukan pendidikan Indonesia.

42. Tugas guru hanyalah memotivasi dan memengaruhi siswa agar mau memandang hari esok dan masa depan. Soal berhasil atau tidaknya, dikembalikan kepada siswa.

43. Guru marah karena mereka peduli. Maka darinya, jangan sampai engkau salah dalam arti.

44. Mengajar adalah seni, tapi tulus dalam pengabdian adalah seni mengajar dalam kehidupan.

45. Bersyukurlah karena telah menjadi guru hari ini. Itu artinya Allah telah memberikanmu kesempatan untuk mengamalkan ilmu supaya lebih dekat dengan surga-Nya.

***

Nah, demikianlah tadi segenap kata-kata bijak dan kata-kata mutiara sebagai penyemangat para guru honorer.

Adapun tiap-tiap untai ucapan di atas cocok untuk dijadikan quotes maupun caption penyemangat guru. Dengan demikian, marilah kita bahagiakan guru honorer yang ada di dekat kita.

Salam Guru!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "45 Kata-kata Bijak Mutiara Guru Honorer, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa yang Digaji Seadanya"