Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejarah, Tema, dan Logo Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2021, “Say No To Corruption”

Sejarah, Tema, dan Logo Hari Anti Korupsi Sedunia
Sejarah, Tema, dan Logo Hari Anti Korupsi Sedunia. Dok. Gurupenyemangat.com

Tanggal 9 Desember Tahun 2021 telah tiba!

Nah, akhirnya Guru Penyemangat dan kita semua kembali singgah di momentum peringatan Harkodia alias Hari Antikorupsi Sedunia tahun 2021.

Peringatan Harkodia secara sederhana bertujuan untuk mengajak masyarakat di Indonesia maupun di seluruh dunia untuk mengecam keras tindakan korupsi, serta ikut serta memberantas perilaku korupsi.

Terang saja, tindakan jahat ini bisa terjadi di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja, kan?

Kenyataannya, gelar akademik yang mentereng tidak menjadi alasan bahwa orang tidak bakal korupsi. Asalkan ada peluang, dari sanalah kemudian nafsu menjulang dan hati bergetar melihat nominal angka yang begitu panjang.

Hiks!

Nah, pada tulisan kali ini Gurupenyemangat.com ingin menghadirkan sedikit kisah tentang sejarah, tema dan logo Harkodia tahun 2021.

Sejarah, tema, dan logo Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2021 ini kita lirik dari kacamata internasional juga nasional beserta link download-nya.

Baik, langsung disimak saja ya:

Sejarah dan Tema Hari Anti Korupsi Sedunia 9 Desember Tahun 2021

Sebenarnya yang benar itu Anti Korupsi, atau Antikorupsi, sih? Hehe. Yang benar itu Hari Antikorupsi Sedunia, ya.

Di Bumi Pertiwi, peringatan ini sering disingkat menjadi Harkodia, sedangkan secara internasional dijuluki dengan “International Anti-Corruption Day” (IACD).

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia bermula sejak penandatanganan Konvensi PBB dalam rangka melawan korupsi di Merida, Meksiko tepatnya pada tanggal 9-11 Desember 2003.

Syahdan, dari sanalah kemudian Majelis Umum PBB menetapkan 9 Desember sebagai Hari Antikorupsi Internasional di mana konvesinya mulai berlaku sejak Desember 2005.

Bila kita hitung sejak inisiasi, artinya umur peringatan IACD alias Harkodia sudah menyentuh angka 18 tahun ya. Dengan demikian, 18 tahun sudah korupsi disuarakan, tapi pelakunya makin hari makin edan. Hiks.

Apa tujuan dihadirkannya peringatan Hari Antikorupsi Sedunia? Tiada lain ialah untuk berbagi praktik dan teladan baik dalam mencegah sekaligus melawan korupsi di seluruh dunia tepatnya melalui penguatan kerja sama secara global.

Boleh Baca: Pidato Tentang Korupsi yang Mengancam Generasi Muda

Lebih khusus daripada itu, kehadiran Harkodia saat ini juga diharapkan mampu mengurangi risiko “salah jalan”, “salah urus”, serta “sesat pikir” di kalangan penanggungjawab urusan kepentingan terutama di masa pandemi.

Ya, soalnya kita sedih dengan berita penyelewengan dana bansos, korupsi masker, vaksin, serta segenap hal lainnya yang begitu esensial hubungannya terhadap pandemi.

Pada tahun 2021 ini, publik tema Harkodia secara internasional adalah “Your right, your role: say no to corruption” yang artinya “Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak untuk Korupsi”.

Tema tersebut berfokus pada topik pendidikan dan generasi muda, olahraga, gender, sektor privasi, pandemi Covid-19, serta segenap korporasi internasional.

Berikut adalah logo International Anti-Corruption Day 2021. Untuk mengunduh, silakan klik kanan atau tahan gambar beberapa saat, kemudian pilih “Download Images”.

Logo Hari Antikorupsi Internasional Tahun 2021
Logo Hari Antikorupsi Internasional Tahun 2021. Dok. Un.org

Bagaimana dengan peringatan International Anti-Corruption Day di Indonesia?

Tema dan Logo Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021 di Indonesia

Pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021 ini, laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menuangkan tema “Satu Padu Bangun Budaya Antikorupsi”.

Tidak ada penjelasan detail mengenai seperti apa maksud, makna, serta tuangan kandung dari tema tersebut.

Walau begitu, Guru Penyemangat menanggap gagasan bahwa pemerintah secara umum mengajak kita semua untuk bersatu dan berpadu mewujudkan budaya Antikorupsi baik di lembaga terkecil (keluarga) hingga lembaga terbesar seperti korporasi.

Sejatinya, korupsi berawal dari ketidakmampuan seseorang untuk istiqomah dalam perilaku jujur dan amanah. Di saat iman goyah, di saat itu pula hati mulai lemah, lalu tergaunglah niat untuk menggelapkan dana. Hiks.

Bagaimana dengan Logo Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021?

Logo Harkodia Tahun 2021
Logo Harkodia Tahun 2021. Dok. KPK.go.id

Bila kita lihat, logo Harkodia 9 Desember 2021 yang dirilis oleh KPK ada bentuk lingkaran di mana di tengah lingkaran tersebut ada warna bendera merah putih yang melambangkan negara Indonesia.

Sedangkan di pinggir lingkaran bagian luar tampak ada begitu banyak motif warna warni dengan bentuk lumayan tidak beraturan.

Guru Penyemangat rasa, bentuk tersebut melambangkan perpaduan beragam negara yang secara internasional bekerja sama dan mendukung penuh aksi pemberantasan korupsi.

Nah, bagi sobat Guru Penyemangat yang ingin mengunduh logo Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021 versi Nasional, silakan klik link unduhan berikut.

Download Logo Harkodia 2021 PNG, PDF, JPG

Pada link di atas sudah tersedia logo Harkodia dengan format PDF, JPG, hingga PNG dengan latar belakang yang sudah dihapus.

***

Nah, demikianlah tadi seuntai sajian pendek Guru Penyemangat mengenai seluk beluk Hari Antikorupsi Sedunia Tahun 2021.

Selamat Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia, Mari Kuatkan Hati, Kuatkan Diri, Mantapkan Akhlak Mulia, dan Katakan Tidak untuk Korupsi.

Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Sejarah, Tema, dan Logo Hari Anti Korupsi Sedunia Tahun 2021, “Say No To Corruption”"