Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Rekomendasi Website Belajar Mengetik 10 Jari Online dan Gratis, Cocok untuk Pemula

Rekomendasi Website Belajar Mengetik 10 Jari Online dan Gratis, Cocok untuk Pemula
Rekomendasi Website Belajar Mengetik 10 Jari Online dan Gratis, Cocok untuk Pemula. Dok. Gurupenyemangat.com

Hai Sahabat Guru Penyemangat, tahukah kamu bahwa rata-rata typer mampu mengetik dengan kecepatan 60 kata/menit?

Aduh, sangat cepat ya ternyata kalau 10 jari di sepasang tangan ini bisa bekerja semua saat berhadapan dengan keyboard. 60 kata/menit, berarti seorang typer mampu mengetik 600 kata dalam waktu sepuluh menit saja. Hemm.

Hebatnya lagi, pada tahun 2010 Sean Wrona memecahkan rekor dunia dengan kecepatan mengetik 163 kata per menit. Bahkan, Sean mengaku kepada BBC bahwa dirinya sudah bisa mengetik 103 kata/menit sejak usia 10 tahun.

Waduh! Gokil Dah!

Tapi, berkisah tentang mengetik 10 jari, Guru Penyemangat tak mau muluk-muluk amat dah. Yang penting saat mengetik jari-jari ini bisa gesit dan pekerjaan kita selesai pada waktunya. Memang, sih. Kunci kecepatan mengetik itu ialah kita harus terbiasa menggerakkan semua jari.

Untuk mengasah 10 jari ini agar lentur, kita bisa belajar mengetik di beberapa website online gratis, dan situs berikut cocok untuk pemula.

Apa saja? Mari kita pedekate-in deh!

Cara Belajar Mengetik 10 Jari untuk Pemula dengan Cepat

Sejatinya mengetik adalah bagian dari keterampilan, dan keterampilan itu sendiri bisa kita asah dengan terus melatih diri.

Bagi seorang pemula yang sehari-hari nyaris selalu berdampingan dengan laptop maupun komputer, kegiatan ketik-mengetik dengan gesit akan menjadi faktor utama yang menentukan cepat/lambatnya sebuah pekerjaan agar terselesaikan.

Maka dari itulah, di sini Guru Penyemangat bakal menyajikan 2 cara utama untuk belajar mengetik 10 jari dengan cepat.

1. Perhatikan Posisi Jari dalam Mengetik

Posisi jari dalam mengetik sangat penting untuk diperhatikan, soalnya tulisan QWERTY di keyboard bukan dihadirkan tanpa alasan tertentu.

Bagi kita yang masih pemula atau belum bisa mengetik dengan cepat, maka belajarlah mengetik 10 jari dengan memposisikan jari dengan tepat.

Berikut adalah cara meletakkan tangan kanan dan kiri ketika kita berhadapan dengan keyboard.

Posisi 10 Jari Saat Mengetik
Posisi 10 Jari Saat Mengetik. Dok. tutorialbahasainggris.co.id

Posisi Jari di Tangan Kanan Saat Mengetik

  • Jari Jempol bertugas menekan tombol Space dan Alt
  • Jari Telunjuk bertugas menekan huruf Y, U, H, J, B, N, M, dan Angka 6, 7
  • Jari Tengah bertugas menekan huruf I, K, tanda koma, dan Angka 8
  • Jari Manis bertugas menekan huruf L, O, tanda titik, dan angka 9
  • Jari Kelingking bertugas menekan huruf P, tanda [;], dan angka 9

Posisi Jari di Tangan Kiri Saat Mengetik

  • Jari Jempol bertugas menekan tombol Space dan Alt
  • Jari Telunjuk bertugas menekan huruf R, F, T, V, G, B, Y, dan Angka 4, 5, 6
  • Jari Tengah bertugas menekan huruf E, D, C, dan Angka 3
  • Jari Manis bertugas menekan huruf W, S, X, dan Angka 2
  • Jari Kelingking bertungas menekan huruf A, Q, Z, Angka 1, tombol Shift, Tab, dan Caps Lock

2. Posisikan Tempat Duduk, Pandangan Mata, Serta Sikap Mengetik yang Paling Nyaman

Entah disadari atau malah tidak, cara kita duduk, jarak pandangan antara layar komputer/laptop dengan mata, serta sikap tubuh akan memengaruhi kecepatan mengetik dengan 10 jari.

Untuk meningkatkan kecepatan mengetik, kita perlu menyetel tempat duduk yang nyaman, pandangan terhadap layar komputer/laptop yang tidak terlalu dekat dan tidak terlampau jauh, serta sikap badan yang tegap dan tidak terlalu kaku.

Boleh Baca: Review Laptop ASUS 15 Inch A516, Cocok untuk Guru Milenial

Selebihnya? Silakan belajar dan sering-sering praktik mengetik dengan 10 jari. Usahakan dan coba untuk mengetik tanpa melihat huruf-huruf di keyboard.

Dengan begitu, lambat laun tangan dan pikiran kita akan menangkap posisi huruf dan angka tanpa harus melihatnya.

5 Rekomendasi Website Belajar Mengetik 10 Jari Online dan Gratis

Kadangkala belajar mengetik 10 jari secara mandiri dan otodidak itu berat, ya? Ehem, sudah seperti kisah Dilan saja. Wkwk.

Menimbang beratnya rasa itu, maka Guru Penyemangat telah menghimpun beberapa rekomendasi website alias situs belajar mengetik 10 jari online yang gratis dan cocok bagi kita yang masih pemula. Detailnya, langsung disimak saja ya:

1. Belajar Mengetik 10 Jari di Website Typingstudy.com

Belajar Mengetik 10 Jari Online Gratis di Typingstudy.com
Belajar Mengetik 10 Jari Online Gratis di Typingstudy.com. Tangkapan Layar oleh Gurupenyemangat.com

Rekomendasi situs pertama yang bisa kita akses dalam rangka belajar mengetik dengan 10 jari ialah di “Touch Typing Study” alias “Studi Ketik Sentuh” yang beralamatkan di Typingstudy.com.

Hebatnya, di situs ini tersedia format dan tata letak keyboard dengan ratusan bahasa. Dengan demikian, website Touch Typing Study ini cocok untuk para pengetik pemula yang tinggal di seluruh dunia.

Guru Penyemangat sempat mencoba tampilan keyboard-nya, ternyata sudah tersajikan gambar keyboard QWERTY plus posisi jari mana yang bertugas untuk menekan huruf-hurufnya.

Misalnya, ketika huruf “A” di keyboard berwarna hijau, maka jari kelingking kiri juga akan tampak berwarna hijau.

Lebih daripada itu, di website belajar mengetik 10 jari Touch Typing Studi pula tersedia belasan bab pelajaran mengetik, uji/tes kecepatan mengetik, game, hingga tombol angka. Jika kamu tertarik belajar di sini, silakan kunjungi typingstudy.com ya!

2. Belajar Mengetik 10 Jari di Situs 10FastFingers.com

Website Belajar Mengetik 10 Jari Online di 10FastFingers
Website Belajar Mengetik 10 Jari Online di 10FastFingers. Tangkapan layar oleh Gurupenyemangat.com

Adapun rekomendasi website belajar mengetik 10 jari berikutnya adalah 10FastFingers.com. Agak berbeda dengan yang lain, situs ini langsung menampilkan laman tes mengetik 200 kata teratas, tes mengetik mahir, tes mengetik kostum, hingga tes mengetik multipemain.

Yup, benar sekali! 10FastFingers adalah website yang menyediakan kompetisi mengetik dengan harapan para pengunjungnya bisa meningkatkan kecepatan mengetik dengan menggunakan 10 jari.

Apakah kamu tertarik untuk menantang diri di website 10FastFingers? Silakan kunjungi situsnya ya.

3. Typing.com, Learn to Type and Free Typing Tutor

Situs Belajar Mengetik 10 Jari Online Terlengkap di Typing.com
Situs Belajar Mengetik 10 Jari Online Terlengkap di Typing.com. Tangkapan Layar oleh Gurupenyemangat.com

Nah, jika sahabat Guru Penyemangat ingin mencari website belajar mengetik 10 jari online yang lengkap, maka Typing.co adalah solusinya.

Situs yang satu ini menyediakan kurikulum dan program belajar mengetik yang terarah sesuai dengan kebutuhan para pengguna.

Fasilitas premium di Typing.com mulai dari keyboard komprehensif, dasar-dasar coding, hingga berbagai pelajaran lainnya yang berbasis gamified learning.

Website belajar mengetik Typing.com bisa diakses secara gratis maupun premium baik oleh guru, sekolah, siswa, hingga homeschooling. Jika kamu ingin mencobanya secara gratis, silakan buat akun terlebih dahulu.

4. Belajar Mengetik 10 Jari dengan Cepat di Keyhero.com

Latihan dan Tes Kecepatan Mengetik di Keyhero
Latihan dan Tes Kecepatan Mengetik di Keyhero. Tangkapan Layar Oleh Gurupenyemangat.com

Kamu masih ingin melihat rekomendasi website tempat belajar mengetik 10 jari untuk pemula secara online dan gratis?

Tenang, masih ada situs lainnya yaitu Keyhero.com. Situs belajar mengetik yang satu ini juga mirip-mirip dengan 10FastFingers, tapi menurut Guru Penyemangat, Keyhero lebih ringan dan mudah untuk diakses.

Dengan belajar mengetik 10 jari di Keyhero, kita bisa melatih kecepatan mengetik, ketepatan mengetik, hingga peningkatan akurasi.

Website Keyhero.com juga menyediakan beragam bahasa pengetikan, termasuklah bahasa Indonesia. Jika kamu ingin mencobanya, silakan kunjungi situsnya ya.

5. Belajar Mengetik 10 Jari yang Menyenangkan di Onlinetyping.org

Belajar Mengetik 10 Jari yang Menyenangkan di Onlinetyping.org
Belajar Mengetik 10 Jari yang Menyenangkan di Onlinetyping.org. Tangkapan Layar oleh Gurupenyemangat.com

O ya, jika sahabat Guru Penyemangat sedang bosan mengikuti pelatihan pengetikan 10 jari secara mandiri, maka cobalah sesekali kunjungi situs Onlinetyping.org.

Website yang satu ini menyajikan beragam fitus premium yang bisa diakses secara gratis mulai dari tes mengetik, game mengetik, 10 tes kunci, latihan mengetik tingkat pemula dan lanjut, mengetik pangram, blog, hingga kosakata.

Dan terkhusus daripada itu, ada pula game menarik dan menantang bagimu soal adu cepat mengetik. Misalnya ada game typing racing game, typing war, bubble typing game, typing shooting game, dan lain sebagainya.

Di OnlineTyping.org juga tersedia beragam varian permainan mengetik baik untuk anak-anak maupun kalangan orang dewasa. Bagaimana, cukup menyenangkan, bukan?

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat mengenai rekomendasi website alias situs tempat belajar mengetik 10 jari yang bisa diakses secara online dan gratis.

Selain daripada yang disebutkan di atas, sejatinya ada beberapa nama website lain yang menyediakan layanan belajar mengetik.

Sayangnya, setelah Guru Penyemangat mencoba untuk mengakses dan latihan mengetik, beberapa darinya terasa berat dalam memuat, ada situs yang sedang dalam pengembangan, serta ada pula situs yang malah “Not Responding” saat diakses.

Bagaimana dengan kelima rekomendasi situs belajar mengetik 10 jari di atas? InsyaAllah lancar jaya karena Guru Penyemangat sendiri sudah mencobanya.

Dengan demikian, kelima situs di atas boleh kita katakan sebagai website penyedia layanan belajar mengetik 10 jari terbaik.

Sekarang giliran kamu, ya? Selamat berlatih dan semoga sukses.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Rekomendasi Website Belajar Mengetik 10 Jari Online dan Gratis, Cocok untuk Pemula"