Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tema, Logo, Desain Spanduk, hingga Baliho Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021 [Download]

Tema, Logo, Desain Spanduk, hingga Baliho Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021
Tema, Logo, Desain Spanduk, hingga Baliho Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021. Dok. Kemenpora

Apa kabar saudaraku para pemuda sebangsa dan setanah air? Tiada terasa, kita kembali berjumpa di momentum spesial nan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Ya, momen apa lagi kalau bukan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Menyambut Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021, berbagai instansi rasanya sudah mulai bersiap untuk membuat twibbon, desain spanduk serta baliho.

Pada tanggal 28 Oktober Tahun 2021 ini, Bumi Pertiwi bakal memperingati 93 tahun Hari Sumpah Pemuda. Sungguh ada segenap perjuangan besar di sebalik kisah 28 Oktober Tahun 1928.

Sejatinya diksi “Sumpah Pemuda” merupakan bagian dari keputusan Kongres Pemuda Kedua yang digelar pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia.

Adapun tiga hal yang ditegaskan dalam keputusan tersebut adalah cita-cita “Tanah Air Indonesia”, “Bangsa Indonesia”, dan “Bahasa Indonesia”. Bunyi tiga keputusan kongres tersebut pun telah tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda.

Perlu diketahui, istilah “Sumpah Pemuda” tidak langsung muncul. Malahan naskah asli keputusan kongres yang nantinya ditetapkan menjadi ikrar Sumpah Pemuda awalnya ditulis menggunakan ejaan Van  Ophuijsen. Berikut bunyinya:

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Tema, Makna dan Filosofi Logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021

Sobat Guru Penyemangat, pada gelaran Hari Sumpah Pemuda tahun 2021 ini, pemerintah melalui Kemenpora mengambil tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh.

Tentunya ada makna, harapan, serta cita-cita khusus yang menjadi dasar diterbitkannya tema tersebut.

Melalui pedoman materi publikasi visual peringatan HSP 2021, diterangkan bahwa makna “Bersatu” yaitu spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia.

Adapun makna diksi “Bangkit” yaitu pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19.

Sedangkan makna kata “Tumbuh” yaitu upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan Pemuda.

Dengan demikian, dapat kita tarik kesimpulan sederhana bahwa pesan utama yang menjadi harapan pada gelaran Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021 ialah mengajak kaum muda untuk bersatu dalam keberagaman untuk bersama-sama berpartisipasi, berkontribusi, serta bangkit demi melawan pandemi Covid-19 dan menumbuhkan ekonomi negeri dengan jiwa kewirausahaan.

Makna dan Filosofi Logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021
Makna dan Filosofi Logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021. Dok. Kemenpora

O ya, tema HSP 2021 juga diperkuat dengan logo 93 Tahun yang dikolaborasikan dalam 4 warna yaitu merah, kuning, hijau, dan biru.

Bentuk logo dengan angka 93 yang disambung tanpa putus menegaskan komitmen pemuda Bumi Pertiwi untuk BERSATU mengatasi sekaligus melawan pandemi corona.

Selain itu, bentuk logo HSP ke-93 yang tegas ini juga mengandung semangat kepemudaan yang akan terus berkobar untuk Indonesia BANGKIT.

Syahdan, kolaborasi 4 warna yang kemudian terlihat seperti gradien menerangkan kolaborasi pemuda Indonesia yang beragam bersama-sama berkomitmen mewujdukan ekonomi Indonesia TUMBUH dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Download Logo, Desain Spanduk, Baliho, dan Umbul-umbul Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021

O ya, bagi sahabat Guru Penyemangat yang ingin menggelar kegiatan bertema Sumpah Pemuda ke-93, berikut telah disiapkan file desain logo dengan format PNG, spanduk ukuran 5x1 meter, Baliho 5x10 meter, Roll Banner 85x200 cm, serta umbul-umbul 4x1,2 meter.

Logo Hari Sumpah Pemuda ke-39 Tahun 2021 ini sudah berformat PNG dengan latar belakang transparan yang dapat memudahkan kita semua dalam membuat twibbon, poster, gambar, spanduk, balon udara, serta beragam pernak-pernik HSP lainnya.

Silakan unduh filenya pada tautan berikut ya:

Download Logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 2021 (PNG)

Baliho 5 x 10 meter Hari Sumpah Pemuda ke-93

Roll Banner 85 x 200 cm Hari Sumpah Pemuda ke-93

Spanduk 5 m x 1 m Hari Sumpah Pemuda ke-93

Umbul-umbul 4 m x 1,2 m Hari Sumpah Pemuda ke-93

Pedoman Identitas Visual Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021

***

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat terkait tema, logo, serta segenap file untuk keperluan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 Tahun 2021.

Mari kita kobarkan semangat kepemudaan untuk bersama-sama menggapai Indonesia Maju. Ayo kita bangkit, bersatu, dan tumbuh.

Salam Pemuda!

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Tema, Logo, Desain Spanduk, hingga Baliho Hari Sumpah Pemuda Tahun 2021 [Download]"