Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks MC Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Beserta Susunan Acara Tahun 2021

Contoh Teks MC Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Beserta Susunan Acara Tahun 2021
Contoh Teks MC Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Beserta Susunan Acara Tahun 2021. Dok. Gurupenyemangat.com

Alhamdulillahirobbil’alamin!

Rabiul awal sudah sejak jauh-jauh hari tiba, dan sekarang kita kembali singgah di momentum bahagia yang penuh kisah dan sejarah; yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah.

Hari kelahiran Nabi adalah peristiwa bersejarah yang menjadi cikal bakal terangnya cahaya Islam di bumi ciptaan Allah.

Maka dari itu, sudah merupakan kewajiban kita sebagai umat Rasul untuk senantiasa memetik momentum Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW seraya meneladan akhlak mulia beliau.

Pada tahun 2021 ini kita menyadari akan begitu bobroknya akhlak para penerus bangsa. Tidak yang muda, tidak pula yang tua. Mereka sudah semakin ringan lidahnya mengucap kata-kata kotor.

Ini adalah masalah besar, karena Nabi Muhammad SAW sendiri dulunya dalam berdakwah selalu menggunakan perkataan yang baik.

Bahkan, saat dilempari batu pun beliau tidak mengutuk kaum kafir. Rasulullah SAW senantiasa sabar dan selalu memohon petunjuk serta ampunan dari Allah SWT.

Adapun kegiatan lain yang biasa kita lakukan untuk menyemarakkan Maulid Nabi ialah mengadakan kegiatan peringatan Hari Kelahiran Nabi Muhammad SAW di sekolah, di masjid, maupun di lingkungan pemerintah daerah dan provinsi.

Maka dari itu, di sini Gurupenyemangat.com bakal menyajikan contoh teks MC alias bacaan yang disampaikan pembawa acara kegiatan Maulid Nabi 1443 Hijriah beserta susunan acaranya.

Contoh teks MC kegiatan Maulid Nabi ini semoga bisa membantu para panitia kegiatan, para guru, siswa, hingga para remaja masjid untuk memetik momentum teladan akhlak.

Nah, langsung disimak saja, ya:

Contoh Teks MC Maulid Nabi 1443 H di Masjid Beserta Susunan Acara

Contoh Teks MC Maulid Nabi 1443 H di Masjid Beserta Susunan Acara
Contoh Teks MC Maulid Nabi 1443 H di Masjid Beserta Susunan Acara. Dok. Gurupenyemangat.com

Pertama, Guru Penyemangat akan menyajikan contoh teks MC Maulid Nabi yang kegiatannya digelar di masjid.

Sebagaimana kita ketahui, kegiatan peringatan Maulid Nabi di masjid biasanya dihadiri oleh perangkat desa, BMA, pengurus masjid hingga masyarakat setempat.

*

Bismillah. Assalamu’alaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

Alhamdulillah. Alhamdulillahilladzi arsala rasulahu bil huda qa dinil haq. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh.

Allahumma sholli wa sallim wa barik ala Muhammad, wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak Kepala Desa “Guru Penyemangat” beserta perangkatnya

Yang terhormat, Bapak Ketua BMA beserta perangkatnya

Yang terhormat, Bapak Imam Masjid “Al-Ikhlas” beserta segenap jajarannya

Yang berbahagia, Bapak, Ibu, Kakak, Adik, serta anak-anak masyarakat Desa yang berkenan hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad 1443 Hijriah

Dan yang sama-sama kita muliakan, Ustadz “Guru Penyemangat” yang alhamdulillah saat ini sudah tiba dan berada bersama-sama dengan kita untuk mengisi kegiatan Maulid Nabi di masjid yang kita cintai ini.

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur atas kehadirat Allah SWT  yang telah memberikan kita semua begitu banyak nikmat. Mulai dari nikmat Islam, nikmat Iman, serta nikmat kesempatan sehingga kita bisa hadir di masjid Al-Ikhlas dalam keadaan sehat wal afiat

Shalawat berbingkaikan salam kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Mudah-mudahan dengan seringnya kita mengucapkan shalawat “Allahumma sholli ala Muhammad, wa ala ali Muhammad” kita bakal mendapat syafaat beliau di Yaumul Akhir nanti.

Para hadirin yang dirahmati Allah SWT. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membacakan susunan acara kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1443 Hijrah:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran Beserta Saritilawah
  3. Kata Sambutan
  4. Penampilan Nasyid/Qasidah
  5. Ceramah Agama
  6. Doa
  7. Penutup

1. Pembukaan

Kita masuki acara yang pertama yaitu pembukaan. Supaya mendapat keberkahan, marilah kita buka kegiatan hari ini dengan membaca basmallah.

2. Pembacaan Ayat Suci Al-Quran Beserta Saritilawah

Acara telah resmi dibuka. Kita beranjak ke acara selanjutnya yaitu pembacaan Ayat Suci Al-Quran beserta saritilawah yang akan dibawakan oleh saudara/i “Guru Penyemangat” dan …..

Shadaqallahuladzim. Semoga kita yang membaca dan mendengarkan lantunan indah Quran tadi mendapat dari Allah SWT. Aamiin ya Robbal ‘alamiin.

3. Kata Sambutan

Hadirin yang berbahagia, kita masuki acara yang ketiga yaitu kata sambutan. Adapun kata sambutan pertama akan disampaikan oleh Bapak “Guru Penyemangat” selaku panitia kegiatan.

Kepada yang terhormat Bapak “Guru Penyemangat”, disilakan:

Kita beranjak menuju kata sambutan sekaligus pembukaan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah oleh Kepala Desa. Kepada yang terhormat Bapak “Guru Penyemangat” disilakan…

4. Penampilan Nasyid/Qasidah

Terima kasih kepada Bapak “Guru Penyemangat” yang telah menyampaikan kata sambutan sekaligus membuka kegiatan hari ini secara resmi. Baiklah, kita berlanjut menuju acara berikutnya yaitu penampilan Nasyid/Qasidah. Kepada grup Nasyid/Qasyidah, disilakan…

5. Ceramah Agama

Hadirin yang dirahmati Allah. Kita telah sampai di acara inti yaitu ceramah agama bertema Maulid Nabi. Kepada al-Ustadz “Guru Penyemangat” kami persilakan…

6. Doa

Alhamdulillah kita telah sama-sama menyimak ceramah yang sangat bermanfaat demi meningkatkan kecintaan kita kepada Rasulullah. Kita beranjak menuju acara berikutnya yaitu doa, yang dalam hal ini akan disampaikan oleh Bapak Imam Masjid Al-Ikhlas. Kepada Bapak “Guru Penyemangat”, disilakan…

7. Penutup

Rangkaian acara kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H sudah kita lalui, dan tibalah kita pada sesi terakhir yaitu penutup. Sebelum ditutup, saya selaku pembawa acara kegiatan memohon maaf atas segala khilaf dan salah, kepada Allah marilah sama-sama kita mohon ampun.

Marilah kita tutup kegiatan peringatan Maulid Nabi hari ini dengan membaca Hamdalah.

Izinkan saya mengakhiri kegiatan yang penuh barokah ini dengan berucap pantun:

Kalau ada sumur di ladang
Bolehlah kita menumpang mandi
Kalau ada umur yang panjang
Bolehlah kita mengadakan Maulid Nabi lagi

Akhirul Kalam; Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

*Silakan ganti kata “Guru penyemangat” sesuai dengan nama-nama pihak yang bertugas

Contoh Teks MC Maulid Nabi 1443 H di Sekolah Beserta Susunan Acara

Contoh Teks MC Maulid Nabi 1443 H di Sekolah Beserta Susunan Acara
Contoh Teks MC Maulid Nabi 1443 H di Sekolah Beserta Susunan Acara. Dok. Gurupenyemangat.com

Selain masjid, kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW biasanya juga dilaksanakan di sekolah. Terkadang kegiatannya sama seperti Maulid Nabi di masjid, tapi kadang pula dikolaborasikan dengan lomba dan kegiatan Islam lainnya.

Untuk teks MC kegiatan Maulid Nabi di sekolah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan contoh di atas. Yang berbeda biasanya adalah pihak “Yang Terhormat”. Kita mulai dari Kepala Sekolah, Dewan Guru, hingga para siswa.

Adapun untuk susunan acara kegiatan Maulid Nabi 1443 Hijriah di sekolah, yaitu:

  1. Pembukaan
  2. Pembacaan Kalam Ilahi dan Saritilawah
  3. Kata Sambutan (Dari panitia penyelenggara, lalu dibuka oleh Kepala Sekolah)
  4. Ceramah Agama
  5. Penampilan Nasyid
  6. Doa
  7. Penutup

**

O ya, Guru Penyemangat pula sudah menyediakan dokumen PDF contoh teks MC kegiatan Maulid Nabi beserta susunan acara. Silakan klik tautan unduhan berikut:

Semoga bermanfaat, ya
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks MC Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW Beserta Susunan Acara Tahun 2021"

--