Widget HTML #1

40 Kata-kata Bijak Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia

Kata-kata Bijak Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia
Kata-kata Bijak Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia. Dok. Gurupenyemangat.com

Bulan Oktober benar-benar penuh kisah. Sekarang kita sudah tiba di tanggal 2 Oktober yang menjadi momentum dirayakannya Hari Batik Nasional.

Di masa lalu, mungkin bangsa lain bahkan sebagian dari kita memandang batik dengan sebelah mata. Tapi sekarang?

Semenjak tahun 2009, batik sudah diakui sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi oleh UNESCO.

Bukankah ini kabar yang sungguh baik nan keren?

Bagaimana tidak keren, warisan budaya negeri sendiri saja sudah diakui oleh dunia. Maka, sudah sepatutnya kita tidak memandang batik dengan remah, atau malah meninggalkannya.

Saat ini tugas kita sebagai generasi penerus bangsa ialah merawat, menjaga, serta senantiasa melestarikan batik seraya mengenalkannya kepada dunia.

Kita sudah sepatutnya bangga karena warisan leluhur bangsa menjadi ikon alias identitas negaraku Indonesia.

Berbagai corak batik melambangkan keragaman budaya sekaligus menegaskan kepada kita bahwa perbedaan budaya itu adalah kekayaan yang patut dihormati, dihargai, dan dibanggakan.

Dalam kesempatan kali ini, Gurupenyemangat.com bakal menghadirkan kumpulan kata-kata bijak mutiara bertema Hari Batik.

Kumpulan kata-kata bijak Mutiara Tentang Hari Batik Nasional ini mengajak para generasi penerus untuk melestarikan warisan budaya Indonesia.

Nah, langsung disimak saja, ya:

Kata-kata Bijak Ucapan Hari Batik Nasional, Bangga dengan Budaya Negeri Sendiri

Kata-kata Bijak Ucapan Hari Batik Nasional, Bangga dengan Budaya Negeri Sendiri
Kata-kata Bijak Ucapan Hari Batik Nasional, Bangga dengan Budaya Negeri Sendiri. Dok. Gurupenyemangat.com

1. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022, mari kita banggakan seni dan budaya Bumi Pertiwi.

2. Aku bangga dengan Indonesia. Aku bangga dengan seni dan budaya. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022. Jaya Indonesia.

3. Batik adalah identitas negeriku Indonesia. Jagalah karya yang kita punya dengan sebaik-baiknya.

4. Ajari dan kenalkanlah anak-anak kita dengan batik, karena penting bagi mereka untuk mengenali hasil cipta, rasa, dan karya bangsa sendiri.

5. Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita bergaya dengan batik-batik milik Nusantara.

6. Meski berbeda motif, tapi kita tetap satu jua. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022. Jayalah warisan budaya bangsaku.

7. Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita tingkatkan rasa cinta terhadap warisan para leluhur bangsa.

8. Ini batikku, mana batikmu? Jangan pernah merasa malu untuk mengenakan warisan budaya negeri sendiri. Banggalah dan perkenalkan batik Indonesia kepada dunia.

9. Jagalah apa-apa yang kita punya, jangan sampai dicuri oleh negara lain.

10. Batik itu bagian dari seni, dan seni itu menawarkan keindahan. Jagalah batik agar kita senantiasa hidup dalam keceriaan. Selamat Hari Batik Nasional 2022.

Caption Ucapan Hari Batik Nasional
Caption Ucapan Hari Batik Nasional. Dok. Gurupenyemangat.com

11. Batik adalah warisan budaya Nusantara yang wajib kita jaga dan lestarikan. Mari kenalkan batik kepada para generasi penerus bangsa.

12. Indonesia punya banyak keragaman, salah satunya adalah batik. Walau berbeda motif, namun kita disatukan atas perbedaan. Yakinlah bahwa seni itu indah dan batik adalah anugerah yang diwariskan oleh para leluhur bangsa.

13. Penampilanmu akan lebih elegan dengan batik, karena batik mencerminkan identitas diri sebagai bangsa Indonesia.

14. Kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang cinta terhadap budaya, dan bangsa yang mau melestarikan warisan Nusantara. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022.

15. Batik adalah ikon bangsa dan negara. Mari kita satukan hati untuk menjaga kekayaan budaya Nusantara.

16. Berbeda corak batik berbeda pula makna dan rupa. Tapi segala perbedaan itu disatukan dalam rajutan kata “Nusantara”. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022.

17. Banggalah dengan batik dari daerah sendiri dan jangan bosan untuk mengenalkannya kepada segenap penduduk pribumi.

18. Warisan itu tidak selalu dengan emas dan uang. Batik adalah salah satu identitas bangsa berharga yang wajib kita jaga bersama-sama.

19. Setiap negeri punya ciri, begitu pula Indonesia dengan beragam corak dan warna batiknya. Selamat Hari Batik Nasional.

20. Banggalah saat mengenakan pakaian batik buatan negeri sendiri, karena tidak ada pakaian yang lebih baik dibandingkan dengan karya anak-anak Nusantara.

Kata-kata Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia

Kata-kata Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia
Kata-kata Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia. Dok. Gurupenyemangat.com

21. Jagalah apa yang seharusnya kita jaga, dan lanjutkan perjuangan para leluhur untuk melestarikan batik di Bumi Nusantara.

22. Pola-pola pada batik begitu indah melambangkan betapa kayanya negeriku Indonesia. Jagalah negeri ini dan pertahankan apa yang menjadi warisan budaya.

23. Beragam corak batik menandakan bahwa bangsa ini begitu kaya dengan inspirasi budaya. Jaga dan lestarikanlah karya terbaik karena batik sudah diakui oleh dunia.

24. Selamat Hari Batik Nasional. Ayo kita giatkan diri, keluarga, dan saudara untuk mengenakan batik.

25. Kebanggaan tidak hanya datang dari ucapan saja. Mari kita pakai batik seraya mengucapkan Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022.

26. Jangan sampai budaya milik negeri sendiri dijiplak oleh negara lain. Pertahankan apa yang semestinya kita pertahankan dan berbanggalah atas kekayaan negeriku Indonesia.

27. Jagalah batik Indonesia sebelum nanti kita kecewa karena keberhargaan itu telah dicuri oleh bangsa lain.

28. Batik adalah warisan budaya asli Nusantara. Mari kita lestarikan karya seni ini dan kenakanlah dengan penuh kebanggaan.

29. Mari kita bersemangat untuk mempromosikan batik kepada masyarakat negeri sendiri agar mereka semakin bangga dengan warisan budaya Indonesia.

30. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022. Batik sudah diakui oleh UNESCO, dan pengakuan itu harus kita jaga dengan senantiasa melestarikan budaya.

Quotes Mutiara Hari Batik Nasional
Quotes Mutiara Hari Batik Nasional. Dok. Gurupenyemangat.com

31. Ajarilah anak-anakmu menggambar batik, dan katakanlah kepada mereka bahwa batik adalah karya bangsa sendiri yang wajib dijaga dengan sepenuh jiwa raga.

32. Selamat Hari Batik Nasional. Mari kita jaga warisan budaya dan jangan biarkan ia punah ditelan masa.

33. Batik diracik dengan kerja keras, ketelitian, ketekunan, dan kesungguhan sehingga menjadi karya budaya terbaik yang dimiliki bangsa. Jika kita tidak mampu untuk membuatnya dengan tangan sendiri, setidaknya kita mau bersungguh-sungguh untuk menjaga serta melestarikannya.

34. Batik adalah wujud dari keberagaman budaya bangsa. Melestarikan batik adalah cara kita menebarkan nilai-nilai keragaman dan cinta terhadap karya anak-anak Indonesia.

35. Batik adalah simbol budaya negeri sendiri. Berbanggalah dan tingkatkan cintamu kepada Tanah Air Indonesia.

36. Sebaik-baiknya bangsa ialah mereka yang mau melestarikan budaya. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022.

37. Jika mengenakan batik saja tidak pernah, lalu mengapa kau berani berkoar-koar telah melestarikan budaya bangsa? Jangan malu untuk mengenakan batik karena itulah identitasmu sebagai bangsa Indonesia.

38. Selamat Hari Batik Nasional Tahu 2022. Jagalah batik dan wariskan kepada anak-anak kita. Sejatinya bangsa yang besar ialah mereka yang peduli dengan budaya.

39. Sejak bersekolah di TK, SD, SMP, hingga SMA kita diwajibkan mengenakan pakaian batik. Jika sekarang engkau sudah dewasa, maka sudah menjadi hakmu untuk melestarikan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai bangsa. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022.

40. Saat melihat keindahan corak batik, aku semakin sadar bangsa bangsa kita sungguh hebat dan kreatif. Selamat Hari Batik Nasional Tahun 2022. Mari lestarikan warisan budaya Indonesia.

**

Nah, demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang kumpulan kata-kata bijak mutiara menyambut Hari Batik Nasional Tahun 2022.

Setelah membaca tulisan ini, maka kenakanlah batik terbaikmu, ya! O ya, jangan lupa untuk membagikan semangat kecintaan batik dengan menggaungkan kata-kata bijak mutiara sebagai caption maupun qoutes di media sosial.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

4 komentar untuk "40 Kata-kata Bijak Mutiara Hari Batik Nasional, Mari Lestarikan Budaya Indonesia"

Comment Author Avatar
Keren cucunda. Teruslah berkarya.
Comment Author Avatar
yeay, ahsiyyap tengkyu Nek :-)
Comment Author Avatar
Selamat Hari Batik Nasional, Bang Ozy
Keren banget ... salam
Comment Author Avatar
Asik2 mantab keren. Tengkyu ya Bu :-)

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)